09 May 2012

Sudah Sucikah?

Sudah Suci ya?

Saya jadi inget bahwa almarhum bapak sangat amat peduli sama namanya suci. Make sense lah, kalau pakean kita suci, sholat kita jadi sah. Demikian juga ibadah lain yang mensyaratsahkan kesucian. Jadi bapak sangat mendidik anak-anaknya untuk mengutamakan bab kesucian ini.

Di era yang serba praktis dan modern ini, saya jadi mikir, apalah orang sekarang ini memperhatikan kesucian? Pakean yg kita pakek, lantai kamar buat sholat, lantai rumah buat menuju ke kamar sholat, kamar mandi, tempat wudlu.

Nah, mari kita bahas satu-satu…

LAUNDRY

Hmm.. Saya sempet ngelondre berbulan-bulan waktu kerja di Bali Juli 2009 yang lalu. Kerjaan kantor yang kadang pulang malam dan hanya dikasih libur Minggu doang, sementara hari Minggu itu waktunya jalan-jalan, membuat aku memutuskan untuk ngelondre baju saja.

Namun, saya jadi ragu. Itu orang yang mencuci bajuku tahu suci nggak ya? Apalagi di Bali yang mayoritas Hindu.

Suatu ketika, ketika aku lagi gak sibuk amat, aku pun mencuci baju di kamar mandi kos-kosan. Kebetulan kamar mandinya ada di kamar. Untuk menyucikan pakean kita, musti dibilas pakek air mengalir. Baru dijemur. Tangan kita pun musti suci juga. Hangernya juga musti disiram air mengalir juga. Nah lo, ribet khan? Gak juga kok, wong cuma disiram pakek air keran aja kok.

Kalo misalnya mbilas pakean kita di bak. Bak airnya musti dikasih air sampe tumpah dulu. Itu baru suci.

Nah, di laundry-laundry sekarang memperhatikan kesucian gak ya? Jadi serem nih aku mbayanginnya kalo misalnya pakean kita gak suci trus dibuat sholat. Jelas sholat kita gak sah lo. Wah wah wah..

Ada nggak ya Laundry Syariah gitu. Yang memastikan kesucian pakean kita jadi biar nggak mamang (ragu, red.) kalau mau pakek buat sholat atau ibadah yang menyaratsahkan suci.

Solusi terbaik saat ini adalah mencuci sendiri pakean khusus untuk sholat kita. Lalu ketika kita mau sholat, tinggal salin aja. Praktis dan nggak ragu lagi. Sip to!

LANTAI RUMAH

Nah ini juga sangat riskan dan bikin ragu. Kebanyakan dari kita tidak begitu memerhatikan kesucian lantai rumah. Orang mikirnya kalau udah dipel, berati suci. Kalau sudah bersih berati suci. Mak dieng! Bersih dan suci itu makhluk yang berbeda.

Bahwa suci itu identik dengan dialiri air mengalir dari atas ke bawah, dari ujung ke pangkal. Sama kayak pakean, lantai pun begitu. Menyucikannya musti DISIRAM AIR dari ujung ke pangkal, yang dalam hal ini air langsung terbuang ke luar. Jadi konsep ngepel yang gerakannya bolak-balik depan belakang itu nggak menjamin kesuciannya. Kecuali kalau lantai sudah disiram air dari ujung sampe pangkal lalu kita sucikan kain pel sama telapak kaki kita, lalu kita pel lantai itu biar wangi misalnya, baru boleh dikata suci.

Lantai ini sangat sensitif. Orang bebas berlalu lalang melewati lantai itu. Tidak kecuali anak kecil yang ngompol. Jadi alangkah baiknya kita sediakan kamar sholat khusus, lalu untuk menuju kamar sholat itu harus pakai sandal pas kita pakek wudlu tadi.

