08 Mar 2015

7 Dampak Merasa Tua

Banyak beredar meme-meme nostalgia yang kalau kita mengingatnya, otomatis kita dibilang tua. Dan setelah baca meme itu, aku nyesel banget. Karena aku jadi merasa tua. Terpengaruh sama “sihir” sialan itu. Padahal umurku khan baru 16 tahun lebih dikit. *Gak boleh protes, hukumnya haram*

Walaupun kadang ada meme yang gagal total sih. Contohnya, ada yg aplod gambar permen jahe dibungkus kertas yg sering dijual di bis. Trus dia kasih kepsyen, “Yang ingat sama permen ini, berati kamu sudah tua! Hahaha”. Lalu iseng aku tahya ke tetanggaku yg masih SD, eh, mereka tahu banget permen itu. Anak SD dibilang tua? Gagal total deh meme itu.

Sebenarnya berapa sih umur kita trus kita dibilang tua? 20 tahun? 30? 40? Atau lebih?

Menurut saya, umur seseorang itu apakah sudah tua apa belum, bisa ditentukan kalau dia sudah meninggal. Rata-rata orang yg kita anggap tua, meninggal di umur berapa? 50 ke atas mungkin ya. Walaupun banyak juga orang di umur 50 tahun masih kelihatan fresh. Giat bekerja gak malas-malasan. Masih kuat mencangkul di sawah. Masih kuat membawa kayu yg berat.

Nah, dengan seenak udelnya sendiri, meme itu bilang, umur 20 ke atas dibilang tua. Soalnya rata-rata gambar yg dishare itu foto tahun 90an khan? Entah 90 awal atau akhir.

Padahal menurut saya, tahun 90an itu belum lama-lama banget. Kalau aku dengerin lagu tahun 90an, masih berasa dengerin lagu kemarin. Musiknya masih belum out to date. Belum kadaluarsa. Justru malah lebih bagus melodinya, aransemennya, dibanding rata-rata lagu jaman sekarang yg banyak mengandalkan efek software, suara robot, musik dugem, membosankan dan murahan.

Teman SMAku, meninggal karena sesak nafas setelah melahirkan. Semua pada nggak menyangka secepat itu. Semuda itu. Dan nggak ada satu orang pun yang mengatakan dia meninggal di usia tua. Semua bilang pasti dia meninggal di usia muda. Padahal menurut meme-meme gagal itu, bukannya umur 30an itu sudah tua?

Nah, meme yg ngatain tua itu sedikit demi sedikit mempengaruhi orang yang membacanya, yang tersindir karena sudah tua. Membuatnya sadar kalau dia gak muda lagi, gak seenerjik dulu lagi, gak sepintar dulu lagi, gak sesehat dulu lagi.

Karena “Kamu adalah apa yang kamu fikirkan”, meme itu secara gak langsung membunuh semangat hidup banget.

Nih, saya bikinkan list aja deh. Ngikutin blogger-blogger kondang biar judulnya menggoda untuk dibaca. Hahaha.

7 DAMPAK MERASA TUA BAGI KEHIDUPAN

  1. Malas. Yes! Karena merasa tua, kita jadi males ngerjain apa-apa. Khan sudah tua? Mana kuat ngapa-ngapain? Males ah. Biar yg muda aja yg ngerjain!
  2. Sakit-sakitan. Yes! Karena merasa tua, kita jadi merasa gak kuat aja kalau mau olah raga. Padahal praktek aja belum. Contoh nyata ini, temen-temen sebayaku, kalau aku pamerin prestasi sepedahanku yg pernah mencapai 70 km, mereka sudah nyerah aja. Menganggap aku hebat.

    Padahal loh, kalau mereka mencoba sendiri, bisa bisa! Asal niat dan have fun with it! Karena jarang olah raga karena gak mau mencoba, akhirnya jadi langganan ke rumah sakit deh. Halah khan gratis, mumpung ada asuransi kesehatan. Rugi kalau gak dimanfaatkan. Gitu kali ya. Haha.

  3. Merasa paling benar sendiri. Ah ini parah. Karena merasa tua, otomatis merasa sudah lebih berpengalaman. Walhasil gak menghargai pendapat dari yang lebih muda. Walhasil lagi, gak membuka hati dan pikiran terhadap pengetahuan baru. Akibatnya makin bodoh. Ih, kebodohan itu menyeramkan!
  4. Suka nyuruh-nyuruh. Aku ini tukang suruh ponakan. Ambilin itu dong, matiin lampunya dong, sesimpel itu. Yang seharusnya aku pun bisa banget melakukan sendiri. Ketika nyuruh-nyuruh gitu, aku merasa tua banget dan lemah. Gak keren pokoknya!
  5. Merasa bodoh. Ini kebalikannya nomer 3 di atas. Buat yg merasa tua tapi minder, dia cenderung merasa bodoh. Bagus sih sebenarnya, kalau perasaan merasa bodoh itu dialokasikan dengan banyak baca, banyak belajar. Tapi kalau dialokasikan menyerah sebelum belajar karena yakin otaknya gak mampu menerima, nah itu yang menyeramkan. Kebodohan itu hal yang menyeramkan!

