19 Aug 2008

Nonton Leang-leong, Barongsai, Tari dan Upacara Penurunan Bendera

Malam minggu melekan ngenet sampai jam setengah duwabelas. Besok paginya, 17 Agustus 2008, tidur sampai siang. :angop: Trus Tidur lagi sampai sore. :angop: Setelah balas dendam tidur terbalaskan, lalu mandi (ndengaren adus? biasane raup tok! -tumben mandi, biyasanya cuci muka doang, red.-), Tidur lagi. Trus bangun nonton Upacara penurunan Bendera Merah Putih di Alun-alun. Saya berangkat dengan beberapa pasukan saya sebage berikut:

  1. Pipi
    anak SLB
  2. Ida
    anak kelas 5 SD
  3. Risma
    anak kelas 6 SD
  4. Halim
    anak TK Nul Besar

Sebelum upacara dimulai, beberapa pertunjukan digelar (emang tiker?). Diantaranya adalah seperti gambar-gambar di bawah ini:

Leang-leong (naga-nagaan)

Kesatu, pertunjukan leang-leong (kata teman saya yang masih esde sih namanya itu :P ). Para pemain leang-leong memang hebat ya, bisa kompak banget memutar-mutar naga hingga meliuk-liuk kayak uler naga beneran. Keknya mereka menguasai kangfu :yinyang: geto. Tahu nggak apa itu kangfu? itu tuh, si akang yang dari Caina, makanya disebutnya Kangfu. Kalo dari Jawa ya Kang Prapto, atau Kang Parmin. Kalo dari Nganjuk ya Kang inan.. hehehe… :pukul:

Barongsai

Kedua, Si barongsai tiba-tiba nongol. Warnanya biru nan lucu dan menarik. Berakrobat-akrobat ria dengan lincahnya. Berdiri. Tidur. Mengendus-endus. Gayanya jian persis seperti singa beneran (singa apa macan ya?). Eh, itu yang di belakang apa ndak takut bau ya? khan “si gunung dempet” bisa tiba-tiba meletus tuh, mengeluwarkan bau sampah, hihihi…

Barongsai sedang berdiriPas Barongsai beraksi, lha kok pasukan saya ada yang berlari ke tengah mendekati barongsai. Saya pun panik. :ingus: Lalu saya menyuruh pasukan saya yang sudah kelas lima menjemputnya. Saya khawatir gerakan-gerakan kungfu Barongsai menyemplak si anak TK pasukan saya itu. Tapi untungnya, dengan paksaan, bisa juga diatasi. Walau gerutu-gerutuan nggak penting masih terdengar. Biasalah anak TK. :doh:

Barongsai menari-nari mengikuti tabuhan genderang dan ces-cesannya dram (apa toh namanya?? itu tuh yang suaranya ces-ces yang dipegang pakek duwa tangan trus tubrukkan satu sama lain itu tuh.. :???: ). Semakin cepat tabuhan genderang, semakin cepat juga gerakan-gerakan si Barongsai. Pas barongsai bediri, terlihat peluh membasahi lengan kedua pemain. Hal itu menunjukkan bahwa bermain barongsai sangat melelahkan apalagi yang berada di belakang yang musti ngangkat-ngangkat yang di depan.

Tari-tarian

Ketiga, Habis itu, anak-anak esempe pun berlarian ke tengah lapangan. Menari tari tradisonal modern diiringi tabungan gameran yang Nonton Leang-leong, Barongsai, Tari dan Upacara Penurunan Bendera

sangat enak dibuat goyang kepala. Mereka adalah siswi-siswi SMPN 1 Nganjuk. Tarian pertama dibuka oleh anak kelas 1 yang berpakean Merah putih. Lalu dilanjutkan dengan siswi kelas 2 dan ditutup oleh kelas 3. *Mohon maaf, batre hapenya mbakku lemah. Mangkanya hanya bisa motret kelas 1 saja.. :ampun: *

Lalu penonton pun mundur ke tepi lapangan Alun-alun dan upacara penurunan bendera merah putih dimulai. Ternyata menonton upacara itu menyenangkan lo… ndak tahu ya, nuansa khidmatnya itu yang bikin saya merinding. Lagu Indonesia Raya dimainkan oleh mini morcing bend itu membuat saya terharu sekaligus bangga. Lagu Indonesia Raya itu aransemennya jian Top Markotop!! berasa mendengarkan lagu-lagu Mozart!! :sip:


Siaaaow.. Graaaow…
Kepada Inspektur Upacara..
Hormaaaaaow.. Graaaoww…!!!

