Tutorial Game Pokemon Go

Game ini belum resmi ya di Indonesia (sampe saat ini, 27 Juli 2016), jadi kalau mau download harus cari apk di situs lain. Search aja di google “Download Pokemon Go apk” untuk hapemu yg android. Tapi ya hati-hati karena aplikasi apk yg beredar di situs lain selain playstore itu kadang ada virusnya. Hehe

Kalau untuk hape iPhone, tinggal buat akun US, lalu search Pokemon Go di appstore US, tinggal download gratis dan resmi. Hidup iPhone! HAHAHAHA.

Update 14 Agustus 2016: Game sudah resmi di Indonesia. Silakan download di playstore dan appstore masing-masing ya. 

Baiklah, basa-basinya selesai.

Tutorial pokemon Go

TUTORIAL MAIN GAME POKEMON GO

  1. Koneksi internet harus super kenceng. Minimal 3G dan stabil ya. Kalau mau aman ya pakai Telkomsel aja. (Btw aku gak dibayar telkomsel lo ya!) Tapi paling aman ya pakai nomer yg sinyalnya paling kuat di daerah tempat pokemon berada. Soalnya kartu Halo dari telkomsel punyaku, di tempat-tempat tertentu koneksinya muter2 gak jelas. Dan perburuan mencari Pokemon ular raksasa bernama Arbok barusan pun harus gagal karena aplikasinya ngefreeze karena koneksi buruk. Hahaha. KAMPFRETT!
  2. Kesabaran juga harus tinggi. Seringkali pas main bareng sekumpulan trainers (sebutan pencari Pokemon) di Nganjuk sini, terdengar pisuhan-pisuhan tipis-tipis “Ancuuk.. “ karena aplikasi yg hang atau koneksi yg muter-muter gajelas. HAHAHA. Jadi harus sabar, tawakkal dan perbanyak beramal soleh. #okesip
  3. Jalan kaki lebih baik! Aku khan pakai sepeda ya. Kadang ngebut juga. Aplikasinya pinter, di kecepatan tertentu dia gak mau ngerecord GPSnya, sehingga telurmu gak akan menetas-netas kalau jalanmu kenceng. So, buat yg motoran atau mobilan, kecepatannya super pelan ya, setara jalan kaki gitu. HAHAHAH
  4. Untuk pemain awal, masih level 1, fokus cari Pokemon dulu aja. Latihan skill melempar Pokeball. Karena nanti di level berikutnya, penangkapan Pokemon sungguh susah dan menjengkelkan! Hahaha.
  5. Setelah mencapai level 5, baru pilih tim. Menurutku bebas mau milih tim apa aja. Aku kebetulan suka warna kuning, jadi aku pilih Tim Instinct. Kebetulan di Nganjuk sini tim kuning lumayan dominan sih.
  6. Kalau di sekitarmu ada pokemon muncul, maka hapemu akan bergetar. Jadi sebenarnya main Pokemon Go ini aman, gak perlu selalu lihat layar ketika jalan.
  7. Kalau sudah nemu Pokemon, matikan AR alias Augmented Reality alias tampak nyata suasana sekitarmu. Karena nanti pokemonmu akan goyang-goyang dan susah ditangkap. Klik pokemonnya. Setelah itu tahan Pokeball sampe lingkaran mengecil, lalu lempar bola dengan swipe (elus) ke depan. Gagal? Gak papa coba lagi.
  8. Menu-menunya dipelajari sendiri ya. Diklik-klik aja sendiri. Singkatnya, klik bola pokemon warna Indonesia itu (merah putih), lalu paling atas ada POKEDEX isinya jenis pokemon yg sudah kamu tangkap. Di bawahnya ada SHOP buat beli-beli items pakai Pokecoin. Di kiri ada POKEMON, isinya ya Pokemon-pokemonmu, swipe ke kiri, isinya telur-telurmu. Lalu ITEMS isinya apa aja yg ada di tas ransel trainermu.
  9. Pokemonku

    Isi Pokemonsku.

