Slamad Hari Blohher Nesyenel

Masya amplop, kenapa judulya alay gitu sih ndop? 

Hahaha yoben lah. Inovasi! Bahasa alay itu keren lo! Walaupun dibully di mana-mana tapi aku akui bahwa nag zaman now yang bisa nulis alay itu jenius dan punya bahasa intelejen tingkat tinggi! Embuh wis ndop! Sak karepmu! 

Eh, iya! Hari ini 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional lo! Kapan ya aku terakhir merayakan hari penting buat para blohher ini? Lupa kapan. Mungkin malah belum pernah. Haha. Tumben banget hari ini aku ikut merayakan. Biasanya mah cuek. 

Iya bro sis kids, soalnya blogger di zaman now itu yang masih konsisten nulis sudah amat sangat zarang! Ada sih beberapa travel blogger yang masih rajin nulis. Atau para blohher duta hape dan leptop yang foto selfinya bertebaran di instagram itu tuh, mereka masih rajin nulis dan tulisan mereka dibayar. Hehehhe 

Sementara aku, nulis dibayar? Sopo sing mbayar kids? 

Aku nulis di blog ini ya semata-mata pingin nulis aja. Gak dibayar. Justru mbayar larang! Domain plus hosting itu tiap tahun habis 700 ribuan loh! Mahal khan kids? 
Makanya buat kalian yang pingin ngeblog cuma ikut-ikutan aku doang, mending gausah! Atau bikinlah di blog gratisan aja. Etapi kamu mana mau ya kids kalau gratisan? Khan kamu pasti gengsi. Kamu takut dibully sama man temanmuh. “Cemen blognya blogspot, gratisan ya? Dasar gak bondo!” Kayak gitu bullyannya khan kids? 

Soalnya dulu aku merasakannya hahahha 

Btw, aku sudah ngeblog selama 10 tahun loh! Kalau dihitung sejak friendster malah lebih lama lagi. Kayaknya 11 tahun! Kalau dihitung dari era geocities malah lebih lama lagi, mungkin 12 tahun! Gila ya aku senior banget! Hahaha. Iya dong! Makanya jangan suka berani sama aku, pasti kamu akan kualat! Pasti! Karena aku ini orang tua. Berani sama orang tua itu pasti akan kualat! Hahaha 

2007 alias 10 tahun yang lalu, aku ngeblog pakai blogspot. ndop dot blogspot dot com! Lalu karena kolom komentarnya gak keren (bahkan sampe sekarang! Google please, komentar blogspot is sooo jadul! Kalian harus bikin yang lebih canggih!), maka aku pindah ke wordpress. Iya tau! WordPress gratisan dulu. ndopyangkonyol dot wordpress dot com! 

Kira-kira hampir setahun numpang gratisan begitu. Lalu pingin mandiri dan pingin belajar cpanel, maka diriku pindah ke domain gratisan co.cc. ndop dot co dot cc! Hosting gratisan di 000webhost dot com. Sukses bikin aku belajar seluk beluk isinya wp admin, wp include, dan lain-lain. 

Karena domain hosting gratisan, sangat wajar kalau seminggu sekali down beberapa jam. Saat itu blogku lumayan terkenal. Karena tulisanku emang konyol blak-blakan gak nduwe isin (sampe sekarang sih haha), sehingga ketika blog down, banyak sms datang lapor bahwa blogku down. 

Kalau udah gitu, aku biasanya cuma panas dingin aja sih. Sambil gemes. Kapan punya duit ratusan ribu buat nyewa domain dan hosting ya? Duit beasiswa kuliah habis buat makan dan ngenet berjam-jam ambil paketan 7 jam 7000 jam 12-7 pagi! 

So, aku mulai berfikir gimana caranya bisa dapat duit dari ngeblog! Hmm.. gimana kalau jualan vector aja? 

Sejak zaman pakai domain dan hosting gratisan itu, aku sudah sering pamer vectoran di blog sih. Dan akhirnya ada yang nyantol mesen vector. Bahkan sebelum aku serius jualan jasa. 

Karena Tuhan selalu baik padaku, nasibku selalu beruntung. Orderan vector datang bertubi-tubi. Mungkin karena aku gak jualan aja, tapi bikin tutorial menggambar vector juga. Gak takut sama sekali ilmuku bakalan dicuri orang. Wong saat itu niatku satu: PAMER kemampuan! Hahahhaha 

Duit terkumpul. Belilah domain dan hosting di istanahosting dot com. Sejak itu, aku mulai serius jualan jasa vector. Setiap hari harus bikin karya baru. Setiap 3 hari sekali harus ada posting baru. Nulis apa? Karena ini blog personal, jadi ak nilis kejadian sehari-hari. Kebetulan hidupku ini gak pernah flat. Adaaaa aja kejadian yang bisa aku tulis di blog. Hahaha maklum aku iki wong aneh. Gak koyok wong biasane.. 

