Wisata Nganjuk: Grojogan Duwur Sumbermiri Lengkong

Sejak punya teman-teman baru asli Nganjuk di instagram, juga follow @explorenganjuk, aku jadi tahu tempat wisata Nganjuk selain Sedudo dan Rorokuning.

Asli! Instagram bikin aku gak mati gaya habis ngerjain orderan trus bingung cari temen buat sekedar ditraktir makan bareng. Temen sekolah? Yang tersisa cuma satu atau dua, dan susah diajak gaul! Hahaha.

Sabtu 23 Mei 2015

Bersama Abi, Yoli, dan Fitya, berangkatlah kami berempat menuju wisata nganjuk bernama Grojokan Duwur Sumbermiri Lengkong. Sumbermiri itu nama desa, Lengkong itu nama kecamatan. Nganjuk itu nama kabupaten. (dijelasin!)

Grojogan Duwur Sumber Miri

Grojogan Duwur Sumbermiri
Ini beneran Nganjuk?

Iya bener banget bero! Sangar to Nganjuk itu!

Kami berangkat jam setengah sembilan pagi menuju Kecamatan Lengkong Nganjuk. Nggak melewati jalan bis. Biar agak sepi. Tapi ya itu, jalanan utama Kecamatan Lengkong itu rusak gronjal-gronjal.

Cara menuju ke Grojogan Duwur Sumbermiri

Setelah melewati Pom Bensin Lengkong, silakan belok kiri (ke utara).

Pom Bensin Lengkong

Dari Nganjuk, setelah Pom Bensin Lengkong belok kiri yaaa

Setelah belok kiri, lalu ada perempatan, belok kiri lagi (ke barat). Udah lurus ajaaaa…

Sekarang kita sudah melewati jalanan pedesaan yang belum diaspal. Kemarin pas kami ke sana, kami menemui banyak pekerja di jalan. Eh, ternyata sebagian jalannya mulai diaspal! Wuih keren! Semoga lekas selesai biar ke sananya makin mudah dan ramah di kendaraan.

Trus karena jalanan yg mau diaspal gak boleh dilewati, yowis kami lewat jalan lain yang gronjal-gronjal dan berdebu.

Nanti ketemu pasar namanya Pasar Sawahan (Kec. Lengkong). Lurus aja terus. Sampe ketemu pertigaan, belok kanan (ke utara). Luruuuus.. sampe ketemu pertigaan ada plang tulisan “Ds Bangle“, belok kiri (ke barat). Luruuus.. sampe pertigaan pertama belok kiri lagi. Udah itu ikuti jalan aja…

Kalau mbulet, bisa mengandalkan GPS alias Gunakan Penduduk Sekitar, alias nanya-nanya. Heheheh

Perjalanan dari Nganjuk kota menuju ke sini memerlukan waktu satu jam setengah. Ini dia penampakan jalan menuju Grojogan Duwur:

Jalanan Menuju Grojogan Duwur

Jalannya belum di aspal.

Plang Grojogan Duwur

Plang Grojogan Duwur.
Ds. Sumbermiri, Kec. Lengkong. Kab. Nganjuk.
Wahana Bermain Air Alami di Kawasan Hutan

Hutan Jati

Melewati hutan jati yang teduh

Di ujung jalan, ada mas-mas jaga di pos kamling. Di situ ada parkiran.

Parkiran Grojogan Duwur Sumbermiri

Parkiran Wisata Grojogan Duwur

Kamar Mandi

Kamar Mandinya gak berfungsi.
Tapi bisa sih dibuat ruang salin baju

Plang Sumbermiri

Eh ada sisir! Hahahaha

Lalu perjalanan trekking (menyusuri hutan) dimulai. Sebentar doang kok trekkingnya. Paling cuma beberapa ratus meter. Gak jauh. Cuman harus ekstra hati-hati karena jalannya turun banget.

JANGAN LUPA BAWA BEKAL MAKANAN YA. Soalnya di area wisata gak ada yg jual makanan. Kalau minuman Aqua sih ada yang jual.

jalan setapak

Melewati jalan setapak.
Foto ini dijepret pas perjalanan pulang.

