International Vector Collaboration

*Okay, judulnya lebai banget*

Jadi gara-gara karyaku sering aku share di facebook dan dunia maya yang bisa diakses di seluruh dunia ini, aku jadi kenal sama mas Jet Bustamante asal Philipina. Dia ngeadd aku dong! Soalnya akulah yang lebih terkenal dari dia.. hahaha.. Nggak sih, dia mungkin nemu aku di tempat sampah, memungutku, lalu karena aku ganteng, trus dia ngajak kenalan! hahaha.. Nggak gitu sih, ya kebetulan aja kita seneng ngegambar kartun digital dari photo asli.

Mas Jet suka ngegambar pakek photoshop sedangkan aku sukanya pakek corel. Kalo karyanya mas jet namanya vexel (vector piksel), kalau karyaku namanya vector orijinal. Nah, dia emang lagi cari partner internasional buat kolaborasi. Mungkin dia cari yang deket-deket dulu, dan Indonesia lah yang dia pilih untuk kolaborasi. Lalu nemulah saya di tempat sampah tadi itu.. *sumpah ini ceritanya semakin ngaco*

Yup. Jet Bustamante, anak 13 tahun yang jagoan nggambar di photoshop. Yang sekarang sudah SMA di sana. 13 tahun sudah SMA? Yup, dia memang anak cerdas yang ikut program aselerasi gitu deh. Dan bahasa Inggrisnya sudah jago. Saya aja pas chatting keteteran dan sering buka gugel translate haha.. Padahal waktu itu pas dia masih 12 tahun! (Mei 2011)

Inilah hasil vector kolaborasi itu..

Ndop and Jet Collaboration

27 Mei 2011. Aku lupa lupa inget, kayaknya sih Jet ngerjain dulu yang sisi kanan, lalu dia kirim ke aku dan aku melanjutkan yang sisi kiri wajah. Jet pakek style vexel andalannya, sedangkan aku pakek style REAL VECTOR saja, biar gak kebanyakan mikir. Haha. Foto asli bisa dilihat di sini

Aku uploadlah di facebook, yang ngelike ada 145 orang. Lumayan lah ya. Silakan cek di sini. Mungkin sekarang udah nambah likenya. Haha.

Lalu aku upload juga di deviantart. Yang komen pun buanyak. Alhamdulillah komentar positive semua. Silakan cek di sini ya. Makasih.

Sebenarnya mas Jet juga mengaplodnya di shadowness. Makanya aku langsung bikin akun di sana. Shadowness.com mirip deviantart tapi lebih kayak twitter sih ada follow2nya. Kalo Deviantart namanya +Watch. Oh ya, di shadowness, karya kolaborasi kita berdua juga mendapat banyak tanggapan positif lo. Coba deh sampeyan cek di sini.

Penasaran lihat wajahnya mas Jet nggak? Nih..

JET BUSTAMANTE

JET BUSTAMANTE from The Philippines. Mas Jetnya lagi pelit gak mau nampakin semua wajahnya. Padahal ya sebelas duabelas (ribu) sama aku gitu gantengnya. #pret

________________

Dan baru-baru ini, kira-kira 23 September yang lalu. Mas Shqipdon dari Albania, Eropa sana. Ngajak kolaborasi vector. Dia ngirim Notes di deviant art gitu. Notes itu semacam “inbox” kalau di FB. Isinya sebagai berikut.

message DA

Saya waktu itu masih sibuk banget karena kebanjiran order dari seorang yang mesen 30 an vector -_-. Jadi bilang ke Mas Shqipdon kalo saya mau kolaborasi tapi jangan sekarang. Dan kira-kira seminggu lagi, ketika job vector sudah kayak angin sepoe sepoe (sebelumnya kayak angin tornado!) baru deh saya kerjakan kolaborasinya. Aku memilih ngerjain vector karakternya dan dia ngerjain backgroundnya.