Aku pindah hosting pun ternyata sudah berkali-kali. Setelah istanahosting keblock sama koneksi speedyku (aku masih pakai spidi sampe sekarang!), jadi blogku gak bisa dibuka pakai koneksi spidi, trus karena trafik blogku juga rame sehingga benwid di istanahosting gak cukup, akupun pindah di hostingnya mas jodi (gravis design dot com), dikasih gratis. Trus karena gak mau merepotkan mas jodi (karena kalau blog error aku pasti mengganggu waktunya mas jodi), maka diriku pun pindah mandiri di namecheap dot com sampe sekarang. Domain masih nyantol di istanahosting. 

So far namecheap gak mengecewakan sih. Walaupun harus bayar maratus ribu pertahun. Gak papa. Wong dapatnya anlimitid. Jadi hatiku tenang.. 

Gonta-ganti template juga sudah beberapa kali aku lakukan. Aku khan bosenan orangnya. Dan karena sudah coba template yang model macem-macem, akhirnya aku pakai template kuning tai kayak sekarang. Biar beda aja hahaha. 

Oh iya, aku sekarang nulis blog pakai iPhone 6 duduk di teras “mall” alfamidi. Dan sekarang sudah jam 23.18. Bentar lagi sudah ganti tanggal. Jadi aku harus cepat-cepat nulisnya hahah. 

Banyak pertanyaan yang risih didengar para blohher senior kayak aku. Pertanyaan itu adalah apakah ngeblog itu bisa jadi duit? Apakah kalau blog kita dibuka, kita dapat duit? 

DUUUUWEK TOK sing dipikir! Sumpah kids, pertanyaan kayak gitu itu bikin ilfil dan zizik! 

Jadi kasarannya begini kids. Ngeblog secara faktanya GAK BISA JADI DUIT! Yang bisa jadi duit itu SKILL MENULIS KAMU! Bukan blognya! 

Sama kayak “Apakah menggambar bisa jadi duit? Apakah menari bisa jadi duit?” 

Kalau skillnya biasa aja ya GAK BAKAL JADI DUIT. Kalau skillnya dewa, pasti ada yg order gambar atau mengundang kamu untuk menari di acaranya. 

So, fokuslah pada skill! Bukan platform! 

Ah sok tau lu ndop! 

Hahahahahha.. 

Jalan ceritanya begini: Kalau skill nulismu jago, orang akan suka membaca tulisanmu. Kalau orang suka, biasanya dia akan sebar-sebar artikelmu ke teman-temannya. Dishare di banyak sosial media. Tulisan blog kamu jadi banyak yang baca. Kamu jadi TERKENAL! 

Karena kamu terkenal, maka akan datang PRODUK yang pingin dipromosikan oleh kamu. Dan kamu akan DAPAT DUIT! 

Nah dari situ sudah paham? 

Selain skill menulis yang harus jago, tulisan kamu HARUS BERMANFAAT buat orang banyak. Misal ngasih tips-tips mengatasi kegalauan. Atau kayak yang aku lakukan, bikin tutorial vector. 

Tulisan komedi juga bisa bermanfaat loh! Khan bisa menghibur hati yang susah.. sesimpel itu.. 

Yang aku ajarkan di sini adalah POSITIVE VIBE seorang blohher sejati ya. 

Kalau mau menempuh jalur negatif, ada juga kok. Banyak blohher modal kopas artikel, bikin tulisan profokatif, menebar kebencian, mengadu domba, biar trafik blognya ramai. Tapi kalau menempuh jalan negatif, duitmu bakalan cepet habis sia-sia. Misal tiba-tiba dompet kecopetan. Atau ada pengeluaran banyak yang tidak diharapkan, misal sakit. 

Oke deh kids. Saya akhiri saja postingan ini ya. Oh iya, aku sekarang aktif ngevlog loh! Cek aja cenel yutubku! youtube.com/ndop. Maklum aku punya kamera baru si Eka Nona, nama kamera Canon G7X mark II, kamera digital premium yang harganya mahal. Kamu jangan beli kamera ini ya! Nanti banyak yang iri lo! Hahahah. 

Bye bye kids! Aku mau selfie dulu di mall alfamidi. Biar postingan ini ada fotonya! Hahaha. 


Udah gak usah lama-lama ngeliatnya. Langsung disimpan aja. Lalu dizoom in trus dicium-cium. Hahaha.. 

Eh udah jam 23.55! Harus dipublish sebelum ganti tanggal! 

12 Comments

Komen dong!