Proses dan Biaya Pengiriman Barang ke Singapura: Panduan Sederhana

Singapura
Photo by Jisun Han on Unsplash

Kirim barang ke Singapura sekarang makin mudah. Dengan estimasi ongkos kirim yang bervariasi. Kita bisa pilih biaya pengiriman berdasarkan lama waktu pengiriman. Tentu saja berat barang juga diperhitungkan. Berbagai pilihan jasa pengiriman kini telah banyak hadir di Kota Besar Indonesia. Pengiriman barang ke luar negeri sekarang prosesnya gak rumit lagi.

Prosedur Pengiriman Barang Menggunakan Jasa Ekspor

  1. Menghubungi Customer Service Jasa Ekspor

    Langkah pertama bila ingin mengirim barang ke luar negeri adalah dengan menghubungi pihak jasa pengiriman. Kalian akan mendapatkan segala informasi tentang proses pengiriman barang tersebut. Sehingga kalian akan lebih percaya untuk mengirimkan barang kalian hingga sampai ke tempat tujuan.

  2. Memeriksa Biaya Estimasi

    Setelah memilih jasa pengiriman barang, langkah kedua adalah memeriksa ongkos kirim (ongkir) ke Singapura yang dibutuhkan untuk pengiriman barang anda. Estimasi biaya yang dibutuhkan ini dapat anda lihat melalui halaman situs website. Estimasi barang akan dihitung berdasarkan berat barang yang akan dikirim.

  3. Melakukan Pembayaran

    Langkah selanjutnya adalah melakukan proses pembayaran. Proses pembayaran akan dilakukan setelah perhitungan barang berdasarkan berat yang akan dikirim sudah ditentukan. Selain perhitungan harga berdasarkan berat, perhitungan harga juga berdasarkan pemilihan kecepatan proses pengiriman.

  4. Pengambilan Barang

    Setelah proses pembayaran selesai, barang kemudian akan diambil oleh kurir jasa pengiriman yang kalian pilih. Ada beberapa jasa pengiriman yang memberikan jasa gratis penjemputan barang. Memang tak seluruh kota di Indonesia, tetapi jasa gratis ini terdapat di banyak kota besar.

  5. Pemeriksaan Ulang

    Proses terakhir pengiriman barang adalah pemeriksaan ulang yang dilakukan petugas jasa ekspor. Yang terdiri atas pemeriksaan berat, volume dan tarif ongkir Singapura tambahan yang akan dikenakan bila terdapat kelebihan perhitungan. Setelah konfirmasi ulang, barulah barang akan dikirim ke tempat tujuan.

Beberapa Tips Dalam Mencari Jasa Ekspor Barang Yang Tepat

  1. Memeriksa Track Record

    Pengecekan riwayat perusahaan atau track record akan membuat anda lebih nyaman dalam bertransaksi. Hal ini penting untuk dilakukan sebelum mempercayakan barang anda dikirim oleh pihak jasa ekspor. Dalam melakukan pengecekan, pastikan juga surat izin perusahaan pengiriman tersebut. Selain itu bisa juga dengan mengecek testimoni pelanggan lain.

  2. Kualitas Dan Biaya

    Faktor kualitas dan pertimbangan biaya juga tak kalah penting untuk anda pikirkan. Lama waktu yang dibutuhkan untuk jasa ekspor dalam melakuan pengiriam juga bisa menjadi indikator kualitas perusahaan. Selain itu, ada atau tidaknya pemberian garansi juga bisa menjadi pertimbangan anda selanjutnya.

    Peraturan klaim yang dibuat oleh jasa ekspor barang ini juga harus diperhatikan baik-baik, karena akan berkaitan dengan susah tidaknya proses yang akan dilalui bila terjadi insiden kerusakan barang selama perjalanan. Garansi ini juga bisa dijadikan tolak ukur perusahaan yang berkualitas.

    Faktor berikutnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah biaya ongkir ke Singapura. Biaya adalah hal yanng sensitif bagi pelanggan sehingga memilih biaya disesuaikan dengan anggaran yang tepat dengan kebutuhan akan sangat membantu. Sesuaikan dengan bajet kalian ketika memilih biaya pengiriman.

    Pengiriman barang ke luar negeri selalu identik dengan harga yang mahal dan estimasi pengiriman yang lama. Tetapi anggapan itu kini sudah tidak ada karena banyak jasa pengiriman barang ke luar negeri yang bisa anda pilih sesuai dengan anggaran. Walaupun harga terjangkau tetapi kualitas akan tetap terjaga dengan baik.

Demikian tadi ulasan tentang proses dan biaya jasa ekspor barang dari Indonesia ke Singapur. Kirim barang ke Singapura dan terima barang dari Singapur sekarang jadi lebih mudah, murah, dan cepat melalui jasa kirim terpercaya.

Komen yuk kak!