31 Mar 2012

Keinginan dan Kebutuhan

Halo kawan-kawan. Kelelahan ya baca postinganku sebelum ini! Rasain! Haha.. Aku aja males baca apalagi situ? Haha.. Itu nulisnya juga lama soalnya. Berhari-hari. Langsung ditulis secara live pakek memopad hape. Hehe.. Niat banget ya akunya..

Kali ini aku nggak panjang kok nulisnya. Ini, mau nyampein unek-unek aja. Ini tentang keinginan dan kebutuhan.

Jadi gini kawan-kawanku. Tuhan itu Maha Besar dan memiliki segalanya. Semua kebutuhan kita sebesar apapun Dia punya! Lha wong kita ini ciptaanNya lo. Jadi segala kebutuhan kita ini akan dicukupi olehNya.

Nah, masalahnya adalah kita minta ke Dia atau tidak? Etapi tunggu dulu, lhawong gak minta pun kita dikasih kok. Contoh mudahnya adalah UDARA yang kita hirup!

Logikanya gini, wong gak minta aja kita dikasih oleh Nya, apalagi minta? Nah lo! Etapi tunggu dulu. Kalau kita minta otomatis kita ingin. Nah, yang kita inginkan itu apa layak untuk kita punya? Kita butuh gak?

Contoh mudahnya adalah kita butuh udara untuk hidup, kita gak minta udara, kita gak ingin punya udara khan? Tapi kita butuh, otomatis kita dikasih.

Nah teorinya simpel khan, kalau kita butuh, otomatis akan dikasih olehNya. Orang yang bekerja keras, kelelahan, akan dapat uang untuk beli makan, minum, beli pakean, rumah, dll untuk “bayaran” lelahnya. Dia butuh itu!

Orang yang gak ngapa-ngapain, otomatis tidak butuh apa-apa. Betul khan? Jadi kalau ada yang nganggur trus gak dapat duit, ya emang dia gak butuh duit. Dia otomatis juga gak butuh makan untuk hidup.

Tapi orang hidup butuh makan. Cara dapat makan jalannya terserah masing-masing. Ada yang minta, kerja, ngrampok, nyopet, nyolong, dll. Bedanya, kebutuhan mereka beda-beda.

Orang yang kerja membutuhkan banyak hal: makanan, pakean, penginapan, dll makanya hidupnya tenang karena tercukupi kebutuhannya.

Orang yang nyolong juga butuh makan, pakean dan penginapan seperti orang yang kerja. Tapi hidupnya gak tenang! Karena dia gak butuh ketenangan. Mana ada pencuri yang nyolong dalam keadaan tenang-tenang aja? Pasti sambil deg degan takut ketauan dan juga karena harus menentang hati nurani. Dia nggak butuh ketenangan! Makanya Tuhan nggak kasih dia ketenangan.

Kalau kita pingin beli sepatu baru misalnya. Sedangkan di rak sepatu masih banyak koleksi yang masih bagus dan layak pakai. Saya yakin pasti kita susah ngedapetin sepatu baru tersebut. Karena apa? Karena kita cuma pingin doang! Kita sedang nggak butuh!

Lha, itu artis-artis kenapa mereka punya koleksi sepatu banyak, ndop?

Karena mereka butuh itu! Mereka butuh banyak koleksi sepatu untuk tampil beda dalam setiap pertunjukannya. Tuntutan profesi gitu deh.

Perhatikan ilustrasi yang aku buat di bawah ini:

Ilustrasi kebutuhan by dzofar.com

Orang yang telanjang bulat kepingin mobil di saat dia butuh sandang seperti celana atau baju. Ya keinginannya nggak bakalan terkabulkan, soalnya dalam keadaan seperti itu, yang seharusnya dia butuhkan bukan mobil!

Jadi kalau kamu lagi galau karena belum bisa ngedapetin sesuatu, yaudah dipikir enteng aja. Berati kamu belum butuh itu. Kamu belum butuh dia! Dia masih dibutuhkan orang lain, bukan kamu! <– ini berbau curcol deh..

Kenapa? Mukamu gak cantik? Gak ganteng? Oke berati kamu gak butuh cantik atau ganteng. Asal kamu tahu ya, ada type type orang yang justru gak suka sama orang yang ganteng atau cantik. Bukti? Ya banyak lah, buktinya mereka pada punya suami atau istri masing-masing. Perlu bukti lagi? Halaaah, yang cantik dan ganteng trus jomblo juga buanyaaak!! <– ini semacam curcol lagi deh!

