Tips Kurus Ala Ndop

Ingat ya, ini ala saya. Ndop. Bukan ala dokter. Aku hanya ngeshare apa yg aku lakukan sampe aku kurus.

Hmm.. Mari saya share dulu sejarah bentuk badan saya dari waktu ke waktu.

Ini adalah ketika 7 bulan.

Baby ndop

Standar bayi lah ya. Gak gemuk banget, gak kurus banget

Ini ketika 3-4 tahun.

Ndop umur 3-4 tahun

Hmm.. masih ideal lah ya.

Ini ketika SD kelas 5-6.

Ndop SD

Hmm.. Kurus ini.

Ini ketika SMP (kelas 3? lupa kelas berapa).

Ndop SMP

Hmm.. Kurus juga ini.

Ketika SMA aku jarang foto-foto karena minder. Wajahku jerawatan, tua, dan jelek! HAHAHA.

Ndop Jaman SMA

Salah satu peninggalan foto paling ganteng ketika SMA.

Ketika kuliah lumayan banyak foto-foto. Soalnya sudah ngetren kamera dijital dan hape berkamera.

Ndop jaman kuliah

Ini juga foto paling ganteng semasa kuliah.

Semester akhir aku semakin stress dan semakin kurus.. :cry:

Kurus dan jelek

Kurus, tua, dan jelek.
Dagingku habis dimakan hati yg gak bahagia.

Lalu ketika DO kuliah, ceritanya hidupku semakin lama semakin membaik. Aku lebih bahagia. Selera makan meningkat otomatis. Muka jadi lebih bersih. Memang ada benernya kata orang kalau keadaan muka mencerminkan keadaan hati.

Ketika bekerja di Bali, berat badanku mulai naik. Dari 56 kg perlahan naik sampe 65 kg.

gemuk

Lumayan berisi lah yaa

Keluar dari kerja karena kepingin bisnisan sendiri, aku makin bahagia. Berat badan semakin meningkat. Drastis. Pernah sampe 80 kg! Lalu bertahan di 78 kg lumayan lama. Hahaha

Keren ya!

Ini klimaksnya badanku bagus! Itu ukuran celana 35! Haha.

Lagi ah..

gemuk yaaa

Ini juga menggemaskan gitu ya badanku. HAHAHA

Kira-kira setahunan aku gemuk overweight begitu. Trus lama-lama aku kok bosan ya gemuk. Bawaannya berat aja gitu. Mengingat sejarah di atas, aku sudah terbiasa kurus dari SD sampe kuliah DO. Jadi sekitar 20 tahunan aku kurus. Jadi tubuhku merasa terbiasa kurus.

Aku tuh masih hyperaktif gerakanku. Kayak anak kecil. Kalau habis mandi gitu, aku selalu berlari menuju kamar. Nggak jalan kaki kayak teman2 seumuranku bahkan 10 tahun di bawahku.

Aku juga masih suka joget-joget gak jelas. Yang follow instagramku pasti tahu aku sering ngedens gak jelas hahaha.

Trus..

Suatu saat, aku merasa nyeri di telapak kakiku. Asam urat??? Oh no way! Setelah aku baca-baca artikel, ternyata ini bisa jadi karena aku kelebihan berat badan!

Emang sih, aku overweight 3-4 kiloan.

Lalu aku mencoba hidup sehat. Mengurangi nasi kek. Puasa kek. Puasanya bukan yg kayak ibadah gitu. Tapi menahan lapar gitu. Cuma banyakin minum. Semacam osidi gitu. Tapi nggak tertib. Hahaha.

Tapi buktinya, aku bisa turun 6 kilogram. Buktinya ada. Aku mah jujur orangnya apa adanya.

Ideal

Kelihatan kurus ya? Padahal idealku segini ini.

Dengan berat badan 72 kg, tinggi badan 176 cm, artinya Body Mass Indexku adalah normal weight. Mantab gak tuh! Walaupun kalau ditambah sekilo lagi, aku bakalan overweight beberapa ons sih. Hahaha

Tapi entahlah, dagingku ini memang konsentrat padat berisi. Jadi Walau kelihatan kurus tapi aku tuh berat! HAHAHA.

