Pilih mana, Facebook atau Twitter?

Nah khan jadi galau..

Mari kita mengingat-ingat tampilan facebook jaman dulu. Ketika kita berada di halaman home atau ketika kita mengetikan facebook dot com di broser. Di sana akan muncul status terkini dari teman kita. Lalu dengan bebas kita bisa komen di mana pun status itu. Bisa juga komen-komen di status kita sendiri. Lalu kalau kita lihat profil facebook kita, tampilannya bersih. Hanya ada wall, info, photo dan friend. Wah aku agak lupa sih. intinya lebih simpel banget dibanding sekarang.

Kita lihat twitter jaman dulu. Lalu bandingkan dengan sekarang. NDAK BANYAK BERBEDA. Malah kalau menurut saya perbedaannya justru makin memudahkan pengguna. Twitter punya buanyak aplikasi. Ada twitdeck, add on firefox echofon, snaptu, destroy twitter, dll.

Sebenarnya facebook juga ada sih, tapi ya mending buka versi webnya. Soalnya facebook di HP sama di web lebih nyaman di web. Kalau twitter, di web kek, aplikasi kek, SAMA AJA. Soalnya twitter memang GITU GITU AJA. Tapi…

JUSTRU yang GITU GITU AJA itu yang malah bikin GAK RIBET kayak facebook.

Buat yang gak tau twitter. Saya juga baru aja kok. baru baru ini aja aku aktif. Kira kira baru beberapa bulan. Followerku juga masih 200 an. Belum ribuan atau jutaan. Di Twitter itu ada timelinenya, jadi status/twit orang yang kita follow akan tampil di timeline.

Caranya follow gimana? Khan banyak tuh yang promosiin twitternya pakek @ gitu lo. Kayak punya saya @dzofar. Nah mention aja di twit kamu. Jadi ketik aja: @dzofar halo kakak. Nanti twitmu akan muncul di kolom mentionku. Nah, twitmu yang @dzofar akan berubah warna dan bisa diklik. Kalau kalian klik, akan muncul profil twitterku. Nah di situ PASTI ada tombol Follow.

Dibanding profil FB, profil twitter sangat simpel. Kalau facebook kayak Curriculum vitae yang kumplit dari atas sampe bawah sampe keluargamu siapa aja ditanyain di facebook. Kalau twitter cukup bio singkat sama url Blog. Super singkat. Jadi kita gak disibukkan ngebaca profil twitter lama-lama.

Ini kalau facebook. Ada Doni dan Rina. Rina adalah artis kondang ibu kota. Sedangkan Doni hanyalah penggemar Rina. Doni ngeadd friend Rina. Lalu Rina mengonfirmasinya. Doni update status, Rina bisa membaca status Doni. Padahal Rina adalah seorang artis. Nggak kenal Doni itu siapa. Dia nggak butuh tahu status Doni. Tapi Rina harus membaca status Doni, soalnya status Doni ada di timeline facebook Rina. Rina mau remove friend aja si Doni. Tapi Rina nggak mau ngecewain penggemarnya. Nah lo, Rina jadi galau!

Beda sama twitter. Doni yang ngefans sama Rina sudah pasti akan memfollow twitter Rina. Rina yang gak kenal siapa itu Doni, tetep sante sante aja, soalnya Rina gak perlu memfolloback (balas memfollow) si Doni, soalnya dia gak kenal. Rina bisa aja tidak memfollow siapapun di dunia ini. Dia hanya perlu ngetwit dan baca @mention dari fans fansnya. So, timeline Rina isinya adalah twit dia dan reply-an dia ke fansnya yang dirasa dia menarik dan perlu dijawab. Hidup Rina tetap bebas banget. Followernya aja yang sibuk ngebaca twit Rina.

So, di twitter sangat terlihat jelas tingkat keartisan penggunanya. Semakin banyak followernya semakin artislah dia. Makanya lihat tuh twitternya artis artis. Contohnya penyanyi Mariah Carey.

Di situ dia punya 2779 Tweets, artinya dia sudah 2779 kali ngetwit atau update status atau reply atau retweet atau nulis sesuatu di twitter.

Di situ dia punya 56 Following, artinya dia memfollow atau mengikuti twitternya 56 orang. Jadi di timeline twitternya Mariah Carey, hanya ada status 56 orang itu doang.

Dan Mariah carey punya 5033952 Followers. Jadi twitnya Mariah Carey difollow/diikuti/dibaca oleh 5 jutaan orang itu. Jadi setiap kali Mariah Carey ngetwit/nulis status, twit Mariah Carey akan masuk timelinenya 5 jutaan orang yang memfollow dia (follower).

Nah, kalau 37326 Listed ini, twitnya Mariah Carey sudah dilist oleh sebanyak 37 ribuan list. Contohnya: saya punya list, namanya obat-galau. Di dalam list itu ada twitnya @MarioTeguhWord, @SemangatPositif, @berpikirkreatif, @cintaitukamuu. Jadi saya kelompokkan biar saya bisa membaca kapan kapan. Dan tidak tenggelam di timeline. Intinya kalau bikin list itu kayak kita bikin timeline sendiri sesuai yang kita inginkan tanpa unfollow teman teman kita. Nah kalau di list saya itu saya tambahkan @MariahCarey, brati listednya Mariah carey bertambah satu menjadi 37327 listed. Begitu.. hehe..