Jalanan setapak

Serunya berwisata itu yg kayak gini.
Bergabung dengan alam.

Jalan kaki menuruni tangga yang lumayan curam. Lumayan bikin ngos-ngosan. Kira-kira butuh 10 menit – 15 menit untuk sampai di lokasi. Ngos-ngosan terbayar sudah ketika melihat pemandangan yang mengagumkan kayak di bawah ini..

Grojogan Duwur Sumbermiri

Ini Nganjuk? Aku kok gak percaya!

Iya beroooo.. Itu Grojogan Duwur Sumbermiri yang sekarang lagi ngehits ituuuuh! Eh, masih ada foto lainnya buanyaaaak..

Grojogan Duwur Sumbermiri

Bebatuan kapur yang coklat muda susu,
lalu dipadu dengan pemandangan hijau pepohonan rimbun,
lalu diselimuti birunya langit,
SUBHAANALLOOH indahnya!!!

Aku lagi males ngedit foto nih. Jadi 2 foto yang kalian lihat di atas dan foto-foto selanjutnya gak aku edit sama sekali. Murni dari jepretan Ani Kondriatun (nama Nikon D3200 ku). Paling cuma edit level doang. Hahaha.

Pohon rindang nan eksotis

Pohon di atas bukin yang eksotis

Kami berempat langsung menuju ke arah kiri. Karena Grojogan Duwur yang kanan terlalu curam untuk dilewati. Jalan kaki melewati aliran air di atas bebatuan kapur yang berwarna krem.

Permukaan bebatuan di sini gak rata. Jadi pastikan kamu melewati bebatuan yang kering sama sekali, atau yang dialiri air sekalian, biar gak licin. Kalau airnya cuma menggenang, berati awas! Itu licin.

ebatuan kapur yang berwarna krem

Bebatuan kapur berwarna krem yang unik!

Kecamatan Lengkong itu dekat lah ya dengan Kecamatan Jatikalen. Jenis pegunungannya sama. Masih ingat postinganku yang Air Terjun Ngebleng kemarin? Di sana juga bebatuannya kapur berwarna krem.

Cuman, perjalanan ke Sumbermiri ini gak sesengsara ke Ngebleng. Jadi lebih rekomended ke sini lah daripada Ngebleng.

Model Sumbermiri haha

Foto ini dicerahin dikit pas orangnya doang.
Pemandangannya gak diedit.

Gimana, keren khan dijadikan foto-foto?

Foto bareng

Dari kiri ke kanan:
Ndop, Fitya, Yoli, Abi

Di Grojogan Duwur Sumbermiri ini banyak sekali cekungan-cekungan alami yang bisa dijadikan kolam renang alami. Kira-kira ada 5 lebih. Dan rata-rata dalam banget! Aku aja yang 176cm kelelep kakak! Kakiku gak bisa menyentuh dasarnya. Jadi menurut perkiraanku, dalamnya rata-rata 2 meteran.

Grojogan Duwur Sumbermiri

Di foto ini ada 2 kolam alami yang gak kelihatan
soalnya difoto dengan angle bawah

Yoli main air

Ati-ati yol. Nanti kecemplung loh! Hahaha

Aku tak naik ke atas dulu ya, mau memotret kolam-kolam alaminya dari atas..

Cekungan alami

Air menggenang berwarna hijau itu
dalamnya rata-rata 2 meter!

Lumayan banyak pengunjung ke sini saat itu. Soalnya hari pas Sabtu. Tapi masih bisa foto-foto kok. Yang bisa renang, di sini itu surganya mereka deh. Aku yang gak bisa renang aja seneng banget! Walaupun cuma bisa nyemplung dan udah. Diam. Gak berati nengah. Takut kelelep trus matik! Hahahaha..

Tapi sebelum aku nyemplung, aku puas-puasin foto dulu deh. Soalnya kalau badan dan baju udah basah kuyub, di foto nanti gak kyuud lagi dong! Hahahaha..