KAMAR MANDI

Wah untuk masalah kamar mandi ini. Aku sempet jengkel berkali-kali. Budaya barat yang seharusnya kita tolak itu ya masalah kamar mandi ini. Kalau mau fanatik-fanatikan masalah agama, ya harusnya fanatik dulu untuk urusan kamar mandi ini. Hal-hal super mendasar seperti kamar mandi ini kok tidak mendapat perhatian khusus sama ulama agama ya?

Urinoir atau tempat kencing model berdiri, yang merupakan salah satu elemen kamar mandi, ini merupakan budaya barat yg sangat riskan untuk membuat celana kita kecipratan air kencing kita sehingga najis dan gak sah dibuat sholat!

Solusinya ya kembali ke bab laundry tadi. Musti dialiri air mengalir. Alias musti basah kuyup dulu baru bisa dipakek sholat.

Solusi kedua, selalu bawa sarung. Lepas deh semua atribut yg buat kencing kita tadi.

Kalau masih ada bak mandinya. Alangkah lebih baik kalau kita isi sampe tumpah. Baru kita pakek buat cebok dan menyiram bagian tubuh yg sekiranya kecipratan najis. Maklum bak kamar mandi jaman sekarang ini khan kecil gak lebih dari dua kolah (60x60cm persegi). Jadi kalau bak mandi kecil itu kecipratan air najis sedikit aja, ya najislah semuanya.

Tapi Islam itu agama yg mudah. Tidak menyulitkan umatnya. Namun juga jangan enak-enakan dengan aturan-aturannya. Kalau posisi sedang darurat, insya Alloh dimakfu sama Alloh.

Salah satu contoh darurat itu kayak ketika kita berdiri sante di kubangan air di pinggir jalan trus tiba-tiba ada bis menerjang kubangan itu dan mengenai kita, itu contoh najis yang dimaafkan oleh Alloh. Namun, jika kita bawa baju ganti, ya ganti dong. Intinya jangan keenakan aja.

Urusan suci ini gak berat kok. Ringan banget sebenarnya dan mudah dilakukan. Cuman sedikit yang memerhatikan. Orang sibuk beribadah berat seperti perang membela kebenaran membasmi kemaksiatan namun lupa kalau ada hal mendasar yang musti lebih diperhatikan lagi, yaitu KESUCIAN. Sholat adalah tiang agama. Kalau sholat kita aja tidak sah. Trus bangunan kita roboh dong! Astaghfirulloohal adziim..

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



55 Comments Add Yours ↓

The upper is the most recent comment

  1. :pertamax: siip banget mas,,, salut ma postingannya,,,,
    :kiss: :kiss: :kiss:

    • makasih mas, sekedar ngungkapin sesuatu yg ngeruntel di ati..

  2. nug #

    pertamaxxxxxxxx……………………………. :dance:

    ya kah ???? :rolleyes:

    komen dulu baru baca :dance:
    nug punya postingan keren nih: Pemimpin yang Ngawur Tapi Manjur

  3. nug #

    waaahhhh… gagal pertamaxxxx…. :sad:
    nug punya postingan keren nih: Pemimpin yang Ngawur Tapi Manjur

  4. :tepuk: :kiss: :dance:
    Siji ~ Seputenipun ingkang katah mas.Ndop,aq gak percoyo karo Londri.Opo enek Londri syariah..kalopun ada yo larang..
    Loro ~ Kalo punya rumah emang enaknya dibuatne kamar khusus buat Sholat
    Telu ~ Kalo Mas.Ndop nggak meau kececeran waktu piscur di kloset berdiri,ya kemana2 bawa selang ukuran sekitar 10 Cm, Buat sambungan ANUnya mas ndop biar kalo pipis nggak kemana2.. Lain lagi kalo Mas.Ndop’nya pipisnya sambil lari2..heheheheheehehehehehe :doh:

    • hahahaha… aku sak niki nggih umbah2 piambak, ngucek dewe sekalian fitness. Hahaha.. aku gapernah pipis di mall mall yg model berdiri itu. Mending cari yg ada bak mandinya..

