09 Dec 2012

Wisata Rohani ke Masjid Al Mubarok di Berbek Nganjuk

Hai hai, telat sehari nih postingnya. Gak papa lah. Daripada dulu saya malah posting sebulan sekali. Rugi banget udah nyewa dot com dan hosting kok masih males ngeblog. Oke sip..

Ini diyaaa…

Masjid Al Mubaarok Berbek Nganjuk

Saya sering berkunjung ke Masjid ini kalo malam Jum’at. Karena rame banyak orang berdoa di sini. Berdoa di sini rasanya adem. Beda aja suasananya dibanding Masjid lain. Nah sehabis berdoa di masjid, biasanya langsung menuju ke area makamnya Kyai Kanjeng Jimat yg berada di area masjid. Berziarah.

Saya pas bulan romadlon 2012 kemarin juga nyempetin tarowih ke sini. Jarak rumahku (Nganjuk kota) ke Masjid ini sekitar 10 km. Suasana di dalam masjid sangat hangat dan damai. Lampunya remang-remang kuning. Membuat sholat jadi terasa lebih khusuk (menurut saya pribadi).

Foto di atas itu suasana di luar Masjid. Bagian dalamlah yg merupakan bangunan asli jaman dulu. Dibangun pada tahun 1745 (waw, udah 250 tahun lebih!) oleh Waliyulloh Kanjeng Jimat yg merupakan Bupati pertama Nganjuk. Jadi bangunan yg luar itu cuma tambahan gitu.

Yuk kita lihat photo yg lain…

Beberapa sudut masjid Al Mubarok Berbek Nganjuk

Dari kiri atas ke kanan bawah: 1. Bedug Masjid yg konon ada kejadian ghoib, 2. Pintu menuju ruangan dalam (bangunan asli), 3. Gapura untuk memasuki area makam Kyai Kanjeng Jimat, 4. Teras masjid

Nah, apa itu kejadian ghoibnya? Jadi bedug itu pernah dipindahkan ke Masjid Jamik Nganjuk (sekarang disebut Masjid Agung Baitussalaam). Keesokan harinya, bedug itu kembali ke tempat semula (Masjid Al Mubarok) secara ghoib. Serem Keren yah!

Di sana juga ada ungkal yg tiba-tiba mak mecungul ada. Tanpa ada yg membuat gitu. Ungkal itu fungsinya untuk mengasah pedang pada masa penjajahan Belanda dulu. Saya kok lupa nggak motret ungkal itu ya? :cry:

Eh ayo kita tengok bagian dalam masjid…

Bagian dalam Masjid Al Mubarok Berbek Nganjuk

Nah, itu dia bagian dalam Masjid Al Mubarok Berbek Nganjuk. Saya memotret itu pas pagi. Soalnya waktu itu saya sengaja olahraga sepedahan pagi ke sana sambil photo-photo.

Suasana dalam masjid kalo malam jumat jelas beda banget. Semua lampu dimatikan kecuali beberapa bohlam di sudut sana sini. Jadi remang-remang banget di depan. Gelap di belakang. Tapi dengan begitu, suasana jadi tenang. Berdoa pun bisa khusuk. Kalo mau berdoa sambil nangis pun gak bakalan ada yg tau, jadi gak usah malu. #IniCurhat #Ketauan

Sebentar, saya mau nampang dulu…

Pintu masuk menuju makam Kyai Kanjeng Jimat

Saya berfoto di gapura makam Kyai Kanjeng Jimat. Hehe. Masih belum segemuk sekarang yah. Maklum foto di atas itu diambil 30 Januari 2011 yang lalu. Kira-kira masih 75 kiloan. Sekarang sudah 80 kilogram!

Eh ada yg unik…

Jam Matahari di Masjid Al Mubarok Berbek Nganjuk

Huwaaa.. ada jam matahari. Dulu waktu kecil aku sering main-mainan jam matahari pakai batang lidi yang ditancapkan di tanah di bawah terik sinar matahari. Jadi kangen masa kecil yah.