Beberapa jam bernggethu-nggethu ria dengan corel draw (tentunya sambil ber”out of the box” ria via facebook dan twitter), jadilah gambar vector di bawah ini:

HULK by dzofar.com

gambar asli bisa dilihat di sini

Aku kirim vectornya dalam bentuk bitmap PNG dengan background transparan ke emailnya Shqipdon. Dan mas Shqipdon membalas emailnya dengan begini..

email Shqipdon

Wuaaa.. semacam mendapat hujan di musim kemarau yg kering.. DAMN, itu orang Albania Eropa sana yang bilang. Aku so much excited!!!! *ndop, biasa aja ndop -__- *. Hmm.. upload di deviant art dan facebook ah..

Alhamdulillaah ketika saya upload di deviantart, mendapat tanggapan positive. Bisa dibaca komen-komen mereka di sini. Deviantart itu levelnya internasional. Semua orang dari seluruh dunia yg punya akun di sana bisa komentar. Jadi karya kita kalo sudah diupload di DA (DeviantArt) itu harus siap-siap dikomen pakek bahasa Inggris. Haha.

Alhamdulillaah juga ketika saya upload di facebook, mendapat 95 likes dan komen yang membahagiakan. Buktinya ada di sini. Wow, berkarya maksimal memang bikin seneng ati apalagi kalo mendapat tanggapan positive.

Paginya, ketika aku bangun tidur, aku buka BB ada email. Ternyata email dari mas Shqipdon ngasih tau kalo vector kolaborasinya udah selesai. WOW, aku langsung buru-buru ambil wudlu, sholat subuh dan online lagi (biasanya sih tidur lagi :tidur: ). Dan hasilnya pun memuaskan…

HULK Collaboration

Ketika mas Shqipdon ngaplod di DA, wuih banyak mendapat tanggapan positif. Intinya komennya bilang kami berdua ini pasangan kolaborasi yang emeizing! Haha.. Kalo mau baca komen-komen mereka yang pakek bahasa Inggris, silakan mengunjungi link ini.

Uw-alhamdulillaah sak pole.. Semacam adrenaline tersendiri deh. Merasa bersyukur banget ternyata usahaku selama bertahun-tahun belajar vector ini diapresiasi sama orang luar negeri!!! *ndop biasa aja deh, perasaan kamu udah punya klien luar negeri dari jaman dulu deh?*

Dan ketika aku upload di facebook, eh ada komen dari Pak Toto Haryanto (saya anggap beliau bapak desain saya, satu-satunya orang yang sering ngasih kritik pedas di karya saya yang saya selalu setuju dengan kritiknya. Semacam kritik membangun. Makasih Pak Toto. Selain Pak Toto kalo ada kritik pedas, kadang saya iyakan, kadang saya cuekin. :pukul: ). Komen pak Toto ternyata tentang background yang dibuat Shqipdon. Komennya adalah…

komen pak Toto

Dan saya mengiyakan. Memang aku agak-agak gimana gitu melihat hasil kolaborasinya. Apalagi ketika melihat HULK-ku kakinya dipotong sama Shqipdon, aku sedikit kecewa. Bayangan saya sih posternya dibuat landscape lalu backgroundnya bangunan yang rusak, tetapi ternyata hasilnya lain. Pemilihan jenis font di typografinya juga kurang pas. Harusnya lebih gemuk dan “kasar” kayak bebatuan. Tapi walaupun begitu, saya puas kok. Mas Shqipdon already make a good job!

___________

Perjuangan masih belum berhenti kawan. Tetap belajar sampai kapanpun. Karena di atas langit masih ada langit lagi lo. Kalo kata Agnes Monica (@Agnezmo)..

ketika kita sudah mencapai standar tertentu, kita harus menaikkan standar lebih tinggi lagi. Dan ketika standar lebih tinggi itu sudah kita capai, kita naikkan standar itu lebih tinggi lagi, demikian seterusnya…

Jadi kita gak gampang puas dengan pencapaian sekarang ini. Karena standar lebih tinggi menanti di depan sana.. *wuik, mendadak bijak.. nanti siang beli bijak cingur ah.. itu rujak! Oke garing!*

Publish ah…

43 Comments

Komen dong!