Fatin Menang? Pantaskah?

Pantas. Karena ini acara X Factor, bukan kontes nyanyi kayak Indonesian Idol atau The Voice Indonesia. Jadi benar apa kata Shena, salah satu kontestan X Factor, Fatin memang layak jadi pemenang X Factor karena Fatin memiliki faktor X yang gak bisa dijelasin apa itu.

Dia punya suara yang bikin orang lain suka. Suara Fatin bagus? Bukan bagus, tapi aneh, unik, magis, atau apalah itu pokoknya bikin orang lain suka. Suara Fatin bisa jadi nggak semerdu Novita atau Shena. Tapi Fatin punya suara yang serak, bindeng yang bukan berasal dari pilek. Dia sehat-sehat saja pun suaranya memang begitu.

Fatin pas grand final

Fatin pas grend fainel, 24 Mei 2013

Menurut blognya mas ndop yang terkenal itu, di postingan yang ini, suara Fatin ketika ngucapin AAA sangat unik. Terdengar menggelegar kayak gunung berapi. Itu cirikhas yang gak bisa dipelajari oleh siapa pun!

Novita khan juga punya suara tinggi yang unik kakak ndop?

Iya benar. Tapi factor X nya kak Novita gak sebanyak Fatin. Semua kontestan pasti punya factor X. Bukan, bukan musti suara bagus, tapi faktor X. Shena misalnya, factor X nya dia bisa mengaransemen lagu menjadi lain yang sesuai karakter dia. Secara suara, Shena gak seunik Fatin.

Agus pun begitu, dia punya factor X dengan suaranya yang sangat macho. Tapi kalopun saya boleh menghitung berapa besar factor X nya, gak sebanding dengan Fatin.

Kembali ke Novita. Novita punya suara tinggi yang super dahsyat yang bikin Anggun iri. Teriakan Novita lah yg selama ini berhasil merampok sms. Semua orang dibikin terpukau.

Lha trus apa yang membuat Novita kalah dukungan sms dibanding Fatin yang justru sering bikin kesalahan fatal dengan lupa lirik (yg di lagu Everything at Once sudah ga bisa ditoleransi lagi karena lupanya hampir dua bait!)

Menurut hemat saya, penampilan Fatin itu unforgettable. Dibanding dengan Novita, jelas penampilan Fatin lebih gampang diingat. Coba tebak, lagu apa yg Fatin bawakan di awal audisi? Semua pasti akan dengan gampang menebak “Grenade” dari Bruno Mars.

Kalo Novita di audisi awal dia nyanyi lagu apa? Ummmm… Buat yang nggak ngikutin X factor dari awal, pasti ga ngerti. Kayak aku yg ga ngikutin dari awal, jadi nggak ngerti Novita nyanyi apa di awal audisi. Kalo Fatin aku ngerti, karena lagu Grenade sempat booming waktu itu dengan cirikhas “foyaah” yang unik dan punya faktor X.

Di lagu kedua Fatin, Pumped Up Kicks, coba deh kalo lagu itu dinyanyiin Novita, akankah memorable? Akankah kak Novita bikin lagu itu jadi seterkenal pas dibawain sama Fatin? Aku aja yang gak ngerti lagu itu, langsung dengerin versi aslinya. Dan seperti banyak pendengar yang lain, aku juga kecewa dengan lagu aslinya yang kurang eargasm dibanding versi live yang dibawakan Fatin.

Fatin nyaprut ketika nyanyin Pumped Up Kicks

Fatin nyaprut ketika nyanyiin Pumped Up Kicks

Iya, Fatin punya factor X yang bikin orang jadi suka. Lagu Girl On Fire dan Diamond misalnya. Kalo kamu buka yutub, banyak sekali komentator yang bilang kalo mereka komen di lagu ini gara-gara Fatin. Komen mereka rata-rata begini, “Fatin brought me here”. Yang membuat orang bule bertanya-tanya, “Who is Fatin?”.

Tuh khan, gak perlu macem-macem buat Fatin untuk go international! Gak perlu bisa dance yang super sulit untuk bisa gou inteneisyenel. Gak perlu harus punya suara akrobatik meliuk-liuk sampai fals untuk meraih semua itu. Simpel aja, cukup memanfaatkan anugrah dari Tuhan. Suara yang unik!

Secara penampilan, Fatin juga lebih unik dibanding peserta lainnya. Gadis muda belia pecicilan yang pakai penutup kepala itu bikin para bule terkagum-kagum. Kalo kata Anggun, mereka kagum karena “walaupun” pakai penutup, tapi kok bisa fashionable dan kekinian. Yang dipikiran mereka, dengan penutup seperti itu, dugaannya pasti bawain lagu-lagu rohani.

Kayaknya udah jelas yak. Jadi semoga nggak ada yang protes lagi. Kalo aku pribadi, siapapun yang menang ya terima aja. Toh itu pilihan masyarakat. Tapi kalo yang menang Fatin, rasanya itu pas banget. Acara ini jadi bener-bener pure X Factor kalau pemenangnya Fatin.

Bonus Postingan:

Faktanya, Fatin memunyai tanggal lahir yang sama dengan mas Ndop, blogger tersohor itu tuh. Jadi kalo nanti Fatin ulang tahun, jangan lupa ngucapin juga buat akooh ea qaqaqku tayank..

Postingan ini 100% persen ditulis pakai iPad. Aplikasi edit foto yang saya pakai: One Stop Edit Free, Insta Text, Frame Artist.

76 Comments

Komen dong!