Bisnis Vectorku Dijadikan Bahan Studi Kasus

Mas Imam adalah dosen Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pak Imam adalah dulurnya Heru. Heru adalah temanku, bolo blek pas kuliah Statistika dulu. Dulu Heru sering banget belajar bareng sama aku di kosan dia yg di Perumahan Dosen ITS.

Iya, Heru ngekos di rumahnya pak Imam. Jadi aku jadi kenal sama pak Imam. Sering diajak jalan-jalan ke kota Surabaya. Aku yang ndeso ini jadi tahu caranya makan di ke efsi (KFC) ya gara-gara sering di ajak jalan-jalan ke mol sama Pak Imam sekeluarga. Aku jadi tahu cara menuangkan saos di KFC, jadi tahu cara mengekakkan air keran di KFC, jadi tahu caranya cuci tangan trus mengeringkannya. Jadi tahu caranya naik eskalator!

Tapi itu dulu, sekarang aku sudah lupa lagi caranya. Itu saosnya KFC caranya nuangin gimana sih? :rolleyes:

Trus 7 Desember 2012 yang lalu, mas Imam ngemail aku:

Ndop, aku mau jadikan bisnis kamu sebagai studi kasus Green Business.
Mau ya? HARUS MAU, kalau tidak mau TAK HAPUS statusmua sebagai MANTAN ANAK KOS ku:

Tolong dijawab pertanyaan ini:
Panjangnya 2-4 halaman

  • Latar Belakang bisnis dan data umum
    1. Bagaimana itu bisnis dimulai
    2. Di mana ide itu datang dari
    3. Langkah-langkah dari ide untuk pelaksanaan
    4. pendekatan green bisnis (sebutkan saja bisnismu mengehemat transport)
    5. Produk yang ditawarkan
    6. Bagaimana memulai dan fase awal dikelola (jika tersedia informasi)
    7. Apa yang mendukung menganggap sebagai berguna dalam memulai/ mengembangkan bisnis (pemerintah/ swasta/ network/ masyarakat/ keluarga?)
  • pelajaran/rekomendasi:
    1. Apa yang mana tantangan dalam start-up dan pertumbuhan bisnis.
    2. Apa yang hal pendiri sebagai rahasia
    3. Keberhasilan/tips/rekomendasi dll

Dr. Imam Baihaqi
Logistics and Supply Chain Management Laboratory
Department of Industrial Engineering
Institute Technology of Sepuluh Nopember Surabaya

Lalu saya jawab seperti tertera di bawah ini:

By the way, aku memang gak pernah ngekos di kosan sampeyan lo mas. Dulu itu khan cuma nemenin Heru belajar. Hahaha..
Oke akan saya jawab dengan sekuat tenaga..

Latar Belakang bisnis dan data umum

Latar Belakang

Awalnya sih hobby, lalu ada temen yg menyarankan aku untuk serius menggeluti hobby ini. Yaudah mumpung ada dukungan, go ahead saja.

Data Umum

Muhammad Ali Mudzofar
Jl. Cokroaminoto III/16 Kauman Nganjuk
Jawatimur Indonesia

twitter: @dzofar

Mobile: 085648338167

1. Bagaimana itu bisnis dimulai

Saya berangkat blogger. Suka nulis apa yg saya pikirkan dan apa yg saya bisa. Nah, karena saya ngeshare tutorial menggambar vector yang kebetulan tutorial vectorku (memakai software Corel Draw) adalah yg pertama di Indonesia, dulu ada tutorial vector tapi menggunakan software photoshop (bukan software vector). Nah, gara-gara itu trafik blogku pun jadi rame. Dan saya jadi dikenal orang sebagai tukang vector.

Lalu saya buka jasa pembuatan vector wajah. Alhamdulillaah berjalan sampe sekarang dan jadi satu-satunya pekerjaan sehari-hari.

2. Di mana ide itu datang

Emang saya suka nggambar. Jadi ya mungkin idenya spontan dari hati. Gara-gara banyak pesanan yg gak mungkin saya tolak. Makanya saya jadi serius mengembangkan kualitas vector saya dari hari ke hari.

3. Langkah-langkah dari ide untuk pelaksanaan

Perbanyak portfolio dulu untuk menarik konsumen. Selalu update kemampuan dari hari ke hari. Selalu explore apa yg belum pernah ada. Kasih surprise (gratisan vector) ke orang-orang terdekat (dan terkasih). Disamping untuk menambah portfolio, juga sebagai sarana promosi gratis. Konsepnya kalo mau dibagi kita harus berbagi… dari situ akan mengalir rejeki tanpa henti..

Kalo ternyata responnya bagus (yang dikasih gratisan itu seneng), siap-siap kebanjiran order. Kalo ternyata responnya biasa aja, berati itu #kode kalau karya kita masih kurnag bagus, maka kita harus selalu tingkatkan kualitas..

4. Pendekatan green bisnis (sebutkan saja bisnismu mengehemat transport)

Jelas ini green bisnis. Kita gak perlu menggunakan kendaraan untuk mengirim order. Cukup menggunakan teknologi bernama internet. Cukup duduk di dalam kamar, pasang koneksi internet. Viola, semua dalam genggaman…

Order lewat email. Nego harga lewat chat atau email. Transfer bisa dicek via internet banking. Kerjaan selesai dikirim via email lagi. bener-bener menghemat waktu dan tempat.

5. Produk yang ditawarkan

Kalo boleh promosi blog, produk ada di sini: dzofar.com/kontak. Kalo nggak boleh, ya berati paragraf ini dihapus saja. Hehe.

