20 Jun 2013

Bisnis Vectorku Dijadikan Bahan Studi Kasus

Mas Imam adalah dosen Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pak Imam adalah dulurnya Heru. Heru adalah temanku, bolo blek pas kuliah Statistika dulu. Dulu Heru sering banget belajar bareng sama aku di kosan dia yg di Perumahan Dosen ITS.

Iya, Heru ngekos di rumahnya pak Imam. Jadi aku jadi kenal sama pak Imam. Sering diajak jalan-jalan ke kota Surabaya. Aku yang ndeso ini jadi tahu caranya makan di ke efsi (KFC) ya gara-gara sering di ajak jalan-jalan ke mol sama Pak Imam sekeluarga. Aku jadi tahu cara menuangkan saos di KFC, jadi tahu cara mengekakkan air keran di KFC, jadi tahu caranya cuci tangan trus mengeringkannya. Jadi tahu caranya naik eskalator!

Tapi itu dulu, sekarang aku sudah lupa lagi caranya. Itu saosnya KFC caranya nuangin gimana sih? :rolleyes:

Trus 7 Desember 2012 yang lalu, mas Imam ngemail aku:

Ndop, aku mau jadikan bisnis kamu sebagai studi kasus Green Business.
Mau ya? HARUS MAU, kalau tidak mau TAK HAPUS statusmua sebagai MANTAN ANAK KOS ku:

Tolong dijawab pertanyaan ini:
Panjangnya 2-4 halaman

  • Latar Belakang bisnis dan data umum
    1. Bagaimana itu bisnis dimulai
    2. Di mana ide itu datang dari
    3. Langkah-langkah dari ide untuk pelaksanaan
    4. pendekatan green bisnis (sebutkan saja bisnismu mengehemat transport)
    5. Produk yang ditawarkan
    6. Bagaimana memulai dan fase awal dikelola (jika tersedia informasi)
    7. Apa yang mendukung menganggap sebagai berguna dalam memulai/ mengembangkan bisnis (pemerintah/ swasta/ network/ masyarakat/ keluarga?)
  • pelajaran/rekomendasi:
    1. Apa yang mana tantangan dalam start-up dan pertumbuhan bisnis.
    2. Apa yang hal pendiri sebagai rahasia
    3. Keberhasilan/tips/rekomendasi dll

Dr. Imam Baihaqi
Logistics and Supply Chain Management Laboratory
Department of Industrial Engineering
Institute Technology of Sepuluh Nopember Surabaya

Lalu saya jawab seperti tertera di bawah ini:

By the way, aku memang gak pernah ngekos di kosan sampeyan lo mas. Dulu itu khan cuma nemenin Heru belajar. Hahaha..
Oke akan saya jawab dengan sekuat tenaga..

Latar Belakang bisnis dan data umum

Latar Belakang

Awalnya sih hobby, lalu ada temen yg menyarankan aku untuk serius menggeluti hobby ini. Yaudah mumpung ada dukungan, go ahead saja.

Data Umum

Muhammad Ali Mudzofar
Jl. Cokroaminoto III/16 Kauman Nganjuk
Jawatimur Indonesia

twitter: @dzofar

Mobile: 085648338167

1. Bagaimana itu bisnis dimulai

Saya berangkat blogger. Suka nulis apa yg saya pikirkan dan apa yg saya bisa. Nah, karena saya ngeshare tutorial menggambar vector yang kebetulan tutorial vectorku (memakai software Corel Draw) adalah yg pertama di Indonesia, dulu ada tutorial vector tapi menggunakan software photoshop (bukan software vector). Nah, gara-gara itu trafik blogku pun jadi rame. Dan saya jadi dikenal orang sebagai tukang vector.

Lalu saya buka jasa pembuatan vector wajah. Alhamdulillaah berjalan sampe sekarang dan jadi satu-satunya pekerjaan sehari-hari.

2. Di mana ide itu datang

Emang saya suka nggambar. Jadi ya mungkin idenya spontan dari hati. Gara-gara banyak pesanan yg gak mungkin saya tolak. Makanya saya jadi serius mengembangkan kualitas vector saya dari hari ke hari.

