07 Sep 2015

Kuliner Nganjuk: Nasi Pecel Godhong Jati Mbok Jimur

Nasi pecel godhong jati Mbok Jimur Tiripan Berbek Nganjuk

Setelah dua ratus tahun menunggu, akhirnya cita-cita makan nasi pecel dengan bungkus daun jati telah tercapai! Bahagialah aku! HAHAHA. Lama amat!

:shock:

Soalnya yang di tempat lain (jadi di Nganjuk ada beberapa warung yg jualan nasi pecel dibungkus daun jati), katanya sudah nggak dibungkus daun jati lagi, tapi udah daun pisang biasa. Wah, gak spesial lagi dong ya. Hahaha

Baiklah, ini dia penampakan nasi pecelnya..

Nasi pecel daun jati Mbok Jimur Tiripan Berbek Nganjuk

Klasik sekali khan penampilan Nasi Pecel Daun Jati
Mbok Jimur yang terletak
di desa Tiripan, kec. Berbek, Nganjuk ini?

Aku sudah dua kali ke sini. Pertama pas ulang tahunku 30 juli kemarin itu, sama rabo, 2 September 2015 kemarin.

Pertama kali ke sini, jam setengah satu pagi! Malam Jum’at pula. Melewati kuburan pula! Huahaha. Komplit sekali mengerikannya. Dianter sama Risa, cowok, teman SMAku. Dia pun masih meraba-raba di mana letaknya. Tapi akhirnya sampe juga..

Banner Jimur

Kayaknya banner ini dibikin pas bulan puasa ya..

Waktu kami sampe di warungnya, suasana mencekam. Sepi banget. Gelap remang-remang. Tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Waduh, udah jauh-jauh ke sini, lha kok warungnya tutup. :cry:

Ketika kami mau pulang karena kecewa, lha kok tiba-tiba ada bapak-bapak memanggil kami, “Kae lo wonge wis tangi! Sampean dodok mawon.. “

Kami langsung sumringah. Horee. Setelah mengetuk pintu, Mbok Jimur membukanya dan mempersilakan kami masuk.

Ternyata Mbok Jimur tadi tidur sejenak sambil menunggu pembeli datang. Karena warung Nasi pecel godhong jati ini buka 24 jam! Gilaaaa bener! Hahahaha..

Jadi kalau gak ada yg beli, mbok jinem tidur aja. Kalau ada yg datang, kalau ada yg mengetuk pintu, Mbok Jimur bangun trus dibukain pintu dan dimasakin.

Maklum bikin pecel khan gak lama-lama amat. Pokoknya udah disiapkan sambel pecel yg masih ungkul, kulupan, tempe yg masih mentah, udah cukup bisa ditinggal tidur. Kalau ada pembeli, sambel tinggal dituang air anget, sayuran tinggal direbus bentar, tempe tinggal digoreng, selesai khan?

Bener-bener ide yang brilliant ini Mbok Jimur!

Mbok Jimur sedang mengedoli kami

Mbok Jimur sedang membikinkan kami nasi pecel.
Daun jatinya menyapa kami tuh..
Hi daun jati, godain kami dong!

Sik, sik, nasinya gimana Ndop? Dibikinkan saat itu juga?

YAELAH BRO, YAELAH SIS! KHAN SUDAH ADA TEKNOLOGI YANG NAMANYA MEJIK JER! Jadi ya dinanakin dulu lah sebelumnya, lalu ditaruh mejik jer. :doh:

Mau tau bentuk mejik jer itu kayak apa? Ini lo bro! Ini lo sis!

Mejik jer!

Ini namanya mejik jer bro!

HAHAHAHA. :lol:

Suasana di sini sangat klasik. Bukan vintage ala-ala orang kaya ya, ini bener-bener ndeso dan masih mempertahankan keklasikan ndesonya. Lihatlah ini kawan kawan..

Barang-barang klasik ndeso di warung Mbok Jimur

Lemari yg klasik, temboknya itu loh, duh, adem ayem sekali.
(in frame: Bowo, teman SMA)

Sangat ndeso dan remang remang

Salah satu sudut dalam rumah Mbok Jimur

Pintu masuknya

Pintu masuknya.