  5. :tepuk: :kiss: :dance:
    Siji ~ Seputenipun ingkang katah mas.Ndop,aq gak percoyo karo Londri.Opo enek Londri syariah..kalopun ada yo larang..
    Loro ~ Kalo punya rumah emang enaknya dibuatne kamar khusus buat Sholat
    Telu ~ Kalo Mas.Ndop nggak mau kececeran waktu piscur di kloset berdiri,ya kemana2 bawa selang ukuran sekitar 10 Cm, Buat sambungan ANUnya mas ndop biar kalo pipis nggak kemana2.. Lain lagi kalo Mas.Ndop’nya pipisnya sambil lari2..heheheheheehehehehehe :doh:

  6. wah hada hustadz baru nih, mohon bimbingannya… :ampun:
    Sriyono Saja punya postingan keren nih: Daftar Alamat Kantor PLN

    • huaaaa… saya hanya menyampaikan yg pernah diajarkan almarhum bapakku, hehehe..

  7. “Saya jadi inget bahwa almarhum bapak sangat amat peduli sama namanya suci.” sifatnya kayak bapak sayah nih :rock:
    makasih mas ndop udah membuat artikel yang telah banyak mengingatkan tentang kesucian :ampun:
    mubaroki punya postingan keren nih: Kontes SEO dari SITTI.co.id

    • yoi mub, mari menjaga kesucian sebelum beribadah, terutama sholat.

  8. Kalau blog bersih malah nggak suci…
    Apalagi lukisan :D
    marsudiyanto.net punya postingan keren nih: Tidak Sekali Jadi

    • agak tinggi ya pak bahasane, aku kok ra mudeng, haha

  9. abot bahasannya :p :ampun:
    Fenty punya postingan keren nih: Pendidikan : Antara keniatan dan kedisiplinan

    • ringan banget ini mbak, yg berat itu membahas filsafat :p

  10. Suci memang dari hal-hal kecil dulu, seperti kata AG Jym, mulai dari yang kecil, dari diri sendiri, dan dari tadi.. :)
    giewahyudi punya postingan keren nih: Kacang Pukul Bagansiapiapi dan Enthing-enthing Gepuk Salatiga

    • hahaha.. yg jelas kalau najis sedikit aja gak sah buat sholat. Bukan masalah hal kecil hal besar ini. hehe..

  11. persiissss seperti ajaran ibuku…beliau juga ketat dalam hal ini, misalnya tampungan air bersih kecipratan air tampungan yang dipakai sehari², langsung diganti semua tampungan air bersih atdi…bak nya juga dicuci… sholat juga harus ganti baju kecuali klo sedang darurat misalnya bepergian…waah mas ndop, benerr iku mass..bener tenan.. najis emang sering dianggap remeh, pdhal iku hal yg pling mendasar… top markotop postingan iki..semoga mendapat pahala yg banyak mas ndop.. :doa:

    • aaamiiiin… yoi kak. Fatal lo. Sholatnya nggak sah! Nah lo.. hal sekecil ini perlu diperhatikan dengan sangat seksama. Hehe.. kalau sampeyan main ke rumahku, lantai rumahku bebas diinjak pakek sandal, soalnya emang lantai di rumah diasumsikan nggak suci. Hehehe…

  12. apalagi klo ke wc umum…hualah…jdi ragu deh mau shalatnya juga….
    Ajeng Rismaniar punya postingan keren nih: Obat Alami trigliserida

    • hehe, kalo WC nya ada bak airnya, ya dikasih air sampe tumpah biar suci. :D

  13. Orang sibuk beribadah berat seperti perang membela kebenaran membasmi kemaksiatan namun lupa kalau ada hal mendasar yang musti lebih diperhatikan lagi, yaitu KESUCIAN.

    bener mas, kata ustadz percuma ibadah nya (mis sholat) kalo wudhu’ nya ga benar..

