Nonton Komoidoumenoi: Standup Pandji Pragiwaksono di Jogja Expo Center

Dengan harga tiket 350 ribu, pajak 35 ribu, biaya admin 7500, total hampir 400 ribu. Aku dan Sulthon tentunya mengharapkan hal yang spesial di acara tour Standup Pandji Pragiwaksono bernama Komoidoumenoi (njir, susah banget namanya haha). Aku pribadi membayangkan nanti stendapnya di gedung yang megah, dingin, penonton menonton dengan hening, lalu tertawa riuh bareng, pulang-pulang hati gembira karena puas.

Berangkat sehari sebelumnya, supaya kami bisa beristirahat lama dan tubuh jadi fresh ketika nonton. Faktanya tidak begitu. Tidur sih lumayan cukup ya. Walaupun standar tidur 8 jam belum bisa terpenuhi, setidaknya badanku sudah fresh karena sudah cukup istirahat.

Tapi kemudian drama dimulai.

Jadi ceritanya kami dipinjami motor sama Tomi Purba yang super baik. Rencana ngambil motor pagi. Trus cari sarapan. Trus pulang ke penginapan nonton Stendap Panji.

Eh, kami males-malesan dan baru berangkat ngambil motor tuh sudah agak panas. Cari sarapan juga jauuuuh banget dari penginapan. Sehingga waktu yang seharusnya dihabiskan buat istirahat, malah capek motoran panas-panas. Hahahhaa

Soto Mbok Djinten

Untungnya Soto Mbok Djinten kok enak dan seger. Jadi mengobati jiwaku yang lelah ini. Tempenya yang renyah berhasil menghibur hatiku yang resah. Haha

Pulang-pulang sudah jam 11 siang. Belum mandi. Belum antri juga. Xixixi.

Untung jeding penginapan Arjuna Homestay 70 ribuan semalam (iya murah banget! Haha) di daerah Mantrijeron Yogya (banyak bule di sini) yang bernuansa serba kayu ini showernya bener-bener full pauwer! Sekali semprot, seluruh daki di tubuh rontok beserta dosa-dosa dan najis mugholadzoh yang menempel di badan. :lol:

Arjuna Homestay

Walaupun sempet air angetnya gak keluar, tapi akhirnya pagi itu aku bisa mandi air anget dan sukses bikin lelah ini sirna.

Otewe ke Jogja Expo Center (JEC). Aku sangat iksaitid dong. Demikian juga dengan Sulthon. Maklum kami berdua dari Nganjuk jauh-jauh ke Jogja nonton stendap bergengsi sekelas Pandji, tentu saja kami siap norak bersama. Haha

Jogja siang itu lumayan panas. Eh, gak lumayan doang ding. Tapi panas beneran! Huhuhue. San skrinku lumayan terpakai di sini. Walaupun harus mengorbankan luk wajahku yang jadi berminyak, tapi gak papa. Yang penting kulit aman dari efek ganas yuwi e yuwi bi.

Ada beberapa event diselenggarakan di JEC Sabtu, 6 Agustus 2022, itu, ada acara musik di sebelah kanan, acara Koi di tengah, dan stendap Pandji di sebelah kiri.

Sebelum berangkat Jogja, aku sampe bela-belain buster loh. Soalnya aku baru waksin kedua doang. Dan sorenya langsung berangkat Jogja. Tentu saja dalam keadaan ngantuk karena habis vaksin.

Untung besoknya, alias hariha, efek vaksin sudah hilang. Aku sehat dan sumringah ngantri tiket stendap Pandji.

Antri tiket stand up Pandji

Ada mas-mas yang nanyain status vaksinku. Dan karena aku sudah jarang nyeken peduli lindungi, aku jadi sedikit panik. Panik karena aku lupa menu nampilin vaksin ada di mana. Plus, karena aku mencetnya brutal, appnya jadi ngeheng. Hahaha

*banting aifun*
*di kasur*
*biar gak pecah hehe*

Tapi untungnya walaupun di dalam aku panik, tampak luar aku steikul.

“Bentar ya mas, aplikasinya ngeheng.”

Antrian tetap berjalan. Aku jadi maju beberapa langkah ke depan. Dan masnya gak jadi meriksa aplikasi Peduli Lindungiku. Dia meriksa orang di belakangku yg sudah redi appnya. Ketika appku sudah kebuka, eh aku sudah jauh berada di depan masnya. Walhasil aplikasi peduli lindungiku gak dicek.

