Wisata Nganjuk: Air Merambat Roro Kuning

Jadi selain Air Terjun Sedudo, Nganjuk juga punya wisata andalan lainnya. Yaitu Air Merambat Roro Kuning. Kalau sampeyan mampir ke rumahku di Nganjuk, trus bawa motor, nanti bisa ajak aku ke sana. Gak jauh kok, cuma 45 menitan perjalanan dari kota Nganjuk.

Air merambat Roro Kuning berada di Kecamatan Bajulan (baca: mbajulan) itu sudah pegunungan gitu, jadi hawanya adem dong. Nama pegunungannya Pegunungan Wilis. Kenapa kok disebut air merambat? Soalnya airnya nggak terjun kayak air terjun, jadi cuma merambat aja. Nah yg unik adalah, airnya ada tiga. Kiri, tengah dan kanan. Kayak trisula gitu.

Ndop dan Air Merambat Roro Kuning

Tuh khan ada tiga air merambatnya. Sayangnya pas kemarau, jadi airnya dikit yg mengalir. Foto di atas diambil pada 16 Agustus 2012. Waktu romadlon. By the way, aku ganteng gak? #abaikan

Aku dulu sudah pernah ke Roro Kuning juga. Dan photo di atas itu kali ketiga aku mengunjunginya. Hmm. biar postingan nggak membosankan, aku cerita berdasarkan photo-photo aja ya..

Anang dan Roro Kuning

Nah, kalo photo ini diambil pada 2 Agustus 2010, dua tahun yang lalu. Dan lihatlah airnya mengalir deras yah. Modelnya Anang, si empunya blog anangku.blogspot.com, nabi blogger. haha..

Anang dan Monumen Jendral Soedirman

Di bawah Air Merambat Roro Kuning, ada Monumen Pesanggrahan Panglima Soedirman gitu deh. Dan Mas Anang di atas sedang berada di bawah monumen itu. Di atasnya ada patung empat orang yg sedang bermusyawarah. Agak-agak mengerikan kalo melihat patung itu lama-lama. Haha.

Tempat Musyawarah Panglima Soedirman

Nah, di area pesanggrahan Panglima Soedirman itu kalo kita masuk ke dalam ada tempat musyawarahnya lo. Masih primitif bentuknya. Bebatuan kali gitu deh. Sebelum menemui tempat musyawarah itu, kalian akan menemui Musholla yg sepertinya sudah direnovasi menjadi bangunan jaman sekarang. Lupa kok gak aku photo ya? Ah biarin deh.. (Model: Aku dan Anang)

Bebatuan di sekitar Monumen Pesanggrahan Panglima Soedirman

Sehabis dari tempat musyawarah, semakin ke dalam lagi, kita akan menjumpai kali dengan bebatuan yg besar-besar. Cocok sekali sebenarnya buat photo pre wedding di sini. Dengan suasana yg sejuk dan pemandangan hijau dengan bebatuan akan menyiratkan makna yg kuat dalam bingkai pernikahanmu nanti.. *promosi tingkat tinggi detected*

Ada pancuran air gunung yang adem

Kalau pingin ngrasain air gunung yang bersih dan adem, telah disediakan air pancuran kok. Lihat wajah kami berdua di atas, tampak lebih muda 10 tahun khan? #tolongJawabIyaAja #maksa

Memasuki Wisata Air Merambat Roro Kuning

Mari kita tinggalkan Area Pesanggrahan, saatnya menuju ke lokasi wisata Air Merambat Roro Kuning. Ada patung Roro Kuning tentu saja. Bodynya disamping gemulai, juga gagah ya. Maklum Roro Kuning itu putri Raja Kediri.

Nah, konon si Dewi Sekartaji (nama asli Roro Kuning) terkena penyakit kulit dan gondok (penyakit bengkak dan berwarna kekuningan di leher) gitu deh dan setelah diobati ramuan dedaunan, akhirnya penyakit itu pun sembuh. Nah dalam masa penyembuhannya itu, si Roro Kuning sering mandi di Air Merambat itu tuh..

Sante bero, di area temat Wisata ada mushollanya kok, ada tempat jualan makanan juga, ada kolam renang. Ada apalagi ndop? Oke kita simak photo-photo di bawah.

