Tips Posting Ala ndop

PERTAMA

Apa ya? hohoho… mungkin dimulai dari kode ul dan li seperti di bawah ini aja…

Bagaimana para kru ul dan li?? sudah siap semua? oke.. kita mulai saja ya…

Diawali dengan < u l > dan diakhiri dengan < / u l > (tanpa spasi). Di tengah-tengahnya, musti dijejeli sama < l i > dan < / l i > (juga tanpa spasi).

Postingan dengan style begini sangat enak dibaca. Kalau sampeyan memang mau melistkan sesuatu. Jadi, jangan pakek – dan enter. Nanti hasilnya kurang sip. seperti ini:

– halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh.
– halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh.
– halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh.

Iya khan, nggilani khan?
bandingkan dengan begini:

  • halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh
  • halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh.
  • halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh. halo ini cuma contoh.

lebih rapi khan?
oke, tips…

KEDUA

Ganti ul dengan ol, maka anda akan melistkan sesuatu dengan number atau angka. Jadi jangan pakek angka (1, 2, 3, …dst) trus enter, hasilnya akan nggilani juga.

Seperti ini:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

(wuih, ternyata saya masih apal, Pancasila di atas bukan hasil gugling lo, asli murni keluar dari otak saya!)

Nggilani khan? akan lebih rapi kalau begini:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

KETIGA

Mungkin ini agak susah, soalnya sampeyan musti obrak-abrik template anda. Tapi nggak papa deh. Saya mau sharing aja.

Begini, sejak saya mulai ngeblog tahun 2007 dulu. Saya banyak berblogwoking ke blog mana aja. Ada yang renyah dibaca, ada yang bikin pusing dibaca. Nah, ternyata ada faktor-faktor kenapa saya betah membaca di blog tertentu dan langsung komen saja di blog tertentu ( :fastreading: mode on!). Itu terletak pada lebar posting alias width-nya.

Saya peribadi merasakan, blog dengan lebar posting yang panjang akan membuat pembaca bingung membaca baris berikutnya.

Saya sangat suka dengan template kubrik (default wordpress). Template itu sangat enak dibaca. Setelah saya telusuri, ternyata lebar postingnya 450 piksel.

Sejak saat itu, kalau saya mau ganti template, saya selalu mencari template dengan lebar post segitu. Kalau nggak segitu, saya paksa menjadi segitu. Hehehe…

Kalau mau mendownload template dengan lebar post 450 piksel, silakan kunjungi blog template saya!

KEEMPAT

Sering-seringlah enter 2 kali. Ganti paragraf. Soalnya ini blog, bukan buku. Kalau baca buku sih it zoukei dengan satu paragraf yang panjang bahkan satu halaman. Tapi ini blog bung! bukan buku. Lebih bikin mata rusak dari buku. Jadi sering-seringlah enter kalau sekiranya memang sudah mencapai batas maksimal kejenuhan. (kayaknya 10 baris itu sudah maksimal banget!)

KELIMA

Kalau sampeyan nulis bahasa inggris atau basa jawa. Lebih baik dimiringkan. Kalau mau menekankan pada kata tertentu, lebih baik ditebalkan. Kalau memang kata-katanya mengandung sesuatu yang sangat amat penting, lebih baik di tebalkan dan dimerahkan. Kalau melinkan kepada sesuatu, ya dilinkan saja.

Hal di atas, selain bisa membuat tulisan anda nggak mboseni, juga bisa memerindah tampilan posting.

KEENAM

  • Posting gambar. Kalau gambarnya kecil, jangan di taruh di tengah, namun dibuat wrap kiri atau kanan. Seperti postingan saya yang ini dan yang ini.

topinya ndopIni hanya contoh pemakaian class=”alignleft” dipadu dengan style=”margin-right: 10px”. Pasti lebih rapi dari pada image di bawah ini. Pasti lebih rapi dari pada image di bawah ini. Pasti lebih rapi dari pada image di bawah ini. Pasti lebih rapi dari pada image di bawah ini. Pasti lebih rapi dari pada image di bawah ini. Pasti lebih rapi dari pada image di bawah ini.

topinya ndopTuh kan, yang ini lebih nggilani. Tuh kan, yang ini lebih nggilani. Tuh kan, yang ini lebih nggilani. Tuh kan, yang ini lebih nggilani. Tuh kan, yang ini lebih nggilani. Tuh kan, yang ini lebih nggilani. Tuh kan, yang ini lebih nggilani. Tuh kan, yang ini lebih nggilani.

