Cara Verifikasi Address Paypal kalau Kena Limit

Beberapa hari yang lalu, paypalku kena limit. Padahal sudah bertahun-tahun tidak kenapa-kenapa. Mungkin karena aku sekarang langganan netflix jadi sering nyalain VPN di hp. Mungkin waktu itu VPN lagi menyala dan aku klik notifikasi paypal. Walhasil otomatis kedetek aku login dari negara lain secara mendadak dan gak masuk akal.

Apalagi saat itu, ada klien dari Singgepo yang transfer dolar lumayan banyak. Sehingga paypal, yang sekyuritinya tinggi itu, mencurigai kegiatanku membuka akun. Sebenarnya paypal itu baik. Dia melindungi saldo (duit) paypal kita agar tidak bisa dikeluarkan kalau ada aktifitas login yang mencurigakan. Jadi duit kita di paypal aman tidak bisa disalahgunakan untuk pembelian barang-barang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, bagaimana kalau orang yg dianggap tidak bertanggungjawab itu kita sendiri, yang punya akun sendiri?

Nah itu masalahnya. Kalau kita gak verifikasi nama dan alamat ke paypal, ya duit kita akan dibekukan terus sampe waktu tertentu (dulu sih pernah sampe 3 bulan duitku dibekukan namun akan cair sendiri, tapi ya lama bats bosque. Aku tida sabar orangnya hahah!).

Verifikasi nama sangatlah gampang buat kita yang sudah punya KTP. Tinggal fotoin KTP lalu kirim aja. Beres.

Kalau verifikasi alamat ini yang susah. Apalagi buat yang belum punya rumah sendiri. Yang belum punya tagihan listrik, air, atau pajak atas nama sendiri. Soalnya paypal butuh alamat kita dan nama kita sekaligus dalam satu lembar dokumen resmi yang dikeluarkan negara.

Kalau belum punya rumah sendiri khan nama yang tertera adalah nama orang tua kita atau pemilik kos-kosan/kontrakan (kalo kita ngontrak). Bisa sih diedit photoshop, tapi itu opsi terakhir ya, dan sebaiknya jangan deh. :evil:

Nah, aku kemarin sempet kebingungan gimana caranya verifikasi alamat/address paypal. Aku coba fotoin tagihan air PDAM, ditolak! Karena walaupun alamatnya bener, tapi namanya M. JAENURI, alias bapakku. Hahaha

Akhirnya setelah dua ratus tahun mikir solusinya, aku jadi ingat kalau beberapa hari sebelumnya aku kena denda dari kantor pajak karena tidak lapor pajak tahun ini. Suratnya asli dari negara. Hmm.. kayaknya ini bisa deh.

Iseng aku foto. Aku pastikan di situ ada nama dan alamatku dalam satu lembar yang SAMA DENGAN nama dan alamat yang ada di akun paypal. Setelah aku foto, aku edit kontrasnya biar hurufnya kelihatan jelas, aku kirim ke paypal.

Btw, langkah verifikasi nama dan alamat paypal ini linknya ada di email paypal kalian. Soalnya di aplikasi atau website gak ada notifikasinya. Jadi upload fotonya ya melalui link biru “Confirm Your Identity” yg ada di email itu.

email paypal limit

Beberapa menit kemudian, paypal berterimakasih ke aku karena sudah apply semua syaratnya. Yay! Dakupun lega!

Penasaran sama surat negara berupa denda pajak 100 ribu yang aku upload sebagai verifikasi alamat dan berhasil? Nih saya kasih fotonya (klik aja kalau kurang kelihatan):

Denda pajak

Nah, buat kalian yang belum punya NPWP gimana ya mengatasinya? Hmm. Kayaknya musti ngobrol baik-baik sama admin paypal. Sapa tau mereka menerima alasan-alasan kita. Yang paling penting itu jangan panik berlebihan. Santai. Mereka, admin, juga manusia. Bukan robot. Jadi kalau alasan kita masuk akal, keknya bakalan bisa lolos. Asal kita jujur apa adanya.

POSTINGAN BONUS!

AKUN NETFLIX DIHACK

Pernah punya pengalaman juga sama akun netflix-ku yang diganti alamat emailnya sama orang gak jelas. Padahal aku sudah konekkin akun paypalku sehingga setelah masa free 1 bulan itu habis, maka paypalku akan otomatis kena charge 8,99 dolar untuk langganan sebulan ke depan.

Nah, akunku yg sudah terkonek paypal itu tiba-tiba lenyap dong! Ada notifikasi di email kalau samwan telah mengganti alamat emailku. Dan waktu email itu terkirim, aku masih tidur. Baru beberapa jam kemudian aku buka. Dan otomatis sudah telat banget! Akunku sudah dimiliki orang lain! WOT THE HEL!

Sebulan setelah peristiwa itu sebenarnya aku santai-santai aja soalnya aku bisa bikin akun baru lagi dan masih bisa free nonton netflix selama sebulan ke depan. Akun kedua ini aku daftar pakai kartu VISA JENIUS-ku. Setelah tiba-tiba paypalku berkurang 8,9 dolar. Aku langsung cancel membershipku di akunku yg sekarang. Lalu langsung lapor ke mas mimin netflix.

Lapornya pakai chat pula. Jadi ya mau gak mau harus pakai English sayang. Walaupun mas mimin tau banget bahasa Inggrisku aneh, sehingga dia sempet nawari aku untuk pakai bahasa lain, tapi aku tetep keukeuh pakai English. Hahaha.

Akhirnya mas miminnya paham. Lalu aku cuma disuruh nunjukin invoice code di paypal untuk dia cek. Setelah ternyata pembayarannya valid, aku dimintai alamat email lain yg belum pernah daftar netflix. Untung aku punya banyak email. Haha.

Sama mas mimin, alamat paypalku dikonekkan dengan email baruku itu. Dan aku punya akun netflix baru. Yang bisa nonton netflix sebulan ke depan karena aku sudah bayar. Hihihi

Jadi intinya, semua bisa diomongin baik-baik. Tidak harus langsung mara-mara di sosyel media. Kasihan sama produknya kalau kita jelek-jelekin duluan padahal mereka mau bantu kita menyelesaikan masalah. Yang malu tentu saja kita sendiri. Hihihi.

Oh iya, buat kalian yang punya pengalaman lain seputar limit paypal, bisa loh sharing di kolom komentar! Mantab kan! Aku sudah kayak yutuber-yutuber kondyang. Hahaha

5 Comments

Komen yuk kak!