  14. :sip: pembahasannya luar biasa, masalah kesucian kadang memnjadi hal yang terlupakan. jaman sekarang kebanyakan orang ngertinya bersih, perkara suci atau tidak kadang mereka gak faham. padahal yang namanya bersih belum tentu suci. begitu halnya di tempat londry, yang diutamakan oleh mereka adalah bersih dan wangi. apakah air yang digunakan suci dan mensucikan? hmmmm itu menjadi tanda tanya besar

    • betul mas, sangat betul! Kalau darurat sih mungkin bisa dimaklumi, kalau punya banyak waktu untuk mencuci sendiri, alangkah baiknya dicuci sendiri. ATau di laundry pesen yg paketan cuci basah, nanti di rumah dibilas sendiri..

  15. :wink: article yang bagus

  16. Ciput #

    Yang bisa kita upayakan adalah selalu menjaga kebersihan. Karena kita tidak bisa selalu membersihkan kotoran yang sifatnya lembut, mbledog dll.
    Ciput punya postingan keren nih: Benteng Fort Rotterdam

    • bersih dan najis itu beda mas. Kecipratan najis setetes itu masih bersih, tapi tidak suci sehingga tidak sah dibuat sholat.. cmiiw

  17. NhiZZ #

    Jiaaannn,,, Mantabbb ki wes koyok Kiai ki… :sip:

  18. Sudah sucikah / sudah di :fastreading: CUCIKAH ?

    xxixiix

  19. suci.. eh itu temenku sd mas ndop…. :eh :jayus :hug:

    jan, rummit tenan yaa … :glundung: kalau ngga ngerti… makasih mas ndop, sharenya… :sip:
    srulz punya postingan keren nih: Instagram Socialmatic Camera

  20. Saya juga terbiasa nyiapin pakaian khusus untuk sholat.
    Begitu mau sholat, tinggal ganti pakaian.
    Ucha punya postingan keren nih: 8-8-8 Movement On The Go

  21. samaaa…aku lagi ada grundelan di hati juga. kan aku nyucinya pake mesin cuci, nah ada gak yah mesin cuci yang ganti airnya sampai 7 kali? biar suci gitu baju-bajunya, bukan di giles tapi di guyur2 pada cucian terakhirnya…huahahaa *ngarep* :rock:
    Mengenang Canon IXUS 95iS punya postingan keren nih: Privacy = Harga mati

  22. anadhofatu minal iman mas haha, jarang-jarang pengajian bahas ini, bisa jadi bahan buat besok hagz-hagz :dance:
    masteham punya postingan keren nih: Memberi Ramuan Pada Kolam (Mencoba Ternak Lele Dengan Kolam Terpal Part 2)

  23. sip banget artikelnya mas. mengingatkan kalau yang bersih itu tidak berarti suci.
    selama ini saya disediakan londri sama perusahaan, tapi kalau masalah pakaian tertentu juga suka saya cuci sendiri
    alief punya postingan keren nih: Seminar Open Source – Ponorogo Go Open Source

    • manteb mas! btw kalo loundry khan bisa mesen yg basah aja, nanti dibilas sendiri supaya lebih yakin, hehehehe..

  24. mantab….., makasih pak yai…… :)

  25. Wow… dari membaca tulisan diatas aku sedikit bimbamg mas ndop, soalnya hampir setiap hari aku gag memperhatikan faktor2 kesucian se-detail itu. harus banyak belajar nih.. #bookmark dulu. :sip:
    adisuryap punya postingan keren nih: Di malam H-8 UNAS

    • hehehe, sudah susah di jaman sekarang mas. Semua serba “bersih” oriented, walhasil ya musti kadang pasrah dengan keadaan..

