Belajar WPAP (Wedha’s Pop Art Portrait)

Hai hai hai… lamaaa nih nggak posting. Maklum hiya, mas ndop lagi seneng-senengnya nggambar wajah pakek style kotak-kotak. Style itu miliknya orang Indonesia lo, namanya Pak Wedha. Style itu sudah ada sejak jaman dahulu kala, saat itu majalah Hai sering memuat karyanya.

Kalau dirimu sering main-main ke wall facebook saya, sampeyan akan menjumpai gambar-gambar temen-temen dari komunitas WPAP (yang semuanya adalah seniman itu!) mewarnai wallku. Maklum, namanya POP ART tentu tak jauh dengan warna-warni dengan warna ngePOP.

Sebagai insan penyuka design grafis, mas ndop juga ikut meramaikan WPAP lo. Berbagai macam komentar sudah didapat olah mas ndop. Karya pertama pun aku luncurkan. Pak Wedha langsung komentar dengan bijaknya. Tak ada kata-kata merendahkan yang ada hanyalah api semangat yang membuatku pingin nyoba dan nyoba lagi.

WPAP by ndop part I

Besoknya, saya pun bikin lagi karya kedua. Semalaman saya nggak bisa tidur nyenyak soalnya masih penasaran sama yang namanya faceting alias pembidangan wajahnya. Kubuka folder pictureku, dan kuobok-obok isinya wallpaper gambar artis kesukaanku: bjork. Kubuatlah WPAP nya, dan ketika aku share ke facebook, banyak pujian aku terima. Wah wah.. semakin semangat untuk bikin lagi nih…

Dan karya ketiga, keempat, kelima, pun dibuat. Pujian dan kritik membangun menghiasi comment list facebookku. Wah wah hari-hariku sangat bersemangat untuk terus bikin WPAP. Kenapa saya suka WPAP? Yup, karena banyak teknik coloring yang bisa dipelajari dari situ. Teknik faceting atau pembidangan juga sangat menarik untuk dipelajari.

WPAP by ndop part II

Di sela-sela mengerjakan order vector, saya pun menyempatkan diri untuk bikin WPAP. Karya-karya di atas adalah kelanjutan dari proses belajar saya. Banyak yang suka dengan Bjork bikinan saya. Waduh, rasanya hati ini senang gembira. Walhasil, saking gembiranya, aku pun mencetaknya di banner dan memajangnya di kamar.

WPAP by ndop part III

Dan saat ini sudah ada puluhan karya yang berhasil aku buat. Kalau sampeyan mau lihat karya saya, bisa dilihat di Album WPAP Deviantart saya atau di album WPAP aja! Facebook saya.

Oh ya, banyak juga tuh yang nanya tutorial menggambar WPAP ke saya. Saya nggak berani njawab soalnya sampai saat ini pun saya masih mencari teknik mudahnya. Maklum karya karya di atas itu dibuat tanpa teori, hanya mengandalkan naluri saya yang minim ini saja.

Tapi jangan khawatir, mas Toni Agustian (toni-beautyofinsanity.blogspot.com) punya jawabannya. Dia menulis tutorialnya dalam blog khusus WPAP di sini. Trus mas Najeeb juga menerbitkan tutorial WPAPnya dalam bentuk video di sini.

Keren khan? Lha tutorialmu kapan ditulis ndop? Hehe.. nunggu saya dikasih gelar Sensei oleh Pak Wedha ya… Nanti saya kasih tutorialnya di blog ini gratis untuk kalian pelajari.

Trus, apakah saya akan berbisnis dengan WPAP ini? Mmmm… untuk sekarang saya belum berani. Sudah ada yang mesan ke saya, tapi dengan hormat saya tolak, karena memang masih proses mencari teknik mudahnya (dan masih takut hasilnya mengecewakan). Soalnya bikin WPAP begini butuh mood dan cita rasa seni yang lumayan tinggi. Hohoho…

UPDATE 4 Desember 2010:

Saya menerima order WPAP kok. Email aja foto kamu ke ndop@dzofar.com.

Saya sudah bikin video pembuatan WPAP seadanya aja, soalnya belum belajar bikin video tutorial. Silakan kunjungi youtube saya:

VIDEO TUTORIAL WPAP

85 Comments

Komen dong!