Ada Apa Ya?

Blog ini sejak 2 bulan yang lalu, tepatnya sejak aku menang GOLD Internet Sehat, tiba-tiba ada aja cobaan melanda..

KENA HACK
Hal yg membuat lemes para blogger yang pakek blog berbayar adalah diacak-acak blognya oleh orang “iseng” yang layak masuk neraka jahanam sebelum dia minta maaf ke saya dan tanggung jawab atas apa yg dia perbuat!.

Saya yang mempunyai pengetahuan awam mengenai isi mesin wordpress pun kelabakan waktu itu. Cari di google pakek kata kunci “CollapSec” yang menghack blog saya (dan 50 blog wordpress yg lain!) masih belum nemu cara mengatasi.

Baiklah untungnya dengan kesabaran super saya pun membenahi widget blog yang hilang. Jadi hackernya ngehek blog lewat widget, disisipi kode aneh gitu deh..

BLOG GAK BISA DIBUKA DI RUMAH

Demi keamanan, admin hosting saya yang ganteng pindah server yg lebih kuat securitynya. Beberapa hari kemudian, ketika asyik mau balas komen blog, tiba-tiba koneksi internet saya putus! Blog gak bisa ngeload. Saya coba buka google dan facebook, ternyata lancar.

What the hell?

Saya restart modem. Ternyata blog saya bisa dibuka lagi! Horeee… Tapi 5 menit kemudian koneksi putus lagi!

What the hell part II?

Saya restart modem spidi saya lagi. Ternyata blog saya bisa dibuka lagi! Horeee.. Tapi 2 menit kemudian koneksinya putus lagi!

What the hell part III?

Saya pun bertanya ke teman-teman facebook dan twitter, kata mereka blog saya lancar dibuka! Ini apa yang terjadi?

Lalu saya coba buka pakek kolong jembatan (hidemyass dot com). Nggak bisa dibuka bro! Coba ganti DNS google gak mempan. Coba Open DNS juga gak mempan. Pakek Securitykiss juga gak mempan! Ganti Ubuntu juga gak mempan! Reset modem pun juga gak mempan. Masih saja putus koneksinya selama 5 menitan.

Petugas spidi datang ke rumah. Dan damn! Koneksi blog saya tiba-tiba lancar. Ketika petugas spidi pulang, DAMN koneksi blog saya putus lagi!

What the hell part IV?

Tilpun satu empat tuju. Dan katanya, spidi cuma bisa bertindak kalo koneksi internet putus. Lha ini memang gak putus, cuman aku ga bisa buka blogku aja. Jadi ini buka masalah spidi, ini masalah peribadih! Jadi spidi angkat tangan.

PINDAH HOSTING

Update status di facebook, curhat. Banyak kawan-kawan aiti yang ngebantu memecahkan masalah. Rata-rata solusinya ganti DNS dan Flush DNS. Semua sudah saya lakukan dan masih gak mempan. Masih harus restart dan restart modem spidi. And the fainel solution adalah GANTI KONEKSI SPIDI atau PINDAH HOSTING.

Solusinya pahit banget!

Help Me

Ganti koneksi lain selain spidi?

NO! Di Nganjuk cuma ini yang paling stabil koneksinya. Modem ge es em, sidi ema, sinyalnya kurang bagus di Nganjuk. Jadi aku gak bisa pindah ISP (Internet Server Provider) selain spidi.

Dan dengan berat hati, saya pun curhat ke admin hosting saya. Mau pindah hosting. 4 tahun sudah blog saya bernaung di sana. Dan saya memang harus pindah hosting untuk mengusir kegalauan saya.

Pindah hostinglah saya ke temen lainnya. Saya lebih sreg ganti hosting ke teman sendiri. Yang sudah kenal. Saya males coba-coba.

Perpindahan hosting gak semulus yang saya bayangkan. Ada aja cobaan. Sehari dua hari blogku masih nyantol di hosting lama. Seminggu kemudian akhirnya bisa dibuka. Lalu beberapa jam kemudian sudah gak bisa dibuka.

Banyak laporan yang bilang kalo blogku gak bisa dibuka di sana. Ada yg ngelaporin pakek fleksi, aem tri, juga spidi kayak saya. Waduh ini malah orang lain yg gak bisa buka. Gawat! Kalo dulu khan cuma aku yg ga bisa buka. Kalo orang lain? Berpengaruh ke kunjungan perhari pastinya. Dan benar, trafik blog saya pun jadi turun separuhnya..

trafik turun

Admin hosting saya yg baru bilang, domain saya mungkin sudah lama di hosting lama, jadi perlu waktu agak lama untuk proses migrasinya. Jadi yang harus saya lakukan cuma satu..

BERSABAR

Ini sudah seminggu lebih. Aku pindah hosting sejak 7 Februari. Sudah 11 hari yah. Tapi tadi pagi ada yg lapor, blog saya gak bisa dibuka di sana. Dia pakek spidi. Tapi entahlah, saya enteng saja sekarang. Nggak beban. Saya anggap ini cobaan. Saya anggap ini ujian. Ujian lebat (itu hujan!). Ujian untuk meningkatkan level kesabaran saya..

ADA APA YA?

