03 Feb 2009

Berwisata ke Blitar: Makam Bung Karno dan Candi Penataran

Mumpung Masdan lagi liburan, saya seringkali mendapat ajakan berwisata ke mana aja. Kali ini, saya diajak berwisata lagi ke kota Blitar.

Kamis, 22 Januari 2009, kami meluncur ke Blitar naik motor. Seperti biasa, aku berada di belakang alias dibonceng.

Weng…
Sampailah kami ke Blitar. Seperti biasa lagi, aku nguantuk, lawong malamnya cuma tidur tiga jam. Seperti biasa lagi, kurang tidur gara-gara asyik blogwoking, wekekeke..

Seperti biasa lagi, berceritanya langsung dari foto aja ya…

heletz chek thizaut!!

ZIAROH MAKAM BUNG KARNO

Makam Bung karno, ayahanda dan ibundanya

Pertama, kunjungan kami adalah ziaroh ke makam Bung Karno. Setelah menemukan tempat parkir yang nyaman, kami langsung meluncur jalan kaki menuju lokasi.

Namanya makam, biasanya identik dengan tempat yang menyeramkan, tapi tidak untuk makam presiden Republik Indonesia pertama itu. Suasana makam terasa sangat menyenangkan. Seperti tempat wisata. Banyak dikunjungi orang-orang dari berbagai kota. Contohnya ya kami, wakil dari Nganjuk yang berkunjung. Huwokekeke…

Setelah mengisi shoutmix buku tamu, masdan langsung mengajakku masuk lokasi. Waah, rame banget di dalam. Sama sekali tidak terasa kalau tempat ini adalah sebuah makam. Semua senang riang gembira. Mungkin ini makamnya orang spesial. Makanya tidak terasa menyeramkan, malah menyenangkan. Tidak sepi seperti makam-makam orang biasa.

Suasana Rame Makam Bung Karno

Yang namanya berkunjung ke makam, yang namanya ziaroh, ya ndak mungkin dong kita cuma fota-foto dowang. Ndak pantes. Ndak enak. Ndak etis. Maka dari itu, kami menyempatkan diri untuk ikutan mendoakan Bung Karno dan keluarganya dengan tahlilan.

Setelah itu, barulah acara inti sebagai seorang belogger sejati, yaitu foto-foto!!

MUSEUM BUNG KARNO

Museum Bung Karno Iyap, kunjungan berikutnya adalah ke museum Bung Karno. Setelah muter-muter dan menghabiskan dua ribu perak pentol salome, kami masuk ke museum yang berase (ber-AC, red.) itu. Pas mengisi buku tamu, ada tulisan kalo pengunjung ndak boleh memotret koleksi di museum. Oke. oke. sebage warga negara yang baik, yang menuruti aturan, saya menyanggupinya. (yayalah ndop, hapemu khan Nokia 3315, ndak bisa dibuat moto!)

Tapi-tapi, ada juga yang asyik motret-motret pakek hape. Yaah, masuk akal juga sih dia ngelanggar. Lawong ndak ada satpam yang jaga di dalam museum.

Biyuh-biyuh, walaupun hanya foto-foto asli, foto-foto repro, lukisan dan peninggalan jaman Bung Karno masih hidup dulu, tapi entah ndak tahu kenapa, aku merinding ratusan kali!! (mau nulis ribuan kali, tapi kok rasanya hiperbola banget, hehehe…)

Sumpah, aku kok tiba-tiba ikutan terhanyut dalam suasana di dalam foto. Di mana jiwa kepahlawanan seorang Bung Karno dan pahlawan-pahlawan lainnya tergambarkan dalam foto-foto yang dibingkai dan dikacai itu. (dikacai? bahasa yang aneh!)

…dan tak terasa air mataku pun menggenang..

Slrrrrp… eit, dikontrol dong, si ndop ndak boleh cengeng! makanya air mata yang menggenang itu pun aku sedot kembali. Walau terkadang nyedotnya telat dan musti mengusapnya pakek tangan kurusku.

Si Masdan ngilang buat beli oleh-oleh, aku masih betah berlama-lama di dalam museum. Sibuk menghayati dan memerindingkan tubuh ini. Membangkitkan jiwa kepahlawanan dalam diriku..

Karena sesungguhnya setiap manusia adalah pahlawan, jika dia mau melihat ke dalam hati mereka dan tidak takut terhadap siapa dirinya sebenarnya…

taken from: Hero, Mariah Carey.