Dan sekarang berat badanku antara 70-72 kg. Pernah 69 kg kalau sedang kelaparan banget. HAHAHA.

Ini foto terbaruku Sabtu, 10 Oktober 2015 kemarin..

71 kg

Segini ini 71 kg.
Ideal menurut Body Mass Index (indeks berat badan)

Memiliki berat badan ideal ternyata berdampak hebat pada kesehatanku. Aku semakin strong dan prima. No more nyeri di kaki. No more pegal-pegal di badan karena alasan gak jelas. Gerakanku juga LUUUWINCAH membahana! Mau gerak kayak apa juga gak gampang capek. AMAZING!

Trus bagaimana caranya menurunkan berat badan ala Ndop?

Gampang kalau aku. Kalau aku lo ya. Mungkin sulit kalau menurut kamu.

Jadi kenapa aku turun berat badan itu karena keadaan. Selain tubuhku males diajak gemuk (sering nyeri di kaki dan pegal-pegal), keadaan rumahku juga ribet abis. Banyak masalah intern keluarga yg kurang ideal untuk tinggal bersama. Jadi aku sering berada di kamar. Ngobrol sama kalian, sama ndofans™.

Males keluar kamar membuatku sering kelaparan di kamar. Trus karena lemes, maka aku buat tidur aja. Paling perutku cuma kemasukan air putih doang.

Secara looks, aku suka gemuk sih. Lebih seger dan ganteng. Gemuk juga cita-citaku sejak keciiil. Yang akhirnya tercapai juga.

Namun apalah yg terjadi, tubuhku males diajak gemuk. Maunya ideal aja. Yowis, ayok aja! Mari kita pecahkan mitos yg mengatakan ‘Kalau sudah gemuk maka akan susah kurusnya!’ HAHAHA. Karena dulu aku sudah pernah memecahkan mitos ‘Kalau sudah bawaan lahir kurus, maka gak akan bisa gemuk!’, yang pada kenyataannya aku BISA GEMUK! HAHAHA.

Nah, mitosnya ternyata bisa aku pecahkan khan? Buktinya aku bisa ideal juga. HAHAHA. NDOP SANG PEMECAH MITOS!

Baiklah, inilah tips-tipsku dalam menguruskan badan! Mulai dari..

1. MAIN GAME

Main game di iPad

Ngegame melulu..

Aku ingat, aku berangsur-angsur kurus sejak aku punya iPad. HAHAHA. Dan sejak aku install game Hay Day, Clash Of Clans, Boom Beach, aku jadi lupa makan! Lebih asyik memberi makan ayam-ayam, sapi-sapi ku daripada memberi makan diriku sendiri. HAHAHA.

Untungnya ada air minum di kamar. Jadi walaupun gak makan, aku masih segar karena banyak minum.

Sejak main game ini secara intensif, (((INTENSIF))), berat badanku turun deh. Karena lupa makan.

2. BANYAK GERAK

Lha kok pas, di Nganjuk ada CFD alias Car Free Day. Pas banget aku juga pingin coba lari-lari dan sudah beli sepatu lari baru. Hahaha. Yowis tiap minggu akupun running sekarang.

Apalagi sejak punya iPhone, jadi suka install aplikasi2. Termasuk aplikasi Endomondo yg buat mencatat olahraga kita.

Running

Kelihatannya kurus banget ya?
Ini lo 70 kg! Gak seenteng yg kalian kira sih hahaha
Dengan berat badan ideal, lari 5 km tanpa henti pun kuat!
Sudah aku buktikan kok! Aku mah apa adanya orangnya.

Nah, kalau sudah banyakin gerak, misal lari atau sepedahan, jangan lantas makannya buanyak. Tapi makanlah sampe perut kamu keisi. Ingat ya, perutnya keisi. Jadi jangan kenyang banget. Kenyang dikiit aja gak papa sih.

