Tutorial Corel Draw: Menghilangkan Powerclip & Transparency

Harusnya judulnya dikasih “Video” di awalnya. Tapi nggak papa, keyword “video tutorial” kayaknya kurang ngetren dibanding “tutorial” doang. Hmm.. harusnya bukan tutorial sih, tapi “Cara”. Yup, seharusnya judul di atas itu “Cara Menghilangkan Powerclip dan Transparency/transparansi. <--- tips nembak keyword termutakhir! :rock: Jadi kasusnya adalah ketika klien mau membuka file coreldraw ku pakai software gratisan semacam ingskeip (baca: inkscape). Lalu kakak klien bilang vectoranku ancur dan morat-marit jaya. Setelah saya ingat-ingat, ya pantes lah. Soalnya file CDR dibuka di Inkscape tentu saja jadi aneh. Inkscape khan SVG mania. Trus, apakah saya bisa mengatasinya?

BISA BANGET!!!

Masalahnya cuma satu! Powerclipnya Corel Draw nggak kebaca di inkscape. Walhasil aku klik kanan lalu extract contentnya, lalu aku trim satu-satu. Bingung ya dirimu? Musti baca semua tutorialku di sini sayang.

Karena ini tips, makanya aku rekam dalam bentuk video deh. Langsung colokin webkem (baca: webcam) seharga 65 ribu beli di haitelmol THR Surabaya itu. Lalu ngecek suaraku. “Cek cek cek, sego becek enak rasane”. Oke sudah redi semuah. Tarik nafas dulu. Harus relax karena ini live gak pakek diulang. Oke siap! kemra rouloon… eksyen!

skrinsyut video tutorial

sekerinsyut si video tutorial yg udah saya edit biar agak ganteng dengan efek lens flare di photoshop biar makin dramatis..
:kiss:

Dan acara ngabuburit yg seharusnya jalan-jalan sore di alun-alun Nganjuk, malah aku habiskan dengan ngrekam video tutorial. Lha mumpung pingin e. Karena kalo sudah kepingin tapi nggak dilaksanakan, bisa ilang kepinginnya. Sama kayak kalo kamu kepingin gituan, kalo nggak dilaksanakan khan jadi stress uring-uringan dan cepat marah..

Lalu aku kasih bonus di tutorial ini, yauti eh yaitu “Cara Menghapus Transparency atau transparansi”. Soalnya gini, aku pernah ngesave as file corel menjadi Ai (Adobe Illustrator). Dan dari ukuran beberapa puluh kilobait pun berubah menjadi bermegawati-mega bait. Setelah saya cek penyebabnya, ternyata ketika file Ai aku buka pakai Adobe Illustrator, banyak objek vector yg berubah/diconvert menjadi bitmap sama si Software Adobe Illustrator. Oh, oke baiklah. Berati aku harus menghindari transparency ketika ngerjain vector. Kalo kepaksa harus makai transparency, aku harus menransparankannya di software Ai langsung.

Kira-kira 14 (empat belas) menit ngrekam video. Agak ngeblank di awal-awal, bingung mau ngomong apa. Tapi semakin ke sini semakin lancar. Oke lah, videonya ada versi HD nya. Jadi kalo pingin jelas, harus download yg versi HD ya, pake IDM ya downloadnya.

Jadi kesimpulannya, kalo file corel anda kepingin bisa dibuka di software vector apa aja (Corel Draw, Adobe illustrator, Freehand, Inkscape, dll), maka bebaskanlah objek-objeknya dari power clip, transparency dan effect-effect berlebihan lainnya.

Akhirul kalam, selamat menunaikan ibadah puasa. Jangan lupa sholat tarowih biar tubuh bergerak dan sehat.

Wassalaamu’alaikum warohmatulloohi Wabarokaatuh.. *panjang pendeknya musti bener ya.. awas kalo salah!!! :pukul: *

31 Comments

Komen yuk kak!