Convert Bitmap To Vector Service

Ternyata banyak juga servis vectorize seperti blog saya ini di luar negeri sana. Ternyata juga, mereka mengerjakan prosesnya secara manual juga. Yaitu tracing manual alias menggambar ulang secara manual. Yang membedakan tentu saja harganya. Harga yang mereka pasang sangat mahal dibanding harga servis saya.

Contohnya di situs ini. Membuat tulisan Green Hills Property yang demikian mudah (tinggak ketik doang!), biayanya 15 dolar! Trus membuat siluet kuda, juga 15 dolar! Mahal yah?! Malahan di bawahnya, ada gambar pemandangan yang harganya sampai jutaan rupiah, atau 120 dolar!

Kalau dibandingkan dengan servis saya, saya juga nggak kalah kok, saya juga bisa membuat gambar vector kayak yang mereka kerjakan. Justru saya lebih ekspert karena memvectorkan wajah. Wajah yang lumayan rumit dibanding memvectorkan gambar kartun atau sebuah logo.

Designer grafis itu banyak sekali di dunia ini, bahkan di Indonesia juga bejibun jumlahnya. Tapi yang bisa menggambar vector wajah, jumlahnya bisa diitung jari.

Dulu pas saya bekerja sebagai designer grafis di pulau dewata, saya punya teman yang designer grafis juga, tapi mereka nggak bisa menggambar vector wajah. Saya sebut “mereka”, karena memang lebih dari satu. Padahal kalau saya perhatikan, mereka jago banget photoshop atau pun corel. Tapi entah mengapa mereka tetap saja bingung kalau memvectorkan wajah.

Mereka selalu bertanya begini, “ndop, kamu kok bisa membuat garis di bagian sini, itu asalnya dari mana?” Kata mereka pas saya melakukan vectorizing secara LIVE di sebelahnya.

“Ndop, matanya ini kenapa harus dikasih outline (garis tepi, red.)? Kenapa nggak putih aja? Trus, kenapa di bawah mata ini ada kerutannya? Kenapa kerutannya berwarna hitam, nggak coklat aja? Mulutnya, kenapa kamu pakek putih juga di bagian sini?” Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sebagian besar saya jawab dengan “tidak tau ya, ya pokoknya begitu, naluri saya pingin seperti itu!”

Dan mereka pun hanya melotot melihat saya mektor secara LIVE. Saya nyesel juga kenapa nggak bisa menjelaskan secara rinci kenapa begini kenapa begitu. Maklum, saya ini khan otodidak, jadi semua ngalir aja, kalau jadi, alhamdulillah, kalau belum jadi ya ngalir aja, lama-lama akan jadi, yang penting tetep fokus dan konsentrasi.

Suatu hari, ada teman sekolah yang main ke rumahku. Dia mau mesen vector juga ternyata. Wah, wah, kehormatan sekali nih, ada orang yang mesen vector sekaligus menyaksikan LIVE cara saya memvectorkan. Dan apa yang terjadi kawan? Temanku sangat TIDAK MENYANGKA kalau menggambar vector itu dikerjakan SECARA MANUAL, yaitu menggambar tiap lekuk mata, hidung, mulut, semuanya secara manual.

Aku melirik ke teman sebelahku, tak jarang aku melihat kepalanya geleng-geleng sambil sesekali tersenyum senang. Lalu dia bilang, “Woalaah, begini to caranya mengedit kartun itu! Ternyata semuanya digambar ulang, pantesan saya mencoba berkali-kali tetap nggak bisa, hahahah…”

Ternyata yang dia pikir selama ini salah. Dia mengira kalau mengedit gambar menjadi kartun adalah pekerjaan klik-klik efek-efek di photoshop! Dia pun bertanya, kenapa saya tidak menggunakan photoshop kalau sedang memvectorkan wajah begini? saya bilang kalau photoshop itu basicnya bitmap, bukan vector. Jadi saya nggak menjamin kalau nanti diperbesar, gambarnya tidak pecah. Photoshop hanya saya gunakan sebagai bantuan menentukan pencahayaannya. Selebihnya ya digambar manual menggunakan Corel Draw.

Oh ya, gunanya gambar vector itu apa to? Wah, banyak sekali mas. Salah satunya ya, sampeyan bisa ngeprint file vector wajah anda yang berformat CDR itu segede gedung! dan TIDAK PECAH sama sekali alias mulus-lus-lus. Bisa dipakai untuk membuat design poster, baliho, spanduk. Khan keren, kalau design poster sampeyan ada gambar kartunnya.

Gambar berformat vector juga sangat pas dan lebih diutamakan untuk print kaos. Saya sering dapat pesanan yang tujuannya untuk dicetak di kaos. Dengan format vector, mencetak kaos jadi lebih mudah, karena pembagian warnanya bisa diatur dengan mudah dan akurat. Dulu ada yang mesen gambar vector luna maya yang hanya 4 warna. Trus ada gambar SBY yang hanya 1 warna. Semua ternyata untuk dicetak di kaos. Ada teman di facebook yang katanya dia belajar menggambar vector karena pingin bikin design kaos distro. Hohoho… jadi pingin juga nih…

Oh, ya, gambar vector juga oke untuk dibuat design blog. Untuk header blog, sangat cocok sekali. Blognya Ibnu Anshari (rusabawean.com) headernya vector tuh. Makanya keren. Siapa dulu yang buat, hehehe.. Trus blognya ndop (dzofar.com) itu juga headernya vector. Keren khan? Siapa dulu yang buat, hehehe… Blognya Bodrex (frenavit.com) juga dulu headernya vector. Tapi sekarang kayaknya sudah ganti template. Heheh…

Kok postingnya nggak habis-habis ya?

Nah, saya pingin nih bakat saya dan kemampuan saya yang lumayan langka ini dihargai lebih. Soalnya saya semakin sadar kalau kemampuan saya ini sangat perlu disyukuri, cara mensyukuri tentu saja dengan terus meningkatkan kemampuan dan kualitas dengan belajar dan belajar terus.

Seiring dengan semakin langkanya tukang vector berkualitas luar negeri (ini kata orang lo!) di Indonesia ini, saya pun bikin blog lagi, yang moga-moga bisa membidik pasar luar negeri dan bersaing harga dengan mereka, hehehe… nama blognya Convert Bitmap To Vector Service. Linknya menuju ndopart.com. Blognya pakek boso londo alias in English. Kalau pakek boso Indonesia, ya nanti nggak ada bedanya dengan blog ini, heheh…

screenshot ndopart.com

Blog Convert Bitmap To Vector Service isinya seputar vector. Awal-awal sih saya isi downloadan vectoran saya dan vector gratis dari situs lain yang sudah “saya sentuh” terlebih dahulu. Saya edit ininya-itunya dulu. Maklum, vector gratisan di situs luar sana kadang-kadang masih kurang ini itu. Saya sempurnakan dikit-dikit biar tidak mengecewakan. :D

Oh iya, kalau mau mesen vector, bisa lewat situ juga. Tapi harganya jelas lebih mahal, lawong saya khan memakai harga luar negeri. Kalau sampeyan mau macak bule, mesen vectornya lewat sana aja, biar keren dan kelihatan kaya. Huwahahaha…. Walaupun harganya lebih mahal, tapi kalau dibandingkan dengan situs lain, kayak ini, itu, inu, harga saya sangat bersaing!

Akhirul kalam, saya minta doanya (minimal surah Al-Fatihah, maksimal surah Yaasiin, hehe…), supaya saya ini dimudahkan rizkinya dan diberi kesehatan dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari… Al-faatihah….

Aamiiin….

64 Comments

Komen dong!