Bersih nan Rapi, Ini 7 Cara Efektif Membersihkan Rumah dengan Cepat!

Mempunyai rumah yang rapi dan bersih merupakan impian banyak orang. Namun, kalau kita malas untuk membersihkan kotoran, bakteri dan debu yang menempel tentu bisa menjadi sarang penyakit yang berbahaya untuk tubuh. Kamu gak mau kan keluarga dan orang tersayang kamu itu menjadi sakit serta merasa gak nyaman berada dirumah yang begitu kotor?

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang yuk rajin membersihkan setiap ruangan dan furniture yang ada di dalam rumah. Selain membuat rumah tampak lebih bersih dan rapi, rajin membersihkan rumah juga akan membuat siapa saja nyaman dan betah berlama-lama berada di dalam rumah. Berikut ada beberapa cara efektif membersihkan rumah yang bisa kamu terapkan.

Lakukan Mulai Dari Area Kamar Tidur

Sumber: pinterest.com

Awali aktivitas membersihkan rumah dari kamar tidur. Jika sprei kasur dan sarung bantal kamu sudah lama tidak diganti, maka segeralah ganti minimal seminggu sekali. Kasur yang sering ditempati sehari-hari bakal dipenuhi dengan keringat kita dan sel kulit mati, sehingga akan menjadi area berkumpulnya bakteri dan kuman. Lalu, lanjutkan dengan memvakum area tempat tidur, lakukan minimal dua kali dalam seminggu. Bersihkan juga lantai-lantai di kamar, jendela kaca, serta perabotan yang ada di kamar.

Bersihkan Kamar Mandi

Sumber: pinterest.com

Kamar mandi menjadi salah satu tempat yang paling kotor dan mengandung banyak kuman serta bakteri kalau jarang dibersihkan. Bersihkan lah bagian dinding dan lantai kamar mandi. Lakukan dengan menggunakan sikat lalu di gosok. Jika sudah, lanjutkan ke bagian WC. Kalau kamu menggunakan ember atau bak mandi untuk menampung air, kuraslah minimal seminggu sekali.

Singkirkan Bakteri di Ruang Keluarga

Sumber: pinterest.com

Ruang keluarga biasanya menjadi tempat santai-santai di rumah. Di ruangan ini, anggota keluarga kamu biasanya bermain, makan, menonton TV, dan melakukan hal lainnya. Sehingga area ini pun menjadi tempat berkumpulnya kuman. Kalau kamu mau membersihkan rumah dengan efektif, maka perhatikan pada benda-benda yang sering dipegang banyak orang seperti remote TV, telepon, meja, dan lain sebagainya. Bersihkan semua benda tersebut seminggu sekali dengan menggunakan tisu disinfektan agar tidak menjadi sarang berkumpulnya mikroba.

Benahi Ruang Mencuci Pakaian

Sumber: pinterest.com

Kalau kamu terganggu dengan bau yang tidak sedap dari mesin cuci, maka segeralah bersihkan barang elektronik tersebut sebelum kuman dan bakteri semakin menyebar jauh. Pakaian kotor yang berada di mesin cuci biasanya penuh dengan kuman maupun virus. Secara tidak langsung mesin cuci pun dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman. Makanya, mesin cuci harus rutin dibersihkan. Luangkanlah waktu kamu buat membersihkan mesin cuci minimal seminggu sekali dengan menggunakan cairan pemutih.

Bagian Gagang Pintu serta Pegangan Tangga Juga Perlu Dibersihkan

Sumber: pinterest.com

Pegangan tangga dan gagang pintu seringkali terlewatkan begitu saja saat melakukan bersih-bersih rumah. Padahal, pegangan tangga dan gagang pintu sering disentuh oleh orang banyak. Sehingga kuman dan bakteri pun akan mengumpul di sana. Untuk itu, jangan lupa bersihkan bagian pegangan tangga dan gagang pintu seminggu sekali dengan cairan desinfektan, ya.

Bersihkan Karpet

Sumber: pinterest.com

Karpet juga sering menjadi tempat berkumpulnya debu dan bakteri. Apalagi bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan berbulu, seperti kucing atau anjing. Biasanya bulu hewan mudah menempel di karpet, dan ini bisa menyebabkan alergi. Jadi, bersihkan karpet kamu seminggu sekali ya. Kalau karpet kamu berukuran besar, sebaiknya pakai alat penghisap debu untuk membantu membersihkan karpet jadi lebih cepat.

Perhatikan Area Dapur

Sumber: pinterest.com

Saat membersihkan rumah, kitchen set juga tidak boleh terlupakan. Lakukanlah pembersihan mulai dari wastafel dengan menggunakan lap serta sabun cuci. Tata rapi peralatan masak dan bumbu-bumbu dapur di rak atau di tempat khusus. Pastikan meja dapur bersih dan kinclong. Selain itu, kompor juga wajib dibersihkan setiap kali menggunakannya. Karena saat memasak biasanya bakal ada cipratan minyak atau bumbu masak yang menempel di area kompor. Bersihkanlah kompor menggunakan lap bersih. Jika ada cucian kotor di wastafel, segeralah cuci agar tidak menumpuk dan menyebarkan bakteri.

Yuk, tunggu apalagi? Segera bersihkan rumah kamu dengan cara di atas ini agar kesehatan kamu dan keluarga tetap terjaga!

Komen yuk kak!