2. MIKIR KALORI

Beuuh, ngguwaya saiki. Membahas bab kalori. Hahaha. Aku ingat betul kata Dedi Korbuzie, kalau nasi goreng itu kalorinya 750. Padahal dalam sehari manusia dewasa itu cuma butuh 1500 – 2000 kalori aja.

Kalau aktifitas kita cuma tenguk-tenguk di depan komputer, ya berati cuma butuh kalori sebanyak 1500 mungkin ya. Jadi sehari cuma makan 2 nasi goreng sudah bisa bikin kita hidup. Kalau kelebihan ya jadi apa? Iyak betul. Lemak. Sang sumber penyakit. Mantab!

Dengan was-was sama makanan, aku jadi parno sendiri kalau lihat makanan. Kalau dulu pas gemuk aku selalu melahap apapun. Sekarang mulai mikir-mikir.

Ntar kalau aku makan ini, bahaya gak ya? Kata artikel di google makanan ini bahaya nih. Aduh gimana ya, dimakan gak ya? Nasi ini kalorinya segini, eh tambah daging itu kalorinya segini, wah, berati aku habis ini harus olahraga berat untuk membakar semua kalori ini! Tapi di luar lagi panas, masa aku harus lari-lari sepanas ini?

Dari hasil kebanyakan mikir di atas, kesimpulannya GAK JADI MAKAN! Cuma minum es jus doang! Mantab! HAHAHAHA.

Mau makan mikir, kalori terbakar buat mikir. HAHAHA. Tapi ternyata berhasil kok. Aku jauh lebih sehat sekarang. Kebanyakan makan itu memang bikin gak sehat hahaha.

3. BERGAUL DENGAN TEMAN KURUS

Ini sama kayak tips menggemukkan badan yg aku tulis dulu. Berteman dengan teman kurus akan membuat kita mengikuti gaya hidupnya.

Orang kurus itu ciri-cirinya simpel, yaitu: KALAU LAPAR DIA MINUM.
Orang gemuk itu ciri-cirinya juga simpel, yaitu: KALAU HAUS DIA MAKAN.

Orang kurus gak ngeh kalau dia sebenarnya lapar. Tapi dia malah minum. Padahal dia belum makan sejak pagi tadi.

Orang gemuk sebaliknya, dia nggak ngeh kalau dia sebenarnya cuma haus. Tapi dia malah makan. Padahal sudah makan barusan beberapa menit yang lalu. HAHAHA.

Jadi kalau mau kurus, gantilah makananmu dengan minum air putih. Kalau ternyata masih lapar, yowis makan aja sedikit sampe laparmu hilang. Gak sampe kenyang lo ya. Sampe laparnya hilang aja. Gak kenyang itu kita masih bisa hidup kok! SUWER! Hidup gak perlu kenyang!

SESIMPEL ITUUUH…

Temanku SMP ada yg dari dulu sampe sekarang badannya segitu-segitu aja. Wajahnya masih mas-mas, walaupun sudah beranak 2! HAHAHA. Kalau aku masih mas-mas ya wajar wong aku belum menikah. Lha dia ini anaknya sudah 2 tapi wajahnya masih mas-mas banget! HAHAHA.

Anaknya sudah 2

Anaknya sudah 2 tapi wajahnya masih mas-mas.
Badannya juga langsing. Hahaha

Ternyata temenku di atas ini sering..

4. PUASA.

Kalau main ke rumahku dia selalu puasa. Aku jadi enak gak perlu bikin minuman untuk dia. HAHAHA.

Puasa memang bikin awet muda. Soalnya sel-sel tubuh kita jadi bekerja optimal membakar kalori tubuh. Kalau kebanyakan kalori khan sel-sel tubuh kita jadi kebanyakan kerjaan otomatis banyak kalori yg gak dibakar. Trus menumpuk jadi lemak.

WOW, AKU SUDAH KAYAK PAKAR KESEHATAN AJA YAAAAAA!!!!

