Tips Bertahan Ngeblog Selama 10 Tahun

Dengan semakin bergugurannya blogger-blogger seangkatanku, kayaknya aku harus nulis tips bagaimana bisa bertahan ngeblog selama 10 tahun.

Sebelum dimulai, izinkan saya posting foto kaos blogger bikinan saya berikut ini..

Creative Blogger

Kita lihat komentar fans tentang foto di atas..

komentar fans

Terimakasih pujian gantengnya. Posting foto selesai. Saatnya nulis tips..

  1. Hargailah hidupmu sendiri. Anggap semua kejadian yang terjadi itu penting. Sehingga kamu akan menuliskannya. Meninggalkan jejak kehidupan berupa tulisan di blog.
  2. Sebagai sarana mengingat-ingat kejadian. Kalau gak ditulis, kita akan buang-buang energi untuk mengingat-ingat kejadian masa lampau. Kalau kejadiannya sudah lama banget, otak kita kadang gak bisa mengingat secara detail kejadiannya.
  3. Menulis buat diri sendiri dulu. Jangan nulis buat orang lain dulu deh. Nulis khan untuk relaksasi juga. Curhat di blog juga ampuh mengatasi kegilaan. Soalnya stressnya gak dipendam. Jadi niatin untuk relaksasi diri. Manfaatnya buat diri sendiri dulu.
  4. Kalau ternyata blog kita disukai orang lain, anggap itu sebagai bonus. Sebagai penyemangat untuk keep on going. Jangan dijadikan sebagai tujuan ya. Karena kita gak bisa menyenangkan semua orang. Ntar kalau ada yg gak suka, kita jadi down. Trus berhenti ngeblog deh.
  5. Biasanya pembaca lebih suka tulisan kita yang otentik asli dan orijinal. Jadi jangan nyontek gaya bahasa blogger lain. Kalau nyontek mulu kita akan kehilangan passion nulis. Lama-lama capek karena gak berasal dari hati.
  6. Kalopun ngeblog bisa dapat duit, anggap itu sebagai bonus. Bukan tujuan utama. Ini syarat bisa bertahan lo ya. Kalau kamu ngeblognya CUMA pingin dapat duit doang, ya sah-sah saja, tapi aku kok gak yakin bisa bertahan 10 tahun. Soalnya nanti kalau penghasilan menurun (atau gak ada), kita akan merasa bosen dan buang-buang waktu lalu berhenti ngeblog!
  7. Setelah hidupmu kau hargai, anggaplah hidupmu itu bermanfaat buat orang lain. Jadi kita akan sering bagi-bagi tips ke orang lain melalui blog deh. Gak usah malu. Gak usah nunggu pinter dulu baru mau berbagi informasi. Gak usah nunggu jadi master kalau mau bikin tutorial. Asal kamu ada kemauan berbagi, LANGSUNG EKSYEN KAK! No more wait!
  8. Tapi Mas Ndop, hidupku kayaknya monoton deh, gak penting-penting amat. Masa mau ditulis. Apanya yang ditulis?
    Hmm.. iya juga ya. Kamu nulis tentang “Tips bagaimana caranya bertahan hidup monoton” aja gimana?
    Sebenarnya gak perlu ide brilian untuk memulai menulis. Apa aja bisa ditulis. Asal kamu peka.
  9. Menurutku yang bikin kita gak update blog itu ya karena MALAS. Bukan karena gak ada ide. Jadi kalau mau konsisten ngeblog ya JANGAN MALAS nulis. Tuh sekarang banyak cafe menjamur, tulis aja review cafe itu satu persatu. Hape juga tiap bulan ada seri baru, tulis reviewnya dong! Gak harus beli hapenya! Gak perlu. Kamu bisa ngereview dari segi design, harga dan spesifikasinya mungkin. Trus itu banyak tempat wisata baru bisa kamu tulis juga. Satu tempat wisata bisa jadi beberapa tulisan lo. Bahas aja cara menuju ke sana. Hal-hal menarik di wisata ini. Atau kamu cerita bab mistisnya wisata ini juga bisa. Hahaha. Jadi jangan alesan gak ada ide lagi ya!
  10. Join komunitas blogger. I know seorang blogger itu rata-rata introvert. Gak suka nongkrong. Gak suka berada di keramean. Pemalu. Gimana kalau kalian bertemu dengan orang yang sama-sama introvert? Pasti kalian ngobrolnya nyambung deh! Cobain! Walaupun kenyataannya gak begitu sih. Blogger extrovert juga banyak. Contohnya aku kak! Aku suka keramean! Suka nonton konser! HAHAHA Dengan join komunitas blogger, kita akan jadi lebih gampang cari ide menulis karena kita kaya referensi tulisan dari blogger lain. Juga merasa kita gak sendirian. Jadi lebih semangat dan makin terpacu energinya untuk terus menulis. The power of berjamaah!
  11. Jangan keseringan nulis. Jangan narget-narget! Misal sehari harus satu tulisan. JUST DON’T! Itu namanya gak mengikuti passion. Tapi mengikuti nafsu doang. Hasilnya apa? Tulisan kayak dipaksakan. Banyak typo di sana sini karena dikejar target sehingga gak fokus dan gak rileks. Lama-lama capek. Tenaga habis. Trus bosan. Trus berhenti ngeblog. Wassalam.

Itu dulu ya yang saya inget. Nanti kalau ada tips lain, akan saya tambahkan. Kalau kamu punya tips lain, silakan ditambahkan di kolom komentar. Nanti kalo bagus akan saya tulis di list dan saya cantumkan beklink blog kamu.

Sebagai penutup, ada kuot bagus tentang menulis yang bisa memacu kamu untuk terus menulis:

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.

Pramoedya Ananta Toer, House of Glass

65 Comments

Komen dong!