Menduniakan Madura: Kawasan Kaki Jembatan Sisi Madura

KAWASAN KAKI JEMBATAN SISI MADURA

Berangkat jam 6.30 pagi sampe Surabaya jam 8 lebih! Padahal jadwal berangkat ke kantor BPWS adalah jam 8 pagi. Untungnya panitia mau nungguin. Eh di terminal ternyata masih ada yg belum datang juga. Si Silvi ternyata terjebak macet di Pasuruan! Bhahaha.

Akhirnya jam 9 berangkat ke kantor BPWS untuk ketemu dengan blogger lainnya. Setelah sarapan, beberapa blogger mewakili untuk diberi pengarahan sama pihak BPWS. Lalu blogger sisanya diajak jalan-jalan untuk melihat view Jembatan Suramadu dari Surabaya.

Sik sik, BPWS tuh apaan?

—————-

Bentar aku mau cerita dulu..

Jadi akhirnya aku ikutan FamTrip lagi nih. Edisi kali ini ke Madura! Dengan hashtag #MenduniakanMadura. Huwaaaah. Pendaftaran ikutan acara ini pun mudah. Cukup komen di statusnya Wahyu Alam di facebook.

Waktu itu aku dikasih informasi famtrip ini sama Maz Echo via BBM. Karena aku belum jadi friendnya Wahyu Alam, walhasil aku pun langsung daftar via email! Cerdas! HAHAHA

Karena aku blogger ngehits, akhirnya kak Wahyu Alam gak kuasa menolak permohonanku. Hahaha. Loloslah audisi pemilihan acara wisata ke Madura bareng blogger di seluruh Indonesia ini!

Nah acara ini yang ngadain adalah Komunitas Blogger Madura alias Plat-M. Didukung sepenuhnya oleh BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura).

Kantor BPWS

Kantor BPWS

Sesuai namanya, BPWS sedang getol-getolnya membangun infrastrukur khususnya wilayah Madura. Salah satu karya akbarnya adalah Jembatan Suramadu!

Fungsi jembatan Suramadu tentu saja memperlancar transportasi Surabaya – Madura dong. Khan sebelum ada jembatan, transportasi Surabaya – Madura hanya lewat jalur laut alias numpak kapal feri yg gak bisa selancar jalur darat (jembatan).

Nah FamTrip kali ini bertujuan untuk mengenalkan ke Blogger jejak-jejak “prestasi” BPWS dalam membangun Madura.

Sudah paham khan yaaa?

Okay lanjut!

—————

Bis mengantar kami ke Jembatan Suramadu dari sisi Surabaya.

Aku pernah ke sini beberapa tahun yang lalu. Ternyata sekarang sudah bersih dan rapi. Tembok di sana itu bisa dibuat foto-foto ganteng yg instagramable! Yekan?

Terowongan

Terowongan yg instagramable

Perahu

Perahu-perahu di bawah jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu dari Surabaya

Pemandangan Jembatan Suramadu dari Surabaya

selfie bareng di bawah jembatan suramadu

Blogger Indonesia di Suramadu!
Foto by Atanasia Rian

Selesai foto2 kami diajak balik ke kantor BPWS untuk menjemput blogger sisanya. Setelah itu kami baruuu diajak keliling Madura.

Tapi sebelum itu, perkenankan kami, para blogger Indonesia berfoto selfie. Tapi kali ini selfinya lebih advance! Yaitu pakai camera 360 kepunyaan kang Pardi Cukup.

BPWS in 360 camera

Blogger Indonesia di Kantor BPWS

Perjalanan menelusuri #jejakBPWS lainnya pun dimulai..

di dalam bis

Blogger Indonesia!

Diawali dengan melewati jembatan Suramadu yg eksotis ituh. Tapi tahu sendiri khan, di sini gak boleh berhenti buat foto-foto. Bahaya! Wohohoho.

Melewati jembatan Suramadu, otomatis kita memasuki Wilayah Madura!

Jejak BPWS kedua yang kita kunjungi adalah KKJSM (Kawasan Kaki Jembatan Sisi Madura) di kabupaten Bangkalan. Di sini akan dibangun rest area yang lebih mumpuni dibanding yg sudah ada. Yang sudah ada itu ilegal ya karena penjual menempati begitu saja tanpa izin.

Untuk menertibkannya, akhirnya dibuat tempat khusus untuk mereka jualan. Yaitu di KKJSM itu. Entah nanti prosedurnya menyewa atau beli, dipikir nanti. Wehehehe.

KKJSM masih dalam tahap pembangunan. Hanya terlihat hamparan tanah dengan banyak batako di sana-sini. Untuk tahun 2016 ini, yang dibangun BPWS sementara masih jalan aksesnya dulu.

inilah KKJSM

Kawasan Kaki Jembatan Sisi Madura
Akan dibangun rest area di sini.

Nanti kawasan ini akan dibangun macem-macem lo. Mengingat luasnya yg 600 hektar (LUAS BANGET!) itu, rencananya akan dibangun Jaringan Perhubungan (jalan arteri, Kolektor, dan jalan Lokal). Lalu Kawasan Lindung juga, yang meliputi Sempadan Pantai, dan Ruang Terbuka Hijau.

Juga akan ada kawasan Industri juga loh! Mau wisata di Kawasan Kaki Jembatan sini? Nanti juga akan dibangun! Selain wisata juga akan ada perdagangan. Mungkin akan dibangun mall? Bisa jadi!

Baiklah, mari kita doakan dan dukung program BPWS dalam membangun rest area di sini agar cepet selesai ya. Biar Madura segera Mendunia secepatnya.

KKJSM in 360 camera!

Blogger Indonesia di KKJSM.
Keren banget yaaa! Kak Pardi kameranya dijual nggak? #eh

Baru berada di Kaki Jembatan Suramadu saja diriku punya bayangan kalau Pulau Madura memang akan segera mendunia. Mengingat masyarakat di sini juga sangat melestarikan budaya mereka. Sama kayak pulau sebelah tuh. Pulau Bali.

Warga Madura itu khas. Gak kayak orang jawa yg kadang hilang jawanya. Kalau orang Madura kayaknya otentik ya, masih orijinal. Gak gampang terpengaruh dan ikut-ikutan sama budaya lain. Dan masyarakat yg merdeka itu ya yang bangga dengan budaya daerahnya. Yang melindungi bahasa daerahnya. Melindungi logatnya. Melindungi budayanya. Bodo amat dikatain ndeso, ini budayaku, bukan budayamu!

Aku sangat salut sama orang Madura! Pertahankan ya. Tolong pertahankan!

:sip:

Eh, aku ada VLOG singkat loh pas di KKJSM kemarin. Tonton ya tonton yaaa. Jangan lupa subscribe, like, comment. Hahaha menjelma jadi yutuber nih yee..

Bersambung…

59 Comments

Komen dong!