Standup Comedy Road Show Nganjuk (Sucros)

Aku lumayan telat kalau ngebahas Standup Comedy Road Show alias Sucros. Soalnya tahun 2024 ini ternyata sudah yg ke empat kali diselenggarakan. Bejir, kemana saja aku?

Tahun lalu kayaknya ada tapi aku sibuk atau maybe sudah kebanyakan nonton stendap jadi pas diajak nonton sucros keknya aku sekip dulu. Wehehe.

Dan tahun ini Nganjuk kebagian acaranya. Wah sangat serprais nih. Kabupaten yang kurang dilirik dari segala bidang, dihina-hina sama kota lain (ini fakta ya haha), akhirnya menyelenggarakan acara stendap. Dan serrr praisingli, acaranya sangat proper!

Dari pintu masuk yang dipasang banner Sucros, panitia yang sigap gempita membimbing pengunjung untuk menukar tiket, semuanya terorganize dg baik.

Banner sucros nganjuk

Aku nonton bareng ponakanku Farhan. Dia baru pertama kali nonton stendap. Aku bilang ke dia untuk siap-siap mendengarkan kata-kata kasar atau saru. Biar gak kaget. Soalnya stendap offair sama di yutub atau tv sudah pasti berbeda total. Huhuhue.

13 Juli 2024, jam setengah 8 malam lebih aku baru otw dari studio. Wanjay. Semoga gak telat. Soalnya aku harus nyusul Farhan dulu di rumah ibuk. Pas otw ke rumah ibuk, aku suruh Farhan pake sepatu. Karena gak pantas nonton acara stendap yg notabene acaranya anak muda yang sangat gaul, trus pake sandal? Malu-maluin anak muda banget. Hahaha

Untung lokesyennya, STKIP PGRI Nganjuk, deket banget dari rumah. Cuma 1 km saja.

Pas nyampe sana, penonton lain sudah pada datang. Aku ngajak teman satu lagi sih. Zaki (@zakkimubarok04). Dan dia sudah nyape duluan. Sebelum masuk ruangan, aku menukar tiket foto menjadi tiket beneran. Trus ngisi absen lengkap dengan tujuan hidup. Anjay.

Tiket Sucros Nganjuk

Aku lupa gak bawa kaca mata. Walhasil pas disuruh nulis tujuan hidup, aku nulis “pengen lucu”, gajelas banget. Padahal biasanya kalau disuruh nulis-nulis begitu, pasti aku bakalan nulis panjang lebar. Tapi karena mata ini ngeblur, walhasil biar cepet, aku tulis pengen lucu aja. Gajelas blas bin goblok! Ahahahha

Pas masuk kelas, sayangnya gak ada bangku 3 kosong. Adanya 2 aja. Walhasil Zaki nonton di belakangku. Aku berdua sama Farhan.

Ndop dan Farhan

Acara dibuka oleh pembacaan deklamasi oleh Nuril (@nurillail). Agak unik loh ini. Aku belum pernah nonton stendap yg ada pembacaan puisinya.

Walaupun penonton bakalan ekspek sesuatu yg lucu, tapi karena mbaknya gak lagi stendap, jadi penonton terdiam menyimak dan memaklumi kalau memang tidak fani.

Nuril

Duo emsi, Mas Rosyid (@rosyid.hussein) dan Yusril (@bung_yusril) membuka acara. Mas Rosyid kosple PNS sementara Yusril kosple petani. Keknya mereka gak sedang kosple, tapi beneran ril sesuai peofesi masing-masing. Haha

Rosyid dan Yusril

Saya akui ngemsi itu susah susah gampang ya. Walaupun kesannya cuma ngomong doang, tapi ternyata tantangannya besar. Apalagi kalau menghadapi penonton yg kurang mau ketawa (rispek) sama joke emsi yg kadang gak kena. Haha. Belum lagi kalau sang partner matahin joke temannya. Wah bisa buyar konsentrasi. Hahaha.

Tapi gapapa, kalian berdua were doing a great job that night!

Opener pertama adalah Candra Purnomo (@candrapurnoomo) dari Nganjuk.

Candra Purnomo

Mas Candra ini pernah menang juara 1 lomba stendap yg diadakan di Kediri bernama Copa Jayabaya. Jadi terjamin lucu pastinya.

Dan memang benar. Materi kemiskinan yang dibawakan oleh Candra bener-bener bukan gimik. Ril apa adanya dan memang selucu itu hidupnya. Masa ada manusia yg menyembah BLT? Hahaha. Padahal kalau mau nyembah itu kan harusnya belalang ya. Belalang sembah #krik.

Opener kedua adalah Fauzi Ma’ruf (@fauzi.ma.ruf) dari Ponorogo.

Fauzi Ma'ruf

Jauh-jauh dari Ponorogo anjay. Mas Fauzi ini ternyata seorang satpam rumah sakit. Materinya sangat unik dan menggelitik. Menceritakan kekonyolan pasien dan penjenguknya yg di luar nalar.

Mas Fauzi tenang banget stendapnya. Ternyata dia sudah senior karena sudah pernah bikin spesyel show bernama “Amateur Daddy”. Ikutan kompetisi stendap juga sudah sering. Walhasil jaminan lucu dong!