3. Langkah-langkah dari ide untuk pelaksanaan

Perbanyak portfolio dulu untuk menarik konsumen. Selalu update kemampuan dari hari ke hari. Selalu explore apa yg belum pernah ada. Kasih surprise (gratisan vector) ke orang-orang terdekat (dan terkasih). Disamping untuk menambah portfolio, juga sebagai sarana promosi gratis. Konsepnya kalo mau dibagi kita harus berbagi… dari situ akan mengalir rejeki tanpa henti..

Kalo ternyata responnya bagus (yang dikasih gratisan itu seneng), siap-siap kebanjiran order. Kalo ternyata responnya biasa aja, berati itu #kode kalau karya kita masih kurnag bagus, maka kita harus selalu tingkatkan kualitas..

4. Pendekatan green bisnis (sebutkan saja bisnismu mengehemat transport)

Jelas ini green bisnis. Kita gak perlu menggunakan kendaraan untuk mengirim order. Cukup menggunakan teknologi bernama internet. Cukup duduk di dalam kamar, pasang koneksi internet. Viola, semua dalam genggaman…

Order lewat email. Nego harga lewat chat atau email. Transfer bisa dicek via internet banking. Kerjaan selesai dikirim via email lagi. bener-bener menghemat waktu dan tempat.

5. Produk yang ditawarkan

Kalo boleh promosi blog, produk ada di sini: dzofar.com/kontak. Kalo nggak boleh, ya berati paragraf ini dihapus saja. Hehe.

1. Vector Real. Jenis vector dengan tingkat kemiripan dan kedetailan tinggi
2. Vector kartun. Jenis vector dengan style kartun namun tidak meninggalkan kemiripan wajah aslinya
3. Vector Lineart. Jenis vector satu/dua warna (atau sesuai rikues). Biasanya untuk keperluan sablon, untuk menghemat biaya karena dibatasi jumlah warna.

6. Bagaimana memulai dan fase awal dikelola (jika tersedia informasi)

Fase awalnya ya saya bikin tutorial vector itu. Lalu orang jadi tertarik belajar. Sebagian menyerah lalu memesan, sebagian berhasil dan bisa bikin sendiri. Trus karena saya pingin punya banyak portfolio, maka saya bikin vector gratis untuk teman-teman dekat. Pernah dulu membikinkan vector gratis untuk blogger ternama (oom.com), karya saya diapresiasi dan dimasukkan di postingan blog dia. Orang jadi mengenal saya. Dapat backlink. Posisi pencarian di google pun terangkat..

7. Apa yang mendukung menganggap sebagai berguna dalam memulai/ mengembangkan bisnis (pemerintah/swasta/network/masyarakat/keluarga?)

Semua datang dari hati. Orang tua awalnya ya pesimis. Bahkan orang lain pun begitu. Tapi saya ya jalan terus. Soalnya suka. Sesuatu yg kita suka itu akan menjadikan kita kontinyu dan gak gampang menyerah.

8. Pelajaran/rekomendasi:

Maksudnya pingin belajar vector gitu? Buka saja dzofar.com, banyak tutorial berupa tulisan atau video di sana.

9. Apa yang mana tantangan dalam start-up dan pertumbuhan bisnis.

Tantangannya sebenarnya mengatasi kebosanan. Jenuh di dalam kamar kerja sendirian gak ada orang. Sosialiasi sangat minim. Kalo sudah begitu, harus liburan ngajak temen facebook jalan-jalan menghadiri pameran lukisan, mengikuti kegiatan seni, dll untuk merefresh otak mengatasi kejenuhan.

10. Apa yang hal pendiri sebagai rahasia

(Bahasanya kok kayak google translate ya mas Imam? Haha)

Maksudnya ini mungkin TIPS:

Konsisten itu pasti ya. Kalo kita konsisten, orang lain akan menganggap kita serius. Kalo serius berati kita sungguh-sungguh dan nggak setengah-setengah dalam berkarya. Hal itu akan menghasilkan karya yg berkualitas.

