PERSONAL BEST! ISO plus City Run 5K di Madiun

Sebenarnya agak males ikutan running event di masa agustusan. Karena pasti akan banyak pawai atau karnaval yang sangat rugi kalau dilewatkan. Setahun sekali loh. Masa gak nonton sih?

Setelah lihat jadwal karnaval, tanggal 8 karnaval TK (oke skip), tanggal 9 karnaval SD (Aku kerja, gak nonton), tanggal 10 karnaval SMP (nonton dong!), tanggal 11 prei (jumatan), tanggal 12 karnaval SMA (WAJIB NONTON), tanggal 13 karnaval umum (nah ini nonton apa nggak ya enaknya?).

Karena jadwal ISO plus city Run itu bentrok dengan karnaval umum, yaitu tanggal 13 Agustus 2017, maka diriku harus menimbang-nimbang dulu ikutan apa enggak.

Berdasarkan pengalaman melihat 2 karnaval SMP dan SMA dan rata-rata kostumnya sama (kostum karnaval SMP dipakai lagi karnaval SMA, mungkin berasal dari salon yang sama), juga mobil hiasnya, maka dugaanku pun kostum karnaval SMA juga akan dipakek lagi di karnaval umum. Bahkan semobil-mobilnya kayaknya bakalan sama. Maklum daripada mubadzir buang-buang duit buat menghias mobil segedhe itu, kalau cuma dimanfaatkan buat sekali doang khan eman-eman to?

Yowis fix gak nonton karnaval umum!

NGINAP DI HOTEL SETYA SYARIAH

Sabtu malam sehabis nonton karnaval SMA aku berangkat ke Madiun bersama Sigit. Anak-anak Nganjuk Runners nginep di rumah Resty kapten Magetan Runners. Sementara aku dan Sigit nginep di hotel Setya Syariah. Dapat harga murah banget cuma 139 ribu sudah dapat sarapan. Kamar mewah. Kamar mandi juga asyik!

hotel setya syariah

Dan baru kali ini aku cawik pakai air yang nyemprot dari wesenya trus langsung mengenai lubang silit. OH MAE GOD! APA-APAAN INI! GELI BANGET TAUK! DASAR MANUSIA MALES CAWIK! HAHAHA.

dan aku pun keenakan trus coba lagi coba lagi

CARBO LOADING

Ditraktir sama Sigit di warung bebek deket lapangan bareng temen-temen Reyog Runners. Karena ini event 5K alias 5 kilometer (doang! Sombong nih ye! Hahaha), jadi sante aja makannya gak usah banyak-banyak. Hahaha

bebek lapangan madiun

Habis itu diajak ke rumahnya Resty (jaraknya sekitar 17 km) untuk mengambil racepack. Isi racepacknya simpel. Cuma jersi, bib, sama minuman ISO plus 2 botol. Maklum event ini murah meriah, cuma mapuluh rebu. So, we can’t expect to get more right?

Balik lagi ke penginapan sudah jam 11 malam. Tidur.

Bangun jam setengah lima pagi. Langsung mandi pakai air hangat. Lalu berangkat.

ISO PLUS CITY RUN di SUN CITY MALL MADIUN

Katanya Sigit, ini event yang diadakan ISO plus pertama kali. Tahu sendiri khan selama ini yang ngadain running event itu pokari. Karena ini pertama kali, jadi kita gak akan berharap lebih deh. Syukur-syukur eventnya sukses.

13 Agustus 2017, pagi pagi jam 6, yang seharusnya harus diDOR berangkat lari, eh, malah baru mulai senam pagi. Hmm.. wajar, event pertama ya kak.

Senam setengah jam lebih. Para pelari baru start lari jam 6.39 pagi. Lumayan ya sinar matahari sudah menyentrong-nyentrong.

Aku kali ini gak ngevlog. Karena ini event road run alias lari di aspal. Jadi aku fokus mengejar pace (kecepatan lari). Sambil sesekali menengok jam Garminku, WOW pace 5:40! Aku terkejut, aku bisa lari secepat ini!

sadar kamera banget ya

Sadar kamera banget ya kak! Hahaha
Foto by: Madiun Runners

Bahkan di kilometer pertama, pace rata-rataku 5:31! Sangat cepat dibanding lari-lariku sebelumnya.
Kilometer kedua sampe 5 lebih kecepatan menurun. Menjelang finish kecepatan naik lagi menjadi 5.27 alias mbalap soalnya harus nyalip para pelari lain. Hohoho.