  10. Trus ada yg namanya Pokestop. Pokestop itu bukan tempatnya Pokemon berada, melainkan dia adalah tempat resources Pokemon berada. Kayak Pokeball, Razberry, Potion, telur, dll.
  11. Ketika deket Pokestop, maka Pokestop yg semula berbentuk kubus, akan berubah menjadi lingkaran. Klik aja, lalu puter (spin) lingkaran gambarnya. Akan muncul bonus-bonusnya. Klik aja bonusnya sebelum ilang.
  12. Oh iya, ada yg namanya Curve Ball, yaitu melempar Pokeball dengan cara diputer-puter dulu baru dilempar secara mengurva alias mero. Hahaha. Kalau tepat, akan ada tambahan poin 10XP (Exprerience). Lumayan lah. Setiap menangkap Pokemon maka dapat 100XP. Evolve 500 XP. 
  13. XP itu Experience. Jadi untuk naik level, ada maksimal experience yg harus kalian tempuh. Misal aku sekarang sudah level 18. Kalau mau level 19 harus menempuh 25000 XP. Padahal sekarang XPku masih 5400. Masih perlu perjuangan panjang. Hahaha
  14. Semakin tinggi level, semakin tinggi CP Pokemon yg didapat, semakin susah dilempar Pokeball juga. Makanya ada yg namanya Great Ball. Yang bisa didapat di level 12. Great ball lebih kuat menangkap Pokemon dibanding Pokeball biasa.
  15. Kalau masih bandel Pokemonnya lepas mulu, ada yg namanya Razberry. Pas muncul Pokemonnya, klik pokemonnya. Lalu pilih item (tas ransel), pilih Razberry. Klik aja sampe muncul cinta-cintanya. Baru lempar Pokeball/Greatball-nya. Peluang berhasil lebih besar.
  16. Ngomongin telur, ada telur yg 2 km, 5 km dan 10 km. Biar menetas, klik telurnya di menu Pokemon sebelah kanan, trus pilih Start Incubation, pilih Incubatornya. Lalu jalan kakilah sepanjang km yg tertera. Ntar kalau menetas, hatimu akan berdebar-debar pokemon apakah yg menetas.
  17. Egg Hatching

    Saat-saat mendebarkan dan menggembirakan

    Daftar km Telur

    Daftar kilometer telur dan jenis pokemon yg menetas.

  18. Hasil tetasan telur biasanya mendapatkan banyak candy. Beda sama candy hasil nangkep. Cuma dapat 3. Kalau dari telur bisa dapat 20an candies. Di bawah ini contoh telurku 10 km yg menetas dan langsung dapat candy 28! 
  19. Ngomongin Pokestop lagi, di Pokestop kalian bisa masang Lure. Bentuknya cinta-cinta betebaran. Fungsinya untuk mengundang Pokemon untuk datang ke Pokestop itu. Lure bisa didapat ketika naik level. Juga bisa dibeli pakai pokecoins di menu SHOP.
  20. Cara memasang lure itu gampang. Tinggal mendekat ke Pokestop, klik pokestop, klik tombol putih di atas lingkaran, Di bawah Pokestop Module, klik Lure. Selamat berkumpul dan berburu pokemon secara duduk tenguk-tenguk mager! Hahah
  21. Lalu ada Gym. Semacam singgasana Pokemon. Di sinilah inti game ini berada sebenarnya. Kalian berjuang mencari Pokemon untuk dapat Stardust banyak. Stardust untuk menaikkan CP (Combat Power) dan HP (Health Power) kamu. CP gedhe seranganmu mematikan. HP gedhe nyawamu banyak gak gampang matik. Ketika Gym berwarna putih bersih, itu tandanya Gym kosong. Silakan ditempati dengan klik tombol + di kiri bawah. Taruhlah Pokemon yg bukan terkuat untuk jaga Gym sambil pamer ke khalayak. Pokemon terkuat untuk nyerang aja. Jadi simpanlah baik-baik.
  22. Gym Dzofar

    Gak ada tanda plus berati harus serang!