    Eh, kalau disimpulkan, merasa pinter sendiri dan merasa bodoh itu hasilnya sama ya, yaitu kebodohan!

  6. Gak berkarya. Biarkan yang muda saja yang berkarya. Yang tua mah, leyeh-leyeh aja pengangguran.
  7. Gak mengikuti zaman. Ini akibat merasa bodoh tadi. Jadi merasa gak sanggup mengikuti zaman yg serba canggih ini. Khan merasa bodoh.

Karena ini cuma “merasa tua”, bukan tua beneran (karena rata-rata masih umur 20-40an, dan umur segitu kalau sudah meninggal, masih tergolong muda), jadi 7 hal di atas seharusnya gak terjadi. Fisik kita sebenarnya masih kuat. Pikiran kita lah yang membuatnya lemah.

Apa nggak malu sama foto di bawah ini?

Tua masih kuat

Beuh, mbak cantik ini bikin kita iri yaaa…

Trus aku pernah tuh sok-sokan bikin quote:

Tua itu berkarya dan kreatif

Muda itu berkarya. Tua itu malas-malasan.

Eh, ada yang mau menambahkan dampak merasa tua bagi kehidupan? Kalau oke, aku taruh peij wan gan! Ane kasih bonus cendol (baca: beklink) deh!

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



53 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. kalo menurut ane tua tu umur 50th keatas :rock:

  2. Dampak e pengen endang rabi juga kakak hahaha #peace

    • Untunge aku urung merasa tua wek

  3. Tua muda itu pemisahan yang ga jelas. Kalau umur jadi batasnya ya umur berapa, sesuai selera kan. Menurutku tua muda ga penting, lagian di sosial media ga terlalu keliatan. :ssst:

    • HAHAHHAAH.. Aku setuju banget. Soal umur itu gak bisa jadi patokan juga. Yg penting semangat hidup yg tinggi!!

  4. Yang muda yang berkarya. Kata suamiku, muda adalah masa ditengah-tengah antara yang lemah. Biar gak dibilang tua, berarti terus berkarya ya

    • Betuuuul. Kalaupun ada yg bilang tua, cuekin aja deh, tunjukin karya kita ke mereka. Biar pada diam. Hahaha..

  5. saya merasa tua karena sering pikun kakak…

    • Anggap aja kamu terlalu banyak mikir, jadi mudah lupa. Jangan merasa tua yaaa.. You are what you think.

  6. Meme sebegitu nya bisa memengaruhi pola pikir seseorang ya mas

    Mantap 7 Tips nya mas. :sip:

    • Sip sip. Postinganku akhir2 iki berbau list ongko. Ben lebih menarik diwoco hahaha.

  7. bisa dibilang tua itu mungkin kalo udah punya cucu kali ya.

    yang jelas udah beruban dan fisiknya mulai melemah hehehe

    • Betul sekali… Wis rodok mambu lemah #eh

  8. menjadi tua? kalo dari usia sih sekitar 55 taun lah..

    #usia PNS pensiun

    banyakin :doa: aja dah kalo udah tua

    • Betul sekaliii… Justru Pak Dhe Cholic itu setelah pensiun malah rajin berkarya. Jadi Pak Dhe Cholik itu saya menganggapnya lebih muda dibanding aku.

  9. tua yang penting jiwa muda :dance:

    • Betul sekali. jiwa muda itu harus ya. Masalah umur bertambah itu sudah kodrat.

  10. aku udah 30 something masih sering di bilang 25.. lebih baik memudakan diri aja lah. bikin semangat :)))

    • Setuju. Aku juga sering dikira baru lulus sma. Haha. Itu rajin olahraga bikin awet muda looksnya.

  11. Tak ada kata tua selama masih mau bekerja keras dan berkarya.. Hehehe…

    Tulisannya mas Ndop nggigit bingittt.. :D

    • Yes!!! Ati ati kecakot hahaha

  12. Katanya, usia 40 tahun itu klo naiknya mersedes, ia masih kategori muda sekali…
    Tapi, usia 40 tahun masih naek motoran, ia sudah lumayan tua kak ndop :D

    • Hahahaha… Nice!!! But, I totally disagree with that opinion. It’s totally unfair.

