17 Jun 2014

Karya Vectorku Jokowi

Kira-kira setahun yang lalu (22 Agustus 2013), sebelum Jokowi jadi calon presiden (nyepres capres), mas Aluizius dari Semarang mesen vector Jokowi ke saya. Dia mau sablon vectorku ke dalam kaos. Saat itu ada isu kalau Jokowi akan dicalonkan menjadi capres. Makanya Mas Aluizius ini kok yakin kalau Jokowi ini akan dicalonkan sebagai presiden.

Lha kok ternyata beneran! HUAHAHAHA..

Jangan-jangan mas Aluizius ini seorang dukun?

Karena kebetulan kok bagus hasilnya, maka aku aplod di deviantart sebagai tambahan portfolio. Supaya kedetek google juga sih. Kalau diaplod di facebook, gambar kita gak bisa kedetek google.

Jadi buat seniman vector atau senirupa, kalau mau karyanya mendunia, aplodlah karyamu di deviantart. Indeks googlenya bagus!

Ini loh vector Jokowi karyaku itu..

Jokowi Karya dzofar.com

Karyaku setahun yang lalu.
Jokowi dengan style vector OBAMA

Barusan aku coba gugling images dengan kata kunci “JOKOWI”, ternyata masih kedetek google di halaman pertama. Wuih, padahal ada banyak karya teman-temanku di facebook yg nggambar Jokowi, tapi mereka gak paham SEO sih, mereka gak paham kalau gambar di facebook itu nggak kedetek google.

Mereka juga nggak paham caranya ngasih judul. Mungkin ada yg udah aplod di deviantart juga, tapi judulnya “Calon Presiden”, ya tentu saja kata kuncinya kurang masuk..

Beberapa bulan kemudian, mas Yoyok nghubungi saya, bertanya apakah aku ada stock vector Jokowi. Aku ada dong. Cuman khan ini punya klienku? Boleh gak ya aku jual lagi? Akhirnya, aku pun bikin versi lain, yaitu line art vector dua warna.

Jokowi Line Art

Jokowi Line Art Vector

Sebenarnya mengubah obama style menjadi line art style itu cuma menghapus beberapa objek lalu mengubah warnanya. Paling cuma 10 menit selesai. Saya kirim ke mas Yoyok. Lalu besoknya atau kapan gitu, timnya mas Yoyok mesen lagi, vectornya Jusuf Kalla.

Wah ini jangan-jangan untuk kampanye?

Ternyata iya!

Huahahaha… Dengan semangat aku mengerjakan vectornya Jusuf Kalla (JK). Aku dikasih foto JK yg pakai kopyah. Jadilah karya ini..

Jusuf Kalla by dzofar.com

Jusuf Kalla in Line Art Vector

Lalu aku tenggelam dalam kesibukan sehari-sehari sebagai tukang vector..

Suatu saat kangen buka facebook, ternyata mas Yoyok ngeshare link di wallku, tentang kampanye kreatif. Di situ ternyata ada karyaku yg dipesan sama dia. Huwow!

Kampanye Kreatif

Baju Jokowi udah diganti kotak-kotak,
Jusuf Kalla kopyahnya diganti rambut.
Baju koko JK juga udah diganti hem biasa.
Yang penting mukanya aku yg bikin. Haha

Wuih, aku langsung merinding. Ini bakalan booming loh! Eh, ada videonya juga loh tentang kampanye kreatif ituh. Kalau mau nonton, klik di sini.

Dan ternyata vectorku (yg kolaborasi dengan tim Butawarna kepunyaan mas Yoyok) dipajang buat backdrop panggungnya. Wuih, aku cuma bisa bangga. Apalagi mas Yoyok itu kakak kelasku SMA dulu, jadi kita sama-sama wong Nganjuk..

kampanye kreatif Jokowi

Di videonya juga hadir pak Jokowi loh..
Duh senengnya vectorku dilihat banyak orang di acara itu..

Beberapa hari kemudian, kebungahan ini makin bertambah, ketika ada lagi yg tagged link video yutub ke aku. Katanya di video itu ada karyaku yg dicetak di kardusnya.

WOT? VIDEO LAGI? VIDEO APAAN?