CANDI PENATARAN

Wow, I like art, makanya aku suka yang berbau budaya. Demikian halnya dengan Masdan. Nah, untuk memenuhi hasrat seni kami, maka kami berkunjung ke Candi Penataran. Agak jauh letaknya dari Makam dan museum Bung Karno. Jadi musti naik motor dulu 9 kilometeran.

Nah, sesampai di lokasi candi, 1000 rupiah musti kita keluarkan untuk tiket masuknya. Setelah diparkir di dalam area candi Penataran, kami langsung meluncur jalan kaki ke dalam area candi. Candinya plencar-plencar nggak kayak Candi Borobudur yang mengumpul jadi satu. Kata Masdan, itulah ciri-ciri candi Hindu. Candi Penataran adalah candinya umat Hindu.

eh, minta izin foto-foto dulu ya…

Candi Penataran Blitar

Sudah ah, cerita-cerita lagi…

Candi yang didirikan pada tahun 1815 dan diketahui keberadaannya pada tahun 1850, memang Candi yang lumayan eksotis. Walaupun tidak seindah Candi Borobudur, namun Candi Penataran memunyai keunikan tersendiri. Candi induknya itu lo, ndak ada puncaknya. Jadi hanya semacam pelataran geto.

Sou, hati-hati aja kalo sampeyan main-main ke puncak datarnya, sering-seringlah ngeliat ke bawah. Kalau nggak, bisa keblegong ilang jatuh ke bawah lo.. hohoho… Sampai-sampai untuk menghindari orang terjatuh, di puncak candi ada tanda hitam-putih-hitam-putih kayak trotoar lo… hohoho… unik khan? candi ada trotoarnya.. hihihi.. :hihi:

eh, minta izin foto-foto lagi ya…

Candi Penataran

Sudah ah ceritanya, kalau mau mengetahui info tentang Candi Penataran, mending baca sejarahnya aja di gugel. Pasti ada. hohehohe..

..Selamat berkomentar..

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



58 KOMENTAR KAMU KOMEN YUK ↓

Biar keluar avatarmu, daftar di gravatar.com yah ^_^

  1. Wohoho.. Gak kesurupan kan???? Wkekeke..

    hmm, q gak ditukokne oleh2..

    q bubuk dolo.. Bubye..

  2. @ongki: oleh-olehnya? aku dewe yo gak tuku kok.. wekekek.. oleh-olehe foto wae yoo…

  3. jiaaaahhh gak pertamax.. kau tidak menepati janjimu ndop.. huh.. mangkel.. hahahahahahha

    posting terakhirnya kacrut adalah: malem mingguan si PNS sexeh

  4. jan bocah siji iki penggaweande dolan thok!

  5. @kacrut: Huwahahaha… lha koncoku gak kowe tok crut… wakakaka…

    @budiOno: Lah, gapopo to, wong diajak kok… nyenengne wong sing ngejak Det…

  6. pengen kesan tp ga tau jalanya..hohoohohoho,salam balik om..mampir2 keblogq yang jelek

  7. @anto84: eh, iya ding, aku juga dibonceng, jadi ya ndak bisa ngasih tau arah jalannya… :ampun:

  8. tapi kan kau janji mau memberi tahu setelah kowe posting.. mana janji mu ituhhhh.. huh.. [godek-godek]

    pancene kowe iku…

    hehehehehhe

    eh helm ku piye??

    balikin oh oh balikin [lagunya slank tiba2 terdengar]

    nyindir awakmu iki ndop.. hahahahhaha

  9. wah ini tetirah apa mau cari ngelmu apa cuman wisata?

  10. Ziaroh Ke Maqom Bung Karno ning Blitor…

    posting terakhirnya marsudiyanto adalah: Transparansi dan Transplantasi, Teori dan Realita

  11. kok aku gak dijak? :(

  12. wah asik banget tuh jalan-jalan ke tempat-tempat bersejarah..

    apalagi ke museum bung karno.. mau donk huhu..

    btw harga tiketnya murah juga yaa.. heheh

    posting terakhirnya ridu adalah: HP Mini 1016TU, Apakah Itu?

  13. eNak niH jaLan”..

    koQ gag aJak” maS?

    posting terakhirnya qnuun adalah: seNen meNyebaLkan..