  13. merasa tua ki ibarat racun yang memateni syaraf kreatif buat berkarya dan sumber kemalesan.

    • Yes! Aku setuju banget!

  14. menurut saya sih tua muda itu relatif. banyak orangtua > 55 yg masih sehat, semangat kerja dan berkarya. tapi justru bapak temen saya yg masih 40an udah kena komplikasi.

    menjadi tua itu pilihan, menjadi dewasa itu.. jalanin dulu aja ya :D

    • Yup betul setuju! Menjadi dewasa itu prosesnya sampai mati sih sebenarnya. Soalnya sifat kekanak kanakan itu akan selalu muncul di setiap umur seseorang. Gitu kali ya

  15. vigo #

    it’ ok to grow up , just as long as u don’t grow old… mentalitas orang kebanyakan emang gitu bro , makanya gw was2 banget ketika berhubungan sama hal2 yg dibilang jadul.. bleh2 aja sama2 tumbuh n enjoy di 90an, tapi soal menyikapinya jelas beda ,

    • Betul sekali. Makasih komennya yaaa

  16. Biarpun usia diatas 30tahun tapi tema blog yang diusung masih bertema ABG kayaknya masih ‘layak’ disebut muda ya Mas..

    • Iya banget. Umur itu otomatis bertambah. Kalau jiwa, bisa memilih. Mau berjiwa muda atau dewasa. Bahkan yg masih alay di umur 30 juga ada hahahaha

  17. Aku setuju bahwa tua muda itu relatif, tergantung dari sudut pandangnya. Ada yg msh umur 30an udah males2an kerja, ada yg udah berumur 50an malah semangat bgt kerja, pagi2 sebelum Shubuh udah pergi ke pasar buat kulakan. Buatku sih, kalo ada hubungannya dg umur, semakin umur bertambah ya sebisa mungkin menjadi orang yg lbh baik. Khan gak tau umur kita mau sampai berapa? #Wess bijak sekali ya kang… #Iya donk, aku khan skrg pny gelar baru; ayah 3 anak, so pasti hrs lbh bijak hahaa…

    • Huahahaha.. Menjadi bijaksana pun koyoke yo pilihan, enek wong sing wis berumur, menduduki jabatan penting di negeri ini, tapi tukaran koyok bocah TK. Lha kui ndik de pe er. Hahahaha.

  18. Dampak merasa tua menurutku lebih ke nomer 5, tapi disini bukan merasa bodoh dan lebih ke “merasa sudah terlambat”

    Misalnya pas ngajakin temen buat belajar (les) bahasa inggris tapi si temen malah gak mau dengan alasan “duh udah ketuaan je, gak ada waktu”. Padahal toh ya itu gak makan waktu lama kan?

    Contoh lain kalo misal kita mau ajak temen untuk mulai berwirausaha, tapi dia malah gamau dengan alasan “ad udah telat, udah tua”. Padahal kalo mau dicoba kan gak rugi juga kan?

    • Ah betul sekaliiii!!!! Setuju banget!! Merasa sudah terlambat itu bikin gak mau mencoba hal2 yg baru ya.

  19. jadiiiiii mari kita merasa muda aja yaaa
    *buang KTP ke kawah sikidang*

    • Waaaaah belum tiduuuur nih? Atau kebangun? Huahahah.. Iya dong. Kita gak perlu merasa mudaaaa.. Karena emang masih mudaaaaa…

  20. adi #

    Tua itu Titik Usia Akhir dimana manusia kembali menjadi anak2… Iya ga sih…

    • Setuju banget!!! Semakin lama kita semakin kekanak kanakan.

  21. Tua itu, kalau wis gak bisa apa- apa :D

  22. Yg pasti emang musik tahun 90an lebih asyik ketimbang lagu kekinian yg dubstep-dubstepan.

    • Betul bingits. Musik jaman sekarang cocoknya didengerin sama robot. Bukan manusia haha

  23. Dampak merasa tua? Apa ya? Aku gak tau sih soalnya aku ngerasa muda terus :siul:

    Makan coklat yang banyak biar ngerasa muda terus :sip:

  24. Kalo aku awet muda kak …..

    • Setujuuuuu!! Kak cumi khan gak kurang piknik jadi senantiasa bahagia secara paripurna

  25. merasa paling benar sendiri dan tak mau mengalah mas.hahaha

  26. walaupun tua jiwa tetap muda bung



Komen dong!