HAHAHAHA :lol:

Puasa memang ampuh banget menjaga kesehatan kita. SEMUA AGAMA mengajarkan umatnya untuk puasa. Bahkan sebelum agama ada pun masyarakat primitif jaman dulu juga sudah berpuasa. Yang membedakan cuma caranya aja.

Jadi, yg muslim jangan sok-sokan mengaku-aku puasa itu cuma ibadahnya orang Islam. NEHI NEHI! Makanya baca yg banyak ya bro. Jangan cuma baca JUDULNYA doang! HAHAHA.

Itulah juga kenapa Agama Islam secara JELAS mengatakan MEWAJIBKAN atas kamu berpuasa romadlon. Kalau amal ibadah lain mungkin gak segamblang itu bilang WAJIBnya. Kenapa begitu? Ya karena itu puasa itu SANGAT BERMANFAAT buat tubuh. Dan juga karena puasa itu GAMPANG dilakukan. Makanya diwajibkan. See? Betapa mudahnya agama kita ya?

WOW, AKU SUDAH KAYAK PAK USTADZ DI TIPIH TIPIH AJA YAAAAAA!!!!

HAHAHAHA :lol:

Nah, caraku berpuasa makan adalah dengan main game. HAHAHA. Kalau kamu mau puasa senin kamis malah baguuus. Khan dinilai ibadah. Asal niatnya bener sih. Kalau niatnya pingin ngurusin badan, ya kamu gak dapat pahala puasa. Mungkin cuma dapat manfaat kesehatannya doang. Khan setiap amalan tergantung niatnya to bro??

WOW, SEKALI LAGI, AKU SUDAH KAYAK PAK USTADZ DI TIPIH TIPIH AJA YAAAAAA!!!!

HAHAHAHA :lol:

Jadi kesimpulannya, BETAH-BETAHLAH LAPAR. Maka kamu akan sehat. Ingat, HIDUP GAK PERLU KENYANG!

5. IKUTI NALURI TUBUH

Simpel banget kalau ini. Kalau lapar makan. Kalau kenyang berhenti makan. Kalau haus minum. Kalau cucian menumpuk ya coba dicuci sendiri. Siapa tau itu naluri tubuh untuk bergerak khan?

Kalau pingin ke Indomaret deket rumah, yowis jalan kaki aja atau naik sepeda lah. Siapa tau itu naluri kaki kita untuk bergerak khan?

Yamasa naluri tubuh itu cuma duduk doang? GAK MUNGKIN LAH. Duduk itu khan pekerjaan pantat! Yamasa TUBUH kita itu CUMA PANTAT DOANG? GAK LAH. HAHAHAH.

Mengikuti naluri tubuh bisa berati begini:

Punya kaki ya dipakai jalan kaki atau berlari atau bersepeda lah.
Punya tangan ya buat digerakin. Misal senam, main bulu tangkis, angkat beban dan lain-lain asal digerakin.
Ingat! Tangan ini terdiri dari siku, lengan, pergelangan tangan, dll. GAK CUMA JARI DOANG. Jadi gerakkanlah semuanya. Gak cuma ngetik di depan komputer atau nyentuh-nyentuh gejet. HAHAHA.
Punya leher juga digerakin. Senam kek! Atau ngedens kayak Tina Tun!

DAN LAIN-LAIN! SEMUANYA BUTUH DIGERAKIN! Biar gak terjadi IRI DENGKI. Kalau jari dan pantat doang yg digerakin, nanti anggota tubuh yang lain jadi iri. Trus kalau dia iri nanti dia akan sakit hati. Kalau sudah begitu dia akan males digerakin. Trus lama-lama GAK BISA DIGERAKIN! (stroke? Aduh amit-amit deh!)

JANGAN CUMA RAHANG DAN GIGI aja yang digerakin buat MAKAN! (dan NGGOSIP!) HAHAHA.

OH IYA! Ada yg lebih penting. OTAK JUGA HARUS DIGERAKIN YA. DIBUAT MIKIR. Jangan cuma KOWAH-KOWOH PLONGA-PLONGO AJA! HAHAHA.