Suwara lantang Komandan Upacara terdengar. :rock: Semua pada nurut. Eh, ada yang menarik. Pas Bendera mau diturunkan, benderanya blibet terkena angin. Walhasil, si Paskibra musti menarik tali kuwat-kuwat ke bawah.

Saya ndak bisa mbayangin berada di depan sana sebage penarik tali bendera. Pasti ndredeg pol. Mana keadaannya ndak wajar begeto. :ingus:

Eh, ternyata si penarik tali bendera memang cerdas. :lampu: Dia tarik secepat-cepatnya sebelum lagu Indonesia Raya selesai. Sehingga sisa lagu yang hanya beberapa detik itu ia gunakan untuk memutar kain bendera yang blibet. Walhasil, pas lagunya selesai, dia pas menarik bendera pakek dua tangannya dan melangkah ke belakang.

Angin Nganjuk masih ndak bersahabat. Saat melipat bendera pun si petugas kewalahan. Walhasil ya dilipat serapi-rapinya (walau masih kelihatan ndak rapi!). Tapi e’rithing is oukei kok.. semuwa berjalan wajar dan lancar. Walau saya agak kuciwo melihat Paskibranya yang terlalu kaku gerakannya. Kurang luwes. Masih kayak robot. *sori ndak ada sekerinshot, maklum batrenya abis dan suasanannya ndak memungkinkan untuk motret-motret :ampun: *

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



39 KOMENTAR KAMU KOMEN YUK ↓

Biar keluar avatarmu, daftar di gravatar.com yah ^_^

  1. wah serunya perayaan 17annya :D

  2. lucu bro!

  3. nonton karo cah cilik wahahahaha

    posting terakhirnya Anang adalah: Panjat Pinang

  4. mantaaf ki si enduuup mengikuti acara 17 AAN

    posting terakhirnya Ronngo adalah: PCMAV 1.6 (PC Media Antivirus)

  5. promosi ndooop http://tanpatinta.com/jasa-edit-gambarlogo

    posting terakhirnya Ronggo adalah: Jasa edit Gambar&Logo

  6. hormaaaaaaooo…graaaaooop (saking fasihnya)

    posting terakhirnya antown adalah: Etalase Karya

  7. hormawwww grawww!!!! :sip: :oops: :???: :shock:

    posting terakhirnya thegands adalah: Granular Linux

  8. @Arul: hehehe.. memang dibuat seru..
    @didta: hehehe… :lol:
    @Anang: ngemong tapi…
    @Ronggo: lah, situ opo gak merayakan?? :???:
    @antown: lencang depaaaaoo… graaaaoow..!!! *ini juga fasih*
    @the gans: *kapan tegaaaow graaaownya?? pegel nih*

  9. endoup..heEh lah aku nganti sak mene gede ne ki yen karnapal tetep ra wani nyawang sing nggae topeng wi loh..wedi..syerem…
    :roll: ndoup mwesti ya nek aku komeng ki ky wong curhat ae kwkwkwkwkwk bweeen sak kwarepku

    posting terakhirnya Cebong adalah: Cebong Ipiet Cudah Cembuh

  10. @cebong: rapopo curhat, lawong jenenge belog kuwi lak ora adoh2 teko diary to?? :cerewet:

  11. Merdeka! Btw, suka ikut lomba” gitu nggak?

    posting terakhirnya Anas adalah: Free Photoshop Action

  12. asiiik….

    ramenya tujuhbelasan……. :cool: :cool: :cool:

    posting terakhirnya aziz adalah: DAPET BERKAH LAGI…..

  13. weee, aku gak tau liat ngono kuwi neng Nganjuk, :kiss:
    sekarang ada peningkatan :sip:

    posting terakhirnya Ongki adalah: Gambar Vektor Pertamaku

  14. wow, ayo bangkitkan semangat 45

  15. maaf ya, ukuran logonya masih belum tau, besok2, pasti pesen deh.

  16. @anas: ya dolo ikut. kalo sekarang ya mending moto-moto aja.. hehe..
    @aziz: Iya dong, nganjuk getolooh..
    @ongki: weladalah.. makanya pulang kampung..
    @hendra: oke deh.. tak tunggu..

  17. wahh seru tuh perayaannya tapi kok ada yg aneh yah kok budaya orang yg diangkat :D :shock: :shock:

  18. walahhh mas mas . seharusnya yg dijadikan pameran Budaya indonesia seperti REOG, angklung dll bukanya Barongsai :waktuhabis: :waktuhabis:

    posting terakhirnya hilman adalah: Jangan buat blog kamu gemuk !!