Jangan cepet puas dan jangan money oriented. Kualitas itu harga mati. Misalnya begini, ketika ada klien yg menawar harga, kemudian kita iyakan, deal, lalu kualitas karya diturunkan (karena harganya ditawar murah), maka siap-siaplah gulung tikar. Karena kita dengan sengaja menurunkan kualitas kita sendiri cuma gara-gara duit.

__________________

Sudah gini doang? Pertanyaannya kurang banyak euy, hahahaha.. (guyon pak… )

Lalu Pak Imam pun berterimakasih dan saya kembali bekerja seperti sedia kala.

_________________

Tanggal 5 Maret 2013, aku ingat tentang wawancara itu. Dan saya email Pak Imam. Menanyakan bagaimana kabar studi kasus yg ada akunya dulu itu.

Pak Imam menjawab singkat, “Masih direview di Bangkok”

BANGKOK??? Wuih. Go International dong diriku. Haha.

Lalu aku kembali bekerja seperti sedia kala..

_________________

Tanggal 18 Juni 2013 tiba-tiba Pak Imam ngewall di efbeku:

wall fb

Aku langsung lari tunggang langgang mencari ibuk, “IBOOOOK… Bisnisku dilebokne studi kasus Dosen ITS loooh.. “

Tapi ibuk seperti biasa, cuek sambil sibuk masak. Aku udah biasa diginiin. Aku kembali masuk kamar trus langsung ngedownload filenya dan saya baca. Ternyata ada tulisan tentangku di sana. Pakai bahasa Enggres tapi. Kapok kowe! Hahaha..

Btw, file di atas sengaja aku kotak-kotak, biar kalian gak ngedownload membabi buta trus mengganggu bandwidth websitenya. Haha. Alasan lainnya, karena ini masih berupa advanced draft, advanced draft itu udah final belum yak? Ah suteralah..

Hmm.. gini aja deh, aku udah upload filenya di mediafire. Jadi kalo mau baca semuanya, silakan download di sini ya:

DOWNLOAD MODUL TENTANG BISNISE MAS NDOP DILEBOKNE STUDI KASUS KARO PAK DOSEN ITS

Buat yang males download, yuk kita intip isinya…

list

Di daftar isinya

Case Study

Tahu artinya? Enggak? Sama! HAHAHA

_________________

Kalo dipikir-pikir, Gusti Alloh itu baik banget yah sama aku. Padahal kalo kalian tanya temen yg kenal baik sama aku, mereka pasti bilang aku gak pinter-pinter amat. Kelakuanku juga gak baik-baik amat. Bahkan mungkin banyak buruknya. Tapi ya itu tadi, Tuhan yang baiknya minta ampun. Selalu ngasih ini itu ke hambanya yang bandel dan suka berbuat dosa ini..

Tapi aku gak boleh terlena. Justru sebaliknya yak. Makin meningkatkan kualitas. Mungkin ini bisa jadi cobaan. Apakah aku akan makin sombong dari sebelumnya (kata sebagian teman, aku memang katanya sombong), atau makin rendah hati? Semoga yg rendah hati yak. Aamiin..

Trus habis ini ngapain ya enaknya?

Publish aja kali ya, trus cari makan yang enak..

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



82 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. awuw keren :rock:
    sebagai fans aku melu seneng pisan :sip:
    hehe

    • HAHAHA.. sebagai idola, aku yo melu seneng.. hahaha…

  2. :sip: bener2 melu seneng mas Ndop, paling tidak bisa jadi pembuktian bahwa apapun pilihan yg kita ambil, kalo kita serius dan sungguh2 InsyaAllah ada hasilnya, GustiAlloh mboten sare.. Muantabs bisa buat contoh anak muda lainnya… :rock:

    • Aku terharu hehe.. eh kang ben komentare sampean enek fotone, cobi daftar teng gravatar.com. Asal emailnya sama dg yg dipakai di komentar ini, ngko avatare akan muncul.