6. BEGADANG

Ini cara yg buruk untuk menguruskan badan. Jangan coba-coba kalau ragu.

Jadi karena aku kerjanya sering malam-malam. Habis kerja kira-kira jam 12 malam. Setelah itu aku gak mungkin bisa tidur. Eman-eman waktunya. Yamasa hidup buat kerja lalu tidur? Seneng-senengnya mana?

Walhasil habis ngerjain vector, aku biasanya muter-muter video yutub. Streaming Music Everywhere atau Sarah Sechan di Net. Atau streaming video random yg dipilihin youtube di kolom recommended.

Lalu ngecek-ngecek sosial media. Instagram, facebook, twitter, path. Selesai jam 3.30 pagi. Lalu tidur.

Bangun subuhan lalu tidur lagi. HAMPIR GAK PERNAH SARAPAN. Kecuali Mbak Mun memanggil “NDOP, KAE LO SEGO GORENG!”. Kalau gak ada panggilan itu, aku tidur aja sampe jam 1 -2 siang.

Mandi, lalu baru sarapan. Jadi sarapanku jam 2.30 siang bro! Makan siang habis maghrib di sela-sela ngerjain order vector. Kadang saking sibuknya, aku lupa makan malam. Padahal perut sudah lapar banget.

Mau beli di luar kok males malam-malam. Mau bikin mie juga males. HAHAHA. Walhasil aku sehari cuma makan 2 kali doang. DENGAN AKTIFITAS MIKIR yg lumayan intensif. Soalnya nggambar vector itu perlu konsentrasi yg tinggi. Jadi secara kalori, aku kekurangan kalori.

Makan dua kali yg gizinya gak lebih bergizi dibanding nasi goreng. Jadi mungkin aku sehari cuma kemasukan 1500 kalori ngepress. Atau mungkin kurang dari 1500 kalori. Dengan aktififas mikir yg menguras banyak kalori itu, walhasil kaloriku jadi mines.

Secara logika, kalau kalori di tubuh minus, maka tubuh akan membakarnya dari lemak khan? Gitu gak sih?

Apalagi aku seneng olahraga. Sepedahan, angkat beban dikit-dikit lah.

Jadi kaloriku yg masuk < Kalori yg terbuang. Makanya aku otomatis kurus. Otomatis.

Udah sih gitu aja tipsnya. Simpel. Buat kamu yg mau kurus, ingat, kalau kamu gemuk trus kurus bisa bikin kita dibully loh. Yang dibully “Kamu konsumsi narkoba ya?”, “Kamu lebih ganteng atau cantik kalau gemuk deh”, “Mukamu jadi kisut gitu?” dan lain-lain..

JANGAN KHAWATIR! Hal itu memang wajar. Wajar banget! Layaknya orang kurus trus menjadi gemuk, pasti tubuh ini bentuknya gak karuan. Badannya gedhe bangeeet, tapi tangan dan kaki kurus gak proporsional sama ukuran badan (pertu dan dada). Maka HARUS OLAHRAGA supaya bentuknya bagus. Biar gemuknya rata.

Lihat ini..

Gamuk gak rata

Awal-awal gemuk, bentuknya gak karuan.
Pipi tembem maksimal, perut gendut, tapi tangan kurus.
HAHAHAHA.

Sama kayak gemuk ke kurus, kalau gak dibentuk (olahraga), maka hasilnya akan jelek. Biasanya di tangan dan kaki yg akan kelihatan kerempeng banget dibanding bentuk badan (gak proporsional kurusnya). Ntar kalau sudah olahraga, kurusmu akan enak dipandang. Gak kayak di awal-awal kurus.

Oke deh, selamat mencoba. Semoga tipsnya cocok. Kalau gak cocok yowis disyukuri saja yg ada. Aku aja kepingin gemuk kok. Kalau kurus atau ideal, kata temen-temen aku jadi jelek. Keriput. HAHAHA.

Yo sak karepmu wis. Yang jelas, tubuh ideal segini aku lebih sehat tuh. HAHAHAHA. :sip:

40 Comments

Komen dong!