Kenapa Dian Gak Lolos ke Spektakuler?

Indonesian idol adalah ajang pencarian penyanyi favoritku yang selalu aku ikuti dari zaman Joy Tobing sampe sizen ke sepuluh sekarang ini. Hanya satu season yang aku gak begitu ngikutin, seasonnya Aris. Hehe

Nah Indonesian Idol season 10 atau season X ini menurutku season paling the best dibanding season sebelumnya. Karena pesertanya sudah berpengalaman ikutan kompetisi menyanyi yang lain, kayak The Voice atau Rising Star. Bahkan ada yg sudah juara di kompetisi nyanyi di luar negeri. Jadi sudah jelas teruji daya juang dan kualitas menyanyinya.

Tadi malam (12 Nopember 2019) adalah babak final showcase yang mana 18 besar berlomba menyanyi mengeluarkan semua kemampuannya untuk menarik hati penonton supaya dia divote. Masing-masing juri juga berhak memilih jagoannya sendiri. Vote penonton hanya menentukan 10 besar doang. Sisa 5 dipilih juri. Yang 3 gak lolos.

Yang bikin aku shock, kenapa Dian Amanda Putra gak lolos?

Di babak showcase pertama, Dian diselametin Ari Lasso. Entah kenapa di final showcase gak ada satu pun juri yang nyebut Dian. Padahal komentar juri bagus semua. Suara Dian dibilang lembut dan selalu berhasil ngenakin lagu. Bahkan Judika bilang suara Dian kayak almarhum Mike Mohede yang sama-sama lembut. Walaupun menurut aku sendiri lebih suka Dian sih. Soalnya lebih tebal dan lebih enak di kuping.

Yuk kita analisis kenapa Dian gak lolos! Kita mulai dari:

Dian Kurang Komersil

Maia sering bilang penyanyi komersil itu penting. Karena nantinya dia harus “jualan”. Jualan suara atau karya. Saya lihat Dian emang dari babak audisi emang kurang komersil sih. Secara look juga Dian cenderung be aja.

Aku gak mbahas body ya. Soalnya kalau mbahas body, aku justru gemes kalau liat Dian. Hahaha. Wajah Dian juga gak jelek. Muka simetri. Enak dilihat di kamera. Raut mukanya baik hati, tenang, lemah lembut. dan sabar. Khas wajah orang Mblitar sih.

Maksudku si Dian gak begitu punya keunikan yang bikin masyarakat inget sama dia. Mungkin Dian itu..

Kurang Pede dan Malu-malu

Memang sih kalau nyanyi Dian selalu enak dan bikin pendengar merasa damai dan tenang. Tapi setelah nyanyi, Dian sepertinya masih belum pede kayak kontestan lain. Cenderung diam dan gak captivating penonton. Lempeng-lempeng aja gitu.

Pas nyanyi juga keknya dia fokusnya nyanyi doang. Kurang “nakal” ke kamera. Kurang menyapa penonton juga. Masih malu-malu gitu.

Apa jangan-jangan Dian itu gak malu-malu? Tapi karena Dian itu..

Orang Blitar

Karena disebut sebagai peserta dari Blitar pertama kalinya (yang mana Blitar itu gak semetropolitan ibu kota Jawa Timur: Surabaya) mungkin Dian jadi terbebani. Dan warga Blitar kayaknya belum siap mendukung putra daerahnya untuk terus melaju ke babak-babak selanjutnya.

Mungkin warga Blitar kurang antusias? Jangan-jangan nobar doang tapi gak tau caranya dukung? Gak install tokopedia? Males ngeluarin uang buat dukung soalnya ekonomi sehari-hari aja seret? Gak tau deh. Buktinya vote dia paling rendah. Dan aku sedih banget :cry:

Tapi aku gak bisa salahin warga Blitar sih. Karena bisa jadi Dian gak lolos karena..

Followersnya Sedikit

Gak bisa menyangkal kalau hanya Dian yang followersnya gak ada 10 ribu. Cuma 3865 followers (13 Nopember jam 06.38). Sementara peserta lain sudah berka-ka alias di atas 10 ribu. Rata-rata peserta lain itu 20K ke atas.

