Jadwal dan Harga Tiket Kereta Jakarta Jogja

Perjalanan dari Jakarta ke Jogja tentu memakan waktu cukup lama, sehingga kita memerlukan moda transportasi yang tepat untuk pergi ke Jogja dari Jakarta. Pilihan transportasi tersebut di antaranya bisa memakai bus, pesawat dan kereta api. Ketiganya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Memakai bus, tentu saja Anda harus siap menghadapi kemacetan, jalanan yang rusak dan lain sebagainya. Jika memakai pesawat mungkin kenyamanan akan lebih mudah Anda dapatkan, bahkan memakai pesawat lebih cepat dibandingkan bus dan kereta api. Hanya saja budget yang Anda persiapkan harus lebih besar. Sebagai pilihan terakhir dengan harga terjangkau dan terbebas dari macet ialah kereta api.

Kereta Api

Pilihan Kereta Api ke Jogja

Jika dulu kereta api identik dengan kerawanan, banyak pencuri, terkesan kotor, dan tidak nyaman. Berbeda dengan sekarang, bahkan kereta api kelas ekonomi pun sudah dilengkapi AC. Jadi meskipun harga tiket kereta Jakarta Jogja lebih murah ketimbang pesawat, tentu saja ada banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan, seperti kenyamanan dan keleluasaan melihat pemandangan di luar kereta selama diperjalanan.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut jenis kereta api yang melintasi Jogja dan dapat Anda gunakan diantaranya:

Kereta Api Bengawan

Kereta Api Bengawan melayani keberangkatan dari Pasar Senen ke Purwosari pulang pergi. Keberangkatan Pasar Senen ke Purwosari mulai dari jam 11.20 WIB. Sedangkan jadwal berangkat dari Purwosari ke Pasar senen jam 14.30 dengan tarif sekitar Rp. 74.000. Kereta Api Bengawan termasuk salah satu kereta yang laris diburu masyarakat.

Adapun tujuan akhir dari kereta api Bengawan ini ialah Purwosari, tepatnya di Solo.

Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan

Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan melayani rute Pasar Senen–Surabaya Gubeng. Dari Pasar Senen ke Stasiun Gubeng Surabaya jam 10.15 pagi. Sedangkan dari Stasiun Gubeng Surabaya ke Pasar Senen pada jam 12.00 WIB, dengan tarif Rp. 98.000.

Adapun tujuan akhir Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan di Surabaya Gubeng. Perjalanan dari Cirebon Prujakan, KA berbelok menuju arah selatan menyusuri Kawasan Purwokerto ke Yogyakarta, hingga tiba di tujuan akhir, yakni Stasiun Gubeng Surabaya. Kereta ini membawa 7 kereta ekonomi yang berkapasitas 106 penumpang setiap gerbongnya dengan 1 kereta makan+pembangkit, dan 1 kereta bagasi.

Kereta Api Progo

Kereta api ini termasuk kereta api bersubsidi yang melayani rute Pasar Senen ke Lempuyangan. Waktu keberangkatan dari Pasar Senen ke Lempuyangan pada jam 22.20 WIB dan keberangkatan dari Lempuyangan ke Pasar Senen pada jam 14.30 WIB. Kereta Api Progo merupakan layanan kereta spesial bagi warga Jogja dengan tarif kisaran Rp. 120.000 sampai Rp. 140.000.

Adapun tujuan akhirnya di Stasiun Lempuyangan. Sama dengan Kereta Api Bengawan yang juga tiketnya cepat laris.

Kereta Api Bogowonto

Kereta ini dilayani oleh 4 armada kereta api, di antaranya Singasari, Jaka Tingkir, dan Bogowonto. Meskipun sama-sama berkelas ekonomi, tapi kereta ekonomi AC plus tak memakai A split seperti halnya Kereta Api Ekonomi Gaya Baru, Bengawan, dan Progo.

Ketika kereta jenis ini diluncurkan, pasalnya kereta-kereta kelas ekonomi yang disebutkan tadi belum diberi fasilitas AC. Bahkan kehadiran layanan kereta api Gajahwong dan Bogowonto menjadi pelopor layanan kereta api kelas ekonomi dengan pendingin udara.

Kereta Api Bogowonto melayani rute Pasar Senen ke Lempuyangan, dengan waktu pemberangkatan dari Pasar Senen pada jam 21.45 WIB. Sedangkan dari Lempuyangan ke Pasar senen jam 09.30. Tarif tiket kereta api Bogowonto ini sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 180.000.

Kereta Api Gajahwong

Melayani pemberangkatan dari Pasar Senen ke Lempuyangan. Dengan waktu pemberangkatan dari pasar Senen jam 06.45, sedangkan untuk jalur sebaliknya dari lempuyangan jam 18.00. Tarifnya sama seperti tarif KA Bogowonto.

—-

Itulah pilihan layanan kereta api yang melintasi kota Jogja. Jadi, jika Anda ingin pergi ke Jogja dari Jakarta, cukup memilih salah satu kereta api di atas. Untuk pemesanan tiket kereta api sendiri bisa dipesan dengan mudah dan praktis hanya di Traveloka!

5 Comments

Komen yuk kak!