      • Aku dah coba masuk ke gravatar pakek imel yg biasa kupakai ini, tapi katanya “already exist” maksude opo yo mas? :rolleyes: Mungkin dulu pernah buat bikin akun digravatar kalee ya..soale imel ini aku bikin tahun 2009, aku aktifin lagi 2012..udah lupaa…

        • Owalah. Berati tinggal ngekek i photo tok kang. Atau password e lali? hahaha

  3. Pakies #

    Pertama, Alhamdulillah dulur lanang (gelem po ora wkwk) sampun sukses menjadi inspirator untuk banyak orang dengan membuat branding (kata Kang Wijaya, bener nggak nih). Ternyata memang benar, kalo kita memiliki keahlian yang berbeda dengan lainnya, maka nilai kita akan menjadi berbeda, menjadi mundak sinyale hhh

    Kaping kalih, mugi ikhtiar meniko ndadosaken jalan menuju kesuksesan dunia dan akhirat. Dan jangan lupa zakat dan sedekah. Paling tidak sedekah senyuman untuk orang lain. Asal jangan senyam senyum sendiri sambil mektor, soale bisa bikin piktor.

    Kaping tigo, jempol tigang lusin

    • Wah gelem banget dadi dulure sampean. HAHA. Podo seneng mangan baksone. Tapi sampean wis prei yo kang? Wah berati tak pek e, trus porsiku dadi dobel dong hahaha…

      Matur suwun kang..

      • Pakies #

        sak jane lek kondisi awak penak, yen ono semangkok bangso semebul yo isik gelem ae kok Kang hhhh

        • HAHAHAH… opomaneh sedino durung mangan yo kang. Tambah cuwepet enteke.

  4. wow.. keren…..
    btw: gimana kabarnya si Heru Widianto itu bro?

    • Heru omahe ndik Malang saiki kang. Kerjo PNS karo anak bojone hehe..

  5. Mboooooookkk nek ngene carane aku mari ngunu kudu mlebu koran bahasa inggris hahahahaha. Tak dolan nang nganjuk ben ketularan hahaha

    • HAHAHAHA… iki wae ora nejo kok. Ujuk2 diemail trus dijadikan studi kasus. Yo nek minggu mreneo kang.

  6. plagiart™ #

    :malaikat: membuat sesuatu yang baru emang lebih cepat terkenal mas… hehehehe

  7. sumpah bang.. lu keren awwbis :kiss:
    *ceritanya gue terinspirasi* :mataduitan:

    • Sumpah, makasih banget. Ceritanya aku terharu :cry:

  8. miko #

    wuiii, sangar rek
    jian sampeyan iku memang inspiratif bang, karya2mu sudah menginspirasiku bangkit dari anti-klimaks berkarya
    ojo lali dibancai rek, bungkus kirimn ng suroboyo, hho :ayoh:

    • HAHAHA.. nek ning sby kopdaran ya. Gabung karo bocah2 WPAP Suroboyo kang. Biasane nek malam minggu ning ngarepe hotel majapahit. Cangkruk Karya.

      • miko #

        ben malem minggu pasti enek ta bang?

  9. CreACTive (@whizisme) #

    Wah jan..keren.
    Semoga bisa seperti Detikcom.
    Semangat Online Business :sip:

    • Matur suwun semangate mas.. Mending NdopWhizCom wae hahaha

    • miko #

      ben malem minggu pasti enek ta bang? kopdare arek suroboyo kabeh yo?

      • koyoke sing rong minggu pisan kang. Coba sampean gabung grup Cangkruk Karya di facebook.

        • miko #

          okkay, langsung ke tekape :kabur:

  10. yah aku ketinggalan lagi.

    • Ya naseb ya nasep.

  11. ibnu ch #

    *baru bisa komentar lagi*
    Lama tak berkunjung kesini mas ndop, eh sebenarnya selalu berkunjung ding setiap ada postingan baru,, tapi cuma ndak ninggalin jejak, karena selalu buka lewat phone sony Jadul…..*pengen di lempar pake IPADnya mas ndop. . . :D
    Saya sudah tidak terlalu kaget denger kabar beginian,walaupun cukup excited juga,karena hal hal ” wah” pasti akan menghampiri orang orang yang kayak mas ndop.. kreatif, konsistensi, PD, baek..dllllllll…
    ah gak ikutdownload modulnya, ora ngerti nglish2-an..he ehhe

    sukses terus Mas ndop.. .

