Cara Memasarkan Vector Ke Luar Negeri

Ini adalah pertanyaan yang paling sering dilontarkan di DM instagram oleh para ndofans™ yang menggeluti vector juga. Giman caranya bisa dapat order dari luar negeri?

Hmm.. kayaknya pertanyaannya berlebihan ya menurutku. Soalnya gini, apakah situ sudah laku jualan vector di dalam negeri? Kok sok-sokan banget pingin dapat order luar negeri? Tau diri dong kak!

HAHAHAHA.

Jadi di awal-awal, aku mau ngasih tips caranya memasarkan vector untuk orderan dalam negeri dulu ya! Okay, let’s get started!

  1. Niat! Kalau dalam bisnisan jasa vector, niat ini bisa dalam bentuk bikin karya yang bagus. Gak asal-asalan. Tahan lama! Masa baru mektor sejam sudah istirahat? Lemah banget sih! Baru selesai bikin mata doang udah nyerah dilanjutin besoknya. Yang niat dong ah! Kalau sehari cuma kuat bikin 1 wajah doang, ya jangan berharap dapat order banyak!
  2. Persiapan matang! Ini juga penting! Kalo jualan offline, kita harus siap-siap uang kembalian. Kalau di online, kita harus buka rekening! Minimal harus punya rekening BCA! Lalu Mandiri, lalu BNI! Udah tiga itu udah lengkap! Trus harus paham internet banking biar kamu bisa cek rekeningnya sudah masuk apa belum.
  3. Punya komputer/leptop sendiri yang speknya tinggi. Ya ini penting! Untuk siap-siap kebanjiran order banyak, komputer kita harus ngebut dan tahan banting! Gak mau khan kalau ketika nggarap vector, tiba-tiba komputer heng trus mbledos? Hahaha. Untuk mengetahui komputer spek tinggi, aku bukan jagonya, kalian brosing sendiri ya, komputer spek yg bagus buat ndisain itu apa dan harganya berapa.
  4. Waktu luang yang banyak! Lu mau bisnisan vector tapi kamu masih sekolah atau kuliah dengan bejibun PR yang menguras waktu dan tenaga? Lupakan deh mulai sekarang. Bisnisan vector itu butuh waktu yg banyak loh! Ya sama sih kayak bisnisan yang lain. Butuh full time!
  5. Daya juang yang tinggi! Gak gampang nyerah! Ini penting banget dimiliki seorang pejuang vector! Mektor butuh kesabaran, ketelitian, dan stamina yg tinggi. Jadi kalau daya juangmu rendah, kamu akan nyerah ketika baru selesai bikin alis (yang bikin stress buat pemula)
  6. Fokus. Kalau kamu kerjanya gampang tergoda sama syeton bernama notifikasi di hendfoun, ya lupakan bisnisan vector deh! Vectormu gak bakal selesai-selesai loh! Deadline bakal molor terus trus klienmu kabur karena kecewa.
  7. Komitmen! Deadline besok ya besok selesai. Jangan ngeles mulu. Jangan minta maaf mulu.
  8. PERCAYA DIRI! JANGAN MINDER! Kamu boleh banget bilang “Karyaku bagus loh!” asal kamu gak bilang gini, “Karyaku ini lebih bagus dibanding jasa vector sebelah!” JANGAN MENGHINA KARYA ORANG LAIN! JANGAN MEMBANDING-BANDINGKAN KARYAMU DENGAN KARYA ORANG LAIN. Respect each other ya kak! Percaya diri boleh banget tapi jangan som? Iyak bener! Bong!
  9. LAYAK JUAL! Nah ini yang menentukan kamu bisa jualan vector apa enggak. Vectormu layak jual gak? Kalau diri sendiri masih merasa vectornya jelek, ya jangan jualan dulu. Kita harus menjual sesuatu yang menurut kita sendiri bagus! Kalo masih jelek, ya bikin terus sampe bagus. Gak boleh nyerah. Aku aja bikin 10 wajah lebih (gratisan) dulu baru berani jual. Itupun gara-gara disuruh jualan vector sama temen yg melek bisnis. Hihih.
  10. BIKIN EMAIL! Kamu gak punya email? Ya amplop jabang bayi! Kamu tinggal di hutan amazon ya kok ga punya email? “Punya bang, tapi passwordnya lupa!” TAEK LENCUNG kakehan alasan! Ngapalin password aja gabisa gimana mau bisnis vector yang butuh ngapalin banyak hal kayak deadline kapan, tutorial bikin ini, tutorial bikin itu, belum PIN ATM, password internet banking.. Capek ah! “Trus gimana bang?” YA BIKIN EMAIL LAGI SANA! DUH GUSTI PARINGONO SABAR!
  11. Nah, kalau semua hal di atas sudah kamu punyai, saatnya kita promosi!
  12. Bisa ngeblog? Bikin blog sana gih! Promosiin vector kamu di blog. Sewa domain sendiri ya. Jangan numpang alamat blogspot atau wordpress. Ingat! Kamu sedang bisnis, bukan main-main! Blog sangat efektif buat pelanggan yg seneng brosing di google. Buat yg nol putul tentang blog, ya kayaknya mending pakai..