Intinya kita positive thinking yah. Bersyukur aja. Yakinlah, kalau kita memang butuh, Tuhan akan mengabulkan permintaan kita. ASAL KITA PERCAYA KALAU TUHAN ITU MAHA PEMURAH DAN PENYAYANG DAN DIA SATU-SATUNYA YANG BISA MENCUKUPI SEMUA KEBUTUHAN KITA.

Yaellaah, sampe aku tulis kepslok begitu. Ya biar dibaca!

Oh ya, pada demo BBM naik yah? Kenapa musti demo sih? Yang kita butuhkan kalau BBM naik itu ya duit lebih. Nah, ya berati kerja dong! Bukan demo! Kenapa? Susah cari kerja? Enggak ah, situ aja yang pemilih! Sumpah ya, Tuhan itu nggak pelit ngasih rejeki.

Yaellaah, kekayaan Tuhan itu BERLEBIH-LEBIH kalau cuma untuk mencukupi kebutuhan kita. Cuman kitanya aja mau MINTA ATAU TIDAK? Bisanya protes aja ya kita ini.. Astaghfirullooh..

Nah, jadi..

Berdoalah supaya keinginan kita menjadi kebutuhan kita, sehingga Tuhan akan mengabulkannya. Ini trik sih. Haha.. *berdoa juga perlu trik kali ya! Haha*

Oke sekian dulu! Salam perdamaian! *pegang rebana*

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



45 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. :pertamax: PO G KIY?

    Sik ya Mas, sing penting ngamanke :pertamax: dhisik :D

  2. tambahan kk..klo berdoa jangan males….soalnya kita kan ga tahu kapan bakal dikabulin heheh :D

    pertamaxx ga ya..maklum koneksi ngesot

    • betooooool… hanya DOA yang bisa mengubah takdir kita! :malaikat:

      gak pertamax deh, kalah duluan sama mas miftahur! hahahaa

  3. Aku kepengin dompet kulit, tapi durung nduwe duwit…
    Trus piye?

    • minimal nek ditumbasne dompet kulit, duite isik siso, lagi iso entuk dompet kulit, hehe

  4. :fastreading:
    jarene gak dowo tetep ae dowooooooo…

    • haha, sak mene iki gak dowo mas nek versiku, haha :glundung:

  5. slamet #

    strategi do’a… mantap2… sip…sip…!!!

  6. kemaren aku butuh BBM ga naek sampe bikin nazar, ternyata terkabulkan loh…

    • iya, gak perlu rusak-rusakan lempar2 batu khan? hehehe.. :dance:

  7. :doa: :doa: :doa:
    Mari kita berdoa karena memang Alloh memerintah kita untuk berdoa…
    Masalah doa kita dikabulkan cepat atau tidak, atau bagaimana, itu terserah Alloh. Dia yang paling tau cara ngatur kita sebaik-baiknya…
    So, berdoalah karena ITU PERINTAH

    • iya betul. Berdoa itu supaya keinginan kita berubah menjadi kebutuhan kita sehingga Alloh mengabulkan.. :malaikat:

  8. Hahaha… ngakak lihat ilustrasi ne…
    Nek pancen kyk ngunuwiy jane awake dewe isin ya nek jek protes wae…

    :doa:

    • he eh, sing demo wingi gak mungkin gak mampu beli bensin 6000 rupiah. Dia mampu cuman dia gak yakin aja kalo mampu. Kalo kita deket sama Alloh, segala kebutuhan akan tercukupi.. hehe :rock:

  9. jadi, mnrt mas ndop kalo punya pacar itu keinginan atau kebutuhan sih? :wink:

    • kalau masih belum dapet itu berati keinginan.. haha.. kalau udah sama2 cinta gitu berubah menjadi kebutuhan.. ntar bisa jadi keinginan lagi kalo udah putus.. haha..

  10. Masalahnya aku ndak ganteng juga gak cantik.
    Jadi, siapakah aku?
    Salam kenal,
    Websitenya keren, Dhabb..
    Keep posting yak.

    • wakakaka.. salam kenal juga kak… mukuccih udah komen ea…

  11. sep,,setuju gan,,ngapain juga demo2,,mending ngurusin blog atau web,,untuk mencari dollar,,hehe
    aq juga baru louncing web penjualan baju korea dan batik,,mampir ya gan,,tanks sharenya,,jadi tambah semangat..

    • iya betul.. kalau protes sewajarnya sih masih wajar ya, kalau sudah main rusak-rusakan, waduh.. naudzubillah itu..