    • Matur suwun mas. Wis moco tok gak komen pun aku wis suweneng. Lempar iPad? mrempul ngko sirahmu mas. hahaha…

  12. kliknans #

    hebat mas…. konsisten dan kerja keras memang buahnya manis banget… ^_^

    • kliknans #

      lupa ketinggalan,, sesuai juga dengan pahitnya pengalaman usaha yang telah dilakukan… ^_^

      • iya bener banget. Usaha yg konsisten (terus menerus) akan menunjukkan seberapa besar keseriusan kita dalam berusaha hehe.

  13. Ini berarti bisnismu sudah memberi kontribusi buat orang banyak, keren :ampun:

    sangat inspiratif :malaikat:

    • Alhamdulillaah.. Mungkin gara2 semua daang dari hati ya, gak ada paksaan, gak ada embel2 pingin kaya, dll.

  14. Cupit #

    widiiih..
    sumpah kereen bangeet.. -_-
    harus banyak bersyukur mas ndop.. :D

    • Iya mas, aku insya Alloh gak pernah mengeluh. Sebisa mungkin menghindari keluhan, hehe.. Mari saling mendoakan.. Thank youu.. :doa:

  15. gibran #

    HOREEE… SELAMAT YA KANG… HAHAHA.. kudu banyak – bersyukur dan syukuran.. heuheu… salam dari anak baru.. # @averroes_gibran

    • Main ke sini mas. Nanti aku aku traktir es teler haha.. Thanks yaaah..

  16. Aku malah baru tau ada bisnis vector. Dan aku cari tau bisnis macam apa itu yang bisa bawa Kakak Ndop masuk ranah enternasenal..

    BTW, selamat ya Kakak Ndop dapat Platinum Award dari ISBA. Padahal aku juga ngincar Award itu :tepuk:

    • Sama sama mas. Aku gak nyangka banget bisa menang loh. Saingannya sungguh berat tapi aku tetap menjadi diri sendiri aja. Aku orangnya kolot sih menyangkut jati diri. Hahaha..

  17. Aku salut sama Ndop.Ada benang merah yang saya ambil: “Jangan cepet puas dan jangan money oriented. Kualitas itu harga mati.” Mantap sekali qoute ini.

    • Wah aku gak nyadar telah bikin quote itu haha.. Btw thanks apresiasinyaaa.. :hug:

  18. kalo studi kasus saya rasa memang layak kok, apalagi bisnis vector-nya kan lagi laris2-nya,
    yang penting jangan sampe bisnis vectornya terjebak atau dijadikan kasus KaPeKa…apalagi kasus piktor alias pikiran kotor yang sekarang virusnya sudah mewabah ke para petinggi partai….. :-)

    • Alhamdulillaah sejak serius kerja beginian, kok gak pernah sepi. Kalo sepi kok ya pas kepingin liburan. Semua berjalan dengan hepi..

  19. Tapi Mas Ndop memang pantas dapat seperti itu, jarang jarang mas bisnis seperti ini, dan termasuk unik juga..
    Stay Cool Mas ndop

    • Mungkin aku yang pertama. Kalo sekarang sudah menjamur bisnis beginian. Tapi kualitas gak akan pernah bohong hehe.

  20. miko #

    ben malem minggu pasti enek ta bang?

  21. mas fani #

    Wah… keren sekali bisnisnya … Sukses ya mas .. salam kenal juga :sip:

    • Salam kenal juga. Komennya masuk spam, tapi udah saya selamatkan kok. :sip:

  22. mas fani #

    komenku kok ga keluar yah ..?