Video dengan judul: Fun Campaign untuk Prabowo Jokowi karya CameoProject. Kalau mau nonton videonya, klik di sini. Videonya lucuk kok! Tonton aja deh.

Lalu berhentilah nonton di menit 6.16. Karena ada karyaku yg dicetak di kardusnya. Aku seneng banget! Soalnya mereka nggak “nyolong” karyaku karena watermarkku gak dihapus. Wuih keren!

Vector Jokowi di Cameo Project Fun Campaign

Wah, lumayan banget khan, ada karyaku di video
yg sudah ditonton sebanyak 800 ribu kali ituuh..

Pada tanggal belasan Juni, ketika keluar rumah, ternyata di Nganjuk sudah dipenuhi spanduk, baliho, umbul-umbul capres. Yang merata sih pasangan Prabowo Hatta ya. Dalam bentuk vector juga.

Ini kenapa mendadak banyak vector bertebaran di mana-mana ya? SEBAGAI PEMBUAT TUTORIAL VECTOR PERTAMA DI INDONESIA, AKU MERASA SANGAT BANGGA!!!

Vectornya Prabowo Hatta itu entah siapa yg buat. Cuman bukan styleku sih. Kayaknya yg bikin sudah pinter nggambar kartun (bukan tracing dari foto). Soalnya gambarnya kayak kartun model komik amerika.

Prabowo hatta

Entah ini karya siapa. Stylenya kayak komik Amerika ya..

Dan di sela-sela umbul-umbul Prabowo Hatta yg menyebar ke seluruh kota Nganjuk itu, ada satu atau dua poster Jokowi JK yg dipajang. Dan itu ternyata karyaku! Huwaaah.. Senengnyaaa..

Jokowi JK Poster

Wuih, karyaku udah sampe Nganjuk!

Kata mas Yoyok, file vectornya udah disebar ke simpatisan Jokowi JK, makanya wajar kalau sampe ke Nganjuk. Soalnya mas Yoyok itu kerjanya di Surabaya sana.

Ternyata Metrotivi pun gak ketinggalan, karya vectorku dipajang untuk iklan-iklan Jokowi. Huwih, ternyata udah menyebar ke tipi yaa..

Jokowi JK vector di metrotivi

Suka seneng gitu setiap ngelihat karyaku nongol di tipi

*Gak pindah-pindah channel selain metrotipih*

Ternyata di Pamekasan pun dipajang iklan Jokowi JK di tengah jalan. Wuih, senengnya merajam tubuhku bertubi-tubi deh..

Jokowi di Pamekasan

Makasih kak Slametux atas fotonya.
Satu backlink gratis buatmu!
:hug:

UPDATE:

Gak hanya untuk baliho atau poster saja, ternyata gambar vector Jokowiku juga disablon untuk kaos kampanye! Dan bahkan dipakai oleh artis kayak Glenn Fredly dan kawan-kawan! Aaaak senangnya!

kaos Jokowi Glenn Fredly

Piye perasaanmu nek desainmu digawe kaor artis?
Bungah turah turah! Hahahah
:kiss:

Aku seneng banget kampanye kali ini bertebaran vector di mana-mana. Mungkin ini cara yg kreatif dalam segi design grafis. Kalau pas masa esbeye atau caleg kemarin-kemarin khan foto asli dipajang gedhe-gedhe ya? Sampe tekstur kulit caleg atau capres kelihatan jelas. Kasihan yg tukang percetakannya nggak jago edit foto, yg kulitnya berminyak akan kelihatan banget. :rolleyes:

Kalau pakek vector begini khan warna kulit jadi setara. Dijamin bebas jerawat. Bebas bintik hitam. Bebas komedo. Soalnya vector gitu looo…

Dan tentu saja lebih enak dipandang dalam bentuk vector begini daripada foto asli..

Selain vectorku di atas, ada vector Jokowi JK lainnya yg ngetren di mana-mana. Yaitu…

Jokowi JK

Bukan karyaku. Tapi vector yg ini ngetren banget!
Padahal kurang rapi ya..

Tapi tetep aja aku bangga. Karena vector semakin mengindonesia. Semoga seniman-seniman vector lainnya semakin kebanjiran job gara-gara kampanye ini.