  • Jangan lupa dikasih alt=”deskripsi image kamu”. Hal itu katanya biar bisa diindeks google dan mendatangkan banyak trafik! hohoho… Selain itu, yang suka brouzing pakek operamini yang didisable imagenya, penambahan alt sangat membantu untuk mengetahui nama gambarnya.
  • Kalau gambarnya gedhe dan lebar selebar postingan. Ya lebih baik ditengahkan (center).
  • Image jangan besar-besar, paling banter 500 piksel saja. Soalnya ini blog, bukan deviantart yang pengunjungnya pingin lihat detil gambarnya.
  • Ukuran image juga jangan sampai 100 KB lah. Kebesaran itu. Maksimal 50-60 KB saja. Edit dulu di photoshop, kecilkan kualitasnya jadi high atau medium.
  • Image sebaiknya dihosting sendiri di photobucket atau image hosting lainnya. Soalnya lebih mudah pengorganisasiannya. Dan bisa diapa-apakan, dibikin slideshow juga bisa. Seperti galeri saya.
  • Untuk menghindari foto anda dicuri orang lain, bisa ditambahi dengan “image by: nama blog anda” atau loggo anda. Lumayan khan, demi sesuwap terafik!

KETUJUH

Dibaca ulang. Hal ini sangat penting. Contohnya ya postingan ini, saya baca ulang dari awal sampai akhir. Kalau ada yang saya bingung, saya perjelas lagi. Anggap pembaca itu orangnya bodoh bin dudul binti goblogwati dedelsari!.

Untuk membuat bacaan anda renyah, anda perlu banyak membaca novel. Saya sih suka karangan Hilman (Lupus) dan Mira W. Kalau tiap hari baca koran melulu, ya mana bisa renyah? wong koran sekarang ini kalau dibaca bikin nyegrak di tenggorokan! hehehe…

KEDELAPAN

Setiap postingan wajib dikasih link ke blog sampeyan sendiri. Bisa halaman home, atau halaman post lain yang ada kaitannya dengan tulisan anda. Hal itu njagani kalau-kalau ada yang kopipes postingan anda. Juga katanya bisa memperkuat link blog anda demi sesuwap Pijrenk (pagerank, red.)!

KESEMBILAN

Waah, tadinya mau delapan saja, tapi ternyata nemu tips baru. Oke, yang kesembilan adalah: Postingan anda sebaiknya disetting text-alignnya: justify. Postingan dengan text-align: justify akan lebih sedap dan rapi dipandang. Lebih maknyus dibaca.

KESEPULUH

  • Postinglah dengan jujur. Maka karakter blog anda akan kelihatan. Kalau posting sampeyan cuma kopipes saja, sampean musti siap-siap untuk ditinggal pengunjung anda.
  • Postinglah yang unik. Jangan posting postingan yang sudah banyak diposting orang lain. Jangan mbebeki lah maksudnya. Semakin unik semakin menarik.
  • Ciptakan bahasa sendiri yang menjadi ciri khas sampeyan. Bisa istilah atau bahasa daerah anda. Kalau anda sudah menemukan ciri khas bahasa postingan anda, maka pengunjung bakal gampang untuk mengingat blog anda.
  • Contoh istilah yang saya ciptakan adalah: maklum istrinya paklum™, demi sesuwap leptop™, Akademia dari nganjuk siti™, dll.

___

Sudah ah, sepuluh saja cukup. Kalau ada yang mau menambahi silakan ditulis di komentar. Oke, selamat berposting riaa…

44 Comments

Komen dong!