NJIR! DIBELA-BELAIN BUSTER LO MAS. KOK GAK DICEK SIH? Aku sedot lagi lo vaksinnyaaa. Vakum kliner mana vakum kliner. Hahahaha becanda sayang. Jangan dihek lagi ya blog saya darling adikajil. Saya pro pemerintah! Saya cinta Indonesia! Hahahaha

Saya sempetin ngevlog, kalian bisa tonton di sini:

Setelah dapat tiket gelang, kami memasuki gedung dan telah berjejer kursi kantor warna merah dengan nomer di belakangnya. Hmm.. kayak mau rapat apa gitu yaaa? Dan terdengar suara emsi menyambut kedatangan para penonton.

Suara emsi sih kurang jelas ngomong apa. Menurutku wajar. Ntar pas show pasti suaranya bakalan bagus. Secara ya, ketika aku cek, spikernya ada di mana-mana. Mengelilingi seluruh aula.

Aku duduk belakang. Maklum tiket silver. Tapi gak belakang-belakang banget sih.

Silver Komoidoumenoi

Suara menggema dari emsi lagi-lagi terdengar kurang jelas. Aku jadi was-was, jangan-jangan nanti pas stendap kualitas audionya seperti ini?

Jam 1 siang acara dibuka oleh opener Sanpras yang ngebahas badannya yang big saiz. So far audio masih terdengar. Cuman menggema di mana-mana. Untung Sanpras ngomongnya pelan ya. Jadi aku masi bisa nangkep materinya.

Opener kedua yang membagongkan. Bintang Emon. Tau sendiri kan dia bukan komika yang suka teriak-teriak. Lebih ke kalem tapi nusuk. Tapi sayangnya, aku tak tertusuk sama sekali karena suaramu gak jelas omong apa bang Bintaaaang.

Kuingin ketawa seperti penonton Gold di depan. Tapi tertawa tanpa tau maksudnya itu kan tolol ya. Hahaha. Walhasil aku hanya bisa bengong tolah toleh kiri kanan sambil nanya sebelah..

“Eh, dia lagi ngebahas apa, sih?”
“Gak tau, gak krungu”
“Lha kok ngguyu?”
“Lha, daripada bengong kayak kamu, kan mending ketawa, kan?”
“Iya sih, tapi menertawakan apa?”
“Menertawakan tiket silver kita!”

HAHAHAHAHAAHHA

Bener juga. Andai saja kami beli tiket Gold, kan bisa di depan sana ya. Bisa ketawa lepas. Soalnya pasti kedengeran jelas kalau di depan. Karena materinya Bintang emon ngebahas Sarkem. Pasti lucu banget tuh!

Jam setengah dua siang Pandji datang. Pandji kan cerdas ya orangnya. Jadi pasti dia tahu kalo audio lagi bermasalah. Makanya dia ngestendapnya pelan-pelan. Dan agak teriak.

Ngakak sih aku. Materi Pandji bener-bener lucu. Sayangnya pas dia ngomong cepet, sudah pasti kami pemilik tiket silver ini gak denger. Soalnya kan menggema ya. Mantul-mantul suaranya.

“Jadi jadi jadi di di di.. saya saya ya ya ya ya..” Kalau kalimatnya diucapkan pelan, kita masih bisa denger jelas walaupun menggema. Tapi kalau kalimatnya udah cepet, ya gak bakal bisaaaa. Soalnya suku katanya numpuk-numpuk.

Misal ngucapin kalimat, “Siapa di sini yang booster demi acara ini?” Kedengerannya jadi “Sia ya pa pa di si ni ni yayang bubuster demimimi acararara ininini..”

Jadi kupingku selama tiga komika tampil, si Sanpras bisa denger sekitar 80%, Bintang Emon 70%, Panji 90%. Sisanya ikutan ketawa doang. Hahahah.

Di vlog di atas, aku sama Sulthon bilang kalau misal next ada stendap Pandji lagi, kami gak kapok nonton kok. Asal belinya tiket Gold. Biar di depan. Hahaha. Dan jangan di JEC lagi please. Aku prefer nonton di Surabaya saja nanti kalau Pandji ada tur lagi. Soalnya temenku @wahyu_muharram nonton di Surabaya tempatnya ada di theater gitu. Kedap suara. Jadi suaranya klir banget, gak mantul-mantul. Ruangan yg seharusnya menjadi standar sebuah acara stendap digelar.

Oh iya, alasan aku nonton siang di Jogja adalah karena ini jadwal tour pertama Pandji. Harapanku sih tentu saja materinya masih fresh. Jadi gak ada spoiler. Tapi ternyata sedikit kecewa di audionya. Dan asal kalian tahu, di show keduanya pas malem di JEC juga, audionya diperbaiki dong! Walaupun kata Alca (istrinya Bintang Emon) masih belum perfect, namun better lah dibanding show pertama pas siang tadi. Huhuhue..

Chat sama Alca istrinya Bintang Emon

Untuk mengobati kekecewaan, besoknya kami berencana untuk bersenang-senang di Jogja National Museum. Mau kemana kami?

…. (tebi kentinyud)

Komen yuk kak!