  19. pasukannya ngga oke ah, masih kecil2 semua, hahaha.. :siul:

    posting terakhirnya budiernanto adalah: Baju Baru

  20. @gelandangan: khan sudah dinetralisasi dengan tari tradisional modern…
    @hilman: jangan2 barongsai asalnya dari Endonesa??? trus diaku2 sama Chaina?? :???:
    @budiernarto: iya nih, yang muda2 seperti saya ndak ada yang mau liat… soalnya saya nggak ngajak! :siul:

  21. itu anak mas ndop semua y?

  22. TEGAAAWWWWWWWW GRAWWWW!!!!!!!!!!
    jadi puyeng… :hipnotis: :hipnotis:

    posting terakhirnya thegands adalah: Rahasia Kecepatan Query Database

  23. hehe..
    *sori ndak ada sekerinshot, maklum batrenya abis dan suasanannya ndak memungkinkan untuk motret-motret
    ya iyalah mas, jangan sampe ketika “hormat grak!!” mas ndopnya ketengah lapangan foto2.. bisa langsung diamankan ke dinas sosial nanti.. :hihi:

  24. Wah seru kayaknya tuh..Liat pawai…Sip…Sip

    posting terakhirnya Frenavit Putra adalah: Domain Gratis atau Beli Domain

  25. Walah…..bawa rombongan kok mungil2 ndop….!

    ato jangan2 kamu buka playgroup yach

    posting terakhirnya cinker adalah: Hampir Ngintip Lagi

  26. iy mo buka playgrup tho!..banyak arek cilik2nya :kiss:

    posting terakhirnya mazbintang adalah: Hari Pertama FRS–( Bubbye Liburan )

  27. wah.. gila beragam banget yah acaranya… kereen..

    btw itu kok pasukannya bocah-bocah semua seh?? jangan-jangan ndop ituuuuu.. :ingus:

  28. @didta: pasukan le.. pasukan…
    @The gans: kalo puyeng ya minum obat..
    Minum obaaaaow.. graaaw!!!
    @dimas: hehehe… berati alasan saya tepat bin dapat!
    @frenavit: ayuh, ikutan.. *tahun depan tapi*
    @mazbintang, cinker, ridu: saya khan seumuran dengannya :pukul:

  29. wah enak dong nonton barong say kalau aku apa bingung sendiri di kos ga ada kegiatan apa…soalnya lagi BTTTTTTTT :roll: :roll:

    posting terakhirnya pencuri kode adalah: Ide Buat Skripsi Apa ya???

  30. @pencuri kode: makanya keluar kos2an nonton apa aja.. jangan lupa bawa kamera trus diposting… hehehe…

  31. eeeeaaaaallllllaaaahhhh……… sampean wis umur piro toh….???nonton acara kaya gitu ma anak TK,SD,SMP n SLB,ya mbok sama pacar sampean.Truz fotonya pake hape pinjeman lagi……..

    Tapi gpp,yang penting kan irit….ya to……,,,

    HIDUP IRIT……..!!!!!

    posting terakhirnya dion adalah: Tembus Pandang

  32. km jadi yang mana ndop?

  33. @dion: wakakaka… umur memang sudah tuwa, tapio yang penting jiwa muda.. jiwa bayi kalee… kekekeke…
    @yusdi: saya menjadi penontonnya saja..

  34. wah mantep tenan, semangat mu Ndop… :halah:

  35. hehhehe…..hayo wes kawin yo……..wah iki kawin gak woro-woro……anak’e menang kabeh ke’opo ndidik’e yo……

    posting terakhirnya ma2nn-smile adalah: awali ramadhan dengan senyum……

  36. koncomu ndop…….

    posting terakhirnya Mukhlason adalah: Berjuang Dengan Luar Biasa ..

  37. @arifr: :dance: :dance:
    @ma2nn: ibukku, adikku, ponakanku… kuwi yo jenenge keluargaku to..
    @mukhlason: pasukan saya…

  38. wew enak yah yag nonton leong,rame dunk mas..



Komentar Kamu

Current ye@r *

Tampilkan Postingan Kerenmu
:wink: :twisted: :tidur: :tepuk: :takut: :taktahu: :ssst: :siul: :sip: :shock: :sad: :rolleyes: :rock: :pukul: :pertamax: :oops: :notme: :ngiler: :neutral: :muntah: :mrgreen: :mataduitan: :malaikat: :mad: :lol: :kiss: :kabur: :hug: :hipnotis: :hihi: :glundung: :fastreading: :evil: :eek: :doh: :doa: :dance: :cry: :cool: :ayoh: :angop: :ampun: :P :D :???: :-)