  13. Instagram! Yes! This app is super famous right now! Bikin akun khusus dengan nama yg mudah dihafal. Misal: @jualvectormurah @wajahkartunmurah, dll. Lalu JANGAN DIPRIVAT! Lo mau jualan narkoba ya, atau mau jual alat bantu kenthu? Kok orang mau liat gak boleh? HAHAHA.
  14. Upload karya SETIAP HARI 1 KARYA. Namanya aja sedang promosi lo. Harus niat! Kalau kita gak ada karya baru, ya followermu akan melupakanmu pelan-pelan. Dengan upload karya setiap hari, menandakan kita eksis dan niat jualan vector. Sekaligus mengingatkan followermu bahwa ada yg jualan vector hari ini.
  15. Pakai hashtag yang pas. Misal #vectormurah #vectorwajah #pesanvector #jasavector dan lain-lain
  16. Kepsyen yang menarik. Misal: Duh, cantik banget ya wajah kak Munawaroh setelah divector! Swipe ke kiri untuk melihat foto sebelum dan sesudah divector. Kalian juga bisa lo punya vector kayak kak Munawaroh. Caranya tinggal hubungi… terusno dewe!
  17. Cantumkan harga yang jelas! Ini penting biar karya kita laris. Kalau kamu pingin karyamu ekslusif dan hargamu di atas rata-rata, ya silakan dirahasiakan harganya, tapi ingat! Pelanggan gak suka model-model “Untuk tahu harganya, silakan PM aja”. Mereka lebih seneng harga yg transparan. Takut ngerusak harga pasar? Haduh bro.. Takut kok sama harga pasar sih? Bukannya rejeki sudah ada yg ngatur? Santai aja kali!
  18. Rajin komen di akun-akun terkenal atau akun-akun temenmu juga boleh. “Untuk apa sih? Kurang kerjaan banget deh bang!” Ya terserah, kamu mau tips dari saya apa enggak sih? Menurut saya pribadi, rajin komen (asal positif ya! Jangan ceramah agama dan jangan bikin perdebatan! Pokoknya jangan!) bikin nama akun kita tersebar di mana-mana. Asal kalian tahu, komen-komen di akun artis itu akan selalu ada aja yg baca. Termasuk akyuuu! Hahahah.
  19. Jangan mahal-mahal. Baru jualan sudah nyamain harga yg sudah berpengalaman bertahun-tahun? Ya jelas orang akan milih yg sudah berpengalaman dong ya! Cara menentukan harga vector itu menurutku dari lamanya kamu membuat. Bagus apa enggaknya karyamu menurut kamu sendiri dan menurut orang lain.
  20. Bikin giveaway! Wah ini metode yang GAK PERNAH aku lakukan sebenarnya. Tapi kayaknya efektif banget buat meraih banyak follower di instagram kamu. Kalau caraku bukan giveaway, karena giveway biasanya kebanyakan syarat (harus follow dulu, harus mention temen kamu kek, dll. Mau ngasih aja kok ngerepotin banget! Haha) tapi..
  21. Bikinin Vector Gratis! Ke temen deket. Pacar. Artis kesukaan. Keluarga. Siapapun itu yg penting kamu seneng bikinnya. Itung-itung biar bisa diposting sambil promosi gituh. Yang dibikinin seneng. Kamu didoain bisnisnya lancar. Kamu juga bisa posting instagram deh!
  22. Bikin tutorial! Buat kamu yang punya jiwa mengajar yg baik, BIKINLAH TUTORIAL! Dengan punya tutorial, kamu SUDAH LAYAK JADI MASTER VECTOR! Karena master itu mengajar dan otomatis akan punya murid! Apakah akan lancar orderannya setelah bikin tutorial? SANGAT LANCAR! Terbukti di akyuuuu! Hahaha
  23. Jangan pelit ilmu dan jangan pelit njawab pertanyaan. Kalau ada yg nanya, “Bang, itu cara bikinnya gimana? Boleh minta paletnya? Harganya berapa?” Ya dijawab dengan sabar. Ingat! Kamu sedang promosi. Bukan sedang kebanjiran order. Kalau kebanjiran order sih, pertanyaan kayak gitu dicuekin gak papa. Asal kamu sudah jelasin di postingan sebelumnya atau di kepsyen, atau di bio. Dan lain-lain.
  24. Siapkan autotext atau text replacement atau shortcut kalimat. Hal ini penting biar kita gak ngetik panjang lebar ngejelasin pertanyaan yang sama. Misal bikinlah autotext berisi “Cara order vector” atau “Pricelist vector” atau “nomer rekening”, dll.
  25. Catat setiap orderan di buku (ya amplop zaman smartphone kok masih pakek buku sih?), di Google Sheets, di reminder, di calendar, atau apalah yang mencatat daftar orderanmu dan kapan harus selesai (deadline).
