Selamat Buat Pemenang Lomba Avatar Abu Rizal Bakrie Periode Mei 2013

Buat mas Aji Imam Muflih, selamat ya karena telah berhasil mengumpulkan like facebook terbanyak. Dan juga karena punya blackberry. Karena syarat mengikuti lomba memang harus punya blackberry. Buat yang gak punya, ya gak bisa ikut. Karena ada syarat harus add pin BB gitu deh.

Yuk kita lihat karya yang berhasil nangkring sebagai pemenang 1 berhadiah 10 juta rupiah itu:

JRENG-JRENG!!

pemenang avatar abu rizal

BAGUS BANGET YA!!!

Banyak yang ngelike di facebook loh berati banyak yang suka dong. Menurut info, mas Aji Imam berhasil mendapatkan likes sebanyak 6740! WOW! Angka yang fantastis buat seorang designer grafis yang rata-rata pendiam dan gak begitu banyak punya fans.

Kamu nggak ikut ndop?

Untungnya enggak! Walaupun aku punya blackberry curve 9300 seharga dua juta dua ratus limapuluh ribu yang saya beli di toko Surabaya sel di Nganjuk, walaupun aku juga punya banyak fans! Tapi kalo pemenang berdasarkan jumlah likes di facebook, aku gak begitu tertarik.

That’s why aku gak mau ikutan Indonesyen Aideul, eks fekter, atau acara yg pemenangnya berdasarkan vote. Pemilihan pemenang berdasar vote itu kurang fair yak. Sebagus apapun karya kita, kalo gak punya banyak fans ya berati kalah. Gak fair dong!

Kalau kata temen-temen di facebook, yang bisa kalian baca statusnya di sini, semua rata-rata menyayangkan cara pemilihan pemenangnya. Namanya karya, harus orang yg berkompeten yang menilai. Harus ada juri. Kalo berdasarkan likes, mungkin namanya bukan pemenang utama, tapi pemenang favorit. Iya favorit doang!

Ada beberapa temen yg ikut bang. Cuma mereka gagal kayaknya gara-gara sistem vote brdasarkan like dan harus punya BB. Diskriminasi dan gak universal banget ya.

Gilar Pratama

Ada juga yang berpendapat begini:

10 juta buat like terbanyak? seharusnya buat karya terbaik.

Yusman

Lucky like. Penjempol yg lebih cepat dari bayangannya. Ketika teknologi, (auto) like, script menjadi juri dalam pemenangan lomba avatar ARB. Maka sepatutnyalah sebagai pelaku desain grafis ikut berkabung. Kita kibarkan celana dalam setengah tiang.

Muhammad Helmi

Kalo pendapatku, hasilnya jadi penghinaan buat para desainer profesional. Aku ga pinter nggambar, tapi kalo segi lomba professional koyo ngunu kok iso menang, yo ngisin-ngisini.

Dian Ribut

Oh iya, ini dia peserta lainnya yang ikut lomba avatar Abu Rizal Bakrie. Saya capture langsung dari video di sini sama akun facebook Atap Rumah Bangsa.

Peserta Lomba Avatar Abu Rizal Bakrie

Menurutku pribadi, oke ini subyektif yak, kalo aku jadi jurinya, aku akan milih karya yang paling kanan ituh. Avatar harus bersih, simpel dan thumbnailable, alias kalo dilihat dalam bentuk kecil, akan terlihat jelas. Karya paling kanan itu lumayan mewakili lah. Keluwesan vectornya juga bagus.

Tapi nyatanya pilihanku kalah jumlah likes. Kasihan yah.

Oke ini masih periode Mei. Masih ada 11 periode ke depan. Karena total hadiahnya 120 juta dibagi dalam 12 bulan. Bulan pertama memang mengecewakan. Semoga bulan-bulan selanjutnya enggak.

Buat penyelenggara lomba, ini saran dari saya:

  • Hapus syarat harus pakai blackberry. Hal itu nggak ada hubungannya sama sekali dengan kualitas desain avatar. Justru malah menghapus peluang orang “kurang mampu beli blekberi” untuk dapat rejeki 10 juta.
  • Harus ada juara favorit dan juara terbaik. Penentuan juara favorit okelah pakai likes (walaupun sekarang sudah banyak jasa ngelike berbayar!), tapi juara terbaik harus dengan juri. Kalo bingung cari siapa seniman yang cocok jadi juri, saya punya banyak kenalan!
  • Udah kayaknya itu dulu…

Nulis apa lagi ya. Sumpah mendadak gak mood setelah melihat gambar pemenang di atas!

Mending bikin avatar senilai 10 juta ah!

*buka corel*

*klak klik drag sana drag sini*

Jadi deh!

Avatar 10 juta!!!

AVATAR 10 JUTA!!!

Dan nampaknya akan menjadi trend avatar facebook untuk beberapa waktu ke depan. Ini ada dua temen, Chairun Noer dan Temy Novian juga ikut meramaikan avatar ARB style!

ARB STYLE

DUA AVATAR BERATI 20 JUTA!!!

Dan setelah saya tinggal tidur 3 jam. Saya cek facebook, lha kok udah banyak yg bikin! Di antaranya karya temen-temen Komunitas Pengguna Corel Draw Indonesia di bawah ini:

asmuni

Subur

Arya

jojon

ini pemenangnya haha

Nah yg di atas ini yang paling aku suka! HAHAHA!

Udah ah..

UPDATE 4 JUNI 2013

Eh ada update dari temen facebook. Inilah pemenang satu, dua dan tiga. Selamat “menikmati” :neutral:

Pemenang 1,2 dan 3 lomba avatar ARB

Aku sampai bingung mau ngasih kepsyen apa untuk ketiga gambar di atas.
Umm.. Menurutku yang juara tiga masih mending dibanding juara satu dan dua.

Eh di kaskus thread tentang avatar ARB jadi HOT THREAD loh hari ini (4 Juni 2013):

HOT THREAD

Ada karyaku di pejwan. Hore! Silakan dibaca threadnya di sini: PEMENANG LOMBA AVATAR ABU RIZAL BAKRIE

85 Comments

Komen dong!