Keknya Asyik Nih Piknik ke Cirebon!

Seumur hidup aku belum pernah ke Cirebon. Kalau ke Jakarta pernah dua kali. Eh tiga kali ding. Pertama pas ikutan Study Excursie pas masih kuliah belasan tahun yang lalu (duh ketauan umur nih! Hahah). Trus kedua pas ikutan kopdar komunitas WPAP Jakarta yang dulu masih rame-ramenya. Ketiga pas ketemu sama Tara Art sebelum dia seterkenal sekarang. Hihih.

Jakarta ke Cirebon ternyata jauh ya jaraknya. Kalau menurut gugel mep sih 200 kilometeran! Jadi kalau mau piknik ke sana musti gak boleh gabut. Harus direncanakan mau ke mana-mananya. Musti brosing-brosing dulu tempat wisata apa aja yang ada di Cirebon. Dan musti nyiapin duit banyak soalnya harus nginep beberapa hari biar bisa puas keliling-keliling Cirebonnya. Trus yang paling penting, cek harga dan tiket kereta Jakarta Cirebon. Bayarnya bulan depan aja! Soalnya sekarang pesan tiket kereta lebih mudah dengan menggunakan Traveloka PayLater.

Kenapa harus ke Jakarta dulu? Ya rencananya ngajak temen asal Jakarta dulu liburannya. Biar seru. Maklum temen-temenku Jakarta itu pada kerja mulu gak mikir liburan kek aku. Hehehe. Padahal cari duit mulu buat apa coba kalau gak bisa liburan? Ngapain bekerja dari pagi sampe rumah malam kalau duitnya cuma berkumpul di tabungan doang?

Baiklah. Inilah daftar tempat wisata yang nanti bakalan aku kunjungi kalau piknik ke Cirebon.

Telaga Remis

KERATON-KERATON

Baru tau kalau selain Solo dan Jogja, keraton juga ada di Cirebon. Bahkan ada banyak keraton di sana. Keraton Kasepuhan salah satunya. Kebetulan ilmu sejarahku sangat minim. Kayaknya Keraton Kesepuhan bakalan masuk list piknikku. Sekalian belajar sejarah Cirebon.

Keknya gak seru kalau cuma ke Keraton Kasepuhan doang, soalnya ada keraton satu lagi namanya Keraton Kanoman. Walaupun sudah direnovasi, namun keaslian bangunannya masih terjaga. Wuih, keknya asyik banget kalau bisa foto-foto di Keraton Kanoman buat stok postingan instagram. Hihihi.

WISATA ROHANI

Sebagai seorang blogger yang berasal dari keluarga yang lumayan santri, piknik tidak boleh melupakan ngibadah. Pagi sampe siang ke keraton-keraton, siangnya bakalan ke di Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid yang konon arsiteknya adalah Sunan Kalijaga ini wajib deh aku kunjungi. Gak hanya berkunjung, tapi sekalian dzuhuran!

Trus habis wisata rohani berlanjut ke Makam Sunan Gunung Jati. Aku termasuk orang yang suka sekali ziaroh ke wali-wali atau ke orang penting di negeri ini. Di Nganjuk aja aku sering banget ziaroh ke Makam Kanjeng Jimat, yang merupakan bupati pertama Nganjuk. Di Cirebon nanti, aku bakalan ziaroh ke Makam Sunan Gunung Jati pastinya! Ngirim tahlil plus yaasinan sekalian. Paket komplit sekalian ngadem! Hihihi.

Wisata Alam

Sudah lama gak berkunjung ke Goa. Terakhir di Goa Margotresno di Nganjuk sini. Ntar pas ke Cirebon bakalan mblusuk ke Taman Sari Gua Sunyaragi. Di sini katanya banyak goanya ya. Kalau ke sini pas Festival Keraton Nusantara, bakalan rame ada acara budayanya kayak sendratari dan pagelaran musik.

Habis ke Goa sampe sore, malamnya nginep di sekitar Bukit Gronggong keknya seru nih! Biar bisa menikmati keindahan pemandangan Cirebon di malam hari sambil minum susu anget plus pisang bakar coklat! Ah sedapnya!

Besok paginya enaknya ke mana ya?

Gimana kalau Telaga Remis? Wah keknya bagus tuh pemandangannya! Penasaran sama pemandangan asli kaki gunung Ciremai yang aku liat pakai mata kepala sendiri. Hihi. Apalagi telaga ini dulunya adalah tempat bertapa Prabu Siliwangi loh!

Keknya foto-foto di atas perahu dengan berlatar belakang pepohonan hijau Telaga Remis bakalan sukses bikin followers instagramku ngiler pada pingin ke sini! Hahaha

Sore-sore paling pas ya nyanset. Pantai Kejawanan bakalan jadi tempat yang pas buat hunting sunset. Trus tak lupa naik perahu mengelilingi pantai sambil nyeruput es degan. Huuuh. nikmatnya!

BELANJA OLEH-OLEH

Beli oleh-oleh buat orang-orang di rumah adalah budaya Indonesia yang seolah-olah wajib dilakukan. Oleh-oleh yang tahan lama dan bermanfaat keknya beli kain batik di Sentra Batik Trusmi. Motif mega mendung khas Cirebon dengan warna cerah bakalan tampil beda di acara kondangan (buat kalian pedenya selangit, pakai batik pas nongkrong di cafe ya ayuk-ayuk aja!). Apalagi kalau beli batiknya di Cirebon langsung. Bakalan berkesan lebih dibanding beli di olshop. Hohoho.

Di Sentra Batik Trusmi ini gak cuma jualan batik doang loh. Kita bisa ikutan workshop bikin batik dan ngelukis topeng sekalian diajari nari topeng! Pas banget sama aku yg seniman sejati ini!

—–

Jadinya enaknya kapan nih berangkat piknik ke Cirebon bareng aku? Masa aku sendirian mulu? Beneran nih gak mau ikut? :ayoh:

6 Comments

Komen yuk kak!