Rata-rata pace yang bisa aku raih adalah 6:03 min/km. GILAK! Benar saja. Aku dapat personal best ALL TIME! Alias seumur hidup ini lari tercepatku!

finish strong

finish strong

Finish Strong dengan bangga!
Foto by Madiun Runners

Dan ini dia catatan jam Garminku selama race!

catatan garmin

sangar banget

Dan baru kali ini aku mengalami finish masih dikit orang di venue. Trus ketika ada peserta lain baru sampe, aku langsung ledekin, “Yah, kalah cepet sama aku! Salah teknik lu!” HUAHAHAHA. Sombong nih ye.

:pukul:

Sampe finish, jalan kaki masuk venue 10 meter untuk mengambil medali plastik dan pisang dan minuman ISO plus.

racepack isoplus

Itu dapat handuk juga dari beli ISOplus 6 botol gratis handuk. Trus dapat kaos biru itu dari ngapload foto di instagram dengan ngetag 5 orang, follow ISOplus, lalu hashtag tertentu. Mantab kali acara ini!

Hiburan berupa musik dije dan berbagai macam doorprize is good! Bahkan ada dua jam Garmin Forerunner 35 (harga 3 jutaan) dibagikan di Doorprize! Untung aku udah punya jadi gak ngarep-ngarep amat hahaha.

TEKNIK BARU

Untuk mempercepat lariku (dengan tinggi badan di atas rata-rata, seharusnya lariku emang jauh lebih cepat, soalnya jarak langkahku lebih jauh dibanding yg lain), aku pakai teknik lari dengan lompatan lebar-lebar namun santai.

Kalau dulu, aku pakai teknik lari kecil-kecil dengan kecepatan konstan, kali ini aku lari gedhe-gedhe tapi santai gak cepet-cepet. Ternyata it works! Walaupun di awal-awal nafasku menggeh-menggeh karena belum terbiasa. Hahaha.

Untuk langkah yang gedhe-gedhe ini, nafasnya pun satu langkah tarik nafas, satu langkah hembuskan, begitu seterusnya. Hohoho.

WATER STATION

Ada dua water stations. Di kilometer 2,5 km sama hampir 5 km. Aku minum semua sampe habis. Berhenti dulu. Minum pelan-pelan. Lalu dibuang gelas plastiknya. Lalu jalan kaki bentar. Baru lari.

Banyak pelari yang gak memanfaatkan water station ini. Mereka banyak yang menyepelekan bahkan ada yg cuma menyiramkan ke muka. Demi pace yang cepet! WOT THE HEL? Hahaha.

Buat aku, water stations sangat penting ya. Tubuh butuh cairan untuk menggantikan keringet. Lagian, yo ngelak to mlayu banter 2,5 km gak mandek blas! Hahaha.

Terbukti lah, orang yg gak memanfaatkan waterstation dengan baik, aku salip semua pelan-pelan. Bahkan ada yg jaraknya 100 meteran aku salip pelan-pelan karena dia kelelahan atau dehidrasi mungkin.

Ya gitu deh.

FOTO-FOTO

Eh, karena acara ini bareng dengan Surabaya Marathon, jadi peserta lari dari timur kesedot di acara Surabaya Marathon. Walhasil peserta ISOplus ini ya rata-rata anak kulonan kayak Nganjuk, Madiun, Magetan, Ponorogo, dll.

Gak papa sedikit pesertanya, yang penting acaranya tertib dan rapi.

Nganjuk Runners1

Nganjuk Runners2

Nganjuk Runners

Foto bareng

Nganjuk Runners, Reyog Runners,
Magetan Runners, Caruban Mlayu.
Yo pokoke cah kui-kui. Hahaha

KESIMPULAN

Event ISOplus City Run di Sun City Mall Madiun ini kurang lebih begini:

  • Murah. Cuma mapuluh rebu! Kalau daftar perseorangan cuma 65 ribu!
  • Lokasinya deket dengan rumah. Cuma sejam. Hemat di waktu dan transport.
  • Kaos racepack, bib, not bad at all. Sesuai harga tiket.
  • Acaranya molor setengah jam lebih. Mungkin belum pengalaman ya.
  • Race rapi. Penjaga banyak. Gak bikin orang tersesat. Hehehe.
  • Water Station gak antri. Semua kebagian. Good!
  • Medali is not bad. Walaupun kertas dalamnya harusnya dicetak poster, bukan print-printan.
  • Hiburan asyik. Gak bertele-tele. Jam 9 pagi acara sudah selesai.
  • Dapat bonus banyak. Aku harusnya beli topi juga, cuma 15 ribu. Duh gomik!
  • Apa lagi ya? Hmm..

Oh iya, September nanti di Kediri diadakan ISOPlus City Run lagi. Dengan poster yang sama. Dengan medali yang sama. Semuanya kayaknya sama. Apakah aku akan ikut lagi? Hmm..

Sekian.

7 Comments

Komen dong!