Ya wajar sih. Dian baru ikut kompetisi nyanyi di TV sekali ini (setahu saya). Sebelumnya gak pernah. Bentar lagi followernya bakalan naik. Kalau Dian mau ngecover-cover lagu di instagram atau yutub.

Atau jangan-jangan followers Dian sedikit karena..

Bukan Anak Sosmed

Akutu anaknya kepo banget. Setelah nemu instagramnya Dian dan gak puas karena fotonya cuma dikit, hahaha, aku langsung ubek-ubek facebooknya. Nemu akun dia tapi ketika masih sekolah dulu. Ketika masih kecil. Pas kuliah dia gak facebookan kayaknya.

Akun instagramnya juga gak ditata rapih. Cenderung apa adanya. Ada foto diupload. Gak ada ya udah haha. Trus nulis kepsyennya juga biasa aja.

Trus bionya juga gak dijelaskan kalau dia ikutan Indonesian Idol. Foto profil Instagram juga gak nunjukin kalau dia ikutan idol. Kurang serius. Harusnya dia pakai profil foto ketika dia nyanyi di panggung Indonesian Idol.

Bahkan aku sempet ragu, ini beneran Dian yang ikut idol itu gak ya? Trus baru ngeh setelah ada postingan tentang idolnya. Selain bukan anak sosmed banget, Dian juga..

Gak Punya Fanbase

Biasanya kalau ada yg suka sama kontestan idol, para fans langsung gercep bikin fanbase. Kayak Jodi, fanbasenya Brisialova. Marion Jola, fanbasenya Laver. Bahkan dibikinkan akun instagram fanbase sendiri.

Jadi Dian belum punya fans yg sefanatik itu. Jadi wajar kalau kurang dukungan.

Hmm.. tapi menurutku tetep aneh sih kenapa juri gak milih Dian untuk diselamatkan, dan malah Ola yang dipilih (Ola bagus juga sih, tapi dia kadang gak bagus. Kalau Dian konsisten bagusnya, gak pernah jelek, dan semua juri kompak setuju). Apa karena Dian itu..

Masih 19 Tahun

Di bio instagram Dian, dia hanya nulis est ’00. Berati dia lahir tahun 2000. Wicis umurnya sekarang baru 19 tahun. Sementara Ola keknya udah lebih dewasa. Terbukti dia udah ikutan idol 8 kali!

Kayaknya ini kesempatan Ola yang terakhir. Jadi juri menyelamatkan dia. Bukan Dian yang masih ada beberapa tahun ke depan untuk ikutan ajang kompetisi nyanyi lagi. Mungkin idol lagi, atau The Voice, atau Rising Star.

Hmm. Jangan-jangan analisisku di atas salah semua? Jangan-jangan Dian..

Udah Dikontrak Label

Ini kemungkinan besar juga sih.

Wajar gak sih, ketika juri muji suaranya lembut, nyanyinya gak pernah fals, gak pernah jelek, tapi juri malah milih peserta lain yg masih debatable kualitasnya (Ola), yang bahkan mas Anang bilang biasa aja?

Kemungkinan lain adalah Dian sudah “ditarik” sama label atau produser musik untuk bikin single atau mungkin album! Makanya juri (Ari Lasso) kayak berat banget milih Ola, padahal Ari Lasso juga lah yang sebelumnya nyelametin Dian.

Kayaknya ini rikues dari ersetei. Haha.

Kalau analisisku ini bener, aku BAKALAN SENENG BANGET DIAN KELUAR DI IDOL! Hahaha

Ya ditunggu saja, sebulan atau dua bulan lagi, Dian tiba-tiba udah keluarin single aja gitu. اٰمِيْنَ

Kalau analisisku yang ini ternyata salah, mungkin karena Dian ini..

Gak Pernah Cover Lagu

Yang diupload di sosial media tentu saja. Semua akun peserta idol yang aku kunjungi, mereka ada satu-dua video sedang ngecover lagu. Bahkan si Ziva itu malah ratu cover lagu. Di yutub ada, di instagram ada, smule, dll.