Setahu saya sih begitu… hehe..

Pokoknya begitu deh.. hehe..

twitter hold facebook

Sekarang membahas facebook yuk? Update status facebook ah…
Eh si Adi komen… (antusias membuka)
Waduh si Adi komennya resek banget! Gak nyambung sama isi statusku! Sialan!
Eh ada yang komen lagi, si Boby. Ternyata Boby gak suka dengan komen si Adi yang gak nyambung dengan statusku! Eh dia membelaku. “Heh Adi, kamu tuh bisa baca nggak sih? Mas Ndop Jaya itu sedang update status perutnya lapar, kok situ komen nanya-nanya tutorial vector sih?”
Eh si Adi membalas, “Suka suka guwe dong Bob!! Lo tuh resek banget nyampurin urusan orang!”
“Heh Adi, aku tuh baca statusnya Mas Ndop Jaya juga, so, urusan lo itu urusan guwe juga!”

Akhirnya si Adi membuka profil si Boby, dan dia nulis di wall profil Boby, dia ngata-ngatain Boby dengan super kasar dan gak etis untuk dibaca!
Bobby nggak tinggal diam, dia balas nulis di wallnya Adi. Bobby pun bilang kalau Adi itu orangnya resek dan gak pantas hidup di dunia ini! Dagingnya halal untuk dimakan!

Nah lo!!!???

Teman teman Adi dan Bobby pun melihat wall yang nggak etis dibaca itu. Teman Adi membela Adi. Teman Bobby pun nggak terima Bobby dijelek jelekkan teman Adi.

Kedua belah pihak kopdaran dan terjadilah PERANG DUNIA!!!!

—————–

Kenapa facebook bisa sebahaya itu? Soalnya, kalau kita nggak setting macem macem privasi kita di facebook, semua hal akan terjadi. Statusmu akan dibaca semua orang. Dan mereka bisa komen apa pun. Dan komen mereka juga dibaca siapapun. Dan siapapun itu bisa saja komen di statusmu kalau kamu gak setting privasinya. Nah lo, facebook bikin galau khan?

Kalau kamu setting privasi ketat di facebook, kamu akan dibenci sama friendmu. Soalnya dia gak bisa nulis di wall kamu, gak bisa komen di status kamu, gak bisa ngetag foto ke kamu, dll. Kamu akan dicap sombong, cuek, nggak care, dan ucapan yang bikin galau yang lain.

Belum lagi kalau kamu online chat facebook. Semakin tambah galau deh. Pas panas-panasnya otak kamu nanggepin komen di status kamu, tiba tiba ada yang chat nanyain cara bikin email! WTF banget khan? Wong punya facebook kok ndak ngerti caranya bikin email. Khan itu pertanyaan super ajaib!

Dan mendadak dirimu berubah menjadi manusia super, SUPERGALAU!

Kalau saya analogikan..

Update status di Facebook itu seperti kita ngomong pakek mic dengan volume kenceng di panggung konser yang dilihat banyak penonton. Dan penonton juga bawa mic dengan volume kenceng juga yang bisa menanggapi omonganmu itu. So, omonganmu bisa didengar semua penonton. Demikian juga komen penonton juga bisa didengar penonton lainnya.

Beda dengan twitter, ngetwit atau update status di twitter itu kayak kita ngomong di dalam kamar sendirian. Omongan kita didengar oleh banyak orang, tapi mereka mendengarnya juga di dalam kamar sendirian. Sangat privat. Nggak ada yang tahu. Hanya kita bertiga. Tuhan, aku dan followerku. Ssst.. jangan rame-rame, hanya ada Tuhan, aku dan followerku.

Twitter memang seperti kicau burung. Sangat merdu dan tidak mengganggu. Facebook seperti konser musik rock. Sangat gaduh dengan penonton yang sangat gaduh juga. Karena penontonnya ikutan menyanyi pakek mic yang sama kencengnya dengan penyanyi di panggung.

Tapi itu selera, saya masih facebookan, juga twitteran. Facebook cocok untuk aku jualan vector. Twitter cocok untuk teman kesepian dan update informasi dari twitter resmi berita atau baca twitternya artis idaman. Jadi jangan salah, kalau twitter itu ditulis asli oleh orang yang bersangkutan. Kalau facebook, keasliannya masih meragukan. Karena facebook bisa bikin nama yang sama, kalau twitter tidak! Contoh nih ya, saya searching nama dzofar, muncullah: Dzofar Bivs, Kun Dzofar, Kun Dzofar, Mudzofar Dzofar, Has Bullah (Ad Dzofar). nah lo… ada dua nama Kun Dzofar!

Sudah ah… malam-malam begini enaknya facebookan! Soalnya timeline twitter sepi! Haha..

47 Comments

Komen dong!