Berada di dalam warung/rumah klasik ndeso kayak begini serasa dilempar ke zaman kecil dulu deh. Zaman rumah mbahku masih belum ditekel lantainya. Masih tanah atau masih mester. Lalu temboknya masih belum dilepo. Gentengnya masih kelihatan dari dalam belum dikasih plafon. Duh, kenapa jaman dulu itu gak bisa dikembalikan sih? HAHAHA.

Trus ada lagi yg bikin kangen jaman dulu. Adalah..

KENDI

KENDI!

Dan sori ya, kendi itu BUKAN HIASAN aja. Tapi di dalamnya ada air segarnya. Iya segeeeerr banget! Dan air putih di dalam kendi itu GRATIS kakak! Buat yg ngirit, cukup bawa duit 5 ribu saja buat makan nasi pecel bungkus godhong jati ini sudah bisa makan sama minum air putih dari kendi!

Murah banget khan? Inilah enaknya hidup di Nganjuk. Kayaknya aku harus bikin postingan alasan-alasan kenapa Nganjuk itu layak ditinggali deh! Hahaha.

Aku nraktir 2 orang saat itu. Aku, Risa dan Bowo habis 26 ribu. Nasi pecel 3, teh anget 3, Plus tempe berapa gitu lupa aku. Pokoknya murah lah ya. Nganjuk gitu loh.

Soal rasa gimana ndop?

Yaelah bro, yaelah sis, masa nasi pecel yang harganya cuma 5 ribu mau mengharap rasa yang enak sih? Yaelah bro, yaelah sis, sayangnya ini berita bagus buat kalian. Soalnya HANYA DENGAN 5 RIBU RUPIAH SAJA, KALIAN BISA MERASAKAN NASI PECEL YANG ENAK!

Jadi sambelnya tentu saja pedes ya. Cuman pedesnya gak berlebihan kayak level-levelan itu tuh. Ini pedesnya pas. Gurihnya banget! Ada manisnya dikit. Ala-ala sambel pecel khas Nganjuk memang gurih rasanya. Beda sama kota lain yg manis doang.

Buat yang gak doyan pedes, aduh, cemen banget! HAHAHAHHA. Oke deh, buat yg ga doyan pedes, ya cobain lah sesendok aja. Niscaya kamu akan mendadak doyan pedes setelah tahu sambelnya enak!

Dengan dibungkus daun jati, aroma daun jati tentu saja bikin nasi pecelnya makin eksotis rasanya. Sedep-sedep klasik gimana gitu.

(((SEDEP-SEDEP KLASIK))) :sip:

Untuk menambah kenyang, bisa ngambil tempe yang masih panas habis digorengin sama Mbok Jimur..

Tempe

TEMPE!

Rasa gurih sedep klasiknya bikin nagih! Jadi pingin nambah satu porsi lagi deh. Cuman sayangnya perutnya udah penuh. :sad:

Setelah kenyang, kami bayar, lalu pulang. Melewati jalan yang lain. Yang menjadikan aku bingung ketika didaulat sama temen sebagai penunjuk arah ketika kunjunganku ke dua ke sini.

Semoga ini wajar ya. Aku ke sini pertama kali itu malam-malam larut jam setengah satu pagi. Dibonceng temen pula. Dingin pula. Suasana sedikit gelap. Jadi mau mengingat-ingat jalan mana yang aku lewati ya susah. Lampu rumah rata-rata udah dimatiin. Jadi gak tahu cet rumahnya warna apa. HAHAHA.

Walhasil kedua kali ke sini, aku dan kedelapan temanku kesasar agak jauh. HAHAHAHA. Lha soalnya kami mengandalkan alamatnya yg bernama Desa Tiripan. Yang ternyata setelah sampai desa Tiripan, penduduk desa yang aku tanyai malah gak tau sama sekali di mana letak nasi pecel yang dibungkus daun jati berada! HAHAHA.

Yowis aku hanya mengandalkan instingku saja deh, “Yuk cah, kita mbalik ke jalan yang tadi!”

Dan ternyata setelah melewati jalan yg awal, dengan hanya bertanya ke satu penduduk desa, mereka langsung tahu! Yes!