  26. Batasi orderanmu dalam sehari. Misal sehari 2 wajah. Jangan berusaha menyelesaikan semua order dalam sehari. Misal ada yg order 10 wajah. Lalu kamu berusaha menyelesaikan dalam sehari demi dapat duit banyak. KAMU GILA YA? Pergelangan tanganmu bakalan masuk rumah sakit loh! Karena sarafnya pedot! Kamu bukan airon men yah! Orang sekuat Thanos aja perlu istirahat di gubuk, kok kamu yg baru dicabut bulu kakinya njerit kesakitan sok-sokan kerja 20 jam non setop?
  27. Bayar di awal untuk keamanan dan kenyamanan bekerja. Minimal depe lah! Banyak banget kasus belum bayar tapi setelah dikerjakan dan dikirim, klien langsung pura-pura amnesia lupa siapa kamu, siapa dia, siapa Lucinta Luna…
  28. Jangan tergiur dibayar mahal minta cepet. Kalau sekali-sekali gak papa lah. Misal ada yg minta cepet, dia mau bayar lebih mahal, trus kamunya masih belum capek banget, ya okelah silakan diterima ordernya. Asal kamu pastikan akan selesai sesuai permintaan klienmu. Kalau setelah dibayar mahal ternyata kamu gak nyelesaiin tepat waktu, ya siap-siap jadi gelandangan! Serius ini! Harga dirimu hancur sodara-sodara..
  29. Kasihkan 2 files. File gambar (JPG atau PNG) dan file vector (Corel atau Ai terserah). Aku gak setuju dengan orang yg cuma ngasih file gambar saja gak dikasih file mentahan vectornya. Soalnya, emang kenapa kok gak dikasih file vectornya? Untungnya buat kita apa? Dan misal kalau dikasih, kita rugi apa? Jadi ya kasihkan aja semua filenya.
  30. Kuasai berbagai jenis vector mulai dari yang simpel sampe yang detail. Klien tentu saja kadang punya permintaan macem-macem. Dengan kita menguasai semua permintaan mereka, otomatis kita akan dapat banyak pelanggan. Analoginya, jumlah pembeli di toko yang jualan kipas angin aja tentu lebih sedikit dibanding jumlah pembeli di toko yang jual kipas angin, TV, kulkas, AC, mesin cuci, seterika, dll. Jadi untuk meraih jumlah pelangganmu yang banyak, kamu jangan berhenti belajar dan belajar style yg lain. Kalau perlu bikin style sendiri. Temukan style sendiri.
  31. Jangan terlalu sopan dan jangan terlalu galak juga terhadap klien. Ini yang susah. Kebanyakan sih kalau ngobrol sama orang gak kenal, kita ini malu-malu, terlalu sopan demi jaga image, gak natural pokoknya. Jadi, yang luwes sama klien. Yang grapyak, anggap dia temen sebayamu. Kalau perlu jadikan dia temenmu! Tapi tetep hormat ya. Jangan kebablasan sampe misuh-misuh. Gak kabeh wong iso dipisuhi cuk! hahaha
  32. Jangan posting hal-hal yang membuat klienmu/followersmu jadi terbatas atau segmented. Kalau kamu muslim, ya jangan posting gambar vector mbak-mbak hijaber/bercadar terus menerus, sekali-kali diselingi mbak-mbak model lain asal masih sopan dan gak telanjang bulet aja. Atau kalo kamu ngaceng risih melihat mbak-mbak gak hijaban, mungkin bisa posting gambar mas-mas ganteng aja deh kayak akuuuu!. Tapi kalau kamu pingin klienmu hanya orang muslim saja, ya terserah kamu deh. Saya nyerah.
  33. Postinglah sesuatu yang menyenangkan dan bermanfaat aja deh. Jangan yg berbau provokasi dan memancing perdebatan. Apalagi masalah agama. Hal ini bisa membuat klien kita risih dan gak berani mesen vector ke kita karena kitanya galak dan sensitif banget.
  34. Kalau di instagram sudah promo habis-habisan sesuai point-point di atas, tapi belum laku-laku juga. Coba bikin akun di deviantart.com kayak aku. Upload semua karyamu di sana. Beri judul yang sesuai fotonya. Misal: Iwan Fals Vector Kartun atau Jokowi Line Art Vector atau Prabowo Vector Simpel. Deviantart bagus index googlenya. Jadi kalau di deviantart, kamu upload karya vectormu yang artis terkenal aja. Misal Vector Via Vallen. Nanti kalau ada yg cari Vector Via Vallen, gambarmu bisa nongol di google. Beda kalau instagram atau facebook, gambarmu gak bisa dicari di google.
  35. Kalau segala hal di atas sudah kamu miliki, ya kamu seharusnya sudah kebanjiran order sih. Kalau belum ada order juga, ya embuh wis. Mungkin kamu sudah kaya raya tapi tetap merasa kuraaaang aja. Cari duiiit mulu sampe lupa shopping-shopping! Hahaha.

