27 Aug 2013

Akal-akalan Tukang Cetak Foto Sialan

Barusan aku pulang dari tukang cetak foto di Nganjuk yang menurutku tempatnya lumayan luas, bersih, modern dan bagus. Ada asenya. Ketika aku buka portfolionya di buku tebal-tebal itu, aku berdecak kagum. Tapi..

Aku langsung super duper merasa terinjak-injak harga diriku ketika si tukang edit foto itu bilang, “Ini ukurannya bukan 3x4cm mas, ini kegedhean!” Katanya tanpa memerlihatkan monitor ke mukaku.

“Hah? Yang bener?? Aku udah setting di photoshop dengan kepadatan 300 dpi ukuran 3cm kali 4cm kok. Masa sih bisa salah? Kamu tinggal ngeprint aja deh. Itu ukurannya 4R. Gak usah edit-edit lagi..”

Lalu masnya ngeyel, kalo ukuran fotoku itu bukan 4R. Soalnya 4R itu ukurannya 4 inchi kali 6 inchi. Sedangkan ukuran gambar yg aku kirim itu 10cm kali 15cm. Kata masnya, yang bener itu 10,2cm. Bukan 10cm.

Heh, apa salahnya? Khan yang penting ukuran foto 3x4cm itu udah bener. Kenapa jadi memermasalahkan ukuran gambarnya? Tinggal cetak aja kok pakek protes sih? Hih!

Ini sodara-sodara gambar yang aku serahkan ke tukang cetak foto yang seharusnya tinggal print aja gak usah diedit dan gak usah banyak protes.

Photo Jejer2

Ini foto adikku ya. Bukan fotoku. Beda ya!

Dan inilah ukuran aslinya di photoshop!

Ukuran 3x4

Udah bener khan kalau itu 3x4cm? Kalian semua bisa liat khan???

Saya cuma bisa manut. Malas engkel-engkelan walaupun harga diri sebagai pengguna photoshop bertahun-tahun ini terinjak-injak oleh karyawan tukang cetak foto yang menurutku amatir.

Dan ternyata ngeditnya 10 menitan lebih. Hih! Ngedit gitu aja lama amat!

Untung di depanku ada buku portofolio yang isinya foto manten yang designnya elegan dan bagus. Ada kata-kata mutiaranya juga. Buat yang mau album foto nikah, di sini tempat yg cocok dan rekomended banget!

Dan setelah itu, tiba saatnya mbaknya yg ngedit fotoku (yang seharusnya gak perlu diedit, tinggal print aja) itu minta duit 7000 rupiah kepadaku sambil menyerahkan photo 3x4cm yang sudah digunting dengan TIDAK RAPI.

Tidak rapi

Guntingannya sangat tidak rapi!

Dan yang lebih parah dan bikin harga diriku terinjak-injak, ternyata setelah diedit sama tukang foto amatir itu, UKURANNYA TIDAK TEPAT 3×4 CM!!!

tidak 3cm!

Lebarnya tidak 3cm tepat!!!

Panjangnya tidak 4cm!

Panjangnya tidak 4cm tepat!!!

INI BIADAB! :cry:

Dan ketika aku periksa notanya, ternyata harga fotoku tidak dihargai ukuran 4R, melainkan HARGA PAKET 3x4cm yang harga persepuluhnya adalah 7 RIBU! Ini akal-akalan si tukang edit foto saja nih. Dan aku merasa super jengkel.

dihargai paket 3x4

Akal-akalan si tukang edit foto!

Seharusnya kalau mereka tinggal cetak aja, aku cuma bayar 2000 mungkin ya. Atau 3000 deh paling mahal. Trus tidak digunting seperti ini. Melainkan dalam bentuk lembaran ukuran 4R. Nanti tinggal aku gunting sendiri di rumah.

Tapi yasudahlah, mereka mungkin gak mau diakali sama pembeli kayak saya. Makanya mereka ngeles. Yang ujung-ujungnya malah salah ukuran. Memang sih, ngecrop foto itu nggak gampang. Kalo tukangnya amatir ya bisa mbleset ukurannya. Haha. Capek deh.

Dan ini bukti nyata kalau di sini pembeli itu BUKAN RAJA. Tapi penjuallah yang raja. Atau mungkin pembeli itu memang raja, tapi penjual itu mbah-mbahnya raja. Hahaha..

Mari kita fleshbek sebentar..

Dulu sekitar tahun 2006 aku punya pengalaman di Modern Foto di Klampis Surabaya. Mereka nggak ngakali seperti ini. Kalo saya kasih gambar foto yang mau dicetak 4R, mereka tinggal cetak aja dengan harga 4R (1500 rupiah waktu itu). Walaupun isinya foto jejer-jejer berukuran 3x4cm seperti kayak saya di atas!

Mereka nggak mau ambil pusing. Profesional. Menuruti kata pembeli/klien. Kalau misalnya ada komplin, mereka akan aman. Soalnya yg ngedit khan saya sendiri. Mereka tinggal print sesuai perintah saya.

Fleshbek selesai..

Lha kalo ini? Foto asliku khan diedit lagi sama mereka. Lama pula. SALAH PULA. Dan mereka tidak mematuhi perintah saya sebagai pembeli/klien. Ini jelas tidak berkah. Karena mengecewakan pembeli itu salah besar loh. Mereka juga berarti tidak menghargai saya yang menata foto berjejer rapi di photoshop. Bukan hanya tidak menghargai, mereka justru “merusak” sesuatu yang sudah benar dan tertata rapi demi duit! Yup semua ini DEMI DUIT!

Mungkin mereka baru menemui klien seperti saya kali ya. Makanya ketika aku komplain tadi, mereka kayak merasa “Waduh! Mas ini tahu juga kalau aku sedang mengakali biar bayarnya mahal! Ah masa bodo, pakek jurus ngeles aja deh!”.

Kalau orang awam biasanya khan tinggal ngasih foto utuh. Lalu mereka tinggal edit menjadi 3×4 cm lalu ditata oleh mereka, diprint dan digunting sama mereka. Klien tinggal terima jadi dan bayar. Tanpa perlu repot menggunting sendiri.

Tapi aku khan kreatif beda! Dan sayangnya mereka tidak menerima kreatifitasku perbedaan. Hih!

AKU BENCIH!!! AKU BENCIH!!!!

HAHAHAHAHAHHA…

Terlepas dari akal-akalan mereka, aku puas dengan hasil cetakannya. Kualitas cetaknya persis di Klampis Surabaya. Merek kertasnya Canon. Bagus khan itu? Jangan bilang jelek ya. Ntar aku tambah kecewa loh. HAHAHAHAHA..

