Video Tutorial Vector Corel Draw: Dasar-Dasar Vector (Basic)

Akhirnya bikin tutorial lagi kawan-kawan ndofans™ semua. Banyak rikues tentang tutorial dasar corel draw. Woke dah saya bikinkan. Mumpung Tuhan ngasih waktu nganggur beberapa hari ini. Haha. Alhamdulillaah banget jadi bisa ngrekam video tutorial.

Jam 11 malam, nunggu rumah sepi dan hening karena pada tidur. Seperti biasa saya siapkan webcam sebagai microphonenya. Ngirit banget ya, webkem 65 ribu sudah sama microphonenya. Haha. Kemudian kunci pintu kamar biar nggak ada yang mengganggu. Update status di facebook minta doa sama ndofans tercinta supaya lancar rekamannya. Semua pada nunggu dan nanyain kapan video selesai. Sabar kakak.

Dan memang harus sabar. Pasalnya videonya berdurasi SATU JAM. Atau lebih tepatnya 59.11 menit! Karena aku gak siap-siap materi sama sekali. Bener-bener mikir live spontan tanpa persiapan. Makanya lama. Haha. Walhasil aku render pakek Sony Vegasnya juga lama! 11 jam sendiri! Oke ini ada kesalahan. Aku render di Vegasnya format HD semua entah bitrate sama resolusinya! DAMN! Haha.. masih belum berpengalaman.

11 jam menunggu otomatis komputer nggak aku matikan SAMPE SEKARANG! Sudah total 2 hari nggak aku matiin ini komputer. Kenapa dua hari? Ya sebelumnya khan ngedit video. Lalu coba-coba format non HD, lalu di postingan sebelumnya ada yg nyaranin kenapa nggak HD (High Definition) sekalian? Biar videonya lebih jelas gitu. Nah coba coba render video itulah yang lama. Kayak eksperimen gitu trial and error.

Padahal yang bikin lama itu ya twitteran sama facebookan, ssst tapi ini rahasia!!! :ssst:

Dan dengan adanya diskusi singkat di facebook. Ternyata banyak yg nyaranin convert video jadi MKV. Okelah manut saja. Dan ternyata video HD saya ini yg berdurasi 1 jam, yang awalnya 600 MB berubah menjadi 150 MB saja! Makasih banyak buat mas Diwantara Anugrah Putra atas tutorial convert video menjadi MKV di youtube sini!

Karena sudah tahu caranya, walau dikit-dikit, akhirnya aku eksperimen sendiri. Video sebelumnya yang tutorial vector real, aku format HD juga. Kali ini aku ubah bitratenya di Sony Vegas seperti sarannya kak Tara. 300-500 Kbps saja. Soalnya ini video tutorial yg diem dan gak banyak gerak. Oke render!

Ternyata video yg beerdurasi 40 menit itu rendernya cuma sejam/dua jam! Aku lupa, soalnya aku tinggal tidur. At least lebih cepet dibanding 11 jam khan? Haha.. Oke sekarang sudah sedikit ngeh. Dan saat saya posting ini (14 Juni 2012 jam 6.24 pagi), saya masih upload video HD tutorial real vector yg ukuran filenya justru LEBIH KECIL dibanding NON HDnya karena sekarang saya SUDAH TAHU CARANYA! Yaitu 134 MB saja. Padahal video non HD nya 148 MB. Haha.

Oke deh kawan-kawan, ini dia video yg ditunggu-tunggu: VIDEO TUTORIAL DASAR-DASAR VECTOR COREL DRAW. Ada banyak materi di sini. Penjelasan mengenai weld, trim dan intersect, copy paste object, rotate, atur objek rata tengah, atas, bawah, cara mewarnai objek. Ada demo menggambar bunga dan pemandangan. Pokoknya seru! Tonton yg HD yah biar jelas. :sip:

Buat yg penasaran sama videonya, yang jelas kalian akan belajar bareng menggambar pemandangan seperti gambar di bawah ini lo..

Latihan dasar corel draw: menggambar bunga dan pemandangan

Kalian akan belajar bareng saya menggambar pemandangan seperti di atas ini. Gampang kok, makanya tonton aja videonya sampe selesai. Satu jam! haha..

Semoga akan ada tutorial-tutorial vector yang lainnya. Semoga ini masih part I dan akan ada part II, III dan seterusnya. Aamiin..

*buka email dulu, ada order.. :D *

60 Comments

Komen dong!