1. Vector Real. Jenis vector dengan tingkat kemiripan dan kedetailan tinggi
2. Vector kartun. Jenis vector dengan style kartun namun tidak meninggalkan kemiripan wajah aslinya
3. Vector Lineart. Jenis vector satu/dua warna (atau sesuai rikues). Biasanya untuk keperluan sablon, untuk menghemat biaya karena dibatasi jumlah warna.

6. Bagaimana memulai dan fase awal dikelola (jika tersedia informasi)

Fase awalnya ya saya bikin tutorial vector itu. Lalu orang jadi tertarik belajar. Sebagian menyerah lalu memesan, sebagian berhasil dan bisa bikin sendiri. Trus karena saya pingin punya banyak portfolio, maka saya bikin vector gratis untuk teman-teman dekat. Pernah dulu membikinkan vector gratis untuk blogger ternama (oom.com), karya saya diapresiasi dan dimasukkan di postingan blog dia. Orang jadi mengenal saya. Dapat backlink. Posisi pencarian di google pun terangkat..

7. Apa yang mendukung menganggap sebagai berguna dalam memulai/ mengembangkan bisnis (pemerintah/swasta/network/masyarakat/keluarga?)

Semua datang dari hati. Orang tua awalnya ya pesimis. Bahkan orang lain pun begitu. Tapi saya ya jalan terus. Soalnya suka. Sesuatu yg kita suka itu akan menjadikan kita kontinyu dan gak gampang menyerah.

8. Pelajaran/rekomendasi:

Maksudnya pingin belajar vector gitu? Buka saja dzofar.com, banyak tutorial berupa tulisan atau video di sana.

9. Apa yang mana tantangan dalam start-up dan pertumbuhan bisnis.

Tantangannya sebenarnya mengatasi kebosanan. Jenuh di dalam kamar kerja sendirian gak ada orang. Sosialiasi sangat minim. Kalo sudah begitu, harus liburan ngajak temen facebook jalan-jalan menghadiri pameran lukisan, mengikuti kegiatan seni, dll untuk merefresh otak mengatasi kejenuhan.

10. Apa yang hal pendiri sebagai rahasia

(Bahasanya kok kayak google translate ya mas Imam? Haha)

Maksudnya ini mungkin TIPS:

Konsisten itu pasti ya. Kalo kita konsisten, orang lain akan menganggap kita serius. Kalo serius berati kita sungguh-sungguh dan nggak setengah-setengah dalam berkarya. Hal itu akan menghasilkan karya yg berkualitas.

Jangan cepet puas dan jangan money oriented. Kualitas itu harga mati. Misalnya begini, ketika ada klien yg menawar harga, kemudian kita iyakan, deal, lalu kualitas karya diturunkan (karena harganya ditawar murah), maka siap-siaplah gulung tikar. Karena kita dengan sengaja menurunkan kualitas kita sendiri cuma gara-gara duit.

__________________

Sudah gini doang? Pertanyaannya kurang banyak euy, hahahaha.. (guyon pak… )

Lalu Pak Imam pun berterimakasih dan saya kembali bekerja seperti sedia kala.

_________________

Tanggal 5 Maret 2013, aku ingat tentang wawancara itu. Dan saya email Pak Imam. Menanyakan bagaimana kabar studi kasus yg ada akunya dulu itu.

Pak Imam menjawab singkat, “Masih direview di Bangkok”

BANGKOK??? Wuih. Go International dong diriku. Haha.

Lalu aku kembali bekerja seperti sedia kala..

_________________

Tanggal 18 Juni 2013 tiba-tiba Pak Imam ngewall di efbeku:

wall fb

Aku langsung lari tunggang langgang mencari ibuk, “IBOOOOK… Bisnisku dilebokne studi kasus Dosen ITS loooh.. “

Tapi ibuk seperti biasa, cuek sambil sibuk masak. Aku udah biasa diginiin. Aku kembali masuk kamar trus langsung ngedownload filenya dan saya baca. Ternyata ada tulisan tentangku di sana. Pakai bahasa Enggres tapi. Kapok kowe! Hahaha..

Btw, file di atas sengaja aku kotak-kotak, biar kalian gak ngedownload membabi buta trus mengganggu bandwidth websitenya. Haha. Alasan lainnya, karena ini masih berupa advanced draft, advanced draft itu udah final belum yak? Ah suteralah..

Hmm.. gini aja deh, aku udah upload filenya di mediafire. Jadi kalo mau baca semuanya, silakan download di sini ya:

DOWNLOAD MODUL TENTANG BISNISE MAS NDOP DILEBOKNE STUDI KASUS KARO PAK DOSEN ITS

Buat yang males download, yuk kita intip isinya…

list

Di daftar isinya

Case Study

Tahu artinya? Enggak? Sama! HAHAHA

_________________

Kalo dipikir-pikir, Gusti Alloh itu baik banget yah sama aku. Padahal kalo kalian tanya temen yg kenal baik sama aku, mereka pasti bilang aku gak pinter-pinter amat. Kelakuanku juga gak baik-baik amat. Bahkan mungkin banyak buruknya. Tapi ya itu tadi, Tuhan yang baiknya minta ampun. Selalu ngasih ini itu ke hambanya yang bandel dan suka berbuat dosa ini..

Tapi aku gak boleh terlena. Justru sebaliknya yak. Makin meningkatkan kualitas. Mungkin ini bisa jadi cobaan. Apakah aku akan makin sombong dari sebelumnya (kata sebagian teman, aku memang katanya sombong), atau makin rendah hati? Semoga yg rendah hati yak. Aamiin..

Trus habis ini ngapain ya enaknya?

Publish aja kali ya, trus cari makan yang enak..

82 Comments

Komen dong!