Sementara Dian gak ada sama sekali! Yang kutemukan di facebook hanyalah foto ini:

Hanya foto itu yang menunjukkan kalau Dian itu suka bermusik! Wohoho. Memang keknya Dian memang masih malu-malu dan merasa bukan siapa-siapa.

Atau mungkin Dian hidup di lingkungan bullyable. Yang mana kalau ada yg suka nyanyi (walaupun suaranya bagus), akan dibully karena iri. Trus karena Dian orang jawa, komen negatif begitu bakalan dimasukin ke ati. Sakiiiid rasanya! keknya kamu curhat ya ndop? Hahaha

Iya. Tapi kalau aku sadar diri suaraku memang cempreng hahaha

—–

Banyak penonton yang kecewa Dian gak lolos dan gak diselametin juri. Ini beberapa komentar yang saya kepcer dari instagram @dianamandapee:

Komentar netizen itu sangat mewakili perasaanku juga sih. Makanya aku gercep bikin analisis ini. Soalnya BARU KALI INI ADA KONTESTAN IDOL YANG DIPUJI SEMUA JURI TAPI GAK DISELAMETIN! Ini aneh banget!

Kalau sudah masuk babak spektakuler, dan juri gak bisa selametin karena memang berdasarkan vote doang, itu WAJAR. Kalau ini khan GAK WAJAR. Karena juri ada kesempatan, ada HAK untuk menyelamatkan Dian yang nyanyinya gak pernah jelek ini.

Aku kecewa sih. Tapi berusaha untuk menerima apa yang sudah terjadi. Walaupun pahit. Jadi berkurang semangatku nonton idol X.

Tapi aku akan terus nonton idol sih. Masih ada Ainun yang international quality. Ada Novia miss vocal! Ada Olivia miss technique! Ada Keisya yang seger dan suaranya unik, indie, folks, dan kekinian. Ada Tiara dengan suaranya yang powerful dan cantik. Ada Mirabeth si Mermaid yang suaranya penuh rasa, Lyodra yang bernyanyi menggebu-gebu kayak singa! Ziva yang beyond expecation! Agseisa yang suaranya indie, dan lain-lain.

Indonesian Idol hanya kehilangan kelembutan suara adikku tersayang, Dian Amanda Putra. Jadi kompetisi babak spektakuler bakalan super tough! Persaingan sengit banget!

Dian yang orangnya tenang dan santuy mungkin kurang pantas berkompetisi di babak spektakuler yang penuh dengan pertempuran dengan senjata masing-masing peserta.

Lebih baik Dian duduk manis di rumah. Nonton “peperangan suara” di tivi atau streaming di Tokopedia Play atau RCTI+. Hindari kegaduhan. Menyanyi ngecover lagu.

Trus ujuk-ujuk punya single! اٰمِيْنَ Ya الله!!!

Untuk mengobati kangen kalian sama Dian, nih saya kasih video Dian ketika ikutan Indonesian Idol X dan capturan foto Dian ketika dia tereliminasi:

Di video di bawah ini, Maia malah bilang “Kita jumpa lagi di spekta ya!”

Setelah nonton beberapa video di atas, hati kalian pasti hancur berkeping-keping karena Dian gak lolos di babak spekta! Sumpah kecewa banget! Hahahahha (ini ketawa maksa btw. Aslinya :cry: )

Buat Dian Amanda Putra, semangat terus ya dik! Kalau ada beberapa produser menghubungi kamu, pilihlah yang bagus. Kayak mas Yovie Widianto misalnya.

Yang jelas karirmu akan lanjut sampe nanti dan aku bakalan jadi pendengar setia suaramu yang lembut yang meneduhkanku dari terpaan dan goncangan komentar julid netizen atau klien yg resek. Hahaha

Indonesia loves you Dian cah ngganteng! ❤️

*eh yang bener loves you atau love you ya? Indonesia itu jamak atau tunggal?

10 Comments

Komen yuk kak!