Kindle Fire (1st Gen) ku Berubah menjadi Android Jelly Bean!

Kok bisa?

Bisa dong! Guweh gitoh! Haha..

Jadi dulu itu pas menang Platinum Blog Award Internet Sehat, yang penghargaannya sudah saya templekkan di sidebar kanan (di halaman home), aku sempet girang banget karena dapat hadiah tablet android bernama Kindle Fire.

Walaupun saat itu aku sudah punya iPad, tapi namanya dapat hadiah gratisan tentu saja seneng bingit dong ya.

Lalu seminggu kemudian, tablet dari Amazon itu ngangkrak tergeletak gak ada gunanya di dalam lemari.

Kenapa ngangkrak?

Selain sudah punya iPad, aku juga males nginstol apk secara manual. Belum lagi aplikasi android itu buanyak banget duplikatnya. Belum lagi kalau udah download game ratusan mega, lha kok gak bisa dimainkan di Kindle Fire karena gak kompatibel sama OSnya.

Loh, khan tinggal buka play store, download, beres?

Itu kalau tablet android biasa kayak samsung-samsungan itu. Lha, Kindle Fire ini khan beda, karena play storenya itu bikinan Amazon juga. Dan parahnya, kita WAJIB punya akun US (Amrik sana loh) plus punya kartu keredit.

Walah makin males banget!!

Loh, kenapa harus kartu kredit? Kenapa gak cari aplikasi atau game yang gretongan aja?

Harusnya emang bisa. Tapi aku udah bikin akun Indonesia dan gak masukin data kartu kredit, buktinya pas mau download aplikasi gratisan, misalnya game gretongan Candy Crush, eh, lha kok ditolak. Harus mengisi data payment method kartu “kere”-dit.

Kampret tenan kok!!! :doh:

Dan detik-detik terakhir, ketika tablet Kindle Fire itu hampir saja mau aku jual di toko mbeladus, lha kok tiba-tiba kersane ngalah aku apdit status di facebook, kecewa sama tablet seharga 2 jutaan ini. Udah mahal, gak bisa diapa-apain.

Lalu ada yang komen, mas Aryan, dia ngasih link yutub buat ngeroot Kindle Fire ku dan apgrid ke Kit Kat.

Aku BLAS GAK MUDENG!!! Hahaha..

Dengan terpaksa dan sambil ngantuk, pagi itu, di kala harusnya aku berangkat tidur, aku puter itu video yutub yg sudah aku download malamnya. Lalu aku ikuti langkah-langkahnya..

Video cara ngeroot Kindle Fire 1st Generation
dan install android 4.2.2 Jelly Bean

Lalu error! :P

Entah mengapa, error pun aku biasa aja. Nggak kesel. Mungkin sudah nggak minat lagi.

Lalu detik-detik mau putus asa, diriku lha kok nemu link yutub yang cocok sama versi Kindle Fireku, yaitu 1st Generation dengan versi 6.3.3.

Video cara ngeroot Kindle Fire 1st Generation 6.3.3

Ketika aku runut langkah-langkahnya, LHA KOK BERHASIL SODARA-SODARA!!!

Selama sepuluh menit, aku merasa melayang dan merasa sebagai ahli ngoprek android paling hebat se-Gang Arjuno! Hahaha..

Setelah di root (alias dijebol, diobrak-abrik, disetubuhi sistemnya), Kindle Fireku “tampak” seperti Android biasa. Ada Google Play Storenya. Horeee!!

Tapi karena ini belum diapgrid, maka hanya sedikit aplikasi yang tersedia di pleistor. Aplikasi yang kecil-kecil. Soalnya pas aku cek OSnya, masih Android 2.3.3. Halah, sekelas Gingerbread dong ya?

Waduh, percuma dong. Targetku adalah bisa nginstol game Boom Beach sama Hay Day nih!

Atas berkat bantuan dari Yang Maha Kuasa, aku kok tiba-tiba ingat di video pertama yang gagal aku ikuti itu, di situ ada caranya bagaimana cara ngeflash FireFireFire atau TWRP (Team Win Recovery Project, yang entah ini makanan apa). Intinya sih androidnya bisa di install OS lebih tinggi gitu.

Karena gagal, maka aku brosing ke channel yutub yang lain. Aku ubek-ubek aja channel yutub mas Tom Toates (yang bikin tutorial cara ngeroot Kindle Fire 6.3.3 ku di atas), ternyata mas Tom Toates Bikin tutorial cara ngeflash juga!

Video cara ngeflash FFF Bootloader Kindle Fire

Huwaaaaa.. Langsung praktek dan berhasil! Huahahaha..

Kalau sudah ke langkah TWRP itu, aku sudah bisa nerusin lagi. Soalnya di video pertama sudah dijelaskan dengan mudah. Kayak instal software gitu, tinggal nekst nekst doang. Haha.

Dan akhirnya berhasil dong. Tentu saja dengan komat-kamit berdoa yang kuwenceng dan tulus. Soalnya ngoprek-ngoprek daleman android itu kalau salah langkah ya bisa fatal. Hahaha. Untunglah aku masih beruntung.

CyanogenMod di Kindle Fire

Install CyanogenMod berhasil.
Kindle Fire ku naik level menjadi Jelly Bean!

Android Jelly Bean 4.2.2

Sudah Upgrade ke Jelly Bean 4.2.2
Otomatis bisa install game Boom Beach?

Boom Beach di Kindle Fire

FINALLY!!! Boom Beach di Kindle Fire (1st Gen)!!!

Dan akhirnya, tablet Kindle Fire First Generationku nggak nganggur lagi sekarang. Ponakanku, Farhan, yang tablet cinanya baru saja jatuh dan pecah, gak perlu beli tablet lagi. Bisa pakek sepuasnya Kindle Fireku.

OS nya sudah Android Jelly Bean (maksimal, kalau dipaksa apgrid ke Kit Kat, gak akan stabil), cukup lah buat ponakanku ngegeim-ngegeim asyik biar gak ketinggalan gaul sama gengnya yg sudah pada megang tablet semua.

Farhan sedang main game Boom Beach di Kindle Fire

Farhan bersama Kindle Fireku
sedang bermain game Boom Beach

The End..

32 Comments

Komen yuk kak!