Mas Ndop Membahas Soal Matematika yang Katanya Aneh itu

Halo kakak kakak? Eh kurang alay, saya ulangi..

Halluwh ququgh ququgh? Uppuh kubburh? CmuggA cmuAnea dulluMb keUdduUnd baiG” zA eah…

Sudah cukup alay kah? Baiklah, abaikan!

Guwe, Alay, End! :pukul:

Berbicara tentang Matematika, yang memang ilmu pasti itu. Memang pasti ilmunya pasti. Kalau tahu ilmunya dan gak ngawur dalam menyimpulkan.

Kesalahan dalam menentukan 0/0

Jadi kemarin nemu di statusnya temen SMA, dia menuliskan begini:

Soal Matematika 1

Sori soalnya pakek gambar, soalnya entah ndak tahu kenapa, blogku ini gak bisa nulis kuadrat. Padahal sudah saya kasih sup. Yasudahlah. Guwe, kuadrat, end! :pukul:

Bagaimana? Sudah dibaca itu soal matematika yang katanya aneh itu? Atau dirimu menemukan kesimpulan aneh di “cara pengerjaan” nya? Hehe.. memang IYA kawan!

Letak kesalahannya adalah di contoh di atas itu, dia dengan seenak udelnya mencoret X-X di sisi kiri dan sisi kanan. Padahal hal itu TIDAK BOLEH. hehe.. Alasannya?

Begini, di situ ada X-X, kalau kalian pinter, X-X = 0 khan?
Sisi kiri ada X-X, sisi kanan ada X-X juga, trus dicoret!! BOLEH???
JELAS NGGAK BOLEH!! Kenapa?
Kalau X-X = 0, brati sisi kiri dan kanan adalah
X(0) = (0)(X+X)
0 = 0, kalau kita pindah angka 0 yang di kanan ke kiri. Menjadi:

0/0 = 1, BETUL???

SALAH!!!

0 dibagi dengan 0 itu BILANGAN TAK TENTU. Jadi bukan hanya 1. Tapi bisa -…, -2, -1, 0, 1, 2, …, ~
Bukankah semua bilangan kalau dikalikan 0 akan sama dengan 0? Hehe..

Jadi kesalahan contoh kasus di atas adalah, PELANGGARAN dalam membagi bilangan.

Kesalahan dalam menjelaskan Soal Matematikanya

si A, B, & C patungan 25 juta untuk beli rumah, so hasil patungan A+B+C= 75 juta.

si D sebagai makelar pembelian rumah, sehingga dibelikan rumah seharga 70 juta.

So (A+B+C)-D= 75 juta-70 juta= 5 juta.

sisa uang 5 juta dikembalikan si D kepada A, B, & C masing-masing 1 juta, so sisa 2 juta untuk biaya makelar si D. (5 juta- 3 juta= 2 juta).

Secara perhitungan si A, B, & C jumlah patungannya hanyalah 24 juta (25 juta- 1 juta= 24 juta).

Setelah ditotal hasilnya aneh, A+B+C= 24+24+24= 72 juta, sedangkan uang yang diambil sebagai biaya makelar oleh D adalah 2 juta, so A+B+C+D= 24+24+24+2= 74 juta, sedangkan hasil patungan pertama kali adalah 75 juta, coba cari yang 1 juta kemana??? (75 juta-74 juta= 1 juta, kemana???)

FIUH… Masuk akal? NGGAK LAH YAUW! <– istilahmu jadul banget ndop!

Perhatikan kalimat matematika yang saya cetak merah dan tebal itu. Kenapa dia menyimpulkan patungannya 24 juta? Perhatikan lagi harga rumahnya berapa, 70 juta!

Kalau 70 juta itu dibagi 3 (A,B dan C), maka patungannya bukan 25 juta lagi, tapi 70/3 = 23,333 juta.

Nah, sisa 5 juta itu dibagikan ke A, B, C masing-masing 1 juta. Jadi patungannya jadi 23,333 + 1 = 24,3333 juta.

Sekarang A+B+C = 24,333 + 24,333 + 24,333 = 73 juta
Duit makelar = 2 juta, jadi 73 juta + 2 juta = 75 juta!

Mana yang “kemana”? Semua baik-baik saja tuh duitnya, gak ada yang ilang… xixixi…

Guwe, Soal matematika yang katanya aneh itu, END! :pukul:

Wassalaam…

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Tak perlu banyak mikir untuk hidup. Rasakan setiap hela nafas yg kita hirup. Itu sudah cukup.



52 KOMENTAR KAMU KOMEN YUK ↓

Biar keluar avatarmu, daftar di gravatar.com yah ^_^

  1. sky #

    :twisted: :sip: :sip: :sip: :sip:

    mas ndop pintar banget sih….

    x-x=0 :D

    • hahaha
      salah tu jalanya mas,
      itu brkalu untuk Xkuadrat-Ykuadrat
      smntra soalnya Xkuadrat-Xkuadrat

    • haha… suwun mas, halah wong ya guwampang..

  2. Ora mudeng sob,,, biar istri aja yang mengerjakannya…

    • istrinya jago math nih, hebaaat, bisa mengatur keuangan keluarga, haha

  3. wah ilang ya komennya… ya sudah lah…

  4. ternyata mas ndop selain ahli dibidang vektor memvektor tetapi juga ahli dalam perhitungan :hihi:

    Salut…

    • hayah, kuwi gak perlu keahlian blas… wong ya soal tambah tambahan, bocah SD wis iso.. xixixi…

  5. karena aku gak aneh, makanya pas baca nie jadi ikutan muter kepalanya dan gak bisa balik-balik lagi…. :)
    :pukul: :ampun:

    • haha.. lucu tuh kepalanya muter2, ada videonya gak mas? mau nonton… uplod yutub ya? :lol:

  6. wahh,,pusing mas :glundung:

    • sudah gak usah dipikir mas.. hahaa

  7. Yos #

    asli gue malah pusing lihat angka2 diatas sob,, gue emang dodol banget soal itung2an sejak SD :))

    • hahaha… iya ya.. kalau pas nggak lagi mood emang bikin pusing…

  8. waaahhh bingung maasss
    aga alergi kalo liat angka2 gitu bacanya :evil:

    • nepermain mas, makasih sudah komen… hihihi :)

  9. postingan yang menarik juga nih mas,,
    ya nih kdang pelajaran matematika ska bkin psing n gx ngrtii. he…

    • hehe… saya pernah nemu yang soal pertama itu setahun yang lalu.. baru saya bahas sekarang, haha

  10. aan #

    kayaknya ini guru matematika ya..?

    • hahaha… ini khan cuma penjumlahan dan pembagian.. anak SD sudah diajari.. hehe

  11. Maknyus mas :kiss:
    Eh..kunjungan pertama dari juniormu ki. Salam kenal mas :sip:

  12. :rolleyes: Aku gak pinter matematika, jadi komenku “matematika emang hebat”. Great.

  13. :rolleyes: Aku gak pinter Matematika, jadi komenku “Matematika is Great”.

  14. Aduh… matematika? Itu nama makanan? :tepuk:

  15. Aku gak pinter Matematika, jadi hanya komen “Matematika is Great”.

  16. memang soal MTk itu sulit. soal di atas saya aja bingung :D.
    jawaban di atas betul mas ? :sip:
    mas pinter sekali :ampun:

    • hahaha… itu hanya penjumlahan dan pembagian kok mas…

  17. hwkwkwkwwk soal model begini sering dijadikan tebak2an lhooo… dan baru kali ini ada yang menjlentrehkan dalam bahasa alaysme

    • hahahha… aku sempet kaget biyen mas.. pas SMP enek sing bertanya soal ngono, tapi sing ngekek i soal pun yo rangerti jawabanne, haha.. aku lagi nemu beberapa hari yang lalu, haha..

  18. :ampun: Maaf ya Ndop. Gara² koneksi eror akhirnya komen ku keluar tiga. gak tau waktu itu aku klik komen, lha koq gak muncul. sekali lagi maaf :ampun:

    • kedetek spam e mas, mbah akismet saiki ketat banget seleksine

  19. Hadoh….matematika bikin otak saya matik, wkwkwkwk… :lol:
    Mumet kalo udah masuk ke persamaan gini :D
    Tapi emang sih, kalo 0:0 itu hasilnya bilangan tak tentu :D

    • hehe.. iya mas, soalnya bilangan apa saja kalau dikalikan 0 akan sama dengan 0. jadi pembagian 0 dengan 0 itu bilang apa saja, alias tak tentu

  20. itu persamaan kuadarat ya mas ?
    saya dulu suka banget ma matematika,tp ko sekarang jdi malas gituya kalau udah pelajaran matematik :tidur:

    • wah sama mas, aku juga dulu hobbi ngitung, sekarang kok males yaaaa

  21. Otak-otak sama dengan ati-matika…. sama pusingnya…. wakkkakaka :lol:

    • hahahaa… aku juga ikutan pusing

      • jadi pernyataan yang salah dlm soal diatas => A+B+C+D= 24+24+24+2= 74 juta :dance:

  22. mas ndop menurut itunganku ngene mas ndop

    nggak gawe koma marai mumet ndas :P

    urunan e 24×3 = 72
    regane asline 70
    digawe ngopahi makelar e 2
    dadi pas 0
    piye mas?

  23. saya cuma mudeng soal yang pertama
    selebihnya nggak
    hahaha

  24. iam #

    Aaah ya ampun, matematika >.<
    *semacam trauma*

  25. waduh agak sulit juga yah :rolleyes: pemeblajaran nya ,,,ane ,masih paham nih :ampun: :notme: :hihi:

  26. lebih simple seperti yang disampaikan nurhayattudin yaitu kita berfikir dari modalnya aja yaitu 72jt kembaliannya kita anngap sudah masuk deposit :angop:
    pututik punya postingan keren nih: Mencoba Dasbor Blogger 2011

  27. mantap cikgu… ternyata kang djofar jg doyan ngebahas matematika yo.. selamat deh.. guwe, matik, end!! :sip:

    • haha.. aku dulu kuliahnya statistika mas.. jadi ya tertantang gitu.. haha



Komentar Kamu

Current day month ye@r *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)