  23. Kalau Gym berwarna sama dengan Teammu. Kalau mau gabung, tinggal didekati. Lalu periksa levelnya. Kalau level Gym = jumlah pemain yg ada di Gym, berati kamu gak ada slot untuk menempatinya. Untuk menempatinya, kamu harus bertarung dengan sesama tim berkali-kali (kalah gak papa), sampe level Gym naik sehingga terdapat slot untuk kamu tempati (tanda + akan muncul di kiri bawah).
    Contoh: Level Gym 2. Yang menempati 2 orang. Tombol + otomatis gak ada. Kamu harus nyerang dulu sampe level Gym menjadi 3. Setelah levelnya 3, tombol + akan muncul. Kamu tinggal gabung.
    Contoh 2: Level Gym 2. Yang menempati 1 orang. Tombol + otomatis akan muncul tinggal ditempati aja tanpa nyerang.
  24. Tanda Plus join team

    Kalau muncul tanda Plus berati bisa join team.

  25. Kalau Gym berwarna beda (musuh), otomatis kalian harus serang mereka semua berkali-kali sampe level Gym menjadi 0. Sehingga Gym jadi putih kosong netral siap ditempati.
  26. Cara nyerang Gym untuk sesama tim, tinggal klik tombol kanan bawah berbentuk sarung tinju. Kalau sesama tim dianggap latihan atau training. Training untuk menaikkan level Gym biar kita bisa gabung. Lalu pilih pokemon andalanmu untuk bertarung. Lalu klik Go. Tinggal pencet-pencet aja tarungnya. Simpel.
  27. Untuk special move alias jurus andalan, tunggu dulu sampe kotak-kotak putih di bawah nyawa itu penuh, lalu tekan yg lama sampe layar atas dan bawah menjadi hitam. Lalu lepas. Maka jurus andalan akan keluar. Tiap Pokemon punya jurus andalan. Contoh si burung mainstream Pidgeot akan mengeluarkan pukulan angin puyuh, si Vaporeon akan mengeluarkan pukulan ombak, dan lain-lain.
  28. Menyerang Gym sesama tim itu butuh 1 pokemon untuk melawan semua anggota Gym. Menyerang Gym musuh itu butuh 6 pokemons untuk melawan semua anggota Gym.
  29. Sebelum menyerang, pastikan punya persediaan Potion yg banyak. Karena nyawa Pokemonmu pasti akan berkurang setelah tarung. Untuk menyembuhkan, klik Menu > ITEMS > Potion (silakan pilih yg mana). Nanti akan ada list pokemon yg harus disembuhkan. Tinggal klik aja sampe nyawa ijo-ijonya penuh.
  30. Khusus yg habis menyerang musuh, kalau pokemonmu kalah, kalian perlu Revive untuk membangunkan pokemon yg pingsan. Setelah itu, baru Potion untuk memenuhi nyawa ijo-ijonya.
  31. Eh, baru-baru ini ada aplikasi untuk menemukan di mana Pokemon berada. Namanya Pokewhere. Di Playstore (android) sih kemarin-kemarin ada, sekarang ilang. Kalau di Appstore (iOS) masih ada. Silakan didownload. Nanti tinggal pencet tombol biru maka akan muncul Pokemon di radius sekitarmu.Kalau ingin tahu pokemon di tempat lain, tinggal arahkan peta ke tempat lain tersebut lalu tekan tombol biru. Kalau Pokemonnya langka, berati selamat mengejar! Karena lama pokemon muncul itu macem-macem. Ada yg 5 menit, 7 menit, 10 menit, dll. Tinggal klik pokemonnya, nanti akan muncul Despawn jam berapa alias ilangnya jam berapa. Aplikasi Pokewhere sangat akurat! Buat kalian kolektor pokemon langka, bisa gunakan aplikasi ini biar perburuan pokemon kalian lebih tertarget.
  32. Pokewhere

    Akurat sekali loh ini!

    Pokemon langka

    Daftar penggolongan Pokemon
    dari yg mainstream sampe langka.

  33. Cara mendapatkan Pokecoin itu mudah. Kalian tinggal kuasai Gym. Lalu klik menu SHOP. Di pojok kanan atas akan ada angka dan waktu. Angka itu menunjukkan jumlah Gym yg kalian kuasai. Waktu itu menunjukkan kapan coin bisa diambil (collect). Kalau angkanya 0 berati gak dapat apa-apa ketika waktu habis. Kalau angka 2 ketika waktu habis kalian bisa ambil Pokecoin 20. Lumayan.
  34. Shop

    Pokecoin buat beli items di Shop.