Udah ah.

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



198 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. Btw..itu operatonya lagi banyak order ato gimana ya..kok sampe motongnya ndak rapi.

    Kau pernah bikin malah hasilnya ndak pake kertas foto, malah pake kertas print, harganya mahal lagi :)

    • *masih jengkel ini haha* NGGAK BLAS MAS. Cuma aku tok pelanggan yg ada di situ. Aku tok til! haha.

      Untungnya gak pakek glosi biasa. Jadi kecewanya gak karena kualitasnya. Lebih ke harga diri hahaha.

  2. Hahaaa, bacok aja, Mas. Udah nyari duit susah, ngerjain orang lagi. :)

    • HAHAHAHA.. aku sudah pasang tampang jutek sih tadi. Tapi tukang edit fotonya khan menghadap ke monitor masing2. Kalo dia ngeliat mukaku, mungkin sudah berubah jadi BATU! HAHA.

  3. Wah kalo di tmptku, cuci cetak ukuran 4R malah 1800,

    • Lha kok muraaaaah.. Kalo aku menyerahkan foto 4R dengan isi foto 3x4cm berjejer2 gitu cuma 1800 ya? Ih murah beudh!

      • Iyo… sebenarnya yg dilakuin tukang edit di atas memang sengaja biar kena biaya edit, jadinya 7000 bayarnya. Di tempatku juga ada sistem begini, edit/nyusun foto, pewarnaan dll, tapi kalo orangnya dah bawa file yg sudah tersusun, kami langsung cuetak….

        • Iya saya sudah menduga sejak awal kang. Soale emang sepi sih. Pelanggannya cuma aku doang. haha.

  4. Apik kertas e nek potongane koyo ngunu langsung tak balekke mas. Apalagi kalo sedari awal sudah ngeyel, pasti saya cari yang lain saja. Untungnya di Jogja ga kayak gitu, soale saingane akeh. Mungkin itulah kenapa yang di surabaya juga gitu, masalah kompetisi sejenis. :)

    • Betul banget. Di Nganjuk cuma ada satu. Jadi mereka merasa berkuasa mungkin ya. Tapi mangkelku sebenarnya karena fotoku yg sudah rapi diedit lagi itu loh. Salah lagi ukurannya. HAHAHA. Seharusnya dia print aja tanpa banyak gaya, trus bayar 7 ribu, mungkin aku cuma bisa menggerutu, “kok mahal, ah nggak papa wis”. Gak jengkel kyk begini hahahaha.

  5. Ane dulu pernah pengalaman jadi tukang print foto, dan gak kayak gitu. Kayaknya ini semua memang karena DUIT!!!

    • Nah dirimu ini karyawan teladan! :sip:

  6. wah harusnya kemaren bilang sama tukang potonya, “cetak aja 4R soalnya yang ditempel di formulir 4R ga boleh dipotong” :)

    hehhee..tapi pengalamanku sih ga sampe diakalin gitu, karena aku pesennya cetak 4R bukan cetak pas foto

    • itu tadi malam. Barusan. Nggak kemarin. Hehehe. Iya udah aku bilang begitu. “Mas cetak 4R ya”. Eh mereka malah bilang “Ini ukurannya bukan 3x4cm”. Aneh ya.

  7. Sony #

    monggo cetak foto nang nggonku….sak karepmu arep digawe piye..

    • Hahaha siyap juragan!!! Tapi adoh ya..

  8. lohh harusnya tinggal bilang “mas aku cetak foto ini ukuran 4R” tinggal print cetak jadi..

    besok lagi harus berani kang ndop.. kan kita minta cetak foto ukuran 4R bukan mau buat paketan 3×4..

    nek ketemu aku paling wes gelut argumen :D

    • Iyo wis kemau aku wis omong cetak 4R. Bukan cetak 3×4. Tapi tetep aja mereka ngeles ini itu. Biar mereka dapat 7000. Hih! Hahaha…

  9. motongnya masih pake gunting gitu?
    kalo di tempat yg profesional sih biasanya pake pemotong yang besar itu,
    halah apa ya namanya..
    itu lah pokoknya
    :D

    • Kayaknya sih masih pakek gunting. Lha buktiknya gak rapi gitu hahaha…

  10. sony #

    tp coba browsing di internet harga cerak foto…rata rata ada keanehan di harga 4R ke 6R disinkronkan dg ukuran kertas.. 4 R elek2an A4 dibagi 4 alias A6 standard iso..lha 6R elek2an A4 dibagi dua alias A5… lha hargane aneh…4R 1700, 6R 5500… nah lo…. yg dilakukan oleh tukang foto mungkin itu, dia untung diukuran kecil tp rugi diukuran besar…jd kasusmu, mungkin perlu dilihat dr sisi tukang cetak foto jg..dia punya rules, krn mungkin dia untungnya disitu… lek emosi tak tempeli esteh ae yo nang dodomu…kalem..

    • Huahahaha… Ampun kakak.. Alasanmu masuk akal. Mereka bikin skenario “salah ukuran” supaya mereka bisa “bekerja” sehingga aku layak bayar 7000 haha.. Padahal kerjaane dee justru nambah2i perkoro. Tapi aku kemau koyok diserbu wong loro. Maklum aku dewean ndik kono. Ra enek pelanggan liyane. Dadine koyok kesempatan.

  11. heri #

    po ngarep bayangkara ndop?

  12. miko #

    wah potongan fotone rek, elekmen, coba sampean nyetak nang sampang, d kono tukang cetake motong foto gawe clurit loh, hhhhha :hihi:

    • Huahahaha… Sekalian dicrop nggawe clurit mengikuti lekuk tubuh ya mas? Hahaha..

  13. melihat kisah mas..saya juga ikut jenggel mas…

    • Huahaha.. Makasih empatinya yaaa

  14. dulu aku pernah cetak di daerah sampangan sudah tinggal cetak 4R malah banyak omong….
    tak goblok2in biar yg punya percetakan mau….
    akhirnya dicetak juga . . . .

    hahahaha….

    Thanks
    Winda Nova

    • Wah ternyata harus ngeyel dulu ya mas.. Tadi aku juga sudah membela diri dengan bilang “Tadi aku udah bener kok ngukurnya, aku ada file aslinya..” Tapi mereka masih ngeyel. Yasudahlah, saya anggap mereka goblok aja, jadi gak perlu saya ngeyel lagi. Buwang2 tenaga. Huahaha..

