Portfolio Real Vector: Horikita Maki, Taeyeon, Yoona

Halo ndofans™ semua. Sudah lama gak share karya di blog ini. Aku mau share vector real yg merupakan orderan klien sih sebenarnya. Si klien mau makek this real vector untuk kaos. Pertama sih, aku sarankan vector kartun aja atau lineart, mengingat jumlah warna yg sedikit sangat menguntungkan dari sisi sablon. Kualitas kaos sablon akan jauh lebih baik dibanding direct print to garment. Tapi si klien tetep ngeyel jaya, yaudah sebagai penjual jasa saya manut saja sama “sang raja”.

Dulu, tahun 2008, 4 tahun yang lalu, saya pernah posting tentang Karya Terdetail Saya yang kalo saya lihat-lihat sekarang, kok biasa aja ya. hahaha.. Makanya dengan adanya postingan ini, semoga bisa merefresh karya detail yg sesungguhnya.. *watuk watuk*

INI!

Horikita Maki SNSD Vector

Namanya Horikita Maki. Pemain Sinetron di Jepang sanah. Hehe. Ini vector real yg pertama saya buat dari tiga pesanan yg lain.

Menggambar vector di atas perlu banyak improvisasi. Soalnya aku pingin beda dengan photo aslinya sekalipun harus mirip. Yah, intinya aku gak mau hasil akhir vector real akan sama dengan photo aslinya. Sama aja bohong soalnya. Haha..

photo asli

Jadi saya banyak improvisasi di warna kulit sama matanya yg aku buat sebening dan sebersinar mungkin supaya mendapat nilai lebih di bagian situ. Karena orang melihat wajah yg dilihat pertama kali adalah mata. So, we have to make special for that part!

Langsung di diupload di facebook, deviant art, twitter.. Alhamdulillaah respon positive. YAY!

Menggambar vector perlu kesensitivitasan tinggi. Kepekaan tinggi terhadap peerubahan warna. Semakin sensitive semakin real hasilnya. Kalo untuk urusan detail, sebenarnya bisa diakali. Apalagi kalo urusan rambut. Cukup dibedakan volumenya aja. Yg rambut lebat berati didahulukan. Yg nggak lebat perlu digambar beberapa helai saja yg mewakili. Contoh dalam vector real mbak Horikita ini, rambutnya hanya perlu beberapa objek. Gak banyak. Coba tengok vector versi view > simple wireframe di Corel Draw di bawah ini:

Wireframe Horikita Maki

Masih jelas khan rambut-rambutnya. Gak ngruntel seperti bayangan orang-orang. Yg ribet malah matanya tuh. Kathing prekunthel ..

Hayuk kita tengok vector real selanjutnya..

Taeyoen Real Vector

Kalo yang ini namanya mbak Taeyoen. Anggota gelben SNSD

Untuk vector di atas, rambutnya memang agak ekstra detail. Tapi tetep sesimpel kita bikin mungkin. Gak usah lebay dengan menggambarnya perhelai. Wasting time banget sementara siapa juga yg mau ngeliat rambut lama-lama? Ada prioritas sendiri-sendiri dalam menggambar. Mata tetep prioritas sih. Setelah itu mungkin bibir. Hehe.. Hidung jarang begitu dilihat. :D

Coba kita lihat foto aslinya yuk..

Foto Asli Taeyeon

Nah, kalo sampeyan lihat foto aslinya yg ternyata hasil editan photoshop juga. Saya banyak melakukan improvisasi dari photo asli. Terutama rambutnya. Di photo asli rambutnya banyak terkena hilite di sana-sini. Sementara di vectornya gak aku kasih. Biar terkesan neicrel atau alami. Hehe..

Coba dilihat vector versi simple wireframenya yuk..

Taeyeon simple wireframe

Wireframenya lebih ribet dibanding vector Horikita ya.. haha.. Lumayan menguras tenaga konsentrasi dan kesabaran tinggi membuatnya. Ketika aku share di facebook, pak Toto Haryanto selaku “guru”ku di facebook memberikan sedikit saran. Bahwa rambutnya dikasih sedikit helai biar lebih real lagi. Oke sudah aku laksanakan kok di karya ini. Makasih ya pak.. :dance:

Oke yg terakhir, vector real Yoona:

Vector Real Yoona

Vector Real Mbak Yoona by ndop™

Vector di atas saya bikin keesokan harinya. Lumayan lancar karena habis tidur 8 jam. Haha..

Foto asli kak Yoona

Kalo dilihat dari foto aslinya, memang foto aslinya kurang bagus. Agak ngeblur. Jadi perlu usaha extra juga sih. Jadi ngomong-ngomong setiap photo selalu menemui kendala ya. Yah itulah hidup, tidak bisa lepas dari kendala. Tinggal bagemana kita memersiapkan “senjata” mengatasi kendala itu. Eh, kok aku keceplosan sok bijak lagi nih. Gak pantes ndop.. gak pantes.. :pukul:

Pantesnya kita lihat versi simple wireframenya aja yuk..

Yoona Simple Wireframe

Kelihatan ribet ya? Itulah hidup, seribet apapun tetep bisa diselesaikan kalo kitanya mau sabar. Kebanyakan dari kita ini kalah dulu sebelum mencoba. “Wah susah banget, aku gak bisa nih.. ” Padahal belum mencoba. *ndooop, jangan ceramah di postingan ini! SETOPP!!*

Kalo dibandingkan dengan postingan tahun 2008 yang lalu, tentu saja vector realku yg ini lebih matang dong. Hehe. Sebagai bukti kalau rajin berkarya dan gak cepat puas itu sangat menunjang kualitas karya kita. So, jangan berhenti berkarya kalo gak dipesen. Karena mungkin Tuhan ngasih waktu nganggur kita itu untuk berkarya lebih baik lagi. Sekian dan saya sampekan berita gembira, bahwa lebaran tinggal 15 hari lagi!!! HOREEEE!!! *menghibur diri*

29 Comments

Komen dong!