CARA MENUJU KE WARUNG NASI PECEL GODHONG JATI MBOK JIMUR

  • Dari RSUD Nganjuk di jalan Dr. Sutomo, lurus ke barat. Ketemu perempatan lampu merah (kalau ke kanan ke SMAN 1 Nganjuk), belok kiri ke selatan.
  • Ketemu lampu merah pertama lurus aja ke selatan.
  • Ketemu lampu merah lagi, belok kanan ke barat.
  • Lurus sampe perempatan lurus aja ke barat memasuki gapura cet putih.
  • Ada perempatan kecil (kiri gang kecil, kanan gang biasa) lurus aja.
  • Ada perempatan lagi, belok kanan ke utara.
  • Lurus sampe ketemu kuburan di kanan jalan. Nah udah sampai!
  • HAHAHAHA, gak ding! Setelah melewati kuburan dan kali ada gang kecil pavingan di kiri jalan. Beloklah.
  • Pelan-pelan aja sambil nengok ke kiri, akan ada rumah dengan pelataran lumayan luas (buat parkir mobil pun bisa). Nah warungnya masuk ke dalam pelataran itu. Pokoknya rumah ndeso yang temboknya kayak di foto di atas.

Ini dia rumahnya

Ini dia rumah Mbok Jimur yang klasik ndeso dan damai

Di depan rumah ada lincak kursi bambu yang besar bisa menampung banyak pembeli yang mau makan di luar. Dengan pohon mangga yang tentunya kalau siang-siang di sini cangkrukan sambil makan nasi pecel bakalan perpaduan yang sangat CIAMIK!

Sayangnya ke sini malam hari terus, jadi aku gak sempet motoin lincaknya soalnya gelap. Hahaha.

Sik sik, jaman sudah canggih. Di instagram sudah ada yg ngeshare gambar lincaknya ketika siang hari. Ini dia dari mbak Rosi Riana..

A photo posted by Rosi Riana Dewinta (@rosiriana) on

Dua kali ke sini malam hari terus, jadi kami belum merasakan makan di lincaknya ituh soalnya gelap. Yowis gak popo. Kapan-kapan ke sini siang-siang aja. Haha.

A photo posted by masndop (@dzofar) on

Kunjungan kedua bersama anak-anak instagram ngehits Nganjuk

—————————

Warung Nasi Pecel Godhong Jati Mbok Jimur
Desa Tiripan, Kecamatan Berbek, Nganjuk

Menu dan harga 2015:
– Nasi pecel: Rp. 5000,-
– Tempe: Rp. 500,- (atau 1000, lupa.)
– Teh Anget: Rp. 2500,- (atau 3 ribu, lupa.)
– Air putih dari kendi: Gratis! Lah yang gratis malah inget! Hahahha.
:lol:

Buka: 24 jam!

—————————

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



72 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. mbariki mbok jimur gawe akun twitter karo instagram hahaha… aselik pengen, palagi daun jatinya ituloh yang menarik. godong gedang wis biyasah nang kene.

    • Iyo, opomaneh kangge wong perkotaan sing jarang enek godong gedang ya, ndelok godong gedang ae mesti warunge ning restoran mahal. Opomaneh godong jati! Wah iso iso VIP tenan restorane hahaha.

      Wonge ra mudeng dolanan instagram Lid. Wonge urip dewean.

  2. agung #

    Wah mantap, postingan iki sing tak enteni… maklum maniak kuliner aku… xixixixi… suwun ndop

  3. aduh sego pecelnya bikin ngences pagi-pagi. itu pasti seger banget

    • Iya masih fresh. Ntar kalau kesasar ke Nganjuk, musti coba deh! Hahaha

  4. Wuah mantep mas, nggarai pengen :D

    Nanti kalau ke sana lagi, pakai kostum wiro sableng dan sepantarannya ben ngena banget klasiknya :D

    • Huahahha… lokasine digawe shooting film kolosal koyoke pas buanget!

  5. aroma dari daun jatinya itu lho yg merasuk menambah cita rasa yg mak lheeeb..

    itu kendi kok di gelasnya isi teh mas?

    • Hahahahha.. Kendinya langsung diglogok masuk tenggorokan. Alias gak pakai gelas minumnya hahah..