  35. Tips Pokecoin adalah, ketika waktu sudah habis, barulah keliling menguasai banyak Gym supaya angkanya banyak. Setelah itu baru klik collect. Jadi tidak perlu susah payah rebutan gym sama pemain lain.
  36. Collect

    Siap dipanen!

  37. Tips nyerang biar gampang menang adalah dengan mengetahui type apakah si pokemon yg sedang diserang. Lawanlah dengan type pokemon yg bikin dia lemah. Misal Type pokemon normal akan lemah melawan type pokemon fight.
  38. Tabel kelemahan pokemon

    Tabel kekuatan dan kelemahan pokemon
    1/2 artinya kalau kena satu serangan, maka musuh hanya kena 1/2nya.
    2 artinya setiap satu kali serangan, maka musuh kena 2 kali serangan.
    0 berati serangannya gak melukai sama sekali. Gak ngefek apa-apa.

    SLowpoke

    Contoh Slowpoke ini pokemon type Water/Physic.
    Berati dia lemah melawan pokemon type Electric kayak Jolteon.
    Tapi dia kuat melawan pokemon type Fire kayak Flareon

  39. Ada type pokemon yg gak perlu evolve alias berevolusi menjadi lebih besar, lebih sakti dan kuat. Kayak Pinsir dan tangela. Ada pokemon yg evolvenya 1 sampe 2 kali. Evolve butuh candy. Tiap pokemon punya candy masing-masing. Candy diperoleh saat kita menangkap pokemon. Tiap pokemon memerlukan jumlah candy yg berbeda untuk evolve. Contoh pokemon Slowpoke di atas memerlukan 50 Candies untuk berevolusi.
  40. Kita tidak perlu mencari 50 Slowpokes untuk mengevolvenya. Hanya cukup mencari 13 saja. Karena setiap dapat slowpoke, kamu akan dapat bonus 3 candies. 3×13 = 39. Sisanya didapat dari transfer ke profesor, oleh profesor diganti dengan 1 candy/pokemon. 39 + 13 = 52. Masih sisa 2. Menu transfer ada di bawah sendiri ketika kamu buka pokemonmu.
  41. Tips mengevolusi pokemon adalah carilah pokemon yang CPnya besar (di atas 200 atau di atas 400 sekalian haha), lalu baru dievolve. Maka hasil evolusinya akan mendapatkan CP super besar. Aku pernah mengevolusi Exeggcute CP 400, ketika menjadi Exeggutor CPnya 1200!
  42. Tips menaikkan level adalah dengan menggunakan lucky egg (bisa didapatkan di pokestop). Ketika kamu sudah mengumpulkan banyak candy untuk pokemon-pokemonmu, saatnya mengaktifkan Lucky Egg, baru deh dievolve satu persatu. Maka nilai XP mu akan dikalikan 2 kali! HUWAAA.. Naik level dengan super cepat!
  43. Fungsi NEARBY sejak update pokemon go terbaru masih belum berjalan dengan baik. Justru sebelum update fungsi berjalan lancar. Jejak langkah 3 artinya plus minus radius 300 meter ada pokemon di sekitarmu. 1 berati 100 meter. Ah, tapi mendingan pakai aplikasi pokewhere saja. Simpel. Hahaha.
  44. Cara menaikkan level Gym dengan cepat adalah dengan cara kerja tim. Sediakan potion yang banyak. Lalu taruh 1-2 pokemon dengan CP yg gak tinggi-tinggi amat untuk “umpan” diserang oleh tim sendiri. Biar mudah dikalahkan gitu maksudnya. Setiap mengalahkan 1 pokemon tim sendiri maka gym akan naik 100 angka. Serang terus sampe angka gym penuh sehingga level gym naik. Contoh: untuk menaikkan Gym ke level 4, maka harus menaikkan angka gym menjadi 8000 alias mengalahkan anggota gym 80 kali. Banyak juga ya! Haha. 

Kayaknya tutorialnya itu dulu. Nanti kalau nemu tips lagi aku update yaaa..

Selamat hunting Pokemon Go!

Pokemon Go Rame-rame

Ayuk hunting pokemon bareng!

24 Comments

Komen yuk kak!