Latihan Ngomong di Depan Kamera

Lebih tepatnya latihan jadi orang gila kali ya..

Maklum saya ini demam panggung. Dan levelnya sudah akut yah. Aneh banget, Kalo kamu ngobrol sama saya, saya ini cerewet. Tapi kalo sudah di atas panggung atau dilihat banyak orang, aku mati kutu dan mendadak gagap! Ini serius!

Makanya saya mulai melatih diri ngomong di depan kamera. Latihan sendiri dulu. Paling nggak belajar ngomong lancar tanpa ada lawan bicara. Karena kalo kita gugup di depan orang banyak, dengan latihan ngomong sendiri seperti ini, nanti kalo pas gugup, sudah terbiasa untuk ngoceh sendiri. Konon kalo kita grogi di panggung, kita harus menanamkan mindset di otak kita kalo penonton itu anggap aja bebatuan atau benda mati. Dengan begitu kita jadi cuek aja gitu. Haha..

Tumben paragrafnya panjang..

Video pertama ini bener-bener tanpa konsep apa-apa. Spontan. Curhat kejadian seharian tadi (pada saat rekaman 26 Januari 2013). Dua kali takes, soalnya sempet ngeblank mau ngomong apa.. :doh:

Lupa nggak ngasih backsound lagu -_-

Lalu ketika saya share di facebook, ada yg nyaranin untuk lebih terkonsep. Minimal backgroundnya ada karya saya yg dipajang. Sekalian promosi dan biar penonton gak bosen liat muka saya nggak videogenik ini. HAHAHA..

Maka pagi-pagi saya bangun, mandi dan siap-siap buat ngerekam video yang lebih terkonsep. Saya tulis pertanyaan-pertanyaan mainstream di kertas yg kemudian saya jawab secara SPONTAN berfikir mendadak saat video mulai recording! Jadi agak lama ya njawabnya soalnya belum terbiasa di depan kamera.

Sebelum rekaman, saya singkirkan baju2 yg menggantung di depan pintu kamar. Kursi yg menghadap ke selatan pun saya pindah tepat di depan pintu. Oke, background poster Pop Art WPAP saya lumayan berwarna untuk dijadikan background.

Rekaman video dengan background pop art WPAP

Screenshot video dengan background pop art WPAP

Dan video pun mulai merekam… Kemudian saya duduk lalu bingung mau ngomong apa. Ngeblank!

KAAAAAAAT!!! KAAAAAAT!!!

Delete Video barusan. Lalu konsentrasi. Tarik nafas. Buang nafas. Recording diulang. Saya mulai senyum dan ngomong lumayan lancar untuk ukuran orang gagap panggung. HAHA.

Di video ini, takesnya berkali-kali. Soalnya ada 8 pertanyaan yang harus saya jawab. Di antaranya:

  1. Vector itu apa, menit ke 0:06
  2. Awal Mula Bisnis Vector, menit ke 1:57
  3. Suka Duka, menit ke 12:26
  4. Tips Buat Pemula, menit ke 16:53
  5. Kenapa Males Nyetir Motor, menit ke 22:19
  6. Tips Biar Orderan Laris, menit ke 25:47
  7. Cara Mesen Vector, menit ke 31:02
  8. Jenis Vector, menit ke 32:31

Supaya nggak bosen, saya kasih backsound lagu-lagu di bawah ini

  1. Grenade – Bruno Mars
  2. Pumped Up Kicks – Foster The People
  3. I’ll Be There For You – The Moffatts
  4. Langkah Peri – Cherry Bombshell
  5. Sometimes I Feel Like Alice – Lisa Mitchell
  6. Love and War – Tamar Braxton
  7. Satu Yang Tak Bisa Lepas – Reza
  8. Misty – Sarah Vaughan

Silakan di play. Videonya 30 menit lebih dikit. Lama. Kalo mau langsung ke pertanyaan, silakan geser ke menit yg kalian pilih dari lists di atas.

ENJOY KAKAK!!! :rock:

Masalah melanda, ketika saya sudah lancar berbicara, dadakno memori kamera yg cuma 2 giga itu habis!! Saya pun memindah file videonya dari memory ke harddisk komputer dan mengulang pas bagian yg hilang tadi. Dan sudah bisa diduga kalo jawabannya berbeda dari rekaman awal! HAHA..

Masalah datang lagi, kali ini batreinya habis. HUWAAAAA… karena pertanyaan terakhir (pertanyaan nomer 9) nggak penting, maka nggak aku masukkan di video ini. Cukup 8 pertanyaan aja.

Udah ah…

64 Comments

Komen dong!