Bepergian dengan Pesawat Terbang Bersama Bayi? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Anda pernah memikirkan bagaimana membawa bayi anda berlibur naik pesawat? Terdengar merepotkan, namun jika anda mempersiapkan segala kebutuhan yang dibutuhkan secara matang anda bisa mewujudkan rencana yang satu ini. Berlibur bersama keluarga tentu terdengar sangat menyenangkan. Membawa bayi anda berlibur naik pesawat terbang akan menjadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan untuk anda dan bayi anda.

bayi naik pesawat

Beberapa ketentuan wajib anda ketahui sebelum membawa bayi anda naik pesawat, seperti usia bayi yang boleh naik pesawat jika usianya sudah diatas 14 hari. Namun, semua ini perlu anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Pastikan kondisi bayi anda sedang sehat dan sudah bisa dibawa naik pesawat. Beberapa faktor perlu anda perhatikan untuk tetap menjaga bayi tetap nyaman ketika di pesawat. Semua ini bisa anda pelajari untuk menjadikan perjalanan anda dan keluarga tetap menyenangkan. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk merencanakan liburan naik pesawat bersama keluarga dan tentunya membawa bayi anda? Anda bisa cek harga Batik Air di sini, dan mempersiapkan segala akomodasi liburan anda bersama keluarga dengan aplikasi Traveloka. Segalanya jadi terasa lebih mudah dan sangat praktis!

Berikut ini adalah hal yang perlu anda perhatikan untuk anda para orangtua, ketika berencana untuk membawa bayi anda naik pesawat. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Membawa perlengkapan bayi
  2. Hal yang sudah pasti anda pahami ketika akan membawa bayi berpergian adalah membawa perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi adalah hal yang terpenting ketika anda membawa bayi berpergian. Perlengkapan bayi yang dibawa bisa disesuaikan dengan kebutuhan bayi anda atau juga situasi di tempat dimana anda akan menetap untuk berlibur. Semisal jika anda pergi ke daerah yang suhu cuacanya lebih dingin, anda bisa membawa pakaian hangat lebih banyak agar bayi tidak kedinginan dan jatuh sakit. Perlengkapan bayi yang biasanya dibawa didalam tas bayi adalah baju ganti, popok, perlak, pakaian hangat, mainan bayi, cemilan bayi, dan masih banyak lagi.

  3. Memilih jam penerbangan yang tepat
  4. Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan ketika akan membawa bayi anda berpergian naik pesawat yaitu memilih jam penerbangan yang efektif. Hindari memilih jadwal penerbangan di jam-jam ketika bayi anda sedang rewel. Anda bisa memperkirakan jam berapa bayi anda biasanya sedang terlelap, seperti contohnya penerbangan di pagi hari. Di pagi hari, bayi biasanya masih tidur terlelap. Anda bisa memilih penerbangan di pagi hari ketika bayi anda masih tenang dan terlelap. Namun, apabila anda memilih penerbangan di malam hari, bayi seringkali berada dalam keadaan yang rewel dan terus menangis terutama jika sedang merasa kelelahan. Selain itu, penerbangan di malam hari juga rentan mengalami delay atau penundaan jam penerbangan yang panjang, hal ini bisa menyebabkan bayi tidak nyaman dan juga kelelahan.

  5. Sedia earmuff untuk bayi
  6. Earmuff bisa anda gunakan ketika di dalam pesawat untuk meredam suara bising. Anda bisa menggunakannya kepada bayi anda, agar bayi tidak terganggu mendengar suara kebisingan pesawat. Selain itu, earmuff juga berguna untuk menghindari efek pendengaran ketika tekanan udara kabin meningkat. Biasanya, tekanan udara kabin meningkat ketika pesawat sudah lepas landas. Efeknya adalah nyeri pada bagian dalam telinga dan pendengaran bisa terganggu. Efek ini memang hanya muncul untuk sementara saja, namun untuk dirasakan oleh bayi sepertinya bayi akan merasa tidak nyaman. Untuk menghindari bayi yang rewel ketika di dalam pesawat karena gangguan-gangguan tersebut, anda bisa menyediakan earmuff untuk bayi anda.

  7. Sedia bassinets untuk bayi
  8. Bassinets adalah keranjang bayi yang biasanya digunakan untuk newborn atau bayi yang baru lahir. Ketika anda lelah menggendong bayi anda, anda bisa menidurkan bayi anda di bassinets. Di beberapa maskapai tertentu, anda bisa meminta bassinets dan pihak maskapai bisa meminjamkannya namun dengan beberapa ketentuan. Salah satunya adalah, apabila anda menginginkan bayi anda menggunakan bassinets dari maskapai yang menyediakan, anda perlu mendapatkan seat pesawat di paling depan karena hanya di seat paling depan yang bisa dipasang bassinets. Untuk anda para orangtua yang membawa bayi yang sudah lumayan besar semisal usianya kurang lebih diatas 2 bulan dan sudah bisa duduk, tentunya anda tidak memerlukan bassinets. Anda bisa memesankan satu seat khusus untuk bayi anda agar anda tidak perlu menaruh bayi anda di pangkuan anda. Hal ini juga dilakukan agar bayi anda nyaman duduk sendiri.

  9. Membawa makanan untuk bayi
  10. Untuk bayi anda yang sudah bisa makan atau dalam tahap MPASI, anda perlu membawa makanan dan cemilan cadangan untuk bayi anda ketika sudah memasuki waktunya makan. Selain itu, cemilan juga bisa anda bawa untuk diberikan kepada bayi anda agar tidak merasa bosan dan berujung kepada rewel lalu menangis. Terutama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penundaan keberangkatan atau delay. Anda bisa mengantisipasi untuk membawa makanan untuk bayi agar bayi anda tidak tertunda jam makannya dan tidak rewel ketika lapar.

Itu dia beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda berencana akan melakukan perjalanan naik pesawat membawa bayi anda. Langsung saja rencanakan liburan anda bersama bayi dan anggota keluarga anda yang lain. Traveloka akan menjamin kemudahan pemesanan akomodasi yang bisa anda persiapkan menjelang pergi berlibur. Jangan lupa, pesan damri ke Bandara untuk perjalanan anda yang lebih mudah dan praktis tentunya. Download aplikasi Traveloka sekarang juga!

Komen yuk kak!