Bingung Mau Kerja Apa?

Aku kemarin iseng buka inbox facebook yg tab “other”. Tab other itu pesan yg berasal dari follower facebook kita. Jadi bukan friends kita. Dengan kata yg lebih nggaya lagi, dia adalah pesan dari FANS kita.

Banyak yg menanyakan bab vector sih. Kayak tutorial vector, cara mesan vector, berapa harga vector. Aku jawab singkat-singkat saja. Soalnya yg mereka tanyakan itu sudah ada di blog ini semua. Yaitu di kategori TUTORIAL VECTOR.

Dan saya yakin mereka males baca secara lengkap, males nonton videonya dari awal sampe akhir, males langsung PRAKTEK. Ya, kalo males emang maunya didulang, disuapin. Padahal aku dulu nggak ada yg ngajarin. Betapa sengsaranya saya, dan betapa enaknya mereka yg males itu. #curcol

Trus banyak juga yg cuma kepingin pertemanannya aku confirm. Haduuuh, aku gak kenal kamu, say. Khan facebook bisa follow khan? Kalau mau tau kabarku, khan bisa baca status facebookku, follow twitterku, atau baca blog ini. Sebagai idola, aku kurang apa coba? :rolleyes:

Tab Other facebook

Tuh barusan aku screenshot,
lha kok udah nambah aja inbox di tab othernya

Friend list facebookku udah 4000 lebih. Dulu pernah meremove friend sebanyak 1500 orang (SERIBU LIMARATUS ORANG!) gara-gara pas aku kepingin ngeadd temen yg bener-bener kenal, ternyata SUDAH PENUH! Setelah saya cek, ternyata temanku ada 5500 orang! (LIMA RIBU LIMARATUS!).

Selama dua hari, aku remove friend sebanyak 650 orang. Lalu hari-hari berikutnya aku udah meremove sampe tersisa 4142 teman! Lumayan ada slot teman yg banyak untuk teman facebook baru yg lebih “berkualitas”. Gak sekedar naQ alaii eAnk sttzx sZah d’bc idtUh.

Trus setelah jawab satu-satu pesan di tab other itu, yg diikuti betapa sumrigahnya mereka membalas balasanku, aku menemukan pesan yg rada-rada bikin aku mengernyitkan kening…

Minta tolong

Serius gak yaaa?

Karena kemarin aku pas in a good mood, maka diriku pun berusaha membantu mas Auzar. Aku screenshot inbox dia, lalu aku share deh di facebook.

Dan nggak nyangka loh, ANTUSIAS TEMAN FACEBOOKKU SANGAT DAHSYAT! SALAM DAHSYAT!!! *kok jadi kayak MLM ya?*

Mas Donny Yordan berkata..

Sesuaikan dengan passion agan, dimana ada kemauan disitu ada jalan, kalau dah kepepet gini biasanya banyak ide dan tekad kuat. Terus bekerja keras usaha apa aja contoh jualan pulsa atau makanan yg cepet muternya. ikhtiar dan do’a intinya.

Hmm… jualan pulsa sounds good. Walaupun untungnya dikit. Iya gak sih? Tapi ternyata mas Rahmad Widiantoro punya jawaban komplit tentang bisnisan pulsa..

Modal sejuta cukup buat bisnis pulsa. Lebih banget malah itu. Taro aja modal 500ribu. Cari vendor pulsa yg harganya bersaing. Dari modal segitu jual pulsa yg nominal kecil aja. Dari 10ribu sampe 25ribu. Margin keuntungan pertransaksi bisa 2000-3000. Misalnya transaksi yg 10 ribu semua, berarti ada 50 transaksi = 50 x 2000. Udah ketauan dapat 100.000. Nah, udah dapat segitu puter lagi modalnya. Begitu terus. Ntar juga maju. Insya Allah.

Hmm.. Masuk akal ya. Tapi bukannya sekarang beli pulsa bisa lewat ATM? Bukannya mahasiswa sudah pada punya rekening? Oke kita tengok pendapat yg lain yuk. Ada..

Mas Yudi Setiawan yg curhat nih..