Kolam Renang di Area Wisata Air Merambat Roro Kuning

Ada beberapa kolam renang. Yang ini kolam renang pertama. Caraku ngedit photo is enggak banget. Gak bagus sama sekali. Kamseupay ndop!

Berphoto di tulisan Roro Kuning

Bukti kuat kalo aku pernah ke sana adalah dengan photo di tulisan RORO KUNING. Semacam photo wajib kalo kita sedang berada di wisata tertentu. Haha

Saya dan Roro Kuning

Saya berphoto di bawah patung Roro Kuning. Memakai kaos Roro Kuning. Produk kaos pertamaku yg sudah terjual 24 pieces. Alhamdulillaah..

Aku dan Dony photo di Air Merambat Roro Kuning

Sumpah ya, mati gaya kalau lagi photo di depan Air Merambat Roro Kuning. Mau bergaya kayak gimana ya enaknya? Ah, random aja deh. Itu kenapa kok saya bawa-bawa sandal Crocs? bener-bener randop, eh random!

Peringatan di wisata Air Merambat Roro Kuning

Hati-hati ya kalau berada di lokasi wisata. Banyak beroda dijamin aman sentausa.

Menuju ke lokasi Rusa Timor

Ada penangkaran Rusa juga lo. Rusa Timor (Cervus Timorensis). Ayuk kita ke sana yuk..

Rusa Timor siap dikasih makan

Photo diambil sekitar Agustus 2010, dua tahun yang lalu. Dimana masih banyak rusa di sana. Tahun ini pas ke sana lagi sudah gak ada rusa sama sekali. Mungkin mati. Aku gak tau.

Sebenarnya ada koleksi bunga-bunga juga. Tapi sayangnya aku bingung cara masuknya. Kayaknya gak untuk umum.

_______________

Pulang yuk, kita pulangnya lewat jalan yang lain aja ya. Lalu kita turun gunung dan berbelok ke kiri dan ke kiri lagi, naik gunung lagi (muter). Kita sedang pulang melewati jalan menuju Kuncir Nganjuk. Jalannya super ekstrim. Apalagi sekarang. Jalannya udah pada rusak. Sangat berbahaya kalau gak ahli nyetir motor. Aku pernah offroadan sama temen-temen sepeda, saat itu jalannya masih gak serusak sekarang.

Hmm.. enaknya kalo lewat jalan menuju Kuncir ini adalah kita akan melewati Candi Ngetos.

Candi Ngetos Nganjuk

Nah ini lo Candi Ngetos. Eh, sudah ada cerita mengenai Candi Ngetos di Wikipedia. Silakan kunjungi link berikut: KLIK DI SINI SAYANG

Hmm… jaman sekarang ini, kalau cuma posting photo-photo kayaknya kurang afdhol. Jadi aku pun sempat merekam video pakek kamera poket Nikon Coolpix L22 ku.

INI DIYA VIDIYO TENTANG AIR MERAMBAT RORO KUNING

Seperti biyasa, videonya super amatir. Tapi nggak papa toh. Yang penting udah usaha mendokumentasikannya secara hidup. *muwesti ngeles*

Oh ya, kalau mau mesen kaos Roro Kuning, silakan hubungi saya ya, bisa melalui email ndop@dzofar.com atau sms aja 085648338167. Kalau pesanan udah nyampe 12, akan masuk produksi. Saya mesennya di Bandung. Jadi kualitasnya distro gitu deh. Di bawah ini detailnya:

Kaos Roro Kuning

Preorder Kaos Roro Kuning Nganjuk
Harga: 70 ribu saja
(Belum termasuk ongkos kirim)

PREORDER adalah Bayar (plus ongkos kirim, yang di area Nganjuk mending diambil sendiri di rumah saya), Nunggu kuota minimal 12 kaos, baru diproduksi. Lama produksi minimal 2 minggu.

KUALITAS:
– Setara kaos Distro Bandung
– Kainnya dingin dan lembut (Cotton Combad 30 S)
– Jahitan rapi.

SIZE Panjang(cm) Lebar (cm)
XS 43 66
S 46 68
M 49 70
L 52 73
XL 55 75
XXL 58 77

Ya Tuhan, ampunilah aku, ini postingan macam apa, kok ujung-ujungnya jualan kaos.. :ampun:

36 Comments

Komen dong!