  14. biasa iki,,, nagih oleh2e :rock:

    posting terakhirnya hamka adalah: Nongkrong Dapet Duit

  15. Kok liburan berdua doang sih, honeymoon ya ?? hahahahaha …

    ah seru banget, dari dulu pengen ke museum itu, tapi gak pernah ke blitar sama sekali :p

    posting terakhirnya Fenty adalah: Baru mencoba Polyvore

  16. hayooo ngapain cuman berdua kesana… agak mencurigakan neh… :takut:

    posting terakhirnya thegands adalah: Blogspot trick : Menampilkan Syntax Highlighting Pada Blogspot.com

  17. asik ya,, jalan jalan…. :sip:

  18. Candi Penataran? kaya indoktrinasi tempo doeloe yaahhhh…, Mas Ndop ini sedang asyik jalan-jalan yaahhh, nyari inspirasi.

    posting terakhirnya munawar am adalah: Karena Kita Tidak Tahu Apa Yang Akan Mereka Cari

  19. Marai pengen wae ndop…ndop…hehehehe…

    posting terakhirnya Rystiono adalah: Puisi Valentine I: Pertanyaan…

  20. wew cedek desoku kui candi penataran, motoran cuma 30menit :D

  21. wah senenge sing mari mlaku-mlaku
    awas kowe ndop ra ajak-ajak aku hehehe
    liburan teroooss

    -eRos-

    posting terakhirnya Kampanye Damai Pemilu IndonesiA 2009 adalah: Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

  22. oio ndop wis moco tret perkenalanku nang milis rung
    sepurane yo kekekekekeke :dance:

    posting terakhirnya Kampanye Damai Pemilu IndonesiA 2009 adalah: Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

  23. kalu boleh tau dmana tuh candi prambanan emang ada yah….. :ampun:

    posting terakhirnya iwan adalah: Waspadalah Terhadap ISK….???

  24. Weleh..weleh… Mas siji iki kox dolan ae yo… gak ajak-ajak aku pisan… wes2….

  25. oalah…. suka traveling juga toh mas ndop ikii??

    posting terakhirnya adodo adalah: 3 diva setrez…!

  26. :fastreading: :fastreading: :fastreading: musim ziarah ancen koyoke :D

  27. kok gede retjo pentung ketimbang dirimu?

    posting terakhirnya gajah_pesingg adalah: Setelah Perjalanan Itu… (3)

  28. Oleh-olehe mas

    posting terakhirnya Edi Psw adalah: Gerakan Sekali Bilas Molto Ultra

  29. makin gaul aja euy templatenya,tiap kesini ganti mulu..

    wah..

    enak nui jalan” n wisata mulu gak ngajak”..

  30. @kacrut: Eh, aku lo gak sadar mbok sindir.. lawong otakku llo nang dlamaan sikil, dadine sering kepidek-pidek, gak kroso nek kesindir. soale sering soro.. wekekeke..

    helmu bawik-bawik saja… postinge kuwi bengi bang, dadi lali arep ngabari, sori… huhuhu..

    @suwung: Duwa duwanya… hohohoh… ilmu apa ya??

    @marsudiyanto: Maksudnyoh opoh??

    @dipta: Kok, gak nduduhne nomer hape??

    @ridu: Asyikk banget walau laper.. huhuhu…

    Yup, presiden pertama, memang musti dikenang…

    Sangad… lawong seikhlasnya kok..

    @qnuun: Lah, kamuh di sanah akuh di sinih kok, gimana ngajaknya… ehehhehe…

    @hamka: Huwehehe.. oleh-olehnya seperti biasa, photoh-photoh ajah… *nggak beli oleh-oleh sama sekali soalnya*

    @Fenty: Huwekeke… hanimun.. mm… kita belum jadian kok… xixixi… cuma temenan, bener temenan… huwakakaka…

    @thegands: (baca @Fenty)

    @nino: Iya dong

    @munawar am: indoktrinasi itu makanan apa pak??

    Yup nyari inspirasi… *emang lu dapet inspirasinya ndop?*

    @Rystiono: Jane aku wingi arep ngejak masdan nang mediun, tapi wonge males… hohoho..

    @persikers: Waduh, jatukno mampir.. lumayan oleh mangan karo ngombe, wekekeke…

    @Kampanye Damai Pemilu IndonesiA 2009: Huwekekeke… emoh ngajak kowe… kowe arep numpak ndi, lawong lungguhane wis sesek kok…

    Wis tak woco, matur nuwun justru…

    @iwan: prambanan itu di jawatengah.. *petanyaan yang aneh*

    @Frenavit Putra: Sori, sori, ndadak soale…Hayyah kono…

    @adodo: lebih seneng lagi kalo ke gunung..