  6. Oh, masuk ‘pawon’ yak? Seperti retro, vintage, tapi memang retro hehehe…

    Salam kenal (lagi) :D

    • Iyo kang. Koyok ning jero pawon hahaha.. Salam kenal juga :hug:

  7. wah entuk inpoh teko endi iku mas ? padahal panggone iyo pelosok lho mas.
    koyone perlu nyobak dewe tapi jarak teko omah uuuaaadooh puuuoolll

    nyoba kulinere sampeyan ngetan mas sekali-kali, misal neng warung sego pecel kertosono anding omahku :lol:

    • Kadohan lah. Lha salahe wong Kertosono ki ga gelem ngakoni Nganjuk loh. Koyok berdiri sendiri. Kudune emang ada explorekertosono deh.. Hahahahah..

  8. agung #

    ndop, wong IT kudune nek gawe petunjuk lokasi ga perlu dowo2.. cukup koordinat Lintang & Bujur ae

    • Hiahaha.. Aku wong IT, tapi sing moco khan wong type sembarang kalir kang.. Dadi aku ngalah..

  9. Tempatnya jadul banget yaa, jadi inget ama simbah. Harganya murah banget ya. Dijogja nasi pecel 8000.

    • Wow di sini 8000 sudah dapat soto ayam. Wehehehe.

  10. puengen banget rene mas, asline. suasanane persis karo pawone mbah ku/ ruang dapure mbah ku. warung 24 jam. hebat ownere… :tepuk:

    • Yoi. Ndang budal nek wis ning nganjuk. Ngejak aku yo oleh haha

  11. Makanan langka nih! Trus aku jadi laper baca sego pecel Mbok Jimur malem jelang subuh begini. Sik sik alamate perlu dicatet biar pas ke Nganjuk mlipir sana… Sekian terima pecel >.<

    • Hahahah.. Sante buka 24 jam walaupun harus ndodok lawang disik hahaha

  12. anto #

    sebagai orang nganjuk di perantauan, saya rutin membaca info kuliner di tempatnya mas ndop…

    mudah2an nek mulih kampung, sempat minta traktir mas ndop kesini, wakakaka…

    (minta traktir lho ya, nukan nraktir)

    • Hahahaha gampaaang! Mandak murah ae kang. Ayok wis. pokoke dijemput yaaaa.. Soale adoh soko omahku haha

  13. Klasik sekali! Nek nang Nganjuk njajal ah. :D :sip:

  14. mas ndop, mari main ke desaku balonggebang, gondang (nganjuk utara)buat nyicipin pecel godong jati yang lain… hehe :))

    • Nah!! Tunjukin rutenya dong kaaaak.. :sip:

  15. hari gini masih ada nasi sayur harga 5 ribu ???

    #dijakartadapetopoikuyo??

    • Hahahaha.. Dapat es teh.

  16. Kudu di bookmark! Refrensi kuliner yang ajibbbbbbb… keren mas!

  17. Paling suka pecel, kalau dirumah suka beli jajan pecel dari pedagang keliling yang lewat depan rumah.

    • Jajan pecel? Wow. Ini bukan jajan. Pecel itu makanan.

  18. ini baru bilang warung makan ANTI MAINSTREAM!!! SUKAAAAKKK!! take me thereee… huhuhu kangeeen makan pecel, di Manado mah ada tapi gak seenak di sana. Sangat mupeng dengan penyajiannya di daun itu loh! dan kendinyaaa *pengen bawa pulang* laaahh *digetok mbok Jimur* mana murceee tra lala ya mas..

    • Hahahah.. Dan konon di Nganjuk sini ada beberapa yg jual nasi pecel daun jati juga. Ini baru satu. Ntar kalau nemu lagi, aku review di sini lagi kak! Mantab! Hahhahha..

  19. Jadi laper nih mas :lol: :lol: :lol: ndop

  20. Maem sega pecel ning godhong jati mesti rasane luweh sedep yo, jaman ngene sih ana sing nganggo godhong jati, keren .

    Mbayangno mangane muluk, wuii .. bakalan tanduk terus

    • Peh iyo kudune muluk ya. Pas kui dikeki sendok karo bakule yowis manut hhahahaha

  21. emang lain rasanya pake daun jati lebih wangi :mad:

  22. laen rasanya dengan nasi made magicom :takut:

  23. Top markotop..dua jempol untuk artikel, warung, harganya. Kok bisa murah banget itu, apalagi bukanya 24 jam. Mantap

    • Iya di sini rata2 nasi pecel harganya segitu mas. Hehhee

  24. Ncen ampuh tenan mbok Jimur. 24 jam dodolan sego pecel. Sing ngunu kuwi gur ono ng Nganjuk koyone. Opo meneh regane ora ono sing ngalahi, hahahaha. :D Blas ora ono sing ngewangi po Ndop?