  26. menarik tulisannya…semangat yaaa…:)
    kontraktor bangunan punya postingan keren nih: MODERN OFFICE AT CNI PURI INDAH

  27. Untung ndik Kost ku Bak Mandi ne lumayan gedhe, trus nek umbah2 yo ndik ngisor e Kran, dadi penak…
    Miftahur punya postingan keren nih: Lezatnya Bisnis Kuliner Bersama Bpk. Jody Brotosuseno

    • he eh.. sing penting nyaman atine..

  28. Wah,,, mas bro sampe sedetailnya,,,

  29. Thanks mas bro, postingannya memang keren

  30. YANG INI,,BENER2 SALUT BUAT MAS NDOP,, GA NYANGKA, PINTER AGAMA JUGA, SALUT2.. (SORRY,,tulisan tak bikin gedhe, karena emang kagum… :tepuk: )

    Di jogja banak banget aliran agama Islam mas (curcol.. :sad: ),, dan yang sering q liat, lebh suka bilang kamu kafir, padahal juga sama2 sholatnya dibilang gi2, hanya gara2 ga sepaham..kajiannya lebih sering ke gmna cara ngganti ideologi Pancasila (secara tersirat tapi..) en juga sukanya njelek2in orang, dibilang kafir dll.. hadits yg sering dipegang banyak orang pun dibilang hadits palsu, masyaAllah,,ampek bosen ngritik orang2 kayak gini di jogja..anehnya,,perihal mendasar, tentang tata cara bersuci tak pernah mereka kaji,,padahal menurut masndop ndiri juga blablabla… yah,, sm orang kayak masndop lebih banyak lagi di jogja, biar ga ada orang yang suka bilang orang lain kafir (gara2 g sepaham ma mreka n pdahal juga sama2 sholatnya..) na’udzubillahimindaliik… :doa:

    • iya ya mas. Jogja terutama UGM itu kayaknya banyak yg begitu ya. Agak serem juga sih. Hehehe.. aneh…

  31. mantep banget.
    saya sudah tahu prinsip bersuci/thaharah seperti ini sejak kecil. apalagi ibu saya sangat rewel masalah kesucian.persis kayak yang sampean ulas.tapi sudah lama saya “lupa”, hingga akhirnya walking2, trus baca tulisan ini.saya merasa diingatkan kembali, apalagi saya sudah berkeluarga dan punya “rumah” sendiri. sudah saatnya saya bikin rumah saya “suci”. suwun mas Ndop. oya, saya duul pernah bertugas di Nganjuk 1 tahun lo…dulu saya di Perum. Candirejo, Loceret, dekat ma Matuna. tapi sekarang pindah ke maospati.salam kenal ya

    • huwaaaa.. nanti kalo mampir nganjuk mampir omahku mas.. iya nih, jaman sekarang yg serba kering memang kurang pas kalo diidentikan dengan kesucian. Karena percikan najis sedikit aja akan gampang kering. Coba main ke rumahku mas, kamar mandi peninggalan ayahku itu gedhe banget dan yakin sucinya karena airnya banyak banget. Hehehe..

  32. pembahasannya luar biasa, masalah kesucian kadang memnjadi hal yang terlupakan. jaman sekarang kebanyakan orang ngertinya bersih, perkara suci atau tidak kadang mereka gak faham. padahal yang namanya bersih belum tentu suci. begitu halnya di tempat londry, yang diutamakan oleh mereka adalah bersih dan wangi. apakah air yang digunakan suci dan mensucikan? hmmmm itu menjadi tanda tanya besar
    Toko Obat Herbal Online punya postingan keren nih: Tips Merawat Kulit Berminyak

    • Betul banget. Mungkin harus dipelopori adanya laundry syariah. Dimana airnya mengalir dan suci tentu saja. Biar dibuat sholat sah. hehe.


1 Trackbacks/Pingbacks

  1. Selamat Hari Bapak | Sang Vectoria Jenaka 12 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)