Facebook: Close Friend dan Acquaintances

Jadi ada fasilitas di facebook yang membuat kita selalu update status temen kita. Istilahnya kita langganan status-status dia gitu. Istilah lainnya kita ngefans banget sama teman kita itu. Tapi secara diam-diam :ssst:

Kenapa diam-diam? Karena si teman yg kita ikuti statusnya itu dia nggak tau kalo sedang kita ikuti. Yoi jreng, I’m talk about CLOSE FRIEND. Fasilitas memilah-milah temen yg menurut saya OK banget untuk dicoba.

Close Friend di Facebook

Close friend banyak disalahartikan sebagai menutup pertemanan. DAMN! Salah bero. Toeflmu pasti di bawah 450 tuh. HAHA. Close friend itu sama kayak close to you, close to my eyes yang arti close berati DEKAT. Jadi close friend itu teman dekat bero.

Nah, kalo sampeyan punya banyak temen sampai ribuan, kadang males banget baca status galau temen kita yang kurang kreatif di news feed. Padahal ada status temen yang lain yg mungkin dia lebih jarang update dibanding temen galau kita itu, yang lebih bermanfaat buat kita. Nah, kita dianjurkan men-close friend-nya. Biar terfilter otomatis. Dengan kata lain, status temen yang kita “close friend” itu spesial dan “superstar”.

Apakah kita harus membuka facebook.com atau news feed/story dulu kalau mau mengikuti status close friend kita?

ENGGAK BERO! DAMN, LO CUPU BANGET BERO! PASTI KAMU GAK TAHU APA ITU SANDAL CROCS?

Jadi, status close friend kita akan muncul di notifikasi atau pemberitahuan atau istilah paling kerennya notification kamu. Asyik khan? cukup duduk aja, gak perlu nyekrol news feed, kita gak bakalan ketinggalan update setatus temen dekat kita.

Notifikasi/notification closefriend

Nama dan status sengaja diburamkan demi kemaslahatan bersama :sip:

Jadi jangan heran kalau setelah mencoba fasilitas ini, trus notifikasimu mencapai 99. Wajar banget tuh. Karena update status close friend kita ikut terhitung. Dan kalau kita selalu komen atau ngelike di status temen dekat kita, otomatis kita akan makin akrab dengan dia toh. Dan percayalah kalau semakin punya banyak temen akrab, umur dan rejeki pun bertambah secara barokah… Subha? Nallooh..

:hug:

______________

“Unfriend gak ya? Status-statusnya gak enak dibaca, isinya menebar kebencian sesama manusia. Kalau aku unfriend, nanti dia marah, khan kita udah pernah ketemuan bahkan akrab banget. Tapi aku gak suka status-statusnya yang sok suci itu.. hmm gimana ya? unfriend… enggak… unfriend.. enggak… “

HUAHAHAHA.. pernah ngalami hal semacam itu? Aku pernah! Dan untungnya ada fasilitas memilah-milah temen facebook yang bernama Acquaintances (baca: akuein.tenses). Dari segi bahasa, Acquaintances berarti kenalan. Derajatnya masih di bawah teman. Kalau kita menghadiri suatu reuni, pasti ada temen yg levelnya kenalan aja. Gak pernah sekelas, gak pernah ngobrol tapi saling kenal. Cuma kenal.

Acquaintances Facebook, cuma kenal

Nah, alangkah baiknya kalau menemui status temen yg kurang enak dibaca, kita turunkan derajat pertemanan dia menjadi Acquaintances atau sekedar kenal. Apa yang terjadi kalau temen kita diturunkan derajatnya di facebook? Dia akan jarang banget muncul di newsfeed. Istilahnya kalau semua friend kamu berhenti update status dan dia satu-satunya yg update status, baru deh muncul di newsfeed. HAHA. Status dia levelnya “nggak penting” gitu deh. HAHA.

Keuntungan menurunkan derajat pertemanan adalah kita gak perlu mengunfriend. Jadi gak nyakitin hati temen. Pemilihan level pertemanan menjadi Acquaintances tidak akan diketahui oleh teman yg bersangkutan kok, jadi ini HAK KITA. So, nyante aja. Kalau unfriend khan bisa ketahuan kalo sewaktu-waktu dia buka profil kita dan ada tombol “add as friend” di sana. Bisa GAWAT!

________________

Dari uraian di atas, sebenarnya kita gak perlu memblockir temen kita sendiri apalagi yg sudah pernah ketemuan. Apalagi yang udah akrab banget. Komunikasikan secara baik-baik kalo ada masalah yg mengganjal. Jangan biasakan memutuskan secara searah. DAMN, manusia makhluk sosial bero, komunikasi itu hal yang wajar dan mudah banget.

Okelah, aku memang sedang curhat nih. Sebagai pihak terblockir aku merasa hal ini kurang fair. Tidak menyelesaikan masalah, justru malah nambah beban bersalah. Dan apakah memblockir teman yg udah pernah bertemu dan akrab itu bisa tenang hidupnya? Saya rasa enggak. Kecuali kalau hatinya udah tertutup. Naudzubillaah.. Semoga ndofans™ semua selalu diberikan kelapangan dada dan ketulusan hati untuk memaafkan dan minta maaf..

Unblock yuk!

Mumpung di hari yang fitri ini, mari kita saling memaafkan. Sambut permintaan maaf dari kerabat atau teman kita dengan senang dan antusias. Lalu maafkanlah dia dengan tulus ihlas. Hapus semua kesalahannya secara tuntas. Pasti kita semua tahu kalau Tuhan mencintai perdamaian dan membenci pertikaian dan bercerai berai.

Fiuuuh… beraaat ini.. beraaaat… *megang perut* :pukul:

29 Comments

Komen dong!