    Nek segane isih kemepul trus dibungkus godhong jati koyone luwih mantep meneh kuwi rasane.

    • Iyo segone anget soale emang dilebokne mejik jer. Iyo dewean uripe. Wingi ditakoni koncoku Mbok Jimur urip dewean. Trus arepe takon lebih jauh kok ra penak hhaha. Suk awakmu sing takon ae.. What happen to her family? Haha

  25. bung destur #

    tampaknya delicia,

  26. hahahaha.. *ngguyu disek* biyuh ndop penasaran rasane sego pecel sing eksotis ki koyo opo? mester, kendi, lincak, kosakata yang sudah lama ndak krungu. Kendesoan selalu di hati.
    btw: Enak endi ndop kambek pecele Mbok Iroh?

    • Hahahhaaha ternyata duduk mester tapi lantaine lemah kang! Gak iso dibandingne kang. Bedo style. Hahahah

  27. benar2 klasik tapi sayangnya ada yg ngak klasik yaitu mejik jer…rrr…rrr.. hahahaha..

    baidewe seru banget, jadi lapar pengen coba, Di sini emang nasi pecelnya pake daung pisang malah ada pake daun plastik, piring plastik maksudnye, ..wkwkwwk..

    posting yg asek.. makacih…biar bukan pertamax gan

    • Hahahha.. Harusnya mejik jernya dari daun jati sekalian ya hahaa

      • btull.. hehehe.. daun jati anget.. dan ijo :-)

  28. cK #

    Huaaaa murah dan enak ya, Ndop. Di sini 5000 mungkin baru dapet sebotol akuwa aja. 8′))))

    Btw jari kamu lentik ya. *salah fokus*

    • Kaaaaak.. Itu tangannya Tria. Temenku hahahha.. Itu lo anaknya yg di foto paling bawah (instagram) pojok kiri.

      Kalau tanganku lumayan gedhe sih. Tapi gak sampe jempol semua kok :))))

  29. yang punya blog doyan kuline yo …. :ampun:

  30. Pasti lezat dan nikmat. Ditengah serbuan makanan asing atau inovasi, makanan tradisional mempunyai tempat di perut yang tak tergantikan. Selera nostalgia. Terima kasih anda telah membagikan artikel ini, salam sukses.

  31. Dari namanya aneh banget, jadi pengen nyoba hheee…

  32. Bukan pecel atau harganya, tapi yang ngegenin itu bungkus daun jatinya itu hlo. Betapa nikmat makan nasi pecel yang masih hangat dibalut bungkusan daun jati. Rasa khas pedesaan. Sekarang sudah sulit banget ditemui, bahkan di tempat aku di wonogiri. Pokoke manteb sharinge masbro. :tepuk:

  33. kelihatannya sedap :takut:

  34. wah jadi kelingan kampung :doh:

  35. Jebule wes sesasi sak dina durung ngeblog

    Piye kabare? sehat sehat wae tho?

    • Iyo e. Biyuh aku bar makaryo kuwesel mbak. Wis ra nyandak komputer maneh. Hahahah. Soale makaryoku yo menthelengi komputer hahaha..

  36. Inget waktu kecil di kampung, saat ikut orang tua mencangkul. Makannya bukan pakai piring tapi pakai daun jati yang kebetulan ada di dekat sawah.

    • Waaaah sangat nikmat ya. Sesuatu yg berupa alami itu selalu berkesan.

  37. Kalo di Purwokerto sini, ada yang pake daun jati, tapi isinya nasi rames, bukan pecel. kalo pecel begini kayaknya lebih nikmat yaa :D

    • Iya. Sama nikmatnya kayak nasi rames mungkin yaaaa.

  38. Wah enak ini gan

  39. wah masakanya enak ya!jadi pengen nyoba nich

  40. Biar ndeso yang penting makan nikmat. Murmer lagi ….

  41. Uut #

    Mbok jimur sekampung sama aku pemirsa…


1 Blogs yg membahas ini juga!

  1. Piknik ke Pacitan: Pantai Klayar | Sang Vectoria Jenaka

Komen dong!