Coba browsing aja bro. Cari agen jualan online. Jadi reseller aja dulu. Jadi gak perlu modal. Modal utama hanya promosi-promosi doang. Terserah apa aja. Bisa jam tangan, kaos, parfum, dan lain-lain. Ane juga gitu. Selain kerja, ane jualan online cuma jadi reseller. Modal promosi ditambah rekening buat transfer uang. Lumayan buat tambahan. Sekarang, alhamdulillah perlahan-lahan udah bisa stock barang sendiri.

Pendapatnya mas Yudi bagus tuh ya. Apalagi kalau kita punya banyak temen. Apalagi kalau omongan kita gampang dipercaya sama temen. Temen gak ragu buat beli. Bisa jadi nanti dibantuin promosi sama temen dari mulut ke mulut. :sip:

Tapi kalau gak jago ngomong, gak jago mromosiin barang (mungkin orangnya pemalu?), enaknya ngapain ya?

Yuk, kita simak pendapat dari Mas Purwanto..

Usaha boleh aja dgn modal 1 juta, tapi lebih bagus sambil kerja aja. Yg penting operasional sehari-hari ketutup dulu. Kaya makan, minum, syukur-syukur bisa nyisihin buat bayar kos lebih bagus lagi. Ada kerjaan apa aja sikat aja jangan ragu2 selama itu menghasilkan. Selama mampu dan jadi duit, jalani aja. Kerjaan banyak, peluang banyak, keep moving ntar juga makan.

Dulu, temenku kuliah juga ngenes keadaannya. Kiriman sak ndulit, ortu dua-duanya sakit, bapaknya udah pensiun. Dia kerja macem-macem. Nawarin jasa pengetikan dan print ke teman2nya. Ngambil untung dikit tapi kalo banyak pesenan lumayan juga. Ngajarin teman komputer lumayan dpt makan. Jualan celana keliling, jualan gantungan kunci, jadi pelayan warung. Kata dia yg enak jadi pelayan warung makan, perut kenyang dapat duit, kebetulan dapat kerjaan di warung yg jam kerjanya bisa nyesuaiin jam kuliah.

Dia juga pernah jadi operator warnet, pembantu rumah tangga, guru privat baca Quran anak2, ngelesin anak SD dan SMP, tukang pijet juga hahaha..

Nah, pendapat mas Pur itu keren banget loh. Apalagi buat kamu yg nggak punya gengsi, yang kerjaan apa aja mau, pasti deh banyak kerjaan buat kamu. Logikanya sih kalau udah kepepet, kerjaan apa aja mau sih ya..

Tapi rata-rata sih banyak yg menanyakan tentang SKILL. KAMU PUNYA SKILL APA?

Simak pendapat mas Tara berikut ini..

Yang penting itu sebetulnya bukan modal, tapi keahlian dan keinginannya apa? Orang dengan modal 0, bahkan minus pun bisa sukses kalau ada keinginan kuat dan skill yg mendasar juga. Donald Trumph adalah pengusaha yg tadinya memiliki hutang miliaran dollar (alias modal minus) tapi bisa sukses tuh sekarang jadi multimiliarder.

Iya sih. Kayak akooh, yg cuma ngandelin skill.

Loh, masa skill doang? kamu gak butuh komputer ndop?

Ya, khan bisa minjem dulu.

Dulu pas aku belum punya komputer, aku ikutan Indigo-nya Telkom. Dari pagi sampe jam 8 malam aku ndekem di sana. Adem. Sambil posting blog, ngerjain orderan, becanda-becanda sama adminnya. Ada nonton barengnya juga.

Indigo Surabaya

Ini foto tahun 2009.
Anaknya asyik semua! Makanya aku betah.
dan bisa melupakan skripsi yg bikin hidupku berantakan

Setelah orderan vector rame, apalagi dulu aku khan kerja di Bali juga sebagai graphic designer, jadi sudah bisa hidup plus nabung, aku beli laptop. Nah, sejak itulah diriku nggak kerja sama orang lagi. Kerja sendirian di kamar mungil ngerjain puluhan order dari dalam dan luar neheri..