  12. yo wis lah, tak nggolek kerjo neh, padahal aku lagu butuh permaisuri loh…
    #curcol…

    • yoi mas, selamat bekerja! Nek duite wis nglumpuk akeh, permaisuri teko2 dewe mas.. *padaal aku dewe jik jomblo, etapi sing berusaha ngedeketin wis akeeeeh, haha akune sing durung dewasa #eh *

  13. nikmat terbesar tuhan yang selalu saya syukuri adalah kesehtan mas, maka dalam tiap doa itu adalah yang paling utama menurut saya, minta apa2 dikabulkan percuma juga kan kalau badan sakit2an, bersyukur tuhan smpai sekrang masih memberi kesehatan untuk saya dan keluarga..

    • Kalau badan sakit-sakitan, mau minta mobil juga ga bakal dikasih mas. Khan dia butuh sehat, bukan mobil hehe.. Sip tetep berdoa, karena hanya doa yg bisa mengubah takdir..

  14. wah, palsu, dibilangnya gak nulis panjang panjang, ternyata aku bacanya sampe ngantug inih

  15. Jadi intinya, Tuhan memberikan sesuai kapasitas dan kebutuhan kita,
    hmmm, pikiran saya jadi agak terbuka nih, berarti kalau ingin ditambahkan rejeki logikanya “persiapkan ladang dahulu, maka Ia akan menurunkan hujan”, Terima kasih sharenya dan salam kenal,, :angop:

    • Tepat sekali mas. Kita harus “pantas” dulu untuk menerima sesuatu dari Nya. sip salam kenal juga dan selamat tidur.. :tidur:

  16. :sip: yang dibutuhkan ‘pakaian’ penutup badan, yang diinginkan ‘mobil’ buat gengsi sosial – wah ini pelajaran ekonomi di smp kelas 7 bang ndop – salam blogger

    • huwakakaka.. aku malah nggak inget mas ada pelajaran sepert itu.. salam blogger juga!

  17. :hug: hahaha… gambar ilustrasinya lucu banget, bener banget nih kadang banyak orang tidak bisa membedakan antara keingingan dan kebutuhan

    • iya mas, kalo udah nggak bisa ngebedain, dia akan protes mulu. Akibat dari protes, nasibnya semakin terpuruk.. haha… :malaikat:

  18. Iya, menyeimbangkan antara keinginan dan kebutuhan memang susah-susah gampang. Kalau ada alatnya, kadang keinginan tidak terbatas. Kalau sudah tiada, kadang untuk memenuhi kebutuhan aja susah..

    • Keren ulasannya mas.. iya bener juga yah.. bersyukur kuncinya sih kalau ingin keinginan kita dikabulin sama Yang Kuasa..

  19. Halaaah, yang cantik dan ganteng trus jomblo juga buanyaaak!!
    Itu kalimatnya nyinggung saya ya mas? Hahhaha… *merasa ganteng* :hihi:
    Btw, kadang keinginan kita emang gak sejalan sama kebutuhan.
    Yang seharusnya dibutuhin, eh malah minta yang lain :rolleyes:

    • Kalimat ttu sedang menyinggung kita mas.. SALAM GANTENG! haha

      iya betul.. makanya kita berdoa supaya keinginan kita menjadi kebutuhan, biar dikabulkan gitu, hahaha..

  20. Kadang pas dapat sesuatu yg ndak kita pengen, tp ternyata kita butuhkan, rasanya alhamdullilah bgt.. :malaikat:

  21. Jun #

    baca awal-awal… oke, ini agak rumit.

    baca terus… jenakanya muncul dan bikin aku :hihi:

    setelah mencapai kata terakhir… langsung merenung. kayaknya aku berkunjung kesini bukan kebetulan. Ada sesuatu yang kubutuhkan yang kudapatkan disini!

    makasih mas Ndop :-)

    • Waaaah.. aku jadi terharu.. iya, berati sampeya butuh hiburan mas.. haha

  22. Bagian terakhir itu kalo yang ngebaca orang apatis dan retoris pasti langsung nyerang Ad Hominem gini: “kamu enak, udah dapet pekerjaan, makanya bilang kayak begitu,” dan sejenisnya. :D

    *pengalaman nasehatin orang*

    • betul yah, orang khan cepet pesimis kalo ada yg lebih sukses lebih dulu dibanding dia, trus dengan seenak udelnya dia bilang aaah itu cuma aji mimpung tuh, haha.. lha aji mumpung itu khan memang sebuah trik peluang..

  23. Lama tidak berkunjung kesini mas bro :D… ane lama off soalnya …. :ssst:

  24. bener masbro Tuhan Maha Pemberi :sip:



Komen dong!