Kok kamu gak berdoa untuk dirimu sendiri ndop?

Nggak ah, khan vectorku udah laris. Senior kok dilawan. #eh

Buat yg mau belajar vector, silakan kunjungi link ini ya: TUTORIAL VECTOR KARYA DZOFAR.COM. Ada 15 tutorials di situ. Ada videonya juga. Duh komplit pokoknya. Aku tuh kurang baik apa sama kalian? Hahahah..

Udah ah.. Sekian dulu postingan pamer edisi 17 Juni 2014 ini.. Semoga pamer ini bermanfaat untuk kalian semua. Aamiin..

Eh, buat yg mau punya kaos Jokowi, silakan mesen di tees ya:

Kaos Jokowi oleh dzofar.com

Beli Yuk!

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



102 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. :pertamax: seneng banget liat teman sukses dengan karya2nya.. Semangat Mas nDop :). Berikan karya2 terbaikmu buat indonesia

    • Makasiiiih.. Seneng banget..

  2. :pertamax: seneng banget liat teman sukses dengan karya2nya.. Semangat Mas nDop :). Berikan karya2 terbaikmu buat indonesia..

  3. SlameTux #

    Makasih mas ndop sudah bagi-bagi backlink gratis, salut banget ama karya-karyamu. Yang jadi permasalahan, kenapa sih kok gak ngerekrut pean wae? kok malah ngerekrut vector yang enggak banget :notme: :hihi:

  4. :eek:
    Lega ….
    eh, keren, Kaka . . . .

    Kakandop memang g sombong, karyanya meng-Indonesia saja bungah luar biasa. padahal, biasanya, karyanya sudah mendunia .. . . .

    • Huahahaha.. Iyo ya, aku sampe lali nek aku wis go internasional..

  5. miko #

    Awalnya aku pikir ini pasti bukan karyamu bang, alasannya kotak2 di baju jokowi tu mekso, distorsi, terus detil di rambut dan leher juga dikurangi, padahal sing orisinil dari sampeyan apik lo, coba dari awal mesennya yg kayak yg banyak tersebar sekarang, pasti lebih maksimal :sip:
    oyo, kayaknya DA memang lebih diindeks gugel ya, pantesan gambar2ku di FB gak muncul di gugel :lol:

    • Wahahaha.. Harusnya mesen yg sudah pakek baju kotak kotak ya. Biar kotak2nya bisa aku tracing sesuai aslinya. Aku punya JK yg model kayak obama itu loh. Lebih detail. Cuman dia menghadap ke depan.. Dadi ora pas. Yo soale iki serba dadakan kang. Ya sekelas dadakan iki wis maksimal. Khan gak nyongko jokowi nyapres haha..

  6. :sip: keren mas, mau donk dibikinin gambar vektor juga tapi gratis ya hehehe

    • Wehehehe.. Ada syaratnya..

  7. Zenius Surabaya #

    :ampun: salut keren vektornya

  8. muantab. dukungan untuk orang baik insya allah menjadi amal baik

    • Aaamiiin yaa robbal ‘aalamiin.. Yo kersane ngalah kok gak enek sing mesen vector prahara..

  9. ok kamu gak berdoa untuk dirimu sendiri ndop?

    Nggak ah, khan vectorku udah laris. Senior kok dilawan. #eh

    Aku rekuwes;
    Mbok ndonga kanggo aku ben rejekine akeh, cepet oleh jodho, njuk isa ndang rabi ta Ndop :P

  10. Apik mbanget haisl vektore kamu, Mas. Nyong pingin dong di vektor juga. :hihi:

    • Langsung ke halaman pemesanan yaaa… Dzofar.com/kontak

  11. kereeen……

    • Pastinyaaaa.. Haha..

  12. Rozaq #

    seng kata terakhir gapleki tenan.. senior kok di lawan :D hahahaha :lol:

    • Huahaha.. Khan kenyataane emang senior.. Hahaha.. Males ah merendah, ngko dadi membohongi hati nurani..

