Tutorial Photoshop: Memertajam Warna

Halo kauand-kauandquh cmua.. *hayah, kok bahasamu alay-alay lumuten ngono to ndop?*

tak baleni…

Halo ndofans semua, apa kabarnya hari ini? Pasti sampeyan pada sehat-sehat walafiat. Kalau sedang sakit felu, ya cepetan minum obat dan minum aer putih yang banyak, biar bisa sehat lagi dan tidak setrup-sentrup sambil baca ebelog inih… hihihi… :hihi:

Ini nih, saya mau sharing lagi. Maklum part I, kemarin-kemarin ini saya lagi demen main-main edit photo di photoshop. Maklum part II, kamera henfun saya sangat amat di bawah standar. Maklum part III, saya nggak mau photo profil saya di fisbuk memalukan khalayak ramai. Maklum part IV, masa sang idola fotonya kumus-kumus kusam begitu, khan ya ndak pantes. Maklum part V, kamera henfun saya selalu mengungkapkan kebohongan publik, masa foto saya yang imut-imut dengan kulit kenyal dan segar ini kok kadang terlihat kusam dan tidak bersinar…

*menerima persewaan ember untuk wadah muntahan, saya buka mulai hanya 1500 rupiah saja perwajah! :hihi: *

Mau tau bukti akurat mengenai pembohongan publik itu? lihat photo berikut ini:

wajah kusam tidak bersinar terlihat memalukan untuk seorang idola seperti saya ini

Perhatikan gambar di atas, kulit kusam, mendung suram, sawah hijau tapi kotor, pokoknya nggak banget!!
Nah, kalau photo seperti di atas saya pajang di fisbuk saya, apa kata ndofans? apa kata khalayak ramai? Aaarrgh…. Tapi jangan khawatir, mas ndop tetep punya solusi untuk mengatasi hal itu! ;)

Dengan hanya memilih opsi Image > Adjustments > Selective Color. Selesai sudah semuanya. Simak yang berikut ini ya…

MEMERBAIKI WARNA MERAH

opsi pilihan warna pada selective color

Pilih pada Colors, menjadi Red (merah). Warna merah pada gambar di atas mewakili warna kulit saya. Untuk memerbaiki warna merah biar lebih kuat dan tidak kusam adalah dengan menggeser-geser warna Cyan ke kiri dan Yellow ke kanan seperti gambar di bawah ini:

geser warna cyan ke kiri dan yellow ke kanan

Untuk nilai persennya, itu tergantung keinginan sodara-sodara..

MEMERBAIKI WARNA HIJAU

Pilih pada opsi Colors menjadi Green (hijau). Warna hijau mewakili warna sawah. Untuk memerkuat warna hijau, sampeyan geser aja Cyan ke kanan, Magenta ke kiri dan Yellow ke kanan, seperti gambar di bawah ini:

memerbaiki warna hijau

Untuk nilai persennya, itu tergantung keinginan sodara-sodara.. *Semoga nggak ketauan kalau kalimatnya copy paste dari kalimat di atas.. aamiin..*

MEMERBAIKI WARNA BIRU

Sebetulnya ada pilihan warna Blue (biru), namun blue yang dimaksud ternyata biru tua. Untuk warna langit alias biru muda, Cyan lah yang tepat untuk dipilih!

Untuk memerkuatnya, sampeyan geser-geser aja Cyan ke kanan dan Magenta ke kiri sesuai keinginan, seperti tertera (tertera bersenjata republik indonesa, hihi..) pada gambar di bawah ini:

memerbaiki warna biru

Untuk nilai persennya, itu tergantung keinginan sodara-sodara.. *kalau kalimat ini, jelas ketauan kalau copy paste.. hihihi…*

MEMERBAIKI WARNA HITAM

Biar warna hitamnya tidak magak alias nanggung, mari kita lakukan perbaikannya (permainan kalimat yang aneh!). Pilih opsi Colors pada Black (hitam). Geser pada Black ke kanan seperti guwambuar di buwawah uwini (sudah mulai bosan nulis, hihi):

memerbaiki warna hitam (black)

Untuk nilai persennya, itu tergantung keinginan sodara-sodara.. *untung ada fasilitas copy paste, nulis sesuatu yang sama tinggal kentrul si kentrul vi..

TAMBAHAN: MENGATUR BRIGHTNESS CONTRAS

Setelah warnanya bener, untuk memertajam, silakan diatur brightness and contrasnya. Karena photo saya di atas menurut saya brightnessnya sudah pas, maka saya hanya menambah contrasnya beberapa persen.

mengatur brightness dan contras

…dan hasil dari semua perlakuan di atas adalah gambar di bawah ini:

gambar hasil edit selective color

Bandingkan dengan gambar pertama di atas.. beda banget bukan? hihihi…

62 Comments

Komen dong!