Ndop Sumbermiri

Sumbermiri’s Next Top Model!

Yoli Fitya Aby

Mereka adalah teman Ngehits!

Ngajak temen buat piknik bareng itu susah susah gampang. Kalau cuma diajak piknik doang sih banyak yg mau ya. Tapi apakah dia bisa motoin? Apakah dia suka difoto? Gak asyik dong kalau rekan piknik kita orangnya datar banget. Lempeng. Gak suka difoto. Diem mulu. Dan paling ngeselin kalau ngeluh melulu. Acara piknik yang harusnya menyenangkan, berubah total jadi KZL!! Hahahaha.

Untungnya mereka bertiga ini ngehits banget. Semua bisa mengoperasikan kamera (diajari mendadak pun langsung bisa!). Dan suka difoto. Jadi bisa jadi fotografer, sekaligus bisa jadi model. Hahahaha.

Model Sumbermiri

Foto-foto di sini itu keren! Backgroundnya! Hahaha

Kayaknya kurang asyik kalau cuma bawa kamera hape ya. Soalnya dengan background yang macem-macem tekstur dan warnanya, bisa hijau, krem, biru, kayaknya musti bawa kamera DLR. Biar bisa dolanan bokeh. Hahaha.

Model dan fotografernya

Model dan fotografernya

Yowislah, aku tak nyemplung dulu yaaa.. *Buka celana*

nyemplung

Nyemplung lagi

Aku nyemplung di kedalaman 2 meteran
Cuman makin ke tengah, dalamnya seleher.

Sementara aku main-main air, ketiga temenku asyik foto-foto. Mereka bertiga sudah pernah ke sini soalnya. Ini kedua kalinya mereka ke sini. Walhasil gak ikutan nyemplung sama aku.

Model Sumbermiri

KEREN!

Hmm.. nyobain kolam alami satunya ah..

nyempung kolam satunya..

Dalamnya kurang lebih sama dengan yang pertama tadi.
Gak rata juga, ada yg dalam banget! Hahaha.

Naik lagi ah. Nyemplung ke kolam satunya. Siapa tau dengan nyobain tiga kolam berbeda, bisa dapat piring cyantik. Hahaha.

Nyamplung lagi

BUSEEET! Di atas sini dalam banget!
Kakiku melayang-layang doang gak menyentuh dasar sama sekali.
Hahaha.

Walhasil aku merangkak ke atas, rebahan aja. Lalu minta difotoin. Hahhaa.

Rebahan

Model apaan ini gak bisa renang?
Go home!

Duduk aja

PULANG PULAAAANG!!!

Jadi Grojogan Duwur Sumbermiri ini kayak ada level-levelnya gitu. Level paling bawah adalah foto ini

Level bawah

Level bawah yang suasanya agak seram.

Lalu level tengah itu ya foto-fotoku di atas yang buanyak itu.

Lalu level paling atas pemandangannya kayak gini..

pemandangan paling atas

Pemadangan bebatuan level atas.
Biasa aja sih. Makanya sepi.

Udah ah, kalian ke sini aja sendiri. Banyak foto yang gak aku upload di sini, biar kalian penasaran aja. Hahaha. Yang jelas di sini tempat yang asyik buat piknik. Melepas penat kerjaan seminggu. Refresh otak yang ruwet. Mengobati jiwa-jiwa yang galau.

Asal ke sini jangan sendirian aja ya. Ajak temen rame-rame. Lalu seperti biasa, karena ini wisata alam, jadi jaga sikap! Jangan urakan. Yang sopan. Supaya alam juga ramah dan welcome pada kita. Sampah jangan dibuang sembarangan. Bawa aja sampe ke atas sampai nemu tempat sampah.

Udah gitu aja sih, selamat piknik ke Grojogan Duwur Sumbermiri Lengkong Nganjuk! Tiketnya GRATIS! Cuma bayar parkir doang! Kurang apa lagi?

:ayoh:

88 Comments

Komen dong!