Liburan ke Malang

Sebenarnya saya saat ini sedang galau. Kenapa galau? Karena perut saya lapar. Kenapa nggak makan aja? Sungkan sama mulut saya, soalnya barusan udah makan nasi gulai sama bakso…

Assalaamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh…

Halo sadara-sodaraku seiman dan sodara-sodaraku yang bukan seiman. Manusia adalah makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, sudah selayaknya menjalin hubungan baik kepada sesama. Rukun damai sentausa. Menjalin sillaturrohmi satu sama lain. Tidak ada diam diaman. Kalau ada masalah mari dimusyawarahkan bersama. Tidak ada block twitter, tidak ada sms yang gak dibalas, tidak ada unfriend facebook, tidak ada ganti nomer hape buat menghindar! Kalau mau menyelesaikan masalah, ayo ngobrol baik-baik, gak usah main diem dieman…

Jadi itu ya ndop penyebab galaumu? Jadi galau gara-gara lapar itu hanya kamuflase ya?

hehehe…

—-

Dari pada galau, mendingan liburan yuk? AYUUUUUUUK…

Nopember 2011 jadwal liburan saya adalah ke Malang! Kebetulan ada acara novembert art di Universitas Negeri Malang. Kebetulan lagi Komunitas WPAP (Wedha’s Pop Art Portrait) menggelar pameran juga di sana. Jadi standnya ada banyak. Ada urban art, lukisan, sketsa, pop art, dll.

Naik bis lah saya. 4 jam perjalanan. Sampai terminal Landungsari yang dekat Universitas Muhammadiyah. INI PAS BANGET! Soalnya mas gendut @BIGOZIE ngekos di dekat unmuh. Yasudahlah saya turun terminal langsung dijemput mas ozie.

HUJANNYA LAMA!!!

Kami mengunjungi tempat acara November art (GRAHA CAKRAWALA UM) sudah jam 10 malam. Ngobrol2 sampe jam 1 pagi! Mas Ozie pulang kos-kosan. Saya pulang ke kosan sodara sepupu (Rijal) yang kuliah di POLITEKNIK Malang.

Pagi banget saya diantar Rijal menuju rumah sepupu lainnya. Jadi ceritanya saya punya banyak sodara di Malang. Sodara sepupu gitu. Di rumah sodara sepupu (Mbak Nana) saya menginap dari hari RABO sampe JUM’AT. Habis jum’atan saya pulang Nganjuk. Selesai….

—-

Ceritanya gitu doang? Mana serunya?

Hehehe.. liburannya emang gak seru kok..

TAPI SERU BANGET!!!!

*colokin bebe ke komputer, buat ngesave photo2nya*

nyalon doloh

Sebelum berangkat liburan, nyalon dulu. Menyamarkan uban-ubanku…

kos2an mas ozie

Ini adalah kos-kosan mas ozie. Di sana leyeh-leyeh sambil nunggu ujan reda. Leyeh-leyeh sambil mektor ngerjain order. Yaelah, liburan kok ya masih ingat kerjaan to ndop?

hehehe…

Setelah leyeh-leyeh di kosan mas ozie, kami berangkat meluncur ke Graha Cakrawala, tempat diadakannya November art. Di sana ketemu mas mas WPAP Chapter Jawa Timur…

bocah bocah WPAP jawatimur

Ngobrol sama anak WPAP ndak akan ada habisnya. Seniman itu lucu semua. Lucuannya kreatif. Walhasil gak nyangka udah jam 1 pagi aja.

Mas Arif Zakaria pun mengantarku pulang ke kosan Rijal. Saya diberhentikan di depan POLTEK lalu dijemput sama Rijal.

Di kosan Rijal aku cuma numpang tidur doang…

hehehe…

___________________

Sekarang hari Kamis, saatnya wisata kuliner. Menujulah ke Restoran inggil.

Trus makan…

Loh loh loh.. ini apa???

Tari Remo di Restoran Inggil Malang

Wah unik banget. Restorannya ada penarinya. Eh, lha itu apa? BULE! Di restoran bernuansa jawa ini ternyata banyak bulenya.

Mbak cantik berkebaya kuning itu menari dengan sangat cantik.

Di dalam restoran juga ada orang Indonesianya di banyak tempat. Namun, HANYA BULE yang nonton tariannya dari awal sampe akhir. Orang Indonesia semua CUEK! Aneh banget. Ini budaya kita, eee kitanya malah asyik makan. Dan JUJUR, ada beberapa orang kita yang saya amati, yang ngelirik penarinya aja enggak! Seolah anti banget nonton tarian jawa. MAK JLEB! Beda banget sama BULE yang antusias sampe gak kedip sambil senyum terkagum-kagum.

Kamu nonton tariannya gak ndop?

ABSOLUTELY YES! Karena saya pecinta seni! Dan saya nonton sambil ngedumel, “Ini kenapa CUMA SAYA DOANG yang nonton dari awal sampe akhir? Penduduk pribumi kenapa pada asyik makan sendiri?”

Ya itu karena kamu ndeso ndop!

IYA.. SAYA NDESO KAYAK BULE-BULE DI SANA ITU.. hehehe..

#gaksante

Ndop, kamu bohong ya?

Maksudnya? Ooh, situ mau bukti foto-foto saya gitu to? Oke oke…
NIH!!!

saya, ozie dan restoran Inggil Malang

Kita ngemol yuuuuuuuk!!!!

Yah, blanja ini itu. MUMPUNG ADA MOL. Di Nganjuk gak ada mall. Gak ada TAS MEREK EIGER. Gak ada SEPATU MEREK VANS OFF THE TOP.

Kita ke distro yuuuuuuk!!!

Yah, blanja pakean ini itu. MUMPUNG ADA DISTRO. Di Nganjuk ada distro kok, tapi entahlah, barang di sini bagus-bagus. Racun banget pokoknya! Eh, ini kaos tulisan HARDROCK keren banget! Eh, ini baju batiknya oke banget nih! Eh ini celana pendek Adidasnya belum punya nih! Eh ini jampernya… EH UDAAAAAH!!!!

*Semoga pas nyampe rumah gak kaget lihat saldo akhir rekening*

lalu saya pun…
K E L A P A R A N !

Mampir ke Gang jangkrik. Beli BAKMIE yang ada jamurnya. Rasanya enak sesuai harganya!!!

Bakmie Gang Jangkrik Malang

*Semoga pas nyampe rumah gak kaget lihat saldo akhir rekening PART II*

Yasudahlah, ihlasin semua pengeluaran. Toh ya hati ini jadi seneng. Apapun yang bikin seneng ya monggo dibayar mumpung ada dana. Lha trus apa gunanya punya duit tapi cuma disimpan doang dan malah bikin GALAU? Ya! belanja itu penting kalo punya duit.

_______________

Tas eiger baruh

Tas yang kiri itu namanya Tas Eiger sodara-sodarah. Tas yang katanya MAHAL itu saya beli juga lo. Ya Tuhan ampunilah saya yang boros ini. Walhasil tas di sebelah kanan yang warna-warni alay itu bakalan saya cuekin! Kasian…

Soalnya tas Eiger bisa menampung leptopku. Di dalam sana banyak selobokan-selobokan buat tempat mouse, hp, dompet, charge leptop, pensil, ATM, duwan luwain luwain suwebagainya…

Pulang bakalan menggotong dua tas tersebut. Satu ditaruh di belakang, satu ditaruh di depan. BULAT lah saya!

______________

bak mandi

Apa lagi ndop? Beli bak air juga? Khan bisa beli di Nganjuk? Kenapa jauh-jauh beli di Malang? Lo udah GHILAK ya ndop? Udah ndak bisa mikir jernih lagi? Lo gak nyadar ndop, itu nanti bak airnya kamu taruh mana di bis?

HUSYAAAAH!!! Sudah DIAM!!!

Sebelum Jumatan, saya sante-sante aja tiduran. Menjelang jumatan, saya kelabakan ternyata BAK MANDINYA KOSONG! Mak dieeeeeeeng!!! KERANNYA MATI!!

K.E.R.A.N.N.Y.A. .M.A.T.I. !!!
(ikut-ikutan novel #PJP biar kesannya menegangkan

Tapi kenapa keran di sana gak mati? Kenapa hanya keran di dalam kamar mandi saja yang mati? Ini #KODE. Ini adalah kode supaya aku tidak melupakan OLAH RAGA!!! OKE FINE!!!

Sepuluh kali saya bolak-balik ngangkat tuh bak air ke dalam bak mandi. Menuangkan dengan pelan-pelan dan penuh perasaan. Aku gamau terburu-buru yang nanti malah bikin aku kepleset dan dengkul lecet! Asal kalian tahu, DENGKUL adalah bagian tubuh saya yang paling RAWAN. Karena di dalam sanalah bersemayam OTAK SAYA!

Dan lengan saya pun kayak ADERAI mendadak!

_______________

Cuaca sebenarnya ndak panas. Tapi kunjungan kuliner masih kurang satu. Yaitu aiskurrim OEN. Apa sih enaknya es krim Oen? Kok beli es krim aja jauh-jauh ke Malang?

Habis jumatan saya pamit sama mama Nana dan papa Misbah (suami Nana). Sebelum ke terminal, mampir dulu ke TOKO OEN.

toko OEN Malang

Membaca itunya, daftar menunya, eh unik, kuno gini stylenya. Melihat kursinya, eh ini kayak kursi di rumahku yang udah jebol. Melihat toples-toplesnya, eh itu kayak toples di rumah yang sudah nggak dipakek lagi karena kalah keren sama toples yang satu set dan bisa diputar.

Eh es krimnya datang!

ICE CREAM OEN COKLAT dan VANILLA

Kenapa gambarnya kecil pelit gitu, ndop?

Ya biar kelihatan kalau kecil-kecil gini tapi MAHAL!!! So, jangan disamain sama harga es tung tung yang lewat di depan rumah kamu. Masih untung es tung tung itu contongnya bisa dimakan kayak krupuk. Kalau es krim di atas itu, contongnya KERAS SEKALI euy! Sumpah gilak, ini contong terbuat dari apa ya? Kok bisa bening tembus pandang begini? Ini pasti dibuat menggunakan teknologi termutakhir abad ini deh!!

Udah udah ndop, itu namanya GELAS! Bukan contong es tung tung!

_______________

AYOOOO SAATNYA PULAAAAAANG!!!

Bang Ozie ngepot ke toko oleh oleh Malang. Aku beli keripik tempe aneka rasa, beli sari apel. Makin banyak aja nih bawaanku….

Naiklah ke bis.. Saatnya mengucap perpisahan SEMENTARA sama mas Ozie. Suwun ya mas, sori wis ngrepoti sampeyan.. Mas Ozie yang orang Banjar tapi sudah bisa bahasa Jawa itu pun pamit balik ke kosan. Saya di dalam bis… Twitteran…

_______________

PERUTKU LAPAR KEPALAKU PUSING. INI BAHAYA!

Turun sampai Jombang, langsung nyebrang beli Mie Kuah.

mie kuah PLUS PLUS

DAAAAMN!!! BANYAK KEPIK DAN BELALANG BETERBANGAN!! Jumlahnya JUTAAN!!! DAN DIA HINGGAP DI MANA PUN!! NGGAK TERKECUALI DI LEHER, KEPALA, BADAN dan……. MIE KUAHKU!!!!!!!

Ya ampun, ini godaan lapar hampir saja terlampaui, masih saja harus menghadapi godaan belalang dan kepik yang berbau busuk. Kalau saya nggak lapar, sudah saya buang ini mie kuah PLUS KEPIK dan BELALANG yang berjalan-jalan sante di atasnya. Dengan sedikit bismillaah secukupnya, saya makanlah semua MIE KUAH sampai TUNTAS!

AKU… AKAN.. BAIK… BAIK… SAJA…
(sambil ngebayangin sudah ada berapa belalang yang ketelen)

_______________

Bis berhenti di Terminal Lama Nganjuk. Eh ada email baru masuk. Eh ada berita bagus. Pulang ke rumah mau ngucapin terimakasih ah. Jemputan datang…

Sampai rumah, mandi dan langsung menelepon. Telepon tulalit. Gak aktif! Telefun sekali lagi, tulalit lagi! Telefunnya gak aktif! Saya telefun temen kosnya, tulalit juga! Ini kenapa? Apa salah saya? Saya mau ngucapin terimakasih doang… kok jadi begini…

dan saya… Muhammad Ali Mudzofar, sang pembasmi GALAU, Perjuangan saya BELUM BERAKHIR!!!!

to be continued…

35 Comments

Komen dong!