09 Feb 2012

Donor Darah Yuk!

Jadi gara-gara ikutan Blogger Nusantara beberapa bulan yang lalu itu, khan di sana banyak sekali seminar yang harus diikuti. Salah satunya tentang donor darah. Nah, aku yang dulunya KURUS BANGET itu, walhasil ga pernah kepikiran untuk donor darah, saat mendengarkan seminar tersebut (yang hampir meneteskan air mata, tapi gak jadi soalnya waktu itu aku haus banget jadi air matanya aku sedot kembali daripada mubadzir), aku pun tergerak untuk ikutan donor darah juga. Secara aku sekarang sudah GAK KURUS LAGI!!! Walhasil donor darah aku masukkan ke my waiting to do list.

Habis liburan ke Madura kemarin. Hari Rabo 25 januari 2012 kemarin aku pun SANGAT ISENG ke PMI buat donor darah. Jarak rumah dengan PMI cuma beberapa ratus meter. Dekat sekali. Maka setelah sarapan dan mandi pun aku menuju ke PMI naik NDUK MINAH.

Sampailah ke PMI dalam keadaan a lil’ bit grogi..

Setelah memastikan kalau lengan kananku tidak mbesisik (boloten), akupun merelakan lengan kananku untuk dioles alkohol sama ibuk-ibuk PMI. Sebelum itu lengan kananku diukur tekanan darahnya. Kalo ga salah tekanan darahku 120. Sambil lengan kanan digencet-gencet dengan alat pengukur tekanan darah tersebut, aku disuruh menggenggam lalu melepaskan dan ibuk PMI pun ngambil kantong plastik dan dengan santainya dia mencobloskan jarum suntik ke pangkal lengan bawah (baliknya siku tangan kanan).

Mas ndop donor darah

Darahku mengalir dengan santenya… Dan ternyata dugaanku slama ini salah besar! Darahku berwarna MERAH sodara-sodara! kirain darahku tuh berwarna BIRU gitu.. khan aku keturunan bangsawan.. #pret

Ketika darah diambil, lengan kanan anda akan terasa dingin kayak ada yang ngipasi. Kayaknya itu malaikat deh. Sumpah terasa dingin.

Kira-kira sepuluh menit ya? Lupa, pokoknya gak lama kok, kalau lama-lama aku mati dong! Darahku diambil sekantong plastik kecil. *Jangan bayangin sebesar kantong infus lo ya! Kira-kira separuhnya doang kok*.

Setelah selesai dan bekas suntikan diplester, aku pun dikasih bingkisan yang isinya telur asin, susu, indomie dua bungkus dan dikasih vitamin. Trus dikash kartu donor berwarna pink. Tiga bulan lagi, tepatnya 25 April 2012 aku diundang untuk donor lagi.. Semoga aku sehat pas hari itu.. aamin..

____________

Setelah donor…

  • Lengan kanan terasa ngilu selama 2-3 hari ke depan. Plester aku lepas dan ada bekas suntikan kecil. Kalau mandi, lengan kanan akan ada bekas hijau/biru dan akan hilang sendiri kira-kira seminggu kemudian.
  • Lapar. Nah, setelah diambil darahnya, perut akan terasa lapar melulu. Makanya banyak gosip beredar kalau donor darah itu bikin gemuk. Tapi kayaknya cuma gosip deh, namanya gemuk enggak itu tergantung gaya hidup.
  • Fresh. Nah, kata mbak @justsilly di twitternya, kalau kita melakukan sesuatu yang baik, maka akan merasakan sesuatu yang baik juga. Feeling good by doing good. Terasa banget lo, habis donor darah, tubuh kita semakin fresh. Lebih ceria dan semangat gitu deh.

    Wajar sih. khan darahnya habis diambil, walhasil tubuh memroduksi darah baru yang tentunya sel-selnya juga baru. Semangatnya pun ikutan baru..

Belum pernah donor darah? Cobain deh, GRATIS kok. Cukup datang doang ke PMI lalu bilang mau donor darah. Nanti disuruh isi formulir ini itu. Lalu disuntik dan sudah. Simple dan berpahala..

Sekian..

*Sumpah ya, ngetik pakek kibod baru ini jadi sering typo, jadi lapar dan pingin makan nih kibod!!!*

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



32 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. Walah, aku rung bola bali ditolak arep donor darah. Desember lalu bobot kurang ideal, januari lalu jare tekanan darah tidak memadai. Ya wes lah, terima nasib. :D

    • wew… ogitu ya, jadi aku harus bersyukur ya bisa donor darah.. semoga bulan april nanti bisa donor lagi…

  2. horeee! selamat donor darah..
    gratis dan dapet makan! :D :D :D

    untung ya darahnya merah.. coba biru.. pasti langsung bingung mau didonorin ke siapa.. :D

    • hahaha.. enak dapat bingkisan.. iya ya, kalau darahku biru, susah juga carinya… haha bisa aja nih… :hihi:

  3. waktu di Palembanbang aku rajin ikut program dnor darah, setelah di Jakarta malah jarang. Paling kalo ada temen yang butuh baru aq donor..

    • wehehehe… rutinnya sih 3 bulan sekali kok, gak dianjurkan sering2 amat.. jadi masih enteng dong.. :dance:

  4. Pengen sih nyobain donor darah, tapi saya orangnya penakut jarum suntuk mas :lol:
    Lagian saya juga punya darah rendah, jadi ya pasti gak bakalan bisa #alesan :mrgreen:

    • waow… yang penting memang jangan dipaksakan kok ya.. yg penting hepi aja.. :taktahu:

  5. agus setyawan #

    :sip: stuju deh sam kamu…:o

  6. Aku belum pernah donor darah, takut jarum suntik dan lagi pula aku kurus jadi mikir mikir kalau mau donor.

    • berat badan minimal 45 kilo kok mas. Coba ke PMI langsung aje… :dance:

  7. :takut: :takut: :takut: aku ket cilik wedi suntik ….. sampek saiki mas ndop……. :notme: :notme:

  8. Jane pengen banget ndonor, tp apa daya aku takut jarum suntik :glundung:

  9. sip, teruskan donor darahnya.. nanti makin muda,,,

  10. habis donor darah nih, pantesan postingannya pendek… :D

    • huakakaka… sebenarnya bisa lebih pendek lagi.. tapi dasar akunya cerewet ya jadinya cuman segitu.. *cuma?* haha

  11. ceritamu ngeplek sama ceritaku Mas. Abis di donor langsung pusing sebentar, terus gampang laper, tangan abis bekas suntikan itu jedul-jedul. Hem, kalo gak gara-gara dikasih testimoni di BN Sun City sama Mbak JustSilly, aku gak bakal berani donor saklawase :D Hahaha, tapi Mas, katanya Mamaku lek donor darah terus nggarai lemu :(( *baddream

    • iyo, tapi kui mitos wae soale lemu kuru khan gaya hidup. Mangan dadi luwih enak, soale awak seger.. hehe… ancen kudu olah raga haha.. *aku wis mundak ki bobotku* haha..

      Loh ya podo berati.. aku yo gara2 melu seminar ning san siti biyen kae dadi pingin donor.. alhamdulillaah kelakon..

      • Wah, podo maneh mas. Aku loh makin stress makin lemu. hahahha, pancene sejahter tenan :D hahah
        Oh iyo Mas, abis donor darah kuwi lak dikasih obat ya?
        kuwi obat opo toh?
        gak tak minum soale. gak ngefek kan???

  12. Busyet besar amat jarumnya.. takuuutt

  13. takut jarum suntik bro :pertamax:

  14. taku jarum suntik

  15. absen lagi ah, pake primbon yang lainnya… :D

  16. masssss…… blognya kocakkkkkk
    suuukkkaaaaaaaa

  17. wah, ternyata mulia juga ya :D

  18. banyak manfaat dari donor darah sob …

  19. Rasanya sakit ngga sih mas ndop… :D hehehe…

    Lain kali, bareng bareng yuk, se komunitas Blogger Nganjuk Donor Darah.. wkwkw,.,, :D

    • Ayoooo… april wae ya, ben pas jadwalku donor kedua..

  20. Nek delok kisah e Blood For Life rasane puengen melu donor. Masalahe awakku kurus ngene kiro2 piye ya nek donor? :takut:

    • halaaaah, jajal wae, minimal 45 kilo kok…

  21. wah jadi inget belum donor darah..

    kunjungan pertama mas dzofar.. mantap blognya

    salam kenal dan follback juga
    Revolusi Galau:Gerakan Hibah Sejuta Buku Blogger

    ya..



Komen dong!