Tips Berkomentar Asyik

komentar asyik

  1. Empati itu penting. Jadi sebelum komen, sebisa mungkin rasakan apa yang dirasakan pembikin status. Jangan lantas status sedih kamu anggap dia sedang becanda.
  2. Statusnya orang yg sedang marah, jangan dipanas-panasi. Jangan juga disuruh sabar. Karena orang kalau sedang marah itu kesabarannya sudah habis. Jadi mau sabar dari mana? Maka lebih baik alihkan ke hal yang lain. Misalnya ngajak jalan-jalan. #uhuk #curcolbanget
  3. Jangan menyerang pendapat orang dengan dalil. Sebagaimana kita ketahui, sebuah dalil punya banyak penafsiran. Lebih baik pakai pendapatmu sendiri saja. Perbedaan itu indah.
  4. Kalau nemu status yg mengandung Suku Agama Ras Antargolongan (SARA), kalau kamu beda SARA, mending gak usah komen. Karena bisa memecah belah. Sekalipun SARAmu dibenci sama dia. Kalau gemes banget pingin marah, udah buka yutub sana, tonton video yg menghibur.
  5. Kalo nemu status yang sharing gambar yg mengganggu (misalnya orang kecelakan kepalanya pecah) mending jangan komen. Soalnya nanti akan ngehits dan menyebar. Dan semakin banyak orang terganggu. Mendingan lagi, langsung hide timeline aja.
  6. Jangan ngiklan di status orang terkenal. Apalagi kalau iklanmu gak nyambung sama konteks statusnya. Kalau di status saya boleh kok ngiklan, asal harganya cocok. #halah
  7. Jangan nanya data diri di status ya. Misal nanya alamat, nomer hape, umur, nomer rekening, lan liyan liyane. Mending langsung inbox orangnya saja. Lebih privat.
  8. Kalo bisa, komenlah sesuai topik yang dibahas. Jangan lantas kita komen tentang pedesnya kripik Maicih di status orang yg sedang membahas indahnya panorama Air Terjun Sedudo.
  9. Kalo ada status orang lagi jualan, jangan sekali-kali minta gratis. Nggak sopan banget ya. Apalagi kalau kamu becandain barangnya. Misalnya ada yg jualan kripik pedas khas Nganjuk, lalu kamu komentar “Mending nggoreng dewe, luwih murah lebih sehat gak pakai pengawet” atau komentar tanya resepnya. Jangan yaaa… Itu bisa bikin yg jualan marah. Asli!
  10. Kalau ada yg ngewall jualan blekberi, kalau kamu terganggu, langsung delete aja dari timeline kamu, jangan dimarahi ya. Siapa tau dia jualan serius. Biar dia nggak down gitu.
  11. Kalau ada yg sharing video lucu rekaman dia, tapi ternyata buat kamu gak lucu, udah cuekin aja. Jangan dikomen “Garing, gak lucu”. Itu bikin down banget loh. Kasihan. Mending komentarlah yg asyik, misal “Kapan-kapan aku mau dong direkam jugaa.. “. Padahal itu #kode kalau kamu lebih lucu daripada dia. Tapi dengan cara yg halus dan gak nyakitin. Haha
  12. Di statusnya orang yang lagi jualan, jangan komentar tentang jualanmu juga ya. Walaupun beda barang, tapi hal itu sama aja kayak kamu numpang jualan di toko orang. Nyebelin banget khan ya..
  13. Segala sesuatu yang sifatnya chatting, ya chattinglah di inbox atau bbm atau aplikasi chatting lainnya. Jangan chatting di status facebook. Kasihan temen yang lain jadi terganggu notifikasi.
  14. Pakailah emoticon yg seru kalau kamu komentarnya becanda. Biar si pembikin status tau kalau kamu cuma becanda.
    Contoh:
    Status: Gimana fotoku, ganteng khan?
    Komentar tanpa emoticon: Gak tuh, jelek!
    Komentar dengan emoticon: Gak tuh, jelek! :P
    Lebih enak mana? Enakan yang pakai emoticon khan?
    *Gak ada yang enak! #eh* #curcollagi

    Catatan: Banyak yg bilang kalau emoticon :) adalah senyum datar, ngeselin dan palsu. Akankah lebih baik kalau menggantinya dengan emoticon ;) (senyum dengan mata berkedip satu) atau :D (Senyum lebar, senang dan ihlas)

  15. Baca dulu komentar-komentar sebelum kamu. Siapa tau ada yg sudah komen sama sepertimu. Ini berlaku untuk komentar berupa pertanyaan. Biar si empunya status gak jengkel ditanyai hal yang sama.
  16. Jangan janjian lewat komen. Mending sms, telpon, bbm, dan lainnya. Kan nggak setiap saat kita online terus. Kalo kita kebetulan baca komennya dua hari kemudian gimana? Haha

    (tambahan dari mas Mbeling)

  17. Jangan komen apabila kamu tidak tahu masalah orang itu. Karna akan membuat kamu jadi orang yang sotoy (sok tau).

    (tambahan dari mas farizalfa)

Ada yg mau nambahin? Kalo bagus, akan aku tulis di pejwan.

54 Comments

Komen dong!