  13. Salam dulu buat mas ndop suhunya vector,
    vector jokowi_jk ini juga udah dipasang di tempatku mas,
    selamat ya mas, semoga semakin sukses.
    :ampun:

    • Wow, di sini juga ada versi stiker, cuman aku belum sempet moto..

  14. Wuah keren bangeettt, selama liat spanduk dan baliho sempet penasaran siapa yang bikin, ternyata mas Ndop ini yang bikin toh *jempol*

    • Thank you yaaaa…

  15. Yang penting MAKSIMALLLLL kang NdOp. *Salam 2 Jari* :)

  16. Dias #

    kang nek meh sinau ng ndi? ono referensine ra??
    suwun…. :sip:

    • Mangkane to diwoco postingane kabeh.. ojo :fastreading:

  17. nug #

    waaahhh kakak ndop keyeeennnn… :ampun:

    #NgiriBanget

    • Iyoo… selain go internasional, diriku ternyata go nasional! :lol:

  18. aseeek, jadi tambah terkenal mas ndopnya :sip:

    • Iya, setelah go internasional, mungkin saatnya go nasional. Hahahah

  19. Keren kang… Nek mas Joko iso dadi Presiden, sampeyan mesti siap2 dadi Menteri ekonomi dan industri kreatif, sopo ngerti Timses-e mas Joko ujug2 nelpon sampean hahaha… Gudjob!

    • Huahaha.. aku jelas emoh. Godaane gedhe lo kang.. Nek cuma menjalankan amanah mungkin gampang, tapi godaan “hater” itu mengerikan..

  20. Kok kamu gak berdoa untuk dirimu sendiri ndop?

    Nggak ah, khan vectorku udah laris. Senior kok dilawan. #eh

    Ndop, Mbok dongakke aku rejekine akeh, ben ndang oleh jodho, njuk ndang rabi…
    :P

    *Prasaan semalem aku dah kasih komentar, tapi kok gak nongol yaaa :|

    • Komentarnya masuk sepam. Hahaha.. Ini udah aku selamatkan..

      Huwahaha.. Sampean golek sing koyok opo? Sampean mungkin kurang pede atau standarnya ketinggian? Huahaha..

  21. Agnes #

    Kerennnn.. Makasih banyak ya, Mas..

  22. Jauh-jauh hari saya udah mbatin…
    kayaknya vector jokowi ini bikinannya mas ndop..
    jebul tenan !

    #sungkem

  23. Wow .. keren ya :)

  24. ooo jadi gambar vector itu gambar yang kaya kaya kartun itu ya mas ndop ??? kirain vector itu formatnyaaa.. maaf mas ndop ya :ampun:

    • vector itu memang formatnya.. Dan ciri2 vector itu yg kayak kartun..

  25. Bali Vector #

    Di Bali juga ada mas… saluut… hehe

    • Horeee.. di Tulungagung barusan belum nemu, yg ada yg vectoran bukan karyaku hehehe

  26. Tepok pramuka ke cak ndop, aku sebagai orang yang kenal sampean merasa bangga klo karya sampean sudah go lokal, interlokal, internasional ^^

    • Huhahahaha… go gang gang perumahan malah belum.. tonggo2ku malah ra ngerti nek aku tukang vector…

  27. Good job! 2 jempol untuk sampean. Sebelum posting ini dibuat saya pun sempat batin jangan2 ini vector buatan ndop lagi dan ternyata benar.

  28. kamu ndak dapat persentasi royalti atas hak ciptanya sampiyan mas?

    • Khan filenya udah aku jual.. aku dapat duit dari jualan file itu.. royalti itu susah dikontrol mas.. seniman kalau cuma mikir royalti, maka kreatifitasannya akan macet.. soalnya di pikirannya cuma ada duit duit dan duit..

  29. entah kenapa selalu senang lihat karya vektornya mas ndop, seperti ada aura2 gimana… gitu. :) terus berkarya mas ndop. :D

    • Huahaha.. dibikin pakek hati soalnya mas..

  30. asyik juga ya..melihat karya vector bertebaran di-mana-mana, ini membuktikan bahwa seniman vector indonesiasudah mulai unjuk kekuatan (kalo unjuk gigi..sepertinya kurang sopan dech..mosok gigi diunjuk-unjuk)….,
    semakin kreatif bangsaku..dan inilah salah satu wujud nyata dari industri kreatif di Indonesia..yang membuat kedua capres berpelukan seperti teletubies.adem melihatnya….berpelukaaaaannnnnn
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    • Iyaaa.. aku terharu ketika melihat capres berpelukan itu.. Semoga pengikut2nya mau mencontoh capres mereka, damai, tidak bertengkar dan tidak bawa2 agama..

  31. Waaah kereeen, saluuuuteee kakak ndooop :tepuk: :sip:

  32. Sukses mas vectornya… selamaaat… Jo kuwi…

  33. terus terang diam diam eh nggak ding, lek terus terang yo ora diam dia yo to. Aku sering crito nyang bojoku lek nduwe konco (enake konco opo dulur yo) wong nganjuk sing puinter tenan nggambar, sampek sampek (duduk sempak) tak duduhno macem-macem gambare sampean, termasuk sing dipasang ndik pinggir dalam.
    dadi kesimpulane aku melu melu bangga. Iki jujur loh dari sepenuh hatiku

    • Huahahahha.. suwun lo kang.. Emang akeh sing mengagumi karyaku kok.. Tapi selain ndofans, juga diam-diam ada juga hater yg kadang mengritik secara aneh dan gak membangun.. alias asal kritik.. Yo iso diibaratno, ndik dalan alus, wong iso kepleset. Ndik dalan sing kasar, wong iso kesandung.. <– woh, iki iso dadi quote anyar..

      • hhh dadi quote ndik pesbuk

  34. ih kereeeennnn….aku mau mesen juga bisa? cari stok poto dulu #eh

  35. woohoo, selamat kakak ndop! bosen juga ngeliat baliho cuma foto ala kadarnya gitu, padahal udah zaman tongsis ya hahaha.. beneran deh saya baru tepuk tangan buat kampanye sehat/fun semacam pake video dan vector. bukan malah kampanye yang nyebar fitnah segala.. yang begitu mah bikin sakit mata nontonnya :takut:

    • Hahahah.. di facebook tuh buanyaaaak yg menyebar berita yg aneh2 tentang capres.. tak jarang mereka mengait2kan dengan agama. Duh menjengkelkan kalau baca.

  36. ooh ternyata mas ndop toh yang buat,, pantes bagus banget
    sebagai fans jokowi-jk aku meras berterimaksih mas.
    semoga menang,,biasanya setiap sentuhan tangan mas ndop membawa berkah kemenangan,, :rock:

    • Iya, khusus vector yg itu yaaa.. khan ada versi lain yg bukan karyaku hehehe.. Semoga menang. Aamiiin..

  37. ternyata yg buat gambar jokowi yg ada dimana-mana si mas toh! wihhh jadi seleb nih :mrgreen: ….
    selamat mas, karyanya dinikmati oleh kutaan pasang mata (walau sepertinya dinikmati dwngan gratis :lol: ) semoga “timbal balik” nanti dapet rezeki yg berlimpah … amin ….

    • Aaamiin.. rejeki yg paling besar itu berupa kebahagiaan..

  38. Kamu makin terkenal, pesan vector ke dirimu pasti mahal ya :(

    • Eit, sori ya, diriku bukan money oriented. Harga masih tetep kok. Hahha.. Langsung aja ke halaman pemesanan vector

  39. Zulham Efendi #

    luar biasa agan sangat berbakat,saya salut sama anda,semoga anda selalu sukses

  40. Liat vektor2 ini di jalan2 dan wondering ini gambarnya ndop bukan ya, eh ternyata bener :)

    semakin sukses ya ndop :ampun:

    • don’t call me “om” ya… it hurts me a lot.. :cry:

      Matur suwun ya Fen… :ampun:

  41. semoga Pak Jokowi menang pilpres !!

  42. kayaknya sampe Semarang juga loh mas gambar vectormu itu :rock: ntar kapan2 klo pas lewat dan ingat, kupotretin ya. kereen wis karya mas ndop :tepuk:

    • Matur suwuuun.. Huwaaaa.. udah masuk tipi juga kok.. banyak iklan jokowi yg pakek karyaku yg ini.. wihiiiii… :dance:

  43. Rifqi Alidzanur #

    mas ndoopp angkat aku jadi murid mya :ampun:

  44. Oalah, jebul itu karyamu tho mas… joss… kuwi vector’e wis tekan ngendi2.. tekan Magelang juga, dan ketoke wis tekan seluruh Indonesia mas.. Salut

    • Iyo.. Wis ko ndi ndi.. Mlebu tipi ping bolak balik.. haha.. Suwuun yaaa.. Aku tau ndelok videomu ndik yutub. Ngguyu kekelen aku hahahaa.. Kip kriyeitiv ya!

  45. Brillie #

    udh baca postingan ini bbrp hari lalu, tapi komennya sekarang.

    mas ndop.. karyamu ini ada dimana-mana lho,, kalau aku jadi mas ndop.. aku pasti bangga buwanget!!! tak kasi tau tetangga2 pake speaker musholla paling, hehe

    btw, pak jokowi ini om kandung sepupuku. jadi bisa dibilang aku msh ada hubungan keluarga tapi jauh. pas mas ndop bilang ada di nganjuk, dia jg mampir ke surabaya ketemu kakak iparnya dan ponakan2nya.

    jadi.. terserah orang mau bilang pencitraan kek,, apa kek.. emang orangnya low profile. sing kebacut ya ada sing ngarani jokowi iku wong cino, antek cina. wkwkw.. pgn ngguyu kekel. cino teko ndi?

    babahno cino kyk pak ahok.. yang penting bikin indonesia menuju perubahan.

    hari gini kok orang masih ada yang rasis ya..

    • Huahahhaa… mereka yg nuduh ini itu ke pak Jokowi itu khan atine wis bosok mbak. Mereka khan kalap soale caprese gak enek sing ndukung. Wis pokoke segala cara dihalalkan walaupun kadang bungkusnya pakek kalimat relijius.

      Tapi buat yg kenal bener Jokowi, ya gak mempan difitnah begitu haha.. Aku punya temen asli Solo dan mereka merasakan secara nyata perkembangan Solo sejak dipimpin Jokowi. Terlepas dari itu, aku dewe nek ndelok wonge ndik tipi ki atiku sumringah. Soale wonge ancen tulus lucu lugu gak enek niat aneh2. Podo koyok ahok. Senajan cino khan yoben to. Wong mereka juga ciptaan Tuhan. Haha..

      Tonggoku wis tak critani nek Jokowine kuwi karyaku. Wonge melu bungah. Hahaha..

  46. Gak nyangka rupanya karya abang hehe.. udah sampai ke seluruh media di indonesia.. salut keren bg hehe sukses selalu…

  47. mestiqui #

    :dance: jokowi jk pemimpin yg merakyat. salam 2 jari.

  48. gians #

    ada yang salah tuh masa

    • gians #

      ada yang salah tuh masa PEMIMPIN RAKYAT AHIR DARI RAKYAT

  49. Keren hasilnya, bikin gambar vektor gitu pasti mahal ya mas. Tapi ngomong-ngomong artikel ini termasuk kampanye Jokowi-JK juga ya hahaha :lol:

    • Buka dzofar.com/kontak yaaa

  50. Tukang Sablon Kaos #

    :ampun: rapih banget mass, emang beda banget sih sama yang “kurang rapi” hehehe. Ikut seneng juga ternyata aku kenal yang gambar vector fenomenal ini :dance:

    • Horeee… Makasih yaaaa

  51. sukses terus mas dzofar, bantuin desain kaos sendiri ya…

  52. sadun #

    Saya merasa kasihan dengan kondisi jokowi sat ini, . Berdukazzzz…

    • Semoga kuat ya mas. Aku juga kasihan

  53. wew..mantep bener mas vectornya..
    karyamu emang patut diacungkan jempol..keren abis.. :D

  54. kristian #

    gan kirimi file corelnya dunk, mau dibikin baliho di kantor. makasih


2 Blogs yg membahas ini juga!

  1. Aku, Kampanye dan Pemilu | Sang Vectoria Jenaka
  2. Pebisnis Bodoh tapi Tuhan Maha Baik | Sang Vectoria Jenaka

Komen dong!