Jadi saya ke sini kira-kira sebulan sekali (atau dua kali, tergantung moodnya temenku). Berangkat sama temenku naik motor. Sebenarnya sih saya kepinginnya tiap malam jumat ke sini. Tapi jarak 10 kilometer naik sepeda itu bikin ngos-ngosan kakak. Ntar pas giliran berdoa malah ngantuk gimana? Hehe. Alasan!

Pernah sih sekali ke sini naik sepeda. Tapi trus kapok. Soalnya serem perjalanannya. Jalan menuju ke lokasi ini gelap gulita. Menyeramkan. Takutnya ada yg “jahil” menculik aku gitu.. :pukul:

Sampe masjid keringetan. Habis berdoa udah jam 11 malam. Males pulang. Jadi Sekalian nginep sampe subuh. Nginep bareng puluhan (atau ratusan?) orang-orang lainnya. Tidurnya di teras masjid. Kayak ikan pindang dijejer gitu deh.. :hihi:

Hmm.. karena aku gak begitu paham sejarah. Maka saya musti nanya-nanya di google dulu nih. Dan ternyata nemu link dari Indosiar ini. Di link itu ada videonya membahas Masjid Al Mubaarok. Di video juga ada ungkal ajaib yg saya maksud di atas.

Video di bawah ini adalah video dari link yg saya download lalu saya upload ke yutub biar makin gampang disearch. Selamat menonton…

indosiar.com, Nganjuk – Masjid Al Mobaroq yang terletak di Desa Berebek, Kecamatan Brebek, Kabupaten Nganjuk ini dibangun pada tahun 1745 oleh Waliulloh, Kyai Kanjeng Djimat yang juga bupati pertama Nganjuk.

Masjid ini dibangun dengan tetap mempertahankan budaya Jawa Kuno yang kental nuansa hindunya. Diantaranya bentuk kubah yang berbentuk kopiah raja dengan pendekatan ornamen Hindu.

Selain itu didepan masjid dipasang bencet untuk mengukur letak matahari guna menentukan waktu sholat. Alat ini dipadukan dengan arca linggayoni yang merupakan pemujaan umat Hindu. Namun belakangan arca Linggayoni diletakan di belakang masjid.

Keunikan perpaduan arsitektur Hindu dan Islam itu diperkuat dengan hiasan di setiap dinding, mimbar khotbah dan tempat bedug. Bahkan ukiran bunga di pintu masjid dipadukan dengan ukiran batarakala.

Perpaduan budaya ini dilakukan agar masyarakat yang kala itu mayoritas beragama Hindu bisa menerima keberadaan masjid.

Banyak mitos tentang masjid Al Mubarok ini. Pada tahun 1830 bedug dipindah ke Masjid Jami Nganjuk. Ajaibnya, keesokan harinya bedug itu kembali lagi ke masjid Al Mubarok.

Disamping masjid juga ada Ungkal ajaib yang biasa digunakan untuk mengasah pisau atau pedang. Ungkal ini disebut ajaib karena tiba tiba muncul saat perang melawan Belanda. Sehingga digunakan oleh para pejuang untuk mengasah pedangnya.

Masjid ini dibangun terintergrasi dengan makam Kyai Kanjeng Jimat yang ramai dikunjungi warga dari dalam kota maupun luar Nganjuk setiap malam Jumat ini. (Danu Sukendro/Her)

Sudah dibaca semua? Hehehe.. Nganjuk memang kota yg penuh mistis kayak saya juga mistis orangnya!

Ayok kapan-kapan ke sana bareng yuk. Berdoa. Menenangkan pikiran. Membuang stress. Mendekat kepadaNya. Insya Alloh doamu dikabulkan, tinggal sabar menunggu waktu yg tepat sambil terus berusaha. Huwalah, aku ini ngomong apa to.. Kowe ra pantes ngomong ngono ndop!

Yayaya… Baiklah, selamat berkomen riaa….

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



27 Comments Add Yours ↓

The upper is the most recent comment

  1. ini keren kakak………. ditunggu ungkalnyah
    Ardiyan punya postingan keren nih: Gudang Raksasa Amazon (Foto)

    • fastreading nih, khan ungkalnya ada di video..