Trus gimana caranya memasarkan vector bisa sampe luar negeri?

  1. Ya lakukan hal-hal di atas itu PAKAI BAHASA INGGRIS bro! Misal bikin blog pakai Bahasa Inggris. Bikin akun instagram juga kepsyennya pakai bahasa inggris. Bikin akun devintart juga kepsyennya, judulnya, pakai bahasa Inggris. Balas semua chat dll pakai Bahasa Inggris.
  2. Bahkan di kehidupan sehari-hari kalau ngomong sama diri sendiri pakailah bahasa Inggris. Kenapa? Ya biar kita gak kaget kalau tiba-tiba kita dapat email dari orang luar negeri. Balesnya biasa aja gitu gak iksaitid banget.
  3. Oh iya, kalau menentukan harga untuk orang luar negeri, kalikan 5 ya. Misal harga lokal 100 ribu, harga orang luar negeri 500 ribu. Jangan sama! Lu tau nggak duit 100 ribu di sana itu kayak cuma dapat kopi segelas sama cireng 10 iris. Hahaha.
  4. Trus kalau di atas kamu siap-siap rekening bank yg banyak, kalau untuk orderan luar negeri, kalian siap-siap bikin akun paypal. Kalau gak punya kartu kredit, kalian bisa pakai Virtual Credit Card (VCC), silakan brosing di google “jual vcc” dan ikuti langkah-langkahnya. Aku sudah lupa tentang hal ini soalnya it was like 10 years ago.
  5. Trus aku gak pernah main-main di web macem fiverr, 99 design, yg gitu-gitu gak pernah. Jadi klien luar negeriku berasal dari usahaku sendiri. Tapi kalau kalian tertarik join situs-situs kontes begituan, WHY NOT, BRO? Silakan aja!
  6. Untuk meraih “selera luar negeri”, kita harus perbanyak melihat karya orang2 luar negeri di seluruh dunia. Rajin komen-komen juga walaupun cuma “This is great!”. Pokoknya harus sering berinteraksi dengan orang luar negeri di internet. Ibaratnya, kamu pingin dapat klien orang luar negeri, tapi kamu mainnya sama temen-temen kampung sendiri, ya gimana mereka bisa tahu kamu eksis? Gitu deh pokoknya.
  7. Kalau di aku, aku sering banget tuh komplain kalau ada aplikasi gak berfungsi. Misalnya komplain ketika aplikasi wordpress gak berjalan normal di blogku. Aku hubungi customer servicenya. Pakai bahasa Inggris lah. Trus dibalas cepet. Trus kami balas-balasan chatting gitu. Kalau bingung dia ngomong apa, aku pakai google translate. Cuman untuk ilmu dasar bahasa Inggris kalian harus menguasai banget ya. Yang gampang-gampang dulu. Misal kalau jamak dikasih akhiran s = Three faces, Two orders, dll. Trus untuk subyek He, She, It kalau ditambah kata kerja harus dikasih akhiran s juga = She goes, He walks, It makes, dll. Pokoknya yang dasar-dasar gitu kalian harus menguasai banget. Gak harus perfect grammar tapi yg simpel-simpel harus bener!
  8. Kalau pingin banget dapat klien luar negeri, gaya hidup kita juga harus kayak mereka. Misal tertib antri, Tertib lalu lintas, naik motor harus pakek helm walaupun deket, buang sampah selalu di tempat sampah. Kalau gak nemu tempat sampah ya dimasukin ke tas atau saku dulu. Gak manja. Mau melakukan segalanya sendiri. Trus harus open minded gak gampang nuduh-nuduh. Toleransi tinggi. Menghargai perbedaan. Ya pokoknya gitu-gitu.
  9. Apa lagi ya? Hmm kalian bisa tanya di kolom komentar deh..

Kayaknya itu dulu sih. Ntar kalau aku nemu ide lagi, akan aku tambah pointnya. Semoga orderan kalian laris manis ya, kayak orderanku. HAHAHAHA. آمين :doa:

30 Comments

Komen dong!