  23. Catcilku #

    Keren dapat promo dari dosen ITS bisnis vectornya mas. Btw, klo boleh dapat gratis vectornya mas :)

    • HAHAHA… yg dapat gratis tentu saja pak dosenya to yaaaa… :P

  24. kereeen beudh :ampun: mas ndop go internasional gitu.
    yang menonjol dari sampeyan: konsisten dan persistence (kegigihan). buat saya mudah dikatakan tapi naudzubillah buat dipraktikkan, hahay. salut mas :rock:

    • AKu juga orangnya egois banget nget nget mas. Apalagi menyangkut jati diri. Aku bener2 menutup kuping rapat2 terhadap nasehat yg dpt mengubah jati diriku haha..

  25. Wihiii…mas Ndop keren :D
    Saya sampai sekarang masih bingung pake corel.
    Lha apalagi ngevektor :lol:
    Btw, dibayar berapa dijadiin studi kasus gini? Huhahahahha :lol: *kabuuur

    • gak dibayar duit mas. Tapi dibayar dengan “networking” tentu saja. :sip:

  26. Horeeee,,,, mantap ndop..
    :tepuk: :tepuk:

    • hehe matur suwun kang…

  27. :tepuk:

    seneng aku kenal ro kowe masndop.. mugo2 di approve trus kowe terkenal n dijak ke bangkok..
    jadi aku bisa jadi tukang angkat2 kopermu sampe bangkok :D

    • HAHAH.. tenanan ya. AKu gelem ngejak dirimu kok. Sante wae haha.. *koyok tenan tenano wae ki.. *

  28. Mas Andank #

    tak diownload e mas eboke. saiki makin sukses yak. aku kapan yak kaya ngunu :lol:

    • weh bahasa Inggrismu sip berati yo kang hahaha…

      • Mas Andank #

        loh, google translate bermain hahaha

  29. jarang jarang mas bisnis seperti ini, dan termasuk unik juga..
    Stay Cool Mas ndop

    • Siiip… makasih semangatnya mas..

  30. wuuii khereen dijadiin study kasus dibangkok :tepuk:

    selamat yaa ndop… :ampun:

    • maur suwun mas.. lumayan dapat network..

  31. dayatn #

    wah, keren mas ndop..
    start-up yang mendunia nih…
    sukses ya mas ndop bisnisnya..

    • wah startap kuwi opo to sak jane hahaha.. matur suuwn maas…

  32. Maktap nih, moga makin mantap lagi deh. Sukses aja.. :sip:

  33. SEnang lihat bisnis anda dijadikan studi kasus, habis memang keren pdf anda yang saya download kemarin selalu saya lihat-lihat setiap menghidupkan komputer

    • Terimakasih ya mas… Kalau mau nonton videoku ada di youtube.com/ndop atau mau denger suaraku ada di soundcloud.com/ndop Wah kok jadi promosi gini ya HAHAHA

  34. ndaroini #

    woooooo, wes tekan mbangkok juga yo tibak e jenenge…….

  35. Kribo #

    weleh.. ini postingan superkeren..
    kalo kata anak jaman sekarang Ngeri badai

    whehehe :ampun:

    • haha.. kalau kata anak jaman dulu asoe geboe..

  36. Woh, itung-itung go internesyonal dan bisa menambah kastemer dari luar negri.

    Btw, studi kasus yang sebelum punya Ndop itu kayaknya aneh juga, namanya Jin Bag: tas jin?
    :glundung:

    • Hahahah aku malah belum baca loh. Tas nya dipake oleh jin? Hahaha..

  37. Aku lagek kenal blog jaman iki mas, kenale teko mubaroki, tibakne sampeyan hebat yo mas iso mlebu studi kasuse dosen ITS nganti digowo neng Thailand pisan.

    kereeeeeennn…

    trus aku kapan ? :doa: :sad:

  38. Salam Mas Bro Ndop

    Udah lama ngikutin tulisan dan karyanya.

    Sayangnya belum ada keperluan sama vektornya.
    Sabar ya

    Hahahaha, keren-keren Mas Bro Ndop.

    Masih setia ngikutin.

    Oh ya sedikit saran dari pembaca nih, kalo tulisannya kembali ke urusan vektor-vektor gimana?

    Karna kan awalnya dikenal dari situ.

    Mauliate
    Makasih



Komen dong!