Kalo gak punya skill, enaknya ngapain ya?

Kalau kamu ternyata pinter kuliahnya. Atau gak perlu pinter ding, cukup punya IPK 3 aja udah cukup. Maka kamu bisa HUNTING BEASISWA!!!.

Kayak pendapatnya Mbak Dian Roh (Mbak ini temen kuliahku dulu)

Kalo masalah kuliah biasanya setiap institusi perguruan tinggi ada kebijakan tersendiri buat mahasiswa kurang mampu atau coba-coba cari beasiswa. Banyak kok tawaran beasiswa buat semester 4 ke atas. Sejuta buat simpenan aja, kadang ada hal tak terduga yang dateng gak pake permisi dulu.

Iyak, saya setuju. Dulu ortuku juga gak punya duit buat membiayai kuliahku. Lawong gaji tunjangan almarhum Bapak khan cuma 560 ribu. Dikit banget!

Tapi karena Ibu Munasikah, sang bunga desa, orangnya gemi, jadi duitnya dimanfaatkan sehemat mungkin. Makan tiap hari gak usah yg aneh-aneh. Cukup sayur lodeh sama tahu tempe. Makan ayam? Sebulan sekali kayaknya juga mbuh-mbuhan. Kecuali ada kondangan kali ya..

Jadi, diriku yg GAUL ABIS ini, perlu tambahan dana untuk beli bedak, lipstik, blash on hape sama pulsanya yg zaman dulu tuh mahal banget! Gak semurah jaman sekarang. Nah, cara mendapatkan dana tambahan itu ya dengan BEASISWA.

Untungnya temen-temenku itu walaupun miskin kurang mampu-mampu amat, tapi banyak yg gengsi buat cari beasiswa. Peluang itu aku manfaatkan dengan baik.

Hasilnya? aku HAMPIR SELALU DAPAT BEASISWA karena nggak ada saingannya!

So, modalnya cuma “sedikit pinter” saja. Maka duit akan mengalir deras dengan beasiswa. IPK 3 itu khan cuma harus punya nilai 7,1 semua mata kuliah. Apa susahnya punya nilai 7,1? :siul:

Kalau kamu gak pinter, tapi kamu suka demo bakar-bakar. Nih, ada temen yg ngasih solusi. Yaitu..

Mas Widi Astoto…

Android dijual buat beli rombong tukang sate. Modal: 2,5 ayam + bumbu = 150 ribuan bisa jadi 400 tusuk. Dijual 1000an/tusuk dapet 400 ribu. Untung 250 ribu perhari atau 7.5 juta/bulan (Insyaallah kalo laris)

Tuh, CUMA JADI TUKANG SATE “DOANG” SUDAH BISA DAPAT DUIT 7 JUTA SEBULAN! *kalau laris* MENGALAHKAN GAJI TETAP SANG VECTORIA JENAKA KAYAK SAYA!!!

So, rejeki itu memang sudah ada Yang Ngatur. Klise banget memang. Kalimat yg sudah klise itu tandanya sudah terbukti di banyak orang. Kayak orang sabar pantatnya lebar disayang Tuhan, di mana-mana khan orang yg sabar selalu menang. Karena Tuhan ada bersama mereka. Siapa yg bisa ngalahin Tuhan?

Orang yg terburu-buru juga akan celaka. Salah satu sifat syetan itu khan terburu-buru. Jadi gak usah mahal-mahal mabuk-mabukan, main judi, berzina, mencuri, untuk disukai syetan. Cukup dengan melakukan sesuatu dengan terburu-buru, maka kamu sudah lolos audisi untuk jadi setan. #eh

Jadi, “hanya” dengan uang satu juta itu, banyak cara untuk hidup khan? Saya aja bisa dengan modal minjem, masa dengan modal sejuta gak bisa?

:siul:

—————–

  • Mau baca komen terbaru di status facebook saya tentang postingan ini? Bisa diklik di sini.

  • Mau tahu jungkir balik saya bisnisan vector? Bisa dibaca di sini.

94 Comments

Komen dong!