  2. Kalo di Madiun ada masjid Taman. :)
    Cuma 2 km an dari rumah. :)
    Kalo tahun segitu bikinnya, unda-undi deh sama masjid Taman itu. Barengan sama berdirinya Madiun soale.

    • waaah… sak umuran berati ya… Tapi Nganjuk itu umurnya udah 1075 kang.. tuweeek. haha…

  3. Wah, njenengan nulis tentang Masjid Al-Mubarok juga ya… :D
    Nganjuk Kediri punya postingan keren nih: Walikota Kediri Membuka Sarasehan Keris

    • haha, telat iki mift, kudune khan 2011 yang lalu.. biyen males ngeblog..

  4. aku pernah kesitu mas ndop, tapi cuma dua kali… ngontel.. :D #nekat :kabur:
    srulz punya postingan keren nih: Download with uTorrent

    • hahahaha.. suk mben budal bareng yuk, ngontel..

  5. :rock: postingannya keren mas :)

    sama-sama pemenang di internet sehat blog award kategori Silver bulan Oktober :)

    salam kenal ya mas hehe

    • makasih maaass… :hug:
      iya salam kenal juga.. Sampe jumpa di pemenang GOLD ya mas.. Aaamiin..

  6. itikaF di mesjid2 yang mempunyai sejarah panjang terkadang bisa membuat jiwa tentram… :malaikat:
    Plagiart™ punya postingan keren nih: free Download Vector Collection Butterfly

    • obat galau mas.. haha

  7. bbeh..
    udah jarang tu kang yang pakek jam matahari gitu.. :)

    emot disini lucu euy..
    ajarin buatnya dnk. :D :sip:

    • iya mas. lha wong sudah ada teknologi. Haha.. emoticon satu satunya di dunia. Ada kok tutorialnya di blog ini. Tengok sidebarku.

  8. Ih seyem amat masjidnya Ndop.. masak bedugnya bisa pindahs endiri gitu.

    Masjid emang tempat yang menyenangkan, bisa bikin adem luar dalem :D
    Rusa punya postingan keren nih: Penangkaran Rusa Bawean di Pulau Bawean

    • iya. Soalnya yg membuat masjid bukan orang sembarangan. Waliyulloh gitu deh kauca. Iya betul, bikin adem hilang galaunya. haha

  9. beberapa kali ke Nganjuk, tapi belum pernah mampir ke sini Kang, jadi penasaran nih. Kalo ke sana sambil numpang ngungkal pedang boleh nggak ya hhhh
    Djangan Pakies punya postingan keren nih: Usaha Sukses dengan Modal Seratus Juta

    • berati suk mben mampir kang. Aku melu pisan haha. Boleh banget kang. Tapi koyoknya ungkale wis ra mbentuk. Mbuh piye carane ngungkal. haha..

  10. wah, jalan-jalan terus nih..
    dayatn punya postingan keren nih: Tulisan Pertama di Blog yang Baru

  11. jalan, jalan,,,\hunting makan…
    kayak gitu terus
    dayatn punya postingan keren nih: iPhone 5 Masuk Indonesia 14 Desember 2012

    • nggak ah, baca deh tulisan saya sebelum ini, khan gak liburan terus. hehe..

  12. wah kapan bisa kesana ya :D

  13. :sip: keren bro.. ada anggapan bahwa dilarang wisata ziarah kubur padahal mereka tidak tahu apa2 tentang sejarah tempat tersebut. bukan berarti kita ziarah itu minta kepada yg sudah mati, bukan itu kita tetap minta kepada Allah SWT. bukankah nasehat terbaik adalah kematian, semakin sering orang ziarah semakin ia ingat akan mati..

    mantapppp
    Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan punya postingan keren nih: Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan

    • Hhehe.. iya mas. Makanya saya pilih2 juga temen yg mau saya ajak ziaroh bareng. Takutnya beda pendapat gitu. Yup, semua tergantung niatnya. Kalo saya sih niatnya mendoakan, bukan minta sesuatu ke orang yg meninggal hehe..

  14. kejadian gaibnya seperti apa? menakutkan or tidak? :hihi: apa benar aliendop?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)