Sebelum opener ketiga tampil, mas Dado (@dadocaesar) promosi event Final Sucros di Kediri yang tiketnya cuma 100 ribuan. Trus dia juga stendap 1 bit yg lucu tentang tugu brambang di Nganjuk!

Dado Caesar

Opener ketiga dari Nganjuk lagi, yaitu pemenang juara 2 Copa Jayabaya, Ilham Astina (@ilham.astina)

Ilham Astina

Wong Nganjuk ki secara default emang lucu-lucu. Mas Ilham iki yo looucu. Dia adalah seorang juru kunci kuburan. Sudah pasti premis-premisnya sungguh di luar nalar juga. Dia ngebahas tali pocong yg serem itu menjadi lucu. Sangar kan ya! Haha

Opener ke empat, jauh-jauh dari Gresik, Fian (@alfianfarizi0). Yang seorang sales popok bayi.

Fian Gresik

Jokes ala mas-mas esdedik Fian ini yg cocok untuk selera humorku. Humor yg gak ketebak. Materinya seputar pekerjaannya menjadi sales popok bayi. Dia juga ngebawain materi pacaran. Suka banget sama materi balita yg benjol dua itu. Ngakak banget.

Opener kelima adalah seorang cindo, sikspek, ganteng, kiblat fashion dunia, dia adalah Dandy Syahputra (@_dandysyahputra).

Dandy Syahputra

Dandy dari Sidoarjo. Ngebawain materi tentang tubuhnya yg kurus dan gak gudluking ituh. Lucu banget sih. Sama kasian. Huhuhue.

Kalau kalian nyimak konten instagramnya Dandy, dia adalah brand ambasador suplemen pria anjay! Kocak banget dah. Trus sing rodok gaiso dinalar, dee yo BA tas viral Jimshani. Bezeh-bezeh-bezeh, karirmu mantab Dan!

Dan sang headliner pun tampil. Komika nasional, Pras Adri (@prasadrip) dari Nganjuk.

Pras Adri Nganjuk

Aku kurang paham kenapa Pras dipanggil Jimbun di instagramnya. Haha. Yang jelas Pras ini konten igenya isinya ngebahas wong ndeso. Mbahas bahasa Nganjuk. Gaya hidup mayoritas wong Nganjuk spesyeli sing omahe ndeso.

Di stendapnya, Pras ngebahas materi politik, materi sego pecel lengkap dengan ulekannya. Dia juga cerita kalau pernah satu kamar sama Nopek.

Kelihatan sih, komika nasional yang sudah pernah masuk tipi sama yg belum. Pembawaan Pras lebih rileks dan koyok gak nduwe wedi karo penonton. Hahaha.

Pras ternyata seimut itu. Cilik lemu gemes koyok cah SD. Hahaha.

Acara selesai jam 10 malam. Beberapa penonton maju untuk foto bareng Pras. Beberapa langsung pulang.

Seperti biasa aku foto bareng semua komika yg sudah tampil.

Ndop dan Candra

Ndop dan Ilham

Ndop dan Dandy

Ndop dan Pras

Selama nonton, aku sempetin buat ngrekam entrance para komika dan cuplikan-cuplikan emsi ngomong. Plus ngereview tipis-tipis. Silakan ditonton video di bawah ini. Kalaupun gak ditonton juga gapapa kok. Saya tahu klen miskin gapunya kuwota. Haha

Ketika pengen foto sama Fauzi dan Fian, aku ga nemu pas acara berakhir. Akhirnya aku pulang. Pas pulang aku ngewatsap panitianya untuk bertanya di mana Fauzi dan Fian berada. Ternyata mereka masih ada di sana. Yowis aku kembali lagi ke venue untuk ngejar foto bareng Fauzi dan Fian. Hahaha seniat itu aku demi konten.

Ndop dan Fauzi

Ndop dan Fian

Setelah foto, aku malah ngobrol sama Fian lama banget udah kayak kenal lama. Hahaha. Maklum aku orangnya gampang membaur. Setelah semua panitia buyar, aku ikutan buyar. Kalau di situ terus nanti aku dikira pak bon. Hahaha

Malam minggu yang asyik banget. Terhibur sekali. Tiket 35 ribu sangat worth it untuk dapetin hiburan ini semua. Koyok gak golek bati blas iki panitiane. Huhuhue. Matur suwun sanget! :ampun:

Nganjuk bisa banget sih ngadain lagi. Semoga Sumber Daya Manusia Nganjuk semakin open minded, gak baperan, attitude yg baik, dan dewasa. Karena nonton stendap diperlukan hal-hal itu. Selama masih gampang marah dan gelut, acara kayak gini bakalan susah diterima sama warga kabupaten sekelas Nganjuk.

Tapi sayakin bisa sih. Walaupun gatau kapan. Selama sesama selebgram Nganjuk masih gelut, dan selama bisnis kuliner dan bisnis apapun masih saling sikut, mengharapkan SDM Nganjuk maju hanyalah mimpi belaka.

Tapi ga ada yg gak mungkin. Hanya perlu waktu saja kok. Nganjuk bisa!
Semangaaat!

Komen yuk kak!