Saya coba ping pakek command. Ping ke dzofar.com. Berhasil. Tapi ketika saya coba buka di firefox atau chrome, blogku ga bisa dibuka. Namun sejak pindah hosting ini, saya bisa buka blog pakek securitykiss tunel. Semacam software untuk membobol situs gak senonoh yang diblockir spidi.

DAMN, BLOG SAYA DIANGGAP SITUS GITUAN DONG!!!!

Ya Tuhan, nembak kiwod saja saya nggak pernah. Saya posting ya ngalir saja, nggak pakek jurus es e o sama sekali. Cuman satu saja pedoman saya, saya selalu menganggap pembaca blog saya ini bodoh-bodoh, sehingga saya akan posting sekomplit-komplitnya (pakek foto juga) dengan penjelasan yang maksimal biar pada paham semua..

Dan entahlah kenapa ini bisa terjadi di domain dzofar dot com. Yang saya lakukan adalah menunggu sampai minggu depan, kalo blog ini masih aja ada yg gak bisa buka, saya akan pindah ke hosting awal. Mendingan saya yg sengsara daripada pengunjung blogku yg ga bisa buka blog ini.

Sedih juga ketika ada yg lapor blog saya gak bisa dibuka, sementara dia lagi pingin belajar vector dari tutorial saya di blog ini. Sumpah ini nyesek banget!

Hmm.. jangan-jangan blogku kena virus?

Saya pun coba cari plugin antivirus. Saya coba seken template blogku. Dan nemu ini:

Virus

Waduh templateku ada virusnya! Mungkin itulah yg membuat blogku ga bisa dibuka. Soalnya dianggap virus. Waduh. Semakin galaulah saya. Dan saya pun terbersit untuk berhenti ngeblog saja. Dan jualan jasa vector melalui facebook saja. Saya frustasi. Iya frustasi!

*cangkul mana cangkul*

Macul saja ndop!

Jadi petani kayaknya enak ya. Pagi-pagi udah di sawah. Menghirup udara segar sambil olah raga macul di sawah. Hidup enteng. Simpel dan bahagia. Gak sibuk mikirin internet yang kebanyakan bikin galau.

Ummm… tapi semua tidak semudah yg kita pikirkan khan? Petani-petani di sawah juga mikirnya sama kayak aku. Mereka pasti juga mikir kerja duduk di depan komputer juga enak. Tinggal duduk saja duit datang sendiri..

Yaaah, hidup ini memang sawang sinawang.. Enak enggak itu tergantung dari sisi mana kita melihatnya..

Petani itu enak kerjanya kalo dilihat dari sisi orang yg stress kerja di kantor yang kerjanya duduk mikir rawan penyakit karena tubuh gak gerak.

Pekerja kantoran juga enak kerjanya kalo dilihat dari sisi petani yang kepanasan kena terik sinar matahari. Belum lagi kalo sawahnya kebanjiran, tanaman mati semua. Penghasilan gak pasti, mau makan apa ini nanti, SPP anak aja 5 bulan belum dibayar. Duh Gusti kasih aku rejeki..

__________

Dan hari ini, 18 februari, saya bisa buka blog saya tanpa software security kiss. Dan bisa ditebak, saya pun juga bisa buka situs gituan. Padahal biasanya diblockir internet positif. Jadi hari ini spidi lagi membuka semua akses ke situs manapun. Tanpa blockir. Mungkin cuma pagi ini. Siang nanti mungkin sudah berubah.

Yang saya lakukan cuma menunggu. Menunggu migrasi domain ke hosting baru dengan sempurna. Ini memang tergantung koneksi internet masing-masing provider. Dan masih ada kok yg bisa buka blogku. Jadi ini hanya masalah waktu.

Lha virusnya tadi gimana ndop??

Sudah saya laporkan ke temen yg pinter coding. Semoga segera mendapatkan bantuan. Doain semua beres ya teman-teman ndofans™. Biar aku semangat bikin tutorial lagi.

Thank you…

__________

Eh barusan brosing dan nemu web ini. Di situ dijelaskan, kalo di hasil scan antivirusnya ada tulisan “There is no virus”. Berati save. Berati blogku gak ada virusnya

YAY!!

Cuma harus sabar aja sih. Mungkin migrasinya emang agak lama..

Udah ah..

__________

UPDATE 22 Februari 2013

Atas sarannya Blogdokter, akhirnya saya deactivate plugin JetPack. Alhamdulillaah sekarang lancar koneksi blog saya. Terimakasih ya mas.. :kiss: :hug:

_________

UPDATE 23 Februari 2013

Setelah deactivate plugin Jetpack, ternyata blogku masih gak bisa dibuka kecuali pakek security kiss. Yasudahlah, ternyata kesabaran masih diuji. Semoga blog ini cepat pulih ya teman-teman. Minta doanya..

_________

UPDATE 28 Februari 2013

Setelah dicek di intodns.com ternyata masih ada yg nyantol di freedns.afraid.org. Dan setelah diedit sama admin hosting di WHM (Web Host Manager) sekarang sudah nggak ada yang nyantol lagi. Semoga setelah ini blog bisa terbuka lancar. Aaamiin…

*update di rumah mas Jodi (pemilik ceritainspirasi.net) di Solo*

50 Comments

Komen dong!