Ini 9 Wisata Alam Banten Dengan View Eksotis, Wajib Kesini!

Banten merupakan provinsi yang berbatasan dengan DKI Jakarta dan juga Jawa Barat. Letaknya yang berada di ujung paling Barat pulau Jawa membuatnya memiliki wilayah laut. Namun pun begitu, wilayah daratannya juga memiliki pegunungan dan perbukitan. Dengan demikian bisa dikatakan, Banten itu tempat yang lengkap. Tempat wisata yang ada di sana meliputi pantai, laut, danau, hingga pulau-pulau kecil.

Akan tetapi kekayaan alam Banten tak banyak diketahui. Sehingga saat menyebut nama Banten, banyak yang sering bingung enaknya main ke wisata apa. Nah, jangan bingung lagi karena berikut ini ada pilihan wisata alam di Banten yang punya pemandangan keren nan eksotis yang bisa kamu kunjungi.

1. Wisata Alam Gunung Pinang

Gunung Pinang

Tempat ini dulunya merupakan hutan yang sering dibakar warga dalam upaya memanggil hujan. Akan tetapi di tahun 1971, pemerintahnya membuat program reboisasi. Hutannya ditanami lagi dengan pohon kayu putih, kaliandra, serta mahoni, dan pohon-pohon lainnya.

Jadinya sesudah di reboisasi, hutan ini jadi tempat indah yang malah dijadikan sebagai tempat wisata. Kamu bisa berfoto-foto, menikmati udara dan pemandangan hutan yang hijau dan asri, serta bisa melepaskan berbagai kepenatan di sekitar hutan ini.

2. Pulau Lima

Pulau Lima

Pulau yang satu ini termasuk ke dalam salah satu tempat wisata baru yang ada di Banten. Namanya Pulau Lima. Lokasinya ada di Desa Kasemen, Serang. Dan tentu saja, pemandangan alamnya yang unik serta khas jadi daya tarik yang banyak disukai banyak orang dari pulau ini.

Untuk bisa ke Pulau Lima, kamu perlu waktu 20 menit perjalanan melalui jalur laut. Tepatnya dari pelabuhan Karangantu, Serang. Pemandangan pasir putihnya cantik serta hutan mangrove-nya yang masih asri menunggu kamu di pulau ini.

3. Taman Wisata Batu Gede Sayar

Batu Gede Sayar

Kamu senang mendaki? Tempat yang satu ini pasti akan memuaskanmu. Ya, sebuah taman wisata yang akan melepaskan segala kepenatan mu. Mana lokasinya juga gak jauh dari kota. Terusnya alamnya pun masih dibiarkan alami. Jadi saat kamu mendaki ke sana, suasana pedesaan, lalu juga perbukitan, dan sawah yang ada di sana akan sangat memanjakan matamu.

Yang punya kamera keren atau drone, bisa banget deh digunakan di tempat ini. Foto-foto dan video yang dihasilkan, dijamin akan ciamik. Menghabiskan waktu bareng teman atau keluarga, pas banget dilakukan di tempat ini.

4. Pantai Cibeureum Anyer

Pantai Cibeureum

Nah yang ini, pasti sudah banyak yang tahu. Pantai Cibeureum Anyer. Baik pelancong lokal maupun asing sudah terlihat wara-wiri di tempat ini. Bukan tanpa alasan, Pantai Cibeureum Anyer ini memang punya pemandangan indah sih. Udaranya juga sejuk. Deretan pohon kelapa menjulang di pinggiran pantainya, berandil besar terhadap hal ini.

Pantai ini juga lumayan bersih. Sampah-sampahnya sudah dikelola secara baik oleh warga sekitar dan juga pengurus pantai. Jadinya saat ke sana, kamu tak akan terusik oleh keberadaan sampah yang merusak pemandangan.

5. Rumah Hutan Serang

Rumah Hutan

Kamu kepengen main di atas rumah pohon? Datanglah ke tempat ini. Rumah pohon yang tingginya, yang juga senantiasa ditiup angin sepoi-sepoinya pasti bisa membuatmu rileks. Bermain-main bersama dengan keluarga, atau hanya sekadar berjalan-jalan dan berfoto-foto, dijamin akan terasa menyenangkan.

Di tempat ini juga ada fasilitas yang lain, yakni perpustakaan serta lapang bulu tangkis. So saat main ke tempat ini bersama teman atau keluarga, Fasilitas ini bisa kamu gunakan.

6. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida

Nama pantai ini menggelitik. Mirip dengan pantai yang ada di Amerika sana. Tapi yang ini adanya di Banten. Tepatnya di daerah Cinangka, Serang. Walaupun bukan pantai yang ada di Amerika, pemandangan di pantai ini juga gak kalah indah. Garis pantainya panjang dan landai, gak ada batu karang sama sekali. Menikmati suasana sunset di sini terasa sangat romantis. lho.

7. Napak Tilas Kerajaan Islam

Napak Tilas Kerajaan Islam

Kamu suka dengan hal-hal yang berbau sejarah? Banten bisa jadi tempat pas untuk dikunjungi. Di sini ada banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk napak tilas Kerajaan Islam. Sebuah obyek wisata yang sangat menarik. Berbagai bukti sejarahnya pasti akan membuatmu berdecak kagum. Sisa-sisa kesultanan Banten di masa lampau, sangat terlihat nyata di tempat ini.

8. Danau Rawa

Danau Rawa

Nah ini bukti dari Banten yang punya keindahan alam berupa danau. Danau Rawa, sebuah danau yang lokasinya ada di Padarincang, Serang. Tempat yang merupakan perpaduan antara danau dan juga rawa. Pemandangan alamnya lagi-lagi akan memukau mata.

Dulunya danau ini merupakan kepundan gunung berapi. Tapi karena sudah tidak aktif, dia berubah fungsi jadi penadah air hujan. Sehingga jadilah danau, dengan bagian atas menjadi rawa.

9. Goa Cilayang

Goa Cilayang

Tempat yang satu ini berupa goa. Namanya Goa Cilayang, yakni sebuah goa alami yang dikelilingi pohon-pohon yang rimbun. Disebut alami karena memang belum banyak dijamah warga. Pepohonannya yang lebat, serta banyaknya satwa yang hidup di sana semakin menguatkannya. Warga setempat bahkan percaya bahwa di sana merupakan tempat keramat. Konon katanya, di sana hidup biawak berkulit putih yang menjadi penunggunya.

Sejauh ini Goa Cilayang cukup aman. Tapi jika kamu ke sana, kamu harus berhati-hati. Jalannya yang terjal serta banyak batu-batu yang licin bisa membuat kamu celaka. Ah ya, gak begitu jauh dari mulut goa terdapat dua sumur. Sama, sumurnya juga masih alami. Dua sumur ini penuh dengan air. Air yang bersih dan dingin yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk mencuci tangan.

—–

Itu dia 9 tempat wisata alam Banten yang perlu kamu tahu. Ada banyak lagi sebenarnya yang lainnya, yang tak kalah bagus dan cocok untuk dijelajahi.

Kamu berniat ke Jakarta lalu melipir ke Banten dalam waktu dekat? Atau ingin ke kota lain? Tenang, kamu bisa pesan tiket pesawatnya di Traveloka melalui link https://www.traveloka.com/id-id/tiket-pesawat lho! Ada banyak tiket pesawat murah ke berbagai destinasi yang mungkin waktunya cocok dengan jadwal liburan yang sudah kamu rencanakan.

Jika ke Jakarta lalu ke Banten, kamu bisa pakai kereta bandara menuju pusat kota, lalu disambung dengan naik KRL maupun bus ke Banten. Dijamin praktis dan juga nyaman.

Inget dan selalu disiplin dengan protokol kesehatan ya. Biar kamu selalu sehat dimanapun itu. Menjaga kesehatan akan selalu lebih baik daripada mengobatinya. Setuju?!

Komen yuk kak!