Wawancara dengan Mbak Friendster

dzofar.com dan friendster.com

Identitas reporter

Nama: Muhammad Ali Mudzofar
Blog: dzofar.com

Identitas Narasumber

Nama: Siti Friendsteria Wati
Website: friendster.com

_______

ndop: Sedang ngapain mbak friendster?

friendster: Waduh, ndop, sedang sibuk nih.

mbak friendster sedang asyik dengan hape di tangannya

ndop: coba lihat mbak, dirimu sedang ngapain toh?

si ndop mendekati mbak friendster dengan muka penasaran. Alis dan matanya didekatkan, mulut membentuk huruf “O”.

friendster: Coba lihat ini ndop, keren khan?! Ini namanya facebook ndop. Kamu punya facebook ndak ndop? Adduuuh ndoop, kamu musti punya deh. Lihat nih, canggih bener khan. Ada chattingnya, ada gamenya, ada piaraannya, ada komen-komenan, ada aplod foto, ada-ada aja deh pokoknya facebook ini. Punya facebook apa nggak ndop? Aku bikinkan ya, ya, ya… biar kita bisa facebookan bareng gitu…

ndop: …..??

mulut si ndop masih pada posisi semula, matanya sekarang ikut-ikutan seperti mulutnya. Jadi kalau digambar cepat, muka si ndop akan seperti 5 lingkaran. Yang dua lingkaran mata, yang satu lingkaran mulut, yang dua lagi lingkaran lubang hidung!

friendster: ndop, kok malah bengong?? saya bikinkan ya… mumpung pulsa im3ku masih 5000 nih ndop. Tadi baru ngisi pulsa 10 ribu di konter sebelah. Tahu nggak ndop, konter yang mana? Konter yang itu lo ndop, yang warna ping…

si ndop ngangguk-ngangguk aja pura-pura ngerti.. Lalu mendengarkan ocehan mbak friendster lagi…

…Tahu nggak ndop, pemilik konter itu baik banget lo sama aku. Serius ini ndop. Dia itu ya, kalau sedang ngeliat aku kebingungan ngerogoh uang receh di saku celana pensilku yang ketat inih, dia suka sedih gitu. Apalagi ketika aku mengeluarkannya dengan cepat dan tidak sengaja uang receh seratusan berjatuhan di lantai konter, wah wah wah, pemilik konter yang ganteng itu suka ngusap dadanya yang bidang itu dengan muka sedih. Dan yang aku suka ndop, endingnya itu lo ndop… Lo tauk apa endingnya? Huwaow… dia bilang gini lo ndop, “Sudah mbaak, nggak usah bayar sekarang, nggak papa kok… Besok aja kalau duwitnya sudah ngumpul.”

Aduuh ndoop, aku tuh jadi seneng banget sama dia. Dia pemurah banget. Dia begitu ngertiin aku banget. Dia tau kalau aku tuh lagi miskin…

Tapi jangan khawatir ndop, pulsaku yang ini sudah aku bayar kok. Demikian juga dengan hutang-hutang pulsaku yang kemarin-kemarin, semua sudah lunas. Heheh.. Makasih ya ndop..

ndop: Kok terimakasih dengan saya, mbak?

friendster: Aduh, jangan pura-pura bodo gitu to, ndoop… Kamu pasti sudah tau khan kalau gara-gara kamu, iya kamu ndop, trafik websiteku jadi naik!

ndop: Kok gara-gara saya? yang bener mbak?

friendster: Ndoop, nggak lucuk tauuuk!!! Masa sih harus aku jelasin berkali-kali? Oke, oke fine, sekarang guwe jelasin. Denger baik-baik ya ndop. Asal lo tauk ya, ndop. Gara-gara backlink yang dirimu berikan dua kali di postinganmu, friendster jadi diingat lagi oleh khalayak ramai.

Tadi barusan lihat di statcounter, ternyata pengunjung blogku itu banyak juga dari blogmu ndop! Tapi sayangnya, mereka nggak betah berlama-lama. Paling lama sih sejam ndop!

Padahal lo inget nggak, dulu ketika websiteku lagi jaya-jayanya, pengunjung friendster itu minimal mengunjungi selama dua jam lo ndop! Kamu juga to ndop? Aku ingat dulu, kamu sering ngedit layout fsmu berjam-jam sampai habis puluhan ribu to ndop? Hayo ngakuu… Mulai yang begronnya mukamu semua, trus begron loggomu yang kuning item itu, trus yang begronnya mirip blogmu. Trus yang terakhir ini kan begron gif yang bisa gerak itu toh? Itu keren banget lo ndop!

Aku jadi iri sama kamu ndop. Masa tampilan websiteku kalah bagus dengan profile friendstermu, ndop? mbok ya aku dibikinkan template yang bagus gitu ndop, ya, ya, ya?

ndop: mmm… boleh-boleh… asal harganya cocok lo, mbak..

friendster: Aduh ndoop, dirimu tega banget deh. Masa sama mbak sendiri gitu siih. Ayo dooong… pliiiz… !!

Mbak friendster pun langsung berdiri dan tiba-tiba bersujud di bawah kakiku…

friendster: ndoop, pliiiz… saya mohon padamu… nanti kalau aku punya duwit, aku bayar deh. Ya ya ya…?

ndop: Iya deh mbak. Tapi ngantri ya… hohoho… mau template yang kayak gimana to mbak?

friendster: Ya, yang kayak punyakmu itu lo ndop, khan ungu-ungu gemanaaa geto. Katanya teman-temanmu khan kayak template premium gitu. Aku pingin yang kayak begitu. Bisa khan ndop?

ndop: Iya deh, tapi ngantri ya, mbak…

Mbak friendster langsung berdiri dengan senang…

friendster: Makasih banget ya ndop!!! Aduh, ini celana kok ketat banget. Maklum ndop, asal lo tauk ya, ini celana beli di pasar Wage. Ya jelas palsu lah ndop, nggak usah kamu tanya. Ssst.. :ssst: tapi ini rahasia lo, ndop. Jangan bilang sapa-sapa. Ini mereknya memang Sophie Martin, tapi merek tempelan doang. Jangan bilang sapa-sapa lo ndop, peliiiiz….

ndop: wow….

Si ndop pun sebenarnya tak kuwasa menahan tawa. Tapi demi tidak melukai hati mbak tirinya, si ndop berusaha sekuat tenaga agar tawanya tidak meledak seperti bom!

friendster: Oh, ya ndop. Sampai lupa. Sudah punya facebook belum?

ndop: Punya dong mbak…

friendster: Aduh, ndoop, kamu gaul banget siiih… facebookmu apa ndop?

ndop: search aja pakek email: ndop@dzofar.com

friendster: Search email ya… mm.. apa tadi emailmu? ndop et … et apa tadi? yahoo apa gmail?

ndop: et dzofar dot kom mbaaak…

friendster: Kok nggak pakek yahoo atau gmail to ndop?

ndop: Aduh mbaaak, khan pakek google apps. Begimaneh to dirimu itu? Main-main google dong mbak. Masa gitu aja kok ndak ngerti sih?

friendster: Hehehe.. iya ding..

Aslinya mbak friendster nggak ngerti.. tapi pura-pura ngerti biar saya senang gitu… huh dasar!

dan mbak friendster pun sibuk dengan hapenya dan berintrovert-introvert ria. Saya dicuwekin. Saya pun bingung mau tanya apa lagi. Lawong sebelum bertanya, mbak friendster malah curhat sendiri sampai list pertanyaan di buku catatan saya ini terjawab semua. Mau nanya apa lagi ya? mmm… saya pun iseng baca nama lengkap mbak friendster…

ndop: Mbak friend! Mbaaak…. saya mau nanya nih, Mbak friendster ini nama lengkapnya siapa sih? Kok di catatan saya Siti Friendsteria Wati. Emangnya mbak friendster ini orang jawa ya?

friendster: Huwaaaat!!!! Dirimu kok tahu nama lengkapku dari mana, ndop? Hohoh… akhirnya kebongkar juga nama asliku. Jadi maluu… Tapi ketahuilah ndop, sebenarnya nama lengkapku masih panjang. Mouk tauk?

ndop: Why not?

friendster: Ssst.. :ssst: tapi jangan bilang siapa-siapa lagi ya, ndop. Nama lengkapku adalah… ssst… ssst…

mbak friendster menyebutkan nama lengkapnya dengan bisik-bisik ke telinganya ndop.

ndop: Huwakuwakuwakikiki…. Serius mbak namanya itu?

friendster: Sssst.. jangan bilang siapa-siapa ya…?!

Tanpa sepengetahuan mbak friendster, si ndop pun menuliskan nama asli mbak friendster yang panjang di catatan kecilnya… Siti Juliatin Friendsteria Wati Munawaroh

ndop: Jadi bener nih, mbak friendster orang jawa?

friendster: Ibuku orang Jawa tulen. Bapakku orang Amerika sono. Masa lo nggak nyadar si ndop? lihat mukaku dong.. ah… muka indo begini kok dibilang jawa!

ndop: Tapi kok kulitnya item mbak? orang indo khan kulitnya putih-putih?

friendster: Nah itu diyaa… mungkin diriku lagi apes aja kebagian kulit dari ibuk. Tapi nggak papa ding. Biyar item begini tapi khan hidungku mancung!

ndop: … Hehehe.. iya ding…

Mancung dari hongkong! Wong kalau dilihat dari samping, mukanya mbak friendster itu hidungnya sejajar dengan mulutnya kok. Itu apa karena hidungnya yang pesek atau mulutnya yang monyong? nggak jelas!

friendster: Bentar ya ndop, ada yang ngeadd friend nih.. Aku confirm dulu ya… Ooh… ternyata si twitter ndop. Teman baru aku. Kemarin nggak sengaja ketemuan di mol. Dia bawa belanjaan banyak. Sedangkan aku, aku hanya jalan-jalan saja. Paling lama di toko buku. Baca-baca tutorial facebook. Nggak perlu beli, baca-baca aja di sana. Hasilnya, nih, aku bisa facebookan khan ndop? Oh ya, jangan lupa confirm request friendku ya, ndop. Awas kalau enggak!

ndop: Iya iya, Mbak mau nanya satu lagi deh, di websitemu kan ada adsensenya, harusnya duwitnya banyak dong, kok beli buku aja nggak mampu mbak?

friendster: Ooooh… sekarang udah agak mendingan ndop. Makanya bisa jalan-jalan ke mol. Dulu, sebelum traffikku naik gara-gara dapat backlink dari blogmu, aku mau ke mol aja nggak mampu. Ongkos angkot pepe itu… bentar-bentar, aku ambil kalkulator dulu di dapur!

Kalkulator kok di dapur? Kalkulator apaan… ooooh… huwakakaka… ternyata kalkulator lombok! Pantesan sama mbak friendster di taruh di baskom bareng cabe rawit. Hihihi… Eh, mbak friendster sudah dateng tuh…

ndop: Sudah mbak menghitungnya?

friendster: Sudah dong ndop. Niih… tiga ribu dikali empat, jadi totalnya dua belas ribu rupiah! Mahal banget khan ongkos angkotnya ndop? Dulu, aku mana bisa dapat duwit sebegitu banyaknya ndop? Lawong yang ngeklik adsenseku aja sehari cuma lima orang. Yang valid cuma satuk! Kadang malah nggak ada yang ngeklik sama sekali. Mana satu klik, cuman dihargai 0.01 dolar lagi. Sungguh tega memang mbahmu itu, ndop!

ndop: Yang sabar aja mbak… Bersyukur.. Kalau kita bersyukur khan akan ditambah nikmatnya..

friendster: Aduuh ndop, dirimu kok alim banget to… Makasih lo nasehatnya…

Alimm… mudzofar kaleee….

ndop: Ngomong-ngomong ada berapa friend mbak di facebook?

friendster: Banyak banget ndop! Nih lihat, ada dua puluh lima orang lo. Banyak banget khan? Itu orang yang kedua puluh lima, orangnya pelit banget. Masa aku add friend sejak dua minggu yang lalu, baru di confirm sekarang. Nyebelin banget khan ndop?

ndop: Siapa to orang ke dua puluh lima itu mbak?

friendster: Ini orangnya, lihat dia sedang apdeit status baru. Hahaha… status yang aneh… “Sedang liburan ke amazon sendirian, nggak tau kapan bisa pulang, ini hutan kok pohonnya sama semua! Mohon maaf buat job-job review yang nunggu!”

Mbak friendster membacakan status facebook teman barunya

ndop: Jangan-jangan itu…? Pak puh blogsvertise??!!!!

friendster: Kok lo kenal sih ndop?

ndop: Dia itu pak puhku mbaak!! Waduuuh, ternyata dia benar-benar tersesat! Pas ulang tahunku kemarin, dia bilang mau ngajak aku liburan ke hutan Amazon, tapi aku menolak karena sibuk. Wah gawat! Dia ternyata benar-benar tersesat! Aku harus segera ke sana nih mbak… !!!

friendster: Wadoooh… iya ndop, segera tolonglah pak puhmu! Temukan dia.. Kasian yang pada ngantri job review!

ndop: Iya, mbak. Aku mau berangkat dulu. Makasih lo mbak. Sudah menyempatkan diri untuk wawancara dengan saya. Kapan-kapan dilanjutkan lagi mbak ya.. Sukses ajah buat friendster dot com nya mbak… Semoga banyak yang ngeklik adsensenya ya… Saya kabur dulu…

Mbak friendster malah ketawa-ketawa sendiri dengan hapenya. Gak ngrewes blas sama diriku yang berpamitan. Yaudah deh, aku pergi saja sebelum pak puh semakin sersesat! Google earth, saatnya kamu beraksi!!!

57 Comments

Komen dong!