    @mantan kyai: Sip.

    @gajah_pesingg: Hahahaha… retjo pentunge panganane watu, lha aku panganane balung, wekekeke…

    @Edi Psw: Photo-photo aja pak..

    @sandy: Sudah ganti ini aja templatenya… gak ngajak, lah mendadak e bang…

  31. Kapan2 tak melok Ziarah :rock:

    posting terakhirnya norjik adalah: Alexa, akuratkah ?

  32. @norjik: sip… siap siap… dengan sennag hati… :dance:

  33. :fastreading:

    ndop, mmakam Bung Karno ga ade tutupnya gitu…

    cuma negor n ade post baru di blog ane

    posting terakhirnya bang diod adalah: Lomba Ntu Gak Selalu Menyenangkan mamen…..

  34. aku ndak diajak… :(

    posting terakhirnya wennyaulia adalah: Budaya Balas Budi: Solusi Pengentasan Kemiskinan

  35. waow enak nya………………..

    sekali kali ajakin sy donk….. :kiss:

    posting terakhirnya casual cutie adalah: Sex Toys

  36. rung tau mrono aku

    posting terakhirnya k.u.c.l.u.k adalah: Persahabatan

  37. weeehhh… asyik bgt..

    jalan2..

    posting terakhirnya liecha adalah: LiFe iS LikE a bOx Of CrAyOns

  38. @bang diod: Iya bang, bung Karno kayaknya suka dengan kesederhanaan…

    @wennyaulia: Lah, waduh, sori, berangkatnya mendadak..

    @casual cutie: Wekekeke… pakek :kiss: segalah, hohoho…

    @k.u.c.l.u.k: Kapan-kapan mrono piye?

    @liecha: Hihihi.. yuhuu.. :kabur:

  39. Terima kasih sudah mengunjungi desa(Blitar) Saya :ampun:

    di sana juga ada museumnya kan???
    sudah berkali-kali soalnya mengunjungi!!!

    tukeran link yah…… :ampun: :ampun:

    posting terakhirnya nelson adalah: Freeport McMoran "perusahaan asing berjaya di Indonesia"

  40. @nelson: Lah, khan sudah saya posting, wekekeke…

    Kalo mau tukeran link, absen dulu ya… :rock:

  41. Bar iki sok Ziaroh Wali Yo mas. …

    Wakakakakaka…

    posting terakhirnya masDan adalah: Kerinduan Masa Lalu

  42. @masdan: Sip.. manuuuk wis pokoke…

  43. kemarin saya juga abis maen ke blitar
    kok ndak ketemu ya..

    posting terakhirnya annosmile adalah: Kembali ngeblog

    • wah wah wah.. kayaknya sesama blogger itu memang kadang punya pikiran yang sama ya… diposting aja bos…

  44. wah, aku dulu sering ke Blitar, tapi belom pernah ke makamnya si bung…
    tulisannya informatif tuh mas :)

    • @puth: kenapa nggak mampir sekalian ke makamnya? makasih, tulisannya masih perlu belajar banyak.

  45. ndop saiki mlaku2 terus yoooo
    gak tau ngejak2 pisan

    posting terakhirnya iBnu adalah: Demokrasi atau DemoCrazy?

    • @iBnu: hooho… kowe lo nek dijak mesti nganeh-nganehi… :roll:

  46. keren banget liburannya :D

    • @Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009: hehehe… iya dong… kalau nggak keren ya saya nggak mau.. hohoho… salam kenal…

  47. gancok #

    :evil: uuuchh kueren abis cuty2 ya kpn ajax u ya

  48. :sip: …thx for u info…q lagi ada rencana mo mampir juga nich tp lom tau kpn waktu ‘y….btw…salam kenla aja bro…jakarta utara

  49. aniisszy isz rensa #

    ehhmm
    ciiip lah…. :sip:

  50. wah buyut q ada disana nih…. sumpah q gak bohong :notme:

    • owalaaah… semoga sehat selalu yaaah

  51. q sampai gelinding disana he he he he he…… :glundung:

    :dance: dnuk klinak klinuk

    main musik ah.. shu shu shu shu……. :siul:

    • huwahaha.. aku masih kurus tuh pas ke sana..



Komentar Kamu

Current ye@r *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)