  15. abud talang #

    aku sih juga buka studio foto, kecil sih di daerah rejoso,
    tp g seperti itu juga,
    1. pelanggan permintaan 4R ya cetak 4R langsung tanpa alasan ini itu,
    2. kalo minta nya pas foto 3×4 kita cetak sesuai permintaan..

    untuk masalah salah edit (crop uk. 3×4)itu kan tanggung jawab consumen.

    sory mas ndop itu studio memang murni di ajarkan cari duit sama juragannya……

    kalo masalah kertas dg kualitas ok tadi, saya kita dg print canon shelpy, untuk kualitas yg bagus saya juga memakai itu, dijamin anti luntur dan dah di laminasi, silahkan di google,

    • Syukurlah kalo kualitas kertasnya bagus ya..

      makasih udah sharing, semoga bisnis cetak fotonya mas yg di rejoso laris manis.. Aamiiin…

  16. brillie #

    Aku yo melok mangkel moco postingan iki. Cuma ya mau gmn lagi kan ya, tukang cetak foto cuma satu itu. Seumpama ada pilihan, langsung tinggalin aja, cari tempat lain.

    • Berdasarkan komentator di atasku, ternyata Nganjuk ada alternatif cetak foto yg lain kok. Tapi emang yg deket dai rumah cuma satu itu setauku. Hihihi…

  17. bisri #

    tapi dadi langsing fotone mas :)

    • Itu bukan fotoku yah. Itu foto adikku yah.

  18. hahaha … jadi ingat dulu pas waktu KKN Memberantas Buta Aksara. Mau cetak foto untuk para Warga Belajar Buta Aksara (buat di tempel di ijazah) …

    Karena siswanya banyak, dan kelompok KKN saya juga ngirit akhirnya saya tata satu persatu juga pake photoshop … (ukuran 10R bisa menampung banyak siswa) hahaha

    Ketika kelompok lain tanya “kemarin cetak foto untuk warga belajar habis berapa rupiah?”, mereka pun terkejut karena pengeluaran kelompok kami untuk cetak foto 5X lebih murah daripada kelompok lain … wkakaka NGIRIT !!! :dance:

    • Hih aku jadi iri nih. Hahahah. Dirimu untung ya dapat tukang foto yang nurut sama pelanggannya hahah.. Selamat deh..

  19. Wah Mas Ndop cukup sabar banget. Mungkin kalo saya udah marahin tuh orang, hahahah…

    Makanya saya suka milih nya cetak foto pake photobox. Jeprat jepret sesuka hati, salah tinggal ulang. Backgroundnya bisa milih lagi, mau yg bunga-bunga ada lho.

    Hahaha, just kiddin’ Mas Ndop.

    • Huahahahhaha… Di Nganjuk sini dulu ada fotobox, sekarang kayaknya gak ada deh. Gak laku lawong sudah ada hape. Hahaha..

  20. huaa aku mambengi ngenteni postingan iki malah dikongkon turu nang ibukku :cry: ketinggalah deh

    haha tukang cetak photonya pengen untung :D

    eh mas itu fotonya mas pipi ya?

    • Injih. Pipi. Beberapa mengira kuwi aku. HAHAAH

  21. amien #

    mau dipake buat apa mas cetak foto? buku nikah ya? *eh *salahfokus hehehe

    • Iya, buku nikah kita #eh

  22. wah bener-bener kecewa gagal pertamax! kwkwkw…

  23. sabar mas sabar.. hehe
    hmm.. kesimpulannya pasti kapok cetak foto disana lagi ya?

    • Hahaha niatku sih mau nyetak lagi gitu. Tapi harus aku susun dulu skenarionya. HAHA.

  24. Di sini juga sama,
    beberapa tahun lalu sih,
    4R di sini, Rp 1.400, –
    aku bawa file begitun,
    sudah aku jejer jejer,
    katanya nggak boleh nyetak foto medel begituan,
    sama tukang fotonya, satu foto di crop, lalu dijejer jejer lagi,
    dicetak, selembar Rp 5.000,-
    memang akal akalan yang tidak terhormat dalam mencari uang…

    • Nah sama persis berati ya. Kurang ajar sih menurutku. Hih! hahaha..

  25. kejadian serupa tapi tak sama aku alami waktu aku baru pindah ke purworejo. banyak layanan yg menurutku kacau, tp kalo tak liat ya karna emang orang purworejo lainnya pada ga ngerti, jadi dilayani seperti itu pada manut aja..

    • Aku males engkelan lama. Ketika mereka ngeyel lagi. Yowis lah karepmu. Aku pun manut walaupun jengkel. hihihi

  26. le nyetak neng jogja wae mas … tukang cetak e ora ngeyel2 kok :v

    • HAHAHAHA… budal jogjane kuwi loh.. kapan tekone hahah

  27. Pakies #

    pertanyaannya, apakah karyawan itu berkaca mata tebal ato enggak ?
    kok ukurannya jadi beda

    Coba sampean ngeprint ndik tempatku, ehm pasti tak kasih gratis, tak kasih makan, tak kasih minum, tak kasih senyuman, tak kasih bontrot waktu pulang

    • HAHAHA.. iya berkacamata. Lha mbuh kok bis abeda. Ukuran di fotoku udah tepat lha kok diedit lagi ya. Pelanggaran hak asasi pembeli hahaha.

      Ngeprint gratis? *langsung budal mblitar nggowo file foto 200 biji. hahaha.

      • Pakies #

        rong atus poto opo rong atus GB ?

  28. Tukang cetak fotone pengen lebih lama sama samian mas ndop ! Hahaha..
    Yah, kalau kayak gitu pelayananya sih misal aku pelanggannya gak mau balik lagii.. *jahat* HAHAHAH

    • HAHAHA Aku sih mungkin balik lagi, tapi males ngedit berjejer2 lagi. Biar mereka yg ngedit aja. HAHAHA..

  29. plagiart™ #

    :mataduitan: seng penting duit..hihhiiiii 3 kata operatornya

    • HAHAHA.. kudune aku muni rasido wae yaaa…

  30. Pas photonya agak gantengan nih muahahaha

  31. samsul hadi #

    beli kertas canon nya dimana ya? mau jg tuh kertas foto canon

    • gak tau ya. HAHAHA.

  32. Iki mirip tukang fotocopy ning nggonaku.
    Asline wis tak set tinggal fotocopy wolak-walik, tapi ternyata malah digunting pating prethil dan tiap prethilan dietung harga lembaran. Padahal fotocopy kuwi mau untuk keperluan yang memang nggak perlu dipotong2…
    Sak lembar asline berisi nota, kartu NPWP dan KTP, tapi karo tukange diguntingi siji2.
    Tapi mergane sing nduwe toko adalah muridku, makanya langsung saya tolak mentah2 dan saya mau dicopy ulang. Aku puas banget iso ngidak2 harga dirine karyawan sing pekok mau :D
    Disinilah beda antara kita. Piss :D

    • HAHAHAHA… koyoknya aku harus bikin skenario untuk mengidak2 mereka. HAHAHAH…

  33. Itu mbaknya yg jaga cakep gak mas?

    • NGGAK BLAS! HAHAHAH

  34. Kalau saya lain lagi mas,
    Waktu itu saya mau cetak Photo buat Daftar sma.
    kebetulan saya sempatkan untuk editing dulu sebelum dicetak dan setelah proporsinya pas saya simpan dalam bentuk .PSD dan ngasih file psd nya ke tukang cetak dan nyamapi in kalau besok saya ambil.

    Hasilnya, mereka malah melakukan editing lagi terhadap wajah saya.. mereka mengubah warna kulit saya di photo tersebut jadi sangat putih. merasa dipermalukan saya mas karna kulit saya gak terang dan putih. setelah itu, tempat itu saya blacklist karna orang ngintruksiin cuma buat nyetak, eh dianya polesi wajah saya.. -________-

    • HUAHAHAHHAA… mereka nggak nyadar kali ya, kalau kulit putih itu menurut orang barat sana justru jelek dan nggak eksotis.

  35. sri ^^ #

    Yaelaaaaa sampe diukur pake pengaris.
    Ih kalo saya nggak mau lagi cetak foto disitu.
    Btw itu foto buat SKCK ya mas? hehe

    • HAHAH itu fotonya adikku. Buat ijasah katanya.

  36. Hahaha…harga diri terinjak-injak ya mas, Master vektor taraf internasional dikerjain sama tukang edit poto amatir…duhhh apa kata duniaaa?? #lumayan..baru mulai BW lagi lgs ngakak…haha

    • HAHAHAHAHA… syukurlah kalo postingan marah marah yg terkontrolku ini malah bisa bikin ngakak sampeyan hahaha..

  37. Naufal #

    Wah, sampeyan di gawekke ro tukang potone mas,
    kudune, klien jaluk print 4R, yo langsung diprint 4R jur bayar jur bali.
    neg iki men tukang potone kerjo sek sithik, jur men bayare sampeyan tambah neng tukang potone. :lol:
    HAHAHA!!

    Sesok meneh ojo gelem dapusi tukang poto mas. :notme:

    • HAHAHAHA… sesuk maneh begronne gak tak gawe putih, tapi tak gawe pemandangan. Biar mereka sadar nek aku arep nyetak 4R. Duduk tiga kali empat. hahaha.

  38. Semua hal ada hikmahnya kok mas, ini sampean jadi ada bahan buat postingan khan :p

    semoga si tukang poto itu sadar dan gak mengulanginya lagi

    • Dia merasa nggak salah. Jadi ya sepertinya akan mengulangi lagi mas.

  39. ahhahahahhhha melu sebel…..diakali pwoll ya

    • Iyoo.. akal2an ben entuk bathi mangewu. Asline khan 2000 palingo.

  40. bwahahahahhhhaha…melu ngakak wae laahhh….
    maaf lahir batin yo kang mas…mudah2an isih kelingan :kiss:

    • Waaah, mas yudi lama tak berjumpa di dunia online. Kangen nih hahahhaa… Maaf lahir bathi juga yaa… *salaman*

  41. Ongki #

    wah, besok2 lak muleh tak jajal ah.. ben eyel-eyelan :hihi: :evil: :hihi:

    • Ayo nyetak bareng wae. Ben wonge wedi soale awake gedhe gedhe HAHAHAHA..

  42. Adry #

    hahaha…….bahasa enak banget untuk dipahami dan saya turut berduka cita atas kejadian seperti itu mas dzofar. haha…..sabar mas.

    • Wah makasih. Khan aku memang blogger dari zaman 2007, jadi wajar kalo enak dibaca HAHAHAHAHA… iya mas..

  43. asrul #

    wah,, kalo tiap tukang foto begini gimana indonesia mau mau mas,, susah majunya kalau nilai kejujuran dalam berkehidupan sudah pudar, dan pantas saja kalau kita ini krisis karakteristik dan moral !

    • Iya bener banget. Selama orang masih mendewakan duit, moral itu jadi gak prioritas lagi mas. Miris memang.

  44. paraaah. seenaknya aja ngubah-ngubah foto pembeli, padahal pembeli itu photoshopnya jauh lebih expert. ternyata biar ongkosnya mahal toh :)))
    kenapa enggak diprint pake printer sendiri aja mas tau gitu mah *__*

    • Aku gak bakat punya printer mas. Gak suka ngeprint2 walhasil kering deh tintanya. Kayaknya sih harus beli cartrij baru.

  45. Harusnya boss nya itu muncul mas trus datangin sampenyan tuk bilang:
    “Mas mau gak jadi karyawan kita?

    hehehe

    wkwkwkwkw.. kaburrrrrrrr…..

    :kabur:

    • Haha. Lha wong bosnya sekongkol loh.

  46. kalo ak di jogja cetak foto 3×4 jejer2, sampai satu halaman a4 full bayar cuma 4000.hahahahaha

    • Huwahahaha… Enak pol kuwi. Aku iso mbukak editan foto 3×4 ning sebelahe. Cuma bondo kamera poket plus photoshop. Nyetake ning sebelah hahaha..

  47. itu foto mas ndop bukan sih?
    kok beda ya.

    ember itu guntingnya ga rapi sama sekali.
    pikir ulang kalo mau cetak disana lagi mas

    hehehehe

    • Foto adikku. Banyak yg bilang juga itu fotoku. Padahal beda lo ha. Bentar aku tulis dulu di captionnya biar gak pada bilang itu aku.

      Huaha kayaknya mau coba cetak foto di tempat lain. Haha. Kalo jelek baru deh ke situ haha

  48. Kalo di Jakarta sini, yang main ngakali gitu biasanya studio kecil semacam Fuji di mall-mall, mas Ndop. Saya pernah akan diakali gitu, pasfoto ukuran 3 X 4 mau dihargai satu-satu. Ya jelas saya batalin…

    Kalo di yang besar-besar (kayak Fuji pusat atau Adorama), mereka tinggal print aja. Ukurannya dihargai 4R, nggak rewel ato ngakali.

    • Oh berati bisa jadi yg di Nganjuk sini levelnya kecil ya. Pantesan mereka gak mau rugi ya.

  49. btw, foto adiknya jelek banget mas..hehehe
    becanda kol

  50. Jon #

    Manamana kang cetak fotonya mana? bakar! bakar! dengan cinta yg membara :kiss:

  51. Young Techno Creator #

    itullah mas akal-akalan e tukang cetak foto, klo di daerah ku cetak foto 3000 mas buat 3 foto 3×4…

    • Oh ternyata emang segitu ya harganya

  52. :tepuk: ada-ada aja tuh si tukang cetaknya seharusnya dia kan mengikuti apa kata pembelinya/ pelanggan saja kox malah banyak tingkah pulak……..

  53. piko #

    wahahaha. kalau ke tukang cetak foto, sudah siapin dulu filenya serapi-rapinya. :dance:

  54. Itu namanya “memaksimalkan pendapatan dari costumer”.. Hahahahaha :lol:

    • Hahaha alias nguras kantong

  55. di KAMEHAME wae mas ndop operatore :evil: :glundung:

  56. batt #

    kalo aq sebagai tukang cuci cetak photo lebih sueneeeeeeeeeng kalo pelanggannya kayak mean mas, soale gak usah kakean ngedit xixixixi

    • Hahaha.. Lha iya itu.. Aneh sekali khan yaaaa… Wong tinggal print aja kok repot duluh hahaha

  57. adeuh.. kemungkinan ini misunderstanding di awal cerita. dimana pembeli datang dengan kata “tulung cetak ukuran 2x3m.” yang semestinya kata perintah yang tepat adalah “tolong dicetak di kertas photo 4R” gitu kira-kira… :D :D :angop: salam.

    • Sudaah mas. Itu ceritanya aku ringkas. Dialog awalnya sudah jelas aku bilang “mas mau cetak photo 4R” tapi mereka tiba tiba mengedit dan bilang ukuran fotoku bukan 4R. Dialog awal sengaja gak aku tulis, biar cerita ini klimaks di awal. *berasa sutradara film*

  58. Purnomo Setiawan #

    tapi kalau masnya udah diedit tapi layernya 10 cm x 15 cm dan minta dicetak 4r, saya bisa jamin mas hasilnya gak bakal tepat 3×4 walaupun masnya sudah ngeyel bikin 3×4 karena 4r itu 10.2 cm x 15.2 cm. beda 1 mm saja di minilab itu banyak.
    Hanya ada 2 solusi
    1. tetap dicetak 4r tapi konsukensinya ukurannya akan sedikit meleset bukan lagi murni 3×4
    2. yang penting 3×4 tapi pasti kena biaya edit. Kalau saya mending solusi #1.

    Satu lagi kalau sudah edit pakai PS tapi formatnya masih PSD saya jamin hasilnya akan kacau karena format PSD itu format mentah masih layer by layer. Belum lagi apakah monitor komputer anda sudah dikalibrasi sama dengan minilab tempat cetak foto ? kalau monitor tidak dikalibrasi jangan harap hasilnya akan sama antara monitor dan print out.

    • Hahahaha.. Khan bisa di canvas size? udah tau belum fungsinya canvas size? Atau kalu situ gak paham, khan bisa bikin layer baru ukuran 4R asli, lalu gambarku (UDAH JPEG MAS! BUKAN PSD! dan SAYA SUDAH SERING MENCETAK VECTOR SAYA, DAN WARNANYA GAK MELESET!!!), lalu gambarku didrag ke layer baru itu. Asal DPI nya sama, khan setelah itu tinggal cetak.

      Ah harusnya aku gak perlu balas komenmu. Khan kalo situ ahli, seharusnya sudah paham. :P

  59. Purnomo setiawan #

    Wow bahasanya sopan ya. Anda pernah beli minilab seharga 1 milyar belum? Well seharusnya saya juga Gak usah buang waktu untuk komentar disini.minilab foto itu tidak bisa serta merta mencetak format psd, gift, but. Apalagi format vector, minilab Gak kenal tuh. Dalam satu jam tempat cetak foto itu ada order ribuan lembar, Gak mungkin dikancani satu satu agar Anda bisa cetak ukuran 4r,minilab itu bukan printer ink jet seperti ya biasa kita pakai. Minilab itu mirip mesin industri percetakan.

    • Oke siap.

      Komentar anda sudah tidak sesuai konteks yg dibahas di postingan ini. Baca komentar-komentarnya aja ya. Mereka lebih pinter memahami isi postingan saya dan mereka juga ada yg buka jasa cetak foto.

      Btw makasih ya komennya. Makasih udah mamerin saya dengan minilab seharga 1 milyar. Wow. Sungguh emmeizing!

  60. Nurmanto #

    ngerti ngunu moro’o nang gonku mas… ngedit’o dewe nyetak’o dewe.. hahahaha :v

    tugelono dewe.. lek kurang maksimal yo pean balenono.. wkwkwkwk :v

    • Nah nek ngono khan penak. Melayani pelanggan. Duduk mengakali pelanggan haha..

  61. Masalahe cuman satu Ndop. Studio foto gak mau rugi. Masalahe aku sdh pernah cetak model gitu sama persis yg kamu maksud. :dance:

    Niatku hemat 4R dapat 4×6 4 lembar. pas ketemu studio foto sing paham teko di cetak ae tp tetep di hargai foto 4×6. bukan harga 4R.

    pas ketemu studio foto sing ngeyel. aku hanya bilang “cetak aja 4R spt ukuran yg saya bawa, nanti saya potong sendiri” eh ternyata dia mau. tapi tetep dgn eyel-eyelan.

    Jadi kesimpulannya studio foto tdk mau rugi, biasanya cetak foto 3×4 atau 4×6 kan kena biaya minim kan. Nah di situ letak minimnya di 4R.

    Nah arek sing komen iku koyok e punya studio foto Ndop, biarin aja nanti dia gak bisa balik modal karena minilab nya kan seharga 1M. :dance:

    • Hahahaha… Wis nek dee ngeyel maneh (mungkin sesuk dee ngeyel maneh, dienteni wae), ladenono ya, aku wis males ngguwak tenogo. Hhahaha

      Betul betul betul. Tukang foto gak gelem rugi. Suk mben diakali ngene wae, Backgroundnya jangan putih, tapi pemandangan. Trus menata fotonya dimiring miringne. Trus kita bilangnya, dicetak 4R. Ini buat dipajang. Bukan dipotong potong. (Padahal asline arep digunti dewe)

  62. ahihi….aku juga pernah nyetak kayak gitu, intinya aku cuma ingin ngirit biaya hee, tapi syukur yang punya cetak foto mau menerima permintaan pembelinya, tanpa perlu edit-edit lagi, dan tinggal print.

    ngomentari postingan di atas, kok yang motong foto itu kayak nggak ikhlas ya…. bikin geram juga, apa nggak punya alat potong yang press itu… :rolleyes:

    • Harusnya punya yaa… Tapi emang karyawannya berati yg kerjanya kurnag rapi. Atau gara gara diriku ngomel jadi mereka jadi badmood?

      • mungkin mereka badmood gara-gara teknik marketing “hemat biaya” telah kamu curi mas ndop :D

  63. Laura #

    mas ndop,,,
    oot nih :P
    mau nanyak,
    ukuran foto 10R itu sebenernya brapa sih?
    aku googling 25.4 x 30.5 cm,
    tapi kalo cetak di tempat nyuci poto 10R itu 20×30 cm sama kaya A4…
    Mas ndop kan pinter,,
    tulungin yahh

    • Iya, sama aku kalao googling juga segitu ukurannya. Apa lebih baik manut saja sama tukang cetaknya? Soalnya mereka mungkin ounya ukuran standar sendiri, walaupun aneh, haha.

  64. linda #

    Wah mas aku kena lebih mahal, 3×4 sebijinya 5ribu, aku cetak 5 biji.. udah terlanjur dicetak terpaksa keluar 25rb deh, hiks

    • Edan mbak!!! Gila tukang fotonya meras banget tuh.

  65. kudune kene potongan pembayaran per miline kui mas :)

    • Iyoooo.. Ah menyebalkan hahahahah

  66. junai #

    itu namanya saling akal-akalan, anda berpikir dg cara begini biaya yg anda keluarkan murah,bagi tukang cetak photo klo ini di cetak dia tidak akan rugi namun dia jadi kesel karena penghasilannya jadi sedikit, dan bila kita melakukan hal yg sama maka kemungkinan harga cetak photo 4 R akan naik.

    • Betul juga sih. Haha

  67. fian #

    Klo menurut saya.. Itu cma salah paham aja.. Ukuran jdi berkurang krn cetak 4R itu ukurannya 10,2×15,2 kan td, nah klo kita setting 10×15 otomatis ukuran yg kita seting berubah juga.. Menurut logika saya krn beda 2inc hehehehee.. Tp setiap perusahaan pasti punya aturan.. Yah mungkin saja ga dbolehin sma bosnya.. Cma mencoba Berpikiran positif heheheheehe…

    • Yup betul. Makasih yaaaa

  68. andri #

    nyebai tenan mas guntingane…

    • Iyo gak niat hahaha

  69. mr.chans #

    kalo ukuran cetak foto 3×4 tuh biasanya ukuran gambar 2,8×3,8. yang 0,2 untuk batas tepi. jadi ukuran setelah dipotong jadi 3×4.

    untuk satuan resolusi jg bisa pengaruh. klo 300pixel/inch dibuka dg satuan pixel/cm otomatis hasil berbeda.

  70. Ilmu yang lengkap dan terperinci yang diberikan di blog ini, bagi saya sangat bermanfaat dan menjadi ilmu baru dalam belajar cetak foto…
    Salam sukses selalu buat blognya dan Admin..

  71. edi #

    Ukuran yang lebih saat hasil akhir dari foto itu sering terjadi bila cetak dengan setting standard. sebenarnya ada setting untuk keperluan pass foto, kalo di mesinnya fu*i disebut “fit in” jadi keluarnya sesui ukuran file

    kalo liat kronologinya ya jelas itu sampean jadi korban kejar target sama si do’i penunggu toko.

    • Kayaknya sih gitu. Ah gak papa sebenarnya kalau mereka jujur bilang “maaf mas, untuk foto 3×4 gak boleh diedit di kertas ukuran 4R begini”.

  72. Bayu #

    Gur masalah pitung ewu wae

  73. diva #

    4R=102×152 mm / 10,2×15,2 cm / 4×6 inch, kalo itu minta 4R Brati kekecilan, kalo minta 3×4 brati pas,.

  74. febihambali #

    Sekedar saran saja, sebenarnya ukuran foto 3×4 dan yg lainnya itu bukan ukuran yg sbenarnya, karena ada beberapa nilai koma dari ukuran itu, dan untuk mempermudah penyebutan maka bilangannya dibulatkan jadi 3×4
    Trimakasih

  75. fajar #

    Mgkn sampean yg salah tmpat mas, harusnya sampean ke percetakan bukannya ke tmpt smacam studio foto,, ya jelas dibikin paketan, dmn2 mah emg gtu,,

  76. jangkasewu #

    klo melihat gambarnya sih yang salah itu ya mas sendiri bukan tukang cetak…hehe

    • Berati kamu gak bisa baca. Bisanya lihat gambar. Salah liat gambar pula. Kasihan banget ya. Hehe

  77. jangkasewu #

    terus terang saya sering ctak poto klo di liat gambar di atas, poto adiknya klo langsung di cetak hasilnya bukan 3×4…haha klo pke ukuran a4 terus di photosop kita masukan ukuran 3×4 pake jarak dalam satu baris ada 6 poto… seandainya sy tukang cetak potonya sy tuntut balik… haha…. anda mngkin bisa edit poto tpi ingat kemampuan qt mngkin di bwah tukang edit studio poto karna pekerjaan sehari-harinya edit poto. sedangkan qt cm sampingan…. yang anda edit itu bener ukuranya 3×4… salahnya itu ukuran kertas yang anda pakai dalam penyimpanan ukuran… coba anda edit sperti sy yng sy trangkan di atas tukang cetak g mngkin bnyk komentar sbb mau komentar apa sudah bener..klo ngasih yng poto adiknya minta lngsung di cetak trus minta ukutan 3×4 y g bisa.. jdi klo yng mas kasih lngsung di cetak di a4 ukuranya jadi 6.5 cm x8.5cm/potonya…. maaf sy bukan membela tukang cetak..tp masnya sendiri yang salah

    • Mbulet mas. Kamu banyak alasan ah. Pakai ngeremehin kemampuanku pula. Aku pernah ngedit sendiri aku cetak di Surabaya sana dan hasilnya tepat 3×4 cm sesuai settingan di photoshopku. Dan mereka gak banyak alasan langsung cetak sesuai perintahku.

      Kamu jelas membela tukang cetak. Pakai ngeles segala. Hahaha

    • ALGO #

      Buat mas e yg komen, awak mu kui mas yg pekok..
      Koe kudu selokah SD meneh mas..
      Apa awak mu ga ngerti ukuran2 cetak poto?
      Itu foto yg udah di jejer semua dalam ukuran 4R atau kurang lebih A6, bukan A4..
      Dan mas ndop ki mau cetak ukuran 4R, bukan A4..
      Dan di mana2 ga ada aturan konsumen kudu cetak A4..
      Semua menyesuaikan kebutuhan konsumen..
      Jadi sori aja buat mas e yg komen tak omong pekok.. Haha
      * sori mas ndop, aku jadi kebawa emosi gara2 moco komen e cah iki.. Haha

  78. jangkasewu #

    yang perlu anda tau setandar cetak poto studio klo bwa editan ukuran ya a4 sesuai ukuran kertas poto

    • Oke deh mas. Kayaknya masnya ngeyel terus deh. Aku sudah pernah nyetak sendiri di Modern Photo di Klampis Surabaya sana. Saya ada buktinya. Dan di sana gak seribet di sini. Kamu bisa baca komentar2 nya gak? Banyak yg setuju denganku soalnya emang kenyataannya memang ada yg gak ribet kayak yg saya alami.

      Kalau masnya masih ngeyel yasudahlah. Mending piknik dulu aja mas.

    • ALGO #

      Itu standar mu dewe mas..
      Bukan standar cetak poto studio..
      Hahahaha
      Mas ndop, ki mas e yg komen kayak e cuma ngerti ukuran kertas A4 tok mas..

  79. comel #

    Memang nya egak pake listrik nyetaknya gak pakai modal mas bro.

  80. kayaknya yang punya tulisan diatas merasa lebih pinter…terus seberapa si nilai 7 ribu…. dibanding investasi mereka..?

    • Aku emang lebih pinter kok. Kamu iri ya? Kasihan amat. Sama diri sendiri aja kamu gak bangga, pakai nama gak jelas. Email gak jelas.

    • ALGO #

      Hahaha
      Itu tulisan e bukan masalah nilai duit yg dibayarkan tok mas..
      Tp masalah kinerja karyawan dengan hasil kerjaannya..
      Skarang apa ya mas e mau bayar mahal tp dapetnya kinerja karyawan dengan hasil kerja finishnya yg murahan? Ya enggak tho..
      Dan buat apa jg nilai investasi yg tinggi tp kinerja karyawannya cuma sebatas mata kaki..

  81. tita #

    cetak foto kan 4rb/lembar klo ukura 3×4 dan itu udah rapi.
    kalo hasilnya seperti itu mah sama kyk print sendiri /di warnet gitu dong pake kertas foto
    hehe yg sabar ya

  82. Humen #

    namanya cetak foto ya memang seharusnya seperti itu, sesuai dengan tarif dan paket yang ditentukan, apalagi cuma pegawai ya pastinya harus nurut sama bosnya,

    ya memang dipikir 4R kalau di bagi jadi 3X4 jadi 9 foto memang lebih murah, tapi dari manejemennya udah paketan ya memang disitu letak BISNISnya, itu masih untung dibuat paketan, kalau gak di paket misal 3X4 1 lembar Rp. 1.000, kamu maunya 9 lembar berarti ya Rp. 9000 kan bayarnya.

    kalau buka usaha cetak foto tapi dengan pemikiran kamu, ya gak akan dapet hasil dan gimana mau bayar pegawainya,

    cuma cetak foto segitu aja udah baper, gak cocok ya beli printer sendiri aja diedit dan cetak sendiri

    • Dibaca dong tulisan saya semua mas. Jangan sepotong2. Salam damai.

  83. Mungkin Saya Lebih Gila Lagi …
    Saya Cetak Foto 1 Pket 6lembar 2×3 ,6 lembar 3×4 , 6 lembar 4×6 harga 15 ribu (termasuk ganti backround / tidak terserah) Ngga boleh 2×3 saja. Soalnya Orang Taunya Foto Kecil Itu Murah. Sedangkan Saya Pake TInta Original. Kadang kadang ada pelanggan yg datang pake kamera HP yg kualitas nya minta ampun di tambah background nya jemuran.

    • Hahahaha turut prihatin mas. Btw ganti background itu harusnya bayar lagi mas. Ya 10 ribu gitu. Khan ngecropnya susaaah dan lama.

      Btw untuk kasus ini sebenarnya marahku cuma karena mereka guntingnya gak rapi dan ukurannya gak presisi aja. Urusan harga sih gak masalah haha

  84. nyoman dana #

    jangan sok bener, kalo pengaturan fotonya lo setting 3×4 beneran ya emang pas di cetak itu ga bakalan mau ukurannya segitu. cari aja di google ukuran pas photo itu kaya gimana ngaturnya. lo boleh master photoshop tapi belum tentu lo bisa printnya.

    • Hiahahaha.. Kamu gak baca postingannya semua deh. Itu sudah ada buktinya kalau ukuran mereka justru meleset beberapa mili. Payah! Gak bisa baca!

  85. pujianto #

    ini ga penting amat isinya ya…wasting time banget

    jd pemula…
    orang itu belajar mas… puluhan tahun pake photoshop bukan berarti suhu dan master…
    saya yg master DI aja masih seneng lihat junior saya main photoshop…jadi manusia itu jangan merasa paling wahit… ini pesen buat para pemula ya kamu kamu itu… indonesia butuh lebih dr yg ada di otak kamu itu… come on boy… be a team… bersatu… jgn ego mulu yg di jongosin.. mentang mentang muke lu jongos … hati lu jangan jongos … open minded biar maju ….

    • Makanya dibaca ya. Kamu komen ngawur ketauan gak baca. Dasar orang gak ada guna ngerusihin blog orang aja bisanya. Sana pergi sana kerja sana! Jangan marah2 di sini!!!

  86. Mas ndop kok 3×4 7 ribu sih bukannya 12..hahahahahahaaa

    • Huahhahaha mungkin aku lelah.

  87. Prast Hehe #

    Standar nyetak Foto ya 3R, 4R dst.
    kalo ada yang bilang cetknya A4 itu pasti pakek printer biasa yang murah2, bukan printer cetak foto, alias percetakan foto ecek2, hahaha

    • Huahahahah lha yo. Sing komen akeh sing ngawuuuuurrr..

  88. Prast Hehe #

    Yang bikin cetak poto 3×4 kali banyak lebih mahal daripada 1 ukuran 4R (walau luas kertasnya sama) kan gara2 tukang cetaknya harus ngedit yang 3×4 jadi banyak, jadi customer bayar lebih buat ngeditnya.
    lha ini customer sudah ngedit sendiri dari rumah, tukang cetaknya tinggal nyetak aja langsung 4R, harusnya ya kena tarif 4R soalnya tukang cetaknya nggak perlu ngedit lagi,, lha kok malah dibikin ribet, terus jadi mahal, whahahahahaha,, kekel aku

    • Hahahahah lha yo kui. Editanku malah dirusak. Ukuran berubah. Piye gak emosi? Hahaha eh malah banyak komentator yang membela diri seolah2 dialah korbannya. Lah aku khan korbane, kok malah podo nesu. Hahahahah

  89. Mohamad Helmi #

    Bukan studio cetak sih. Tapi sering dimintai tolong cetak foto, untuk urusan ke imigrasi bagi pekerja asing, ya saya bantu edit, cropping, ganti begron, malah kadang yg ambil gambar saya,… saya pakai epsonL550. Semua saya kerjakan yg order cukup sediakan kertas saja. Dan gratis…
    Maklum semuanya milik kantor, yg order juga kebutuhan kaantor he he.

    • Suwun kang Helmi wis melu sharing yaaa :kiss:

  90. Iku sing komen membela wonge mung 1, yo sing pamer mesin 1M kui. Atau sekumpulan. Koyoke lho ya. Gaya bahasane podo

    • Wah aku gak mikir sampe teko kono. WOW. Masuk akal kang! Gaya bahasane sopan di awal, lalu nyelekit dan nesu-nesu koyok wong edan di akhir.

  91. Weleh weleh weleh diakali karo sing nyetak lak an, kudune 2ewu malih 7ewu, tenan sing nyetak menginspirasiku wkwkwkwk…

  92. Di dunia memang begitu. Ada yang malu mundur walau dalam hatinya mengakui kesalahannya.
    mau ndaftar apa Mas kok banyak amat fotonya.
    Salam hangat dari Surabaya

    • Kayaknya itu buat persyaratan masuk SLB (sekolah luar biasa). Lupa aku pak dhe.

  93. SAMSIDAR #

    KLO SMUA TUKANG CETAK PHOTO KAYAK KAU UDA TUTUP SMUA STUDIO KAU BIKIN, KLO GAK ADA DUIT/ KERE CETAK PHOTO GAK USA MASUK2 STUDIO GEDE…KLO 4R CUMA 2000 MAU UNTUNG DARI MANA..? INGAT KAU KLO NANTI BUKA USAH PASTI MAU CARI UNTUNG.

    • Kamu kayaknya butuh cinta. Nih aku kasih cinta. I LOVE YOU… :kiss:

  94. indra buana #

    haha…haha… seru banget baca2 komen2 nya..lbh seru dr nonton film perang….wakatau :zzz: :twisted: :tepuk:

  95. indra buana #
  96. indra buana #
  97. HENDRI PHOTOGRAPHY #

    Suruh tutup aja tu tempat cetaknya krn tidak menghargai konsumen yang memang paham.

  98. Imron #

    3 tahun q kerja di modern foto cabang gresik yg sekarang namanya udah berubah,dan baru setelah hr raya kmren q resign… Lha Pas swaktu msih krja di situ, saya sering skali berjumpa dgn pelanggan seperti mas ndop ini cetak pas photo tp dlm bntuk lmbaran 4r, saya sbgai operator pun gak ambil pusing ..tinggal cetak aja 4r, dan beres,,,ukuran pun gak berubah, asal di setting lagi pas nyetak dengan benar…mngkin di tempat anda nyetak itu operatornya amatiran, atau nggak, mngkin anak magang…wkwk..

    • Wah modern photo memang the best lah pelayanannya. Salut!

      Entahlah mas. Di postingan ini karyawannya kayak robot. Gak pakai perasaan hahahah.

    • Reni Dwi Cahyanti #

      Mau numpang tanya maaf biaya cetak foto 16R di modern photo berapa ya? Terimakasih.

  99. erik agung s #

    Nih juga di akal akalin ama tukang warnet.. Tadi saya ngeprint di salah satu warnet di ciputat (samping uin) nah saya bikin 1 lembar hvs tuh 4 gambar.. Dan semua total ada 7 lembar hvs dan 4 gambar setiap 1 lembar.. Total harga nya masa sampai 37.500 rb ? Apakah ini benar atau salah ? Masa mahalan kertas hvs dari pada kertas foto wkwk

    • Waduh. Kebangetan itu harganya hahahaha

  100. wkwkwkwk kalo masnya yng nyysun 4r?tgl cetak aja? kalo yang motongin orang studio nya… ya gk bisa gitu mas…. kalo du susun sendiri ya di potong sendiri kan masnya yg nyusun…. tgl cetak yg di kasih ya 4r bukan kok di potongin ama orang studionya…. kalo untuk urusan ukuran memang dia yg salah… munhkin masih baru atau gimana saya gk tau….. ya……. ya itu menurut saya…. saya juga orang studio… itu satan saya susunanya terlalu mepet.. hahaha

    • Aku khan udah nyuruh nyetak 4 R. Harusnya langsung dicetak 4R trus dikasih ke aku. Masalah beres. Tapi ternyata studionya bikin DRAMA membara. Masalah yg seharusnya super simpel (cetak, kasih, bayaran), jadi rumit (edit, lama, cetak, salah ukuran, potong gak rapi, kecewa, bayaran)

      Hahahha

  101. Misi juragan numpang promo hee… Ane punya keahlian di bidang jasa photocopy& servise mesin copi canon.. Pengalaman udah hampir 14tahun ..cita” pengen punya usaha photocopi , jilid hardcover, dll…tapi ane terbentur kendala di modal…heee barangkali ada juragan yg minat ingin usaha photocopy boleh kerjasama bagi hasil atau sistem setoran.. Ane yg kelola usahanya…trims
    cp ane : 0858-8564-8084 (whatapp)
    pin bbm ane : D2CDE323

  102. odon #

    lanjut kan kreatifmu